Aneka Masakan Makaroni yang Lezat dan Sangat Populer

Aneka Masakan Makaroni

Makaroni adalah salah satu makanan yang di padukan dengan saus pedas, manis, maupun asam dan menjadi perpaduan rasa yang nikmat. Aneka masakan makaroni dapat dibuat sendiri dan banyak juga dijajakan di resto-resto ala Italy maupun resto-resto lainnya. Gurihnya makaroni menambah citaranya menjadi lebih tasty.

Sekarang ini banyak resep aneka masakan makaroni yang dapat dijadikan referensi. Berikut adalah berbagai informasi dan resep aneka masakan makaroni  Khas Italy yang lezat dan sangat populer sayang untuk di lewatkan.

Pengertian Makaroni

Makaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya elbow. Biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Makaroni sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai selera. Makaroni biasanya terbuat dari tepung terigu. Juga sering dijadikan aneka masakan makaroni yang sangat lezat.

Sejarah Makaroni

Aneka Masakan Makaroni

Menurut cerita klasik, sejarah macaroni dimulai dari bangsa China yang kemudian dibawa dan diperkenalkan oleh Marco Polo ke Italia pada tahun 1292. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan bahwa macaroni adalah makanan khas Italia, namun macaroni justru mengalami  ketenaran sejak dipatenkan oleh Isaack B Fubine yang berasal dari Savoy, di The Hague.

Sejarah macaroni tercatat sejak tanggal 7 Mei 1660. Itu artinya, tepat hari ini tanggal 7 Mei 2018 maacaroni sudah resmi berusia 358 tahun sejak dipatenkan. Tak disangka, kuliner yang sudah mendunia ini usianya telah mencapai lebih dari 3,5 abad. Hidangan pasta ini konon juga sudah ada di Italia sejak zaman Romawi Kuno. Dulunya macaroni merupakan hidangan persembahan bagi para Dewa-Dewi.

Resep aneka masakan makaroni pertama kali dikenalkan oleh Apicius pada abad satu. Kemudian pada abad 12 Guglielmo di Malavalle membuat hidangan pasta macaroni dengan nama “macarrones sen logama”, hidangan macaroni bersaus yang dihidangkan pada pesta-pesta banguet. Pesta ini merupakan pesta para petinggi di zaman tersebut.

Macaroni sendiri berasal dari kata “maccheroni” yang diadopsi dari bahasa Sisillia “maccaruni”, artinya adonan yang dibuat dengan tenaga. Sejarah lain juga menyebutkan bahwa orang Inggris memaknai “maccheroni” sebagai segala sesuatu yang sempurna dan anggun. Maka tak heran jika kata “maccheroni” akhirnya digunakan untuk syair dalam sebuah lagu.

Jenis-jenis Makaroni

1. Spaghetti

Spageti adalah mie Italia berbentuk panjang seperti lidi, ndan berdiameter cukup tebal. Jenis pasta ini adalah pasta favorit orang Amerika karena sangat cocok disajikan dengan saus apa saja termasuk tomato sauce atau white sauce.

Biasanya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah, ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

2. Elbow Macaroni

Makaroni adalah pasta kering yang dibuat dari bahan gandum durum. Makaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung, dan sering disebut dengan siku macaroni. Juga dapat dijadikan aneka masakan makaroni dengan bercitarasa pedas maupun gurih. Siku makaroni lebih umum di Amerika Serikat dan Kanada, sementara makaroni Inggris cenderung lurus. Makaroni yang berbentuk huruf inilah “C” yang disebut dengan elbow makaroni.

3. Fusilli

Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Juga dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

Fusilli biasanya terbuat dari tepung terigu. Namun warna lainnya juga dapat dibuat dengan mencampurkan bahan lain dalam adonan, yang juga mempengaruhi rasa, misalnya, beetroot untuk merah, bayam untuk hijau, dan tinta ikan sotong untuk hitam. Fusilli sering keliru diartikan dengan pasta pendek, tipis, dan memutar yang dikenal sebagai rotini.

4. Ravioli

Ravioli adalah jenis masakan tradisional Italia yang diisi pangsit. Caranya, mengisi antara dua lapisan tipis adonan pasta dan disajikan baik dalam kaldu atau dengan saus pasta.

Ravioli umumnya persegi, tetapi ada juga bentuk lingkaran atau setengah lingkaran (mezzelune). Pasta ini mirip dengan jenis pasta lainnya yang berbentuk cincin yaitu tortellini dan yang ukurannya lebih besar lagi disebut tortelloni.

