Cara Buat Jus Wortel yang Sehat dan Menyegarkan

Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara buat jus wortel. Jus wortel mempunyai banyak sekali kandungan yang sangat tinggi pada β-karoten, vitamin A, vitamin B kompleks seperti asam folat, dan banyak mineral termasuk kalsium. Satu pon (456 gram) wortel akan menghasilkan sekitar dua cangkir jus wortel (sekitar 155 gram), yang isi airnya sedikit, karena jus wortel memiliki banyak sekali ampas.Paling enak kalau dimakan sama yang pedes pedes kalian bisa melihatnya di Cara Membuat Kering Tempe

Kandungan tinggi dalam β-karoten pada sayur wortel dapat mengakibatkan carotenoderma dalam waktu sementara. Warna asli kulit dapat berubah menjadi warna oranye atau kuning tua seperti kulit wortel. Jika meminum lebih dari4 cangkir jus wortel dalam waktu 48 jam, selama jangka waktu lama mungkin dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Jus wortel memiliki rasa yang unik dan manis. Jus wortel sering dikonsumsi sebagai minuman kesehatan. Wortel telah dibuat menjadi jus atau sup selama ratusan tahun yang lalu. Di Amerika Serikat, jus wortel adalah salah satu pewarna makanan pertama kali yang digunakan untuk membuat keju agar warnanya menjadi lebih terang atau oranye.

1. Cara Buat Jus Wortel

Bahan bahan:

  • 1 wortel
  • 3 buah jeruk manis
  • Gula pasir secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Es batu (jika ingin diminum secara dingin)

Cara Buat Jus Wortel:

  1. Cuci wortel hingga bersih. Lalu kupas kemudian potong dadu
  2. Lalu anda bisa membelah jeruk untuk kemudian diperas airnya
  3. Masukkan wortel, gula dan air ke dalam blender lalu blender bahan- bahan tersebut hingga menjadi halus
  4. Tambahkan air jeruk dari jeruk yang sudah diperas sebelumnya lalu aduk secara rata
  5. Tuangkan ke dalam gelas lalu tambahkan es batu secukupnya.

2. Cara Buat Jus Wortel Tomat Seledri

Bahan-Bahan:

  • 2 bh wortel uk.kecil berat 100 g
  • 2 bh tomat uk.kecil berat 100 g
  • 1 btg seledri(daunnya saja)
  • 300 ml air es
  • Secukupnya es batu
  • Secukupnya kental manis putih/madu

Cara Buat Jus Wortel Tomat Seledri:

  1. Potong2 dan cuci bersih wortel,tomat dan seledri.
  2. Masukkan semua bahan KECUALI kental manis putih atau madu kedalam blender lalu proses hingga halus.
  3. Saring(aku peras pakai kain halus),beri kental manis putih/madu secukupnya.Nikmati segera
  4. Saring(aku peras pakai kain halus),beri kental manis putih/madu secukupnya.Nikmati segera
 3. Cara Buat Jus Wortel Jeruk

Bahan-Bahan:

  • Beberapa buah jeruk(bisa jeruk peras yang dari pontianak /lainny
  • Beberap buah wortel
  • Beberap buah wortel
 Cara Buat Jus Wortel Jeruk:
  1. Peras jeruk nya
  2. Jus wortel nya lalu saring
  3. Campur 2 jus tersebut d atas lalu beri madu. Aduk-aduk
  4. Agar lebih menatik taruh di botol. Sajikan

 4. Cara Buat Jus Wortel Susu

Bahan-Bahan:

  • wortel 200 gram
  • jeruk manis 4 buah
  • Air matang 100 ml
  • 1 Susu sachet
  • Gula pasir secukupnya
  • Es batu secukupnya (jika anda tidak menyukainya atau anda dilarang meminum Es bahan ini boleh dihilangkan saja, ini hanya untuk menambah kesegaran jus wortel saja)

Cara Buat Jus Wortel Susu:

  1. Kupas dan bersihkan wortel lalu potong-potong seperti ukuran dadu
  2. Lalu, kita bisa membelah jeruk untuk kemudian diambil airnya dan pisahkan.
  3. Masukkan wortel, air dan gula ke dalam blender. Blender bahan- bahan tersebut hingga bahan tersebut menjadi halus.
  4. Tambahkan perasan air jeruk yang dipisahkan tadi lalu aduk secara rata.
  5. Siapkan gelas yang bersih lalu lumuri pinggir gelas tersebut dengan susu.
  6. Hidangkan ke dalam gelas yang sudah di campur susu setelah wortel dan bahan-bahan lain tercampur rata dan halus.
  7. Dan selesai kini jus wortel buatan anda sudah siap dinikmati.

5. Cara Buat Jus Wortel Madu Tanpa Gula

Bahan-Bahan:

  • 2 gelas besar
  • 3 buah wortel impor ukuran sedang
  • 3 sdm madu. Saya pakai madu Perhutani rasa kelengkeng
  • 1.250 ml Air
 Cara Buat Jus Wortel Madu Tanpa Gula:
  1. Kupas wortel, cuci dengan air matang.
  2. Potong-potong wortel.
  3. Masukkan wortel,air dan madu ke dalam blender. Bagi yang suka manis, jumlah madunya bisa ditambah ya, karena saya tidak begitu suka manis,madunya hanya 3 sdm.
  4. Saring ampas wortelnya.
  5. Sajikan jusnya ke dalam gelas.
  6. Jus wortel madu siap disajikan

Wortel dapat dimakan dengan berbagai cara. Bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya sama dengan wortel yang dimakan begitu saja.Karena alasan tersebut kebun wortel biasa ditemukan di daerah Batu, Nongkojajar, Dieng, pegunungan dan Priangan.

Wortel dapat menaikkan jumlah produksi tomat jika anda menanamnya di kebun atau rumah. Jika dibiarkan berbunga, wortel akan mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator,tawon madu untuk datang dan membunuh hama atau serangga di kebun.

Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata kita. Makan wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan penglihatan jarak dekat dan jarak jauh.

 Berikut Ini Ada Beberapa Manfaat Jus Wortel:

1. Menjaga Kesehatan Mata Manfaat wortel yang banyak diketahui banyak orang ialah dapat memberi kesehatan pada mata. Wortel dipercaya mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Lutein yang terkandung di dalam wortel juga dapat menjadi antioksidan yang baik bag mata kita.

2. Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bersih

Kulit yang berminyak dapat membuat wajah kita kelihatan kusam. Dengan rajin makan wortel setiap hari dapat mengatasi kulit berminyak. Kulit akan terasa lebih, segar lembut dan bebas minyak sehingga tampak lebih bersih dan cerah.

3. Melancarkan Pencernaan

Wortel merupakan sumber serat yang dapat membantu mengatur gerakan usus untuk membantu melancarkan pencernaan. Dengan rajin makan wortel dapat mengatasi sembelit sampai membantu menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

makan sayur wortel dengan rajin juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang dimiliki sayur wortel.

5. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat wortel untuk kesehatan lainnya ialah dapat membantu proses peningkatan metabolisme dalam tubuh. Vitamin B yang terkandung di dalam sayur wortel dapat memecah protein, lemak, dan glukosa untuk digunakan secara efisien oleh tubuh.
 
6. Membantu Mempertajam Memori

Selain meningkatkan metabolisme  tubuh, vitamin B yang terkandung di dalam wortel juga dapat membantu mempertajam ingatan otak atau memori. Jika kamu rajin makan wortel, kamu akan dapat dengan gampang mengerjakan atau mempelajari banyak hal.

7. Membantu Mencegah Kanker

Nutrisi yang terkandung di dalam sayur wortel dipercayai oleh banyak orang dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Wortel juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas pada tubuh kita.

8. Menjaga Kehamilan Lebih Sehat

Wortel juga baik dimakan oleh ibu hamil. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A dalam wortel bisa memperkuat tulang pada bayi di dalam kandungan seorang ibu hamil.

Rajin makan wortel saat hamil dapat mencegah terjadi cacat bayi pada saat lahir. Kandungan antioksidannya juga dapat melindungi ibu hamil dan janin didalamnya dari radikal bebas, serta meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh untuk menurunkan risiko infeksi pada tubuh kita.

9. Membantu Memperlambat Penuaan

Kandungan beta karoten yang dimiliki sayur wortel dapat membantu membersihkan sel-sel mati melalui proses metabolisme tubuh. Hal ini dapat memperlambat proses terjadinya penuaan dini.

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Rajin minum jus wortel dapat menjaga kesehatan mulut. Kandungan mineral yang terkandung dalam wortel memiliki sifat antibakteri yang mencegah timbulnya kerusakan pada gigi atau sakit gigi. Kandungan riboflavin di dalam wortel juga dapat membantu menghilangkan plak pada gigi atau gigi kuning.

11. Mengurangi Bekas Luka atau Kemerahan Pada Wajah

Wortel dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka, jerawat,gatal pada wajah atau kemerahan pada wajah. Campurkan jus wortel dengan madu dan oatmeal hingga teksturnya menjadi agak padat, kemudian olahan tersebut dijadikan masker pada wajah lebih baik gunakan pada malam hari sebelum tidur.

12. Menurunkan Kolesterol

Dengan rajin makan wortel dapat membantu mengurangi kolesterol. Kandungan serat yang dimilikinya dapat memperlambat lemak sehingga dapat mengurangi kolesterol dalam darah.

13. Anti Radang

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat bermanfaat sebagai anti peradangan. Efeknya hampir sama dengan minum obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen.
14. Menjaga Kualitas Sperma Semakin Bagus

Rajin makan wortel juga ber efek baik pada pria. Kadar vitamin A yang tinggi pada wortel dapat membuat kualitas sperma pria semakin bagus.

15. Memberikan Kesehatan Rambut

Wortel dapat mencegah kerontokan rambut dengan membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain itu, wortel juga dapat membantu menebalkan rambut kita dan membuatnya lebih kuat.

 Demikian artikel tentang Cara Buat Jus Wortel diatas semoga bermanfaat untuk Anda.
× Whatsapp Kami!