Cara Buat Puding Jagung Mudah dan Praktis

cara bikin puding jagung

Cara buat puding jagung yang mudah dan praktis menjadikan makanan yang satu ini sebagai peluang bisnis usaha yang bagus. Harga jualnya pun cukup murah dan terjangkau. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena jagung mempunyai kandungan gizi yang sangat baik. Anak-anak biasanya menyukai makanan sejenis puding, karena rasanya yang enak dan lembut bisa menyegarkan tubuh, selain itu bisa menambah selera nafsu makan. Anak anak juga menyukai makanan penutup seperti brownies panggang coklat yang bisa dijadikan camilan pengganti nasi.

Biasa dijadikan hidangan penutup yang praktis dan lezat, Cara Bikin Puding Jagung juga sering dijadikan peluang bisnis!

Cara Membuat Puding Jagung Enak dan Pasti Mudah

Pendapatan yang dihasilkan dari menjalankan usaha puding jagung ini sangat menarik. Ketika akan membuka usaha makanan bisa berjalan dengan maksimal, maka perlu mencari informasi yang berkaitan dengan lancarnya usaha tersebut. Terdapat informasi penting yang berkaitan dengan usaha puding jagung sudah bisa langsung disimak dengan jelas di bawah ini. Usaha lainnya seperti dumpling juga mudah dan praktis jika kita ketahui cara bisnisnya!

– Cara Memulai Usaha

Dalam memulai bisnis memang dapat dimulai dengan langkah termudah. Jadikan modal usaha sebagai langkah awal maksimal dalam memulai suatu bisnis baru. Modal yang dibutuhkan dalam membuka bisnis dengan menawarkan produk makanan memang tidak terlalu besar sehingga membuat bisnis puding jagung cocok dijalankan semua kalangan. Bisnis ini bisa dimulai dalam skala rumahan yang bertahap. Namun setelah bisnis dapat berjalan dengan maksimal maka Anda bisa mengembangkannya dalam skala yang besar. Usaha puding jagung memang tepat sekali untuk dijalankan karena keuntungannya begitu sangat besar dan menggiurkan.

– Bahan Baku Jagung

Tanpa adanya bahan baku, bisnis tidak dapat berjalan dengan baik. Berbagai bahan baku yang digunakan dalam membuat puding jagung diantaranya meliputi jagung, gula pasir, garam, maizena dan agar-agar. Saat akan memilih bahan baku yang biasanya digunakan untuk mengolah puding jagung, maka perlu memilih bahan baku yang berkualitas supaya nantinya bisa menghasilkan puding jagung yang berkualitas. Suatu bisnis yang memproduksi puding jagung yang berkualitas maka bisa menarik minat dari banyaknya calon konsumen. Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan puding jagung bisa didapatkan di pasar tradisional maupun disupermarket terdekat.

– Peralatan Usaha

Perlatan penunjang usaha agar bisnis dapat berjalan dengan lancar salah satunya memilih peralatan yang bagus dan tepat. Peralatan yang dibutuhkan dalam usaha