Di Roma ravioli diisi dengan keju ricotta, bayam, pala dan lada hitam. Di Sardinia, ravioli diisi dengan ricotta dan parutan kulit lemon. Ravioli modern juga diproduksi secara massal dengan mesin.

5. Acini Di Pepe

Acini di pepe atau bisa disebut grains or pepper karena memang bentuknya seperti butiran-butiran lada. Juga dapat digunakan untuk membuat sup atau salad yang dingin. Mereka juga kadang disebut sebagai pastina (adonan kecil). Namun, beberapa pembuat pasta membedakan pastina itu lebih kecil dari acini di pepe . Acini di pepe sering digunakan untuk masakan sup.

6. Alphabet Pasta

Alphabet pasta juga disebut sebagai Alfabeto , yaitu pasta yang telah dicetak ke dalam cetakan huruf alfabet. Pasta ini sering disajikan dalam sup alfabet, dijual dalam kaleng kaldu kental . Variasi lainnya, seperti alphaghetti, yaitu terdiri dari pasta yang berbentuk sebuah tulisan disajikan dengan saus marinara atau spaghetti.

7. Anelli

Anelli juga dikenal sebagai anelletti. Bentuknya yang kecil, tipis seperti cincin. Anelli biasanya digunakan untuk sup dan pasta salad. Ada juga jenis yang lebih kecil dari anelli yaitu anellini yang mana ukurannya sekitar seperempat dari ukuran anelli.

8. Angel Hair

Angel hari memiliki bentuknya yang panjang, dan tipis. Hampir menyerupai spaghetti tapi ia jauh lebih tipis. Sesuai dengan namanya, ketipisannya menyerupai ramput. Angel hair biasanya dimasak dengan sayur-sayuran, saus tradisional ala Italia dan campuran daging. Kebanyakan orang-orang lebih menyukai angel hair ini dibandingkan spaghetti.

9. Bucatini

Bucatini juga dikenal sebagai perciatelli, yaitu pasta seperti spaghetti tapi lebih tebal dan terdapat lubang kecil di tengahnya. Oleh sebab itu orang-orang menyebutnya bucatini yang diambil dari bahasa Italia “buco” yang artinya lubang. Sementara “bucato” yang berarti menusuk.

Bucatini sangat populer di Lazio khususnya di Roma. Pasta yang terbuat dari bahan dasar tepung ini memiliki panjang 25-30 cm (10-12 inch) dengan diameter 3 mm (1/8 inch). Untuk memasaknya diperlukan waktu 9 menit. Dalam masakan Italia biasanya disajikan dengan saus mentega, syuran, keju, telur, dan ikan asin atau sarden.

10. Campanelle

Campanelle adalah jenis pasta yang berbentuk kerucut dengan tepi yang acak-acakan, seperti bunga berbentuk lonceng. Juga dapat disandingkan dengan sayuran, dan saus dasar apapun. Dan juga dapat disajikan dalam pasta salad yang dingin.

Kandungan Gizi Makaroni

Makaroni adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Makaroni mengandung energi sebesar 363 kilokalori, protein 8,7 gram, karbohidrat 78,7 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 80 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Makaroni juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Makaroni, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Aneka Masakan Makaroni

Aneka Masakan Makaroni
1. Resep Masakan Makaroni Sosis Saus Asam Pedas

Bahan Yang Digunakan:

  • 200 gr makaroni mentah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • air secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • 1 siung bawang bombay
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • 1 butir telur

Bumbu:

  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 siung bawang merah, haluskan
  • garam secukupnya
  • 2 sdm saus tomat

Cara Membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih, masukkan garam dan minyak goreng.
  2. Masukkan pasta makaroni, masak hingga matang. Tiriskan
  3. Tumis bumbu halus bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  4. Masukkan sosis, tumis hingga sosis berubah warna.
  5. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu.
  6. Kocok telur, tuang dan buat orak-arik dengan bumbu.
  7. Masukkan semua saus, garam dan tuang sedikit air. Tumis hingga mendidih dan agak mengental.
  8. Masukkan makaroni dan tumis bersama bumbu hingga bumbu mengental dan tercampur rata dengan makaroni.
  9. Makaroni saus asam pedas siap sajikan hangat. Jika suka, bisa diberi taburan keju. Selamat mencoba.

2. Resep Masakan Makaroni Panggang

Bahan Yang Digunakan:

  • 200 gram makaroni berbahan dasar gandum utuh
  • 200 ml susu skim rendah lemak
  • 1 sdt minyak zaitun
  • 300 gram kembang kol atau brokoli kukus
  • 3 sdm tepung serbaguna
  • 3 sdm tepung roti
  • 4 sdm keju parmesan atau cheddar
  • ¼ sdt garam
  • Pala dan lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus makaroni ke dalam air mendidih selama empat menit hingga setengah matang. Tiriskan.
  2. Panaskan susu skim di atas api sedang hingga mendidih, lalu masukkan tepung. Aduk selama 2-3 menit hingga saus mengental.
  3. Tambahkan pala, garam, dan lada ke dalam saus makaroni sambil terus diaduk. Setelah tercampur rata, matikan kompor dan sisihkan.
  4. Masukkan makaroni yang sudah dimasak setengah matang tadi ke dalam saus, lalu tambahkan sebagian keju. Aduk hingga rata.
  5. Siapkan loyang yang telah dioleskan sedikit minyak zaitun, kemudian masukkan sebagian makaroni.
  6. Masukkan kembang kol atau brokoli kukus di atas sebagian makaroni, lalu tutup kembali dengan sisa makaroni. Taburkan keju di atas pasta.
  7. Panggang makaroni selama 25-30 menit pada suhu 240 derajat Celcius hingga pastanya matang dengan sempurna.
  8. Sajikan selagi hangat.

3. Resep Masakan Salad Makaroni

 Bahan Yang Digunakan:

  • 300 gram makaroni berbahan dasar gandum utuh
  • 10 sdm mayones rendah lemak
  • 1 buah wortel ukuran sedang, iris tipis
  • 250 gram sayur bayam, potong kasar
  • 170 gram edamame
  • 75 gram keju parut
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt garam
  • Setangkai seledri, potong kecil-kecil
  • Lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus makaroni ke dalam air mendidih selama empat menit hingga setengah matang. Lalu tiriskan di dalam mangkuk besar selama 15 menit.
  2. Campurkan mayones, gula, garam, lada di dalam mangkuk kecil. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan makaroni setengah matang tadi, kemudian masukkan seledri, wortel, bayam, edamame, dan campuran mayones.
  4. Aduk semua bahan hingga rata dan cicip dulu rasanya.
  5. Dinginkan salad makaroni selama 2 jam.
  6. Sebelum disajikan, tambahkan keju untuk menambah cita rasa masakan.

4. Resep Masakan Sup Sayur Makaroni

 Bahan Yang Digunakan:

  • 200 gram makaroni berbahan dasar gandum utuh
  • 200 gram kacang polong
  • 2 wortel ukuran besar, potong panjang
  • Setangkai daun seledri, potong kecil-kecil
  • 1 liter air
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • Kaldu ayam sesuai selera
  • Lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan wortel. Tunggu hingga wortel setengah matang.
  2. Masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu ayam, gula, garam, dan lada. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
  3. Masukkan makaroni dan kacang polong. Masak hingga sup makaroni matang sempurna.
  4. Pindahkan sup sayur makaroni ke dalam mangkuk, lalu taburi dengan irisan seledri.
  5. Sajikan selagi hangat.

5. Resep Masakan Omelet Makaroni

Bahan Yang Digunakan:

  • 150 gram makaroni berbahan dasar gandum utuh
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 3 butir telur
  • 1 sdm kaldu ayam bubuk
  • 30 gram bawang bombay, potong dadu
  • ½ tangkai daun bawang, potong kecil
  • ½ buah tomat, potong dadu
  • 50 gram keju perut rendah lemak
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus makaroni dalam air mendidih selama 10 menit hingga matang. Tiriskan.
  2. Campurkan seluruh bahan (kecuali minyak zaitun) di dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
  3. Panaskan minyak zaitun, tuangkan seluruh adonan telur di atas wajan. Masak hingga berwarna kuning keemasan pada kedua sisi.
  4. Sajikan selagi hangat.

6. Resep Masakan Tumis Makaroni Telur Pedas Gurih

Bahan Yang Digunakan:

  • 1 sdm margarin
  • 100 gr makaroni/secukupnya
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm saus cabai
  • 1/2 sdt merica
  • 1 butir telur
  • garam secukupnya
  • 1 sdm saus tiram
  • minyak secukupnya
  • 1 bungkus cabai bubuk

Cara Membuat:

  1. Rebus makaroni dengan sedikit garam dan minyak hingga matang, tiriskan.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan makaroni, aduk rata.
  3. Kocok lepas telur, tuang sedikit demi sedikit sambil diorak-arik.
  4. Masukkan saus tiram, saus cabai, cabai bubuk dan merica. Aduk rata dan tuang sedikit air.
  5. Masak hingga bumbu meresap dan air habis.
  6. Tumis makaroni telur siap sajikan.

7. Resep Masakan Seblak Basah Makaroni Pedas Khas Bandung

Bahan Yang Digunakan:

  • 250 gram makaroni
  • 1/2 sdt gula pasir atau secukupnya saja
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya saja
  • Minyak secukupnya saja untuk dipakai menumis
  • Air secukupnya saja

Bumbu Halus:

  • 1 ruas jari kencur
  • 3 buah cabe rawit atau silahkan sesuaikan dengan selera Anda saja
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Rendam makaroni menggunakan air panas. Kalau mau lebih cepet silahkan direbus. Rendam/rebus sampai makaroni menjadi kenyal/setengah matang. Tiriskan dan sisihkan
  2. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus sampai keluar bau harum
  3. Masukkan makaroni basah, gula pasir dan garam. Aduk-aduk sampai merata
  4. Silahkan tes rasanya sudah pas apa belum
  5. Tuangkan air panas 50 ml kemudian masaklah sebentar saja sampai air surut dan semua bahan matang
  6. Angkat dan seblak siap disajikan dan disantap.

8. Resep Masakan Cheesy Macaroni Schotel Panggang

Bahan Yang Digunakan:

  • 5 porsi
  • 1 butir Bawang Bombay uk sedang
  • 200 gr macaroni elbow rebus tiriskan beri minyak,aduk rata
  • 140 gr Keju Parut(bole campur cheddar,mozza/edam)
  • 3 buah Sosis sapi,potong kecil
  • 4 btr Telur utuh
  • 320 ml Susu cair Full cream
  • Sesuai selera garam pala merica
  • 1 buah Wortel potong dadu kecil

Bahan Saus Putih :

  • 160 gr Keju parut(bole cheddar,mozarella/edam)
  • 300 cc Susu Cair
  • 2 sdm Tepung segitiga
  • 2 sdm butter

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombay dengan 2 sdm butter sampai harum,masukkan sosis+wortel,aduk2 sampai matang.
  2. Masukkan macaroni rebus dan keju aduk hingga rata.
  3. Memakai campuran Cheddar dan edam.
  4. Segera tuang campuran susu dan telur, lalu bumbu pala garam merica atau kaldu bubuk gula sesuai selera.
  5. Masak lagi skitar 5 menit agar meresap.
  6. Untuk saus putih : Panaskan butter,masukkan tepung terigu,aduk cepat supaya tidak menggumpal,segera tuangi susu dan keju.masak api kecil sampai mengental tambahkan keju larut.
  7. Tata macaroni di atas pyrex/ramekin/alumunium cup,3/4bagian.
  8. Siram dengan saus putih.taburi sedikit keju parut+oregano/parsle.
  9. Panggang di suhu 180 derajat sekitar 40 menit sampe harum matang (Kalo aku suka permukaan+samping kecoklatan soalnya makin wangi+nampol).
  10. Setelah matang,tunggu hingga dingin lalu potong.
  11. Siap Dihidangkan

9. Resep Masakan Sup Ayam Makaroni Spesial

Bahan Yang Digunakan:

  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • 100 grm ayam giling
  • 3 putih telur

Bahan Dasarnya :

  • 2 butir bawang merah, dimemarkan
  • 2 buah wortel, dipotong kotak
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1cm
  • 50 grm buncis, dipotong 2 cm
  • 2 siung bawang putih, dimemarkan
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdm garam
  • 200 ml air kaldu ayam
  • 50 grm makaroni kerang kecil, dan direbus
  • 1 tangkai seledri, lalu diiris halus

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama masukkan campuran ayam ke dalam plastik es mambo. Dan kukus  di atas api kecil 15 menit sampai matang.
  2. Kemudian potong-potong dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. lalu sisihkan.
  3. Dan panaskan margarin. Lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  4. Kemudian tuangi kaldu. Dan didihkan.
  5. Selanjutnya masukkan wortel, lalu buncis, dan garam, dan merica bubuk. Kemudian masak sampai mendidih.
  6. Tambahkan makaroni, lalu ayam kukus, dan daun bawang, dan seledri. Kemudian masak sampai matang.
  7. Sup ayam makaroni spesial siap untuk disajikan.

Kunjungi juga Beberapa jenis kopi terbaik di Indonesia yang wajib anda ketahui.

× Whatsapp Kami!