Cara Buat Jus Buah Naga Penghilang Dahaga Segar

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara buat jus buah naga.Buah naga (Inggris: Pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan tetapi sekarang juga dibudidayakan atau  dikembangkan di negara negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. Buah naga juga bisa ditemukan di daerah  Israel, Okinwa, Tiongkok Selatan utara dan Australia Utara. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.Emm enak nih kalau dimakan sama yang berkuah kalain bisa melihatnya di Resep Masakan Korea.

Cara buat jus buah naga. Pada tahun 1872 tanaman buah naga dibawa oleh orang-orang Prancis dari Guyana menuju Vietnam sebagai tanaman atau pohon hias. Oleh orang-orang Vietnam dan orang-orang Cina buah naga dipercaya membawa berkah atau kebaikan. Oleh karena itu, buah naga selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hitam atau di atas meja altar. Warna merah tua atau ungu pada buah naga terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau atau putih. Kebiasaan inilah yang membuat buah naga di kalangan orang-orang Vietnam yang terpengaruh dengan budaya Cina dikenal sebagai Thang Loy atau dikenal dengan sebutan buah naga. Istilah Thang Loy kemudian diartikan di Eropa dan negara lainnya yang berbahasa Inggris sebagai Dragon Fruit atau yang kita sebut sekarang ini dengan sebutan Buah Naga

1. Cara Buat Jus Buah Naga Susu Putih

Bahan-Bahan:

  • 1 buah naga segar merah atau putih
  • gula pasir atau madu juga boleh sedikit saja
  • 5 sdm susu kental manis putih
  • 250 ml air putih
  • es batu secukupnya

Cara Buat Jus Buah Naga Susu Putih:

  1. Kupas buah naga menggunakan pisau lalu potong kotak-kotak
  2. Siapkan blender lalu masukkan buah naga tadi yang sudah di potong-potong
  3. Masukkan gula atau madu tadi
  4. Kemudian masukkan air putih
  5. Blender semua bahan tersebut hingga halus
  6. Tuangkan ke dalam gelas
  7. Tambahkan es batu sesuai selera anda
  8. Jus buah pun siap untuk diminum

2. Cara Buat Jus Buah Naga Cimori

Bahan-Bahan:

  • 50 ml gula pasir
  • 1 sdm susu kendal manis
  • 1 buah naga merah dengan ukuran besar
  • 1 cangkir yogurt leci cimory
  • Es batu secukupnya

Cara Buat Jus Buah Naga Cimori:

  1. Kupas buah naga lalu potong kecil-kecil
  2. Masukkan potongan buah naga tadi bersama dengan bahan-bahan lainnya
  3. Blender buah naga
  4. Jus buah naga siap untuk diminum

3. Cara Buat Jus Buah Naga Madu Tanpa Gula

Bahan-Bahan:

  • Buah naga 1 buah besa
  • Madu
  • Es batu yang diserut
  • Air

Cara Buat Jus Buah Naga Madu Tanpa Gula:

  1. Pertama-tama belah buah naga menjadi dua bagian
  2. Setlah itu ambil bagian daging buah dengan sendok makan dan masukkan ke blender
  3. Setelah dimasukan ke blender tuang sedikit air
  4. Kemudian tutup blender dan nyalakan
  5. Setelah mulai lembut masukkan juga es batu, lebih baik anda menggunakan es batu serutan
  6. Terus aduk dengan blender hingga lembut
  7. Langkah terkhir setelah selesai anda bisa menyajikannya

4. Cara Buat Jus Buah Naga Sirsak

Bahan-Bahan:

  • Buah sirsak beku (sesuai selera)
  • Buah naga beku (sesuai selera)
  • 500 ml air
  • 1 botol yakult
  • SKM secukupnya
  • 1 sdm biji selasih yg sdh direndam dalam air

Cara Buat Jus Buah Naga Sirsak:

  1. Siapkan bahan-bahan
  2. Kupas buah naga dan buah sirsak lalu potong buah naga kecil-kecil kemudian pisahkan antara buah sirsak dan bijinya
  3. Masukkan sumua bahan tadi ke dalam blender bersamaan buah naga dan buah sirsak tadi
  4. Blender semua bahan hingga halus
  5. Jus buah naga siap disajikan

5. Cara Buat Jus Buah Naga Mix Mangga

Bahan-Bahan:

  • 1 buah naga merah
  • 2 buah mangga arumanis yang lain juga boleh
  • 5 sdm gula pasir
  • Air dingin kalo ga ada bisa juga diganti dengan air biasa
  • Es batu kalau ada

Cara Buat Jus Buah Naga Mix Mangga:

  1. Kupas buah naga dan mangga tadi lalu potong kecil-kecil
  2. Siapkan blender lalu masukkan air, gula, dan potongan buah naga dan mangga tadi
  3. Blender semua bahan tadi hingga halus
  4. Jus buah naga siap diminum atau disajikan

 

Jus buah naga terdiri dari dua jenis, yakni berasal dari buah naga yang berdaging putih, maupun buah naga merah. Meski berbeda jenis, jus buah naga sama-sama memiliki banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan.

Jus buah naga mengandung kalori cukup rendah sehingga mampu mencegah obesitas. Minuman ini juga kaya nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol, dan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Anda perlu mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat jus buah naga lebih efektif. Minuman sehat itu terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh lantaran memiliki banyak kandungan vitamin.

Jus buah naga juga sangat baik bagi pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral pada kulit manusia. Mereka yang mengonsumsi jus buah naga secara rutin bisa memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih cantik serta awet muda.

Saking banyaknya kandungan nutrisi, meminum jus buah naga akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda perlu mengetahui aturan sebelum mengonsumsi jus buah naga supaya tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Berikut Ini Ada Beberapa Manfaat Buah Naga:

1. Camilan Sehat Buat Diet

Berat badan ideal sudah pasti akan jadi idaman setiap individu, terlebih para wanita. Benar kan? Maka dari itu buah naga dapat di gunakan sebagai cara alternatif untuk menurunkan berat badan untuk yang lagi diet sehat. Karena nutrisi seratnya akan membuat perut lebih kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama dan tak takut body melar.

2. Bantu Kurangi Berat Tubuh

Buah naga memounyai nutrisi serat dan juga air yang akan mencukupi kebutuhan dalam tubuh dalam tubuh kita. Dengan konsumsi buah manis ini, tak perlu khawatir akan mengalami berat badan, karena buah ini memiliki kalori rendah dan bisa perlancar pencernaan.

3. Membantu Detoksifikasi

Detoksifikasi dalam tubuh sangatlah penting, sehingga buah naga  bisa dimanfaatkan sebagai salah satu menu buah pada saat sarapan pagi atau makan. Memiliki kandungan antioksidan, buah satu ini akan menangkal radikal bebas dan mempermudah proses detoksifikasi.

4. Mencegah Diabetes

Antioksidan pada buah naga juga akan membantu membunuh sel jahat yang terbentuk karena kesalahan dalam  pola makan dan hidup tak sehat, tidak teratur  atau kotor. Bahkan untuk penderita diabetes, buah naga dianjurkan untuk penderita diabetes karena mempunyai kandungan kadar gula yang cukup rendah.

5. Cegah Resiko Kanker

Buah naga merah mempunyai manfaat luar biasa sama dengan buah merah lainnya. Kandungan lycopene akan bantu mengurangi resiko kanker prostat. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin pada buah naga akan sangat membantu untuk mengeluarkan racun logam pemicu kanker dari dalam tubuh kita.

Biji buah naga juga mempunyai lemak omega 3 dan omega 6 yang bisa membantu mengurangi permasalahan terkait kardiovaskuler. Dengan begitu akan mengurangi potensi penyakit jantung atau serangan jantung.

6. Mengatasi Batuk dan Asma

Tak hanya membantu mengurangi masalah kardiovaskuler, omega 9 dan omega 6 pada biji buah naga juga akan meringankan masalah respirasi. Manfaat buah naga ini akan sangat baik dimakan untuk penderita asma ataupun batuk.

7. Meningkatkan nafsu makan

Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan membuat meningkatkan nafsu makan jika rutin makan  buah naga terutama untuk anak-anak di bawah 10 tahun yang biasanya susah makan. Memang berkebalika dengan manfaat buah naga untuk diet, tapi bagi Anda yang diet, cukup dengan mengganti makanan anda dengan buah naga.

8. Membantu masalah pencernaan

Untuk membersihkan pencernaan Anda, makanlah buah naga. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga dapat membantu  mengatasi gangguan pencernaan dan mengobati sembelit. Dengan makan buah naga juga mengandung bannyak protein baik, dapat juga membuat badan Anda terasa lebih sehat dan segar.

Manfaat buah naga yyang lainnya adalah untuk kecantikan adalah dengan penuaan diusia  diri. Hal ini disebabkan antioksidan yang akan membuat kulit kita lebih kencang dan beregenerasi dengan sangat  baik.

Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan Wajah

Selain memiliki manfaat sehat secara alami, buah naga juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kecantikan. Terutama pada bagian wajah. Tak kalah dari buah-buahan lain, berikut ini ada beberapa manfaat buah naga untuk kecantikan kulit wajah.

1. Bantu Mengobati Jerawat

Manfaat buah naga yang tak bisa dihindari lagi adalah untuk membantu mengobati jerawat di wajah kita. Kandungan vitamin C yang ada pada daging buah naga akan membantu mengatasi atau mengurangi jerawat dengan sangat baik. Sebenarnya hanya butuh pengaplikasian sederhana atau untuk masker pada wajah yang digunakan pada waktu tidur.

Cukup ambil setengah daging buah naga kemudian haluskan atau lumatkan. Gunakan kapas atau tangan kosong saja  untuk mengoleskannya pada area yang terkena jerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat. Cukup lakukan 4 kali selama seminggu untuk mengatasi atau mengurangi jerawat.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Buah naga ini tak hanya bisa bantu mengataasi jerawat pada wajah kita aka, tetapi juga akan menjaga kelembaban suhu pada kulit. Kandungan air pada buah naga ini ada pada kisaran 80 persen. Sehingga kulit akan mendapatkan suntikan kadar air yang memang dibutuhkan oleh wajah yang terkena jerawat. Sehingga tak heran kulit akan terjaga kelembabannya atau terasa lebih segar.

3. Menyehatkan Kulit Dari Dalam

Rutin mengonsumsi buah naga akan membantu untuk mendapatkan kulit wajah segar, lembab dan sehat dari dalam. Pasalnya kandungan vitamin C dan Antioksidan yang terkandung buah yang masuk keluarga kaktus ini akan memberi manfaat baik tersebut.

4. Mencegah Penuaan Diri

Memiliki keinginan meremajakan kulit? Gampang banget caranya. Cukup buat sendiri masker buah naga ala rumahan. Maka manfaat buah naga akan diperoleh dengan tampilan wajah awet muda dan lebih halus.

Hanya dengan bahan krim alami yang dibuat dari campuran setengah bagian daging buah naga dan sesendok yoghurt yang dihaluskan bersamaan. Gunakan krim tersebut pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 20 menit dan selanjutnya bilas hingga bersih. Sebaiknya lakukan rutin seminggu sekali dan lihat hasilnya 2 bulan setelahnya.

5. Meredakan Kulit Terbakar Akibat Sengatan Matahari

Pernah terlupa menggunakan sunscreen saat berada di luar rumah kala terik mentari? Nah, akibatnya kulit jadi kemerahan seperti terbakar. Tak perlu risau, semua permasalahan kulit ini dapat teratasi dengan krim alami berbahan baku daging buah naga. Kandungan vitamin C dan E pada buah berkulit merah ini dipercaya mampu mengurangi peradangan dan melindungi skin dari sinar UV.

Krim alami ini hanya butuh seperempat daging buah naga. Campur dengan 1 kapsul vitamin E dan haluskan hingga jadi krim kental. Aplikasikan pada bagian kulit yang alami terbakar akibat sengatan matahari selama setengah jam, lalu bilas. Tunggu dan lihat hasilnya, maka kulit yang terbakar akan sembuh dengan sendirinya.

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Buat bunda yang saat ini sedang menikmati momen kehamilan, maka dapat memanfaatkan buah naga sebagai asupan sehat. Bila biasanya buah mangga, pisang, alpukat, buah-buahan berry, dan jeruk sangat disarankan untuk ibu hamil, buah naga sebenarnya juga bagus buat bumil. Pasalnya ada manfaat buah naga yang baik bagi bumil yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Mencegah Anemia

Hal menarik dari buah naga yang bisa diperoleh adalah bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Kurang darah akan teratasi dengan bantuan zat besi yang ada pada buah ini.

2. Menjaga Kestabilan Tekanan dan Gula Darah

Masa kehamilan memang harus senantiasa dijaga. Dengan konsumsi buah naga, akan terjaga kestabilan tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Hal ini tentu bermanfaat untuk mencegah komplikasi kehamilan dan preeklamsia yang membahayakan ibu dan janin selama kehamilan.

3. Supply Tenaga dan Kekuatan

Saat hamil, ibu pasti akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Tentu saja ini lantaran ada bayi dalam kandungan. Apapun asupan makanan yang masuk dalam tubuh bumil, maka nutrisinya akan terbagi dengan janin. Konsumsi buah naga akan bantu ibu hamil dapatkan supply tenaga lebih besar. Pada 100 gram buah naga terdapat 9-14 gram karbohidrat yang akan jadi suplemen energi alami.

4. Mengurangi Resiko Bayi lahir prematur dan keguguran

Buah naga memiliki kandungan asam folat yang bisa membantu ibu hamil dalam memperkuat kondisi janin. Selain itu akan mencegah resiko keguguran dan bayi lahir prematur.

5. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Manfaat buah naga bagi ibu hamil juga akan membantu perkembangan janin dalam kandungan. Dengan konsumsi buah berkulit merah ini, maka akan membantu persalinan normal nantinya.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh juga jadi poin penting yang harus dijaga selama kehamilan. Kandungan vitamin C pada buah naga akan membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Dengan begitu akan terhindar dari beragam resiko penyakit.

7. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Saat kondisi hamil biasanya ibu akan mengalami masalah sembelit. Hal ini bisa dikatakan wajar lantaran ada desakan janin dalam perut dan faktor hormonal. Untuk mengatasi hal itu, bisa manfaatkan buah naga dengan mengonsumsinya. Karena buah tropis ini  kaya serat yang dapat menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

8. Menguatkan Tulang dan Gigi

Ada kandungan magnesium, kalsium, serta fosfor pada buah naga yang bisa membantu perkuat tulang dan gigi. Dengan konsumsi buah naga, akan mencegah pengeroposan tulang pada ibu hamil dan akan membantu pembentukan tulang calon bayi dalam kandungan.

9. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh merupakan efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

Manfaat Buah Naga Bagi Bayi

Tak sekadar mempunyai manfaat bagi ibu hamil, manfaat buah naga juga dapat diberikan kepada bayi melalui menu MPASI 6 bulan. Deretan manfaat baik buah naga ini perlu Anda ketahui ya.

1. Melindungi Jantung

Para ibu bisa jadikan buah naga ini sebagai menu pure MPASI bayi 6 bulan. Karena ada manfaat baik yang diperoleh bayi dari kandungan vitamin dan mineralnya. Konsumsi buah naga akan membantu si kecil terjaga kesehatan jantungnya.

2. Memberi Antioksidan

Buah naga ini memiliki kandungan fenol tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Fenol ini akan bantu sel membran anak dari radikal bebas dari luar tubuh yang bisa menyebabkan penyakit pada bayi.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah naga juga mempuunyai kemampuan detoksifikasi yang berguna untuk membantu tubuh dari serangan beragam maca, racun. Sehingga akan bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan ginjal, saluran kemih dari berbagai efek racun yang masuk.

4. Membangun Tulang Kuat

Pertumbuhan tulang bayi ini memang jadi perhatian pada masa pertumbuhan. Sehingga tidak heran bila setiap orang tua menginginkan tulang tubuh anak akan berkembang dan tumbuh menjadi lebih kuat. Memberikan asupan MPASI buah naga akan membantu membangun tulang kuatnya dan menjaganya dari resiko arthritis melalui kandungannya baik berupa fenolik ,flavonoid, dan potassium .

5. Memberi Asupan Serat Pada Bayi

Kadar serat yang dimiliki oleh buah naga ini juga sangat tinggi. Sehingga si kecil akan mendapatkan asupan serat cukup demi menjaga sistem pencernaannya agar tetap sehat. Terhindar dari sembelit, juga akan membantu untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah, dan membantu untuk meningkatkan berat tubuh bayi.

6. Menenangkan Saraf

Potassium pada buah naga tak hanya baik untuk perkembangan si tulang bayi. Ada beberapa manfaat lain seperti menjaga sistem saraf dan fungsi detak jantung pada  si bayi. Tetapi sebenarnya buah naga mempunyai banyak sekali manfaat baik, tetap disarankan untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan dokter soal MPASI 7 bulan bayi. Bila ada alergi atau gejala yang muncul, sebaiknya tidak dianjurkan memberikannya pada si bayi.

Demikian artiket tentang cara buat jus buah naga diatas, semoga bermanfaat untuk Anda.

 

 

× Whatsapp Kami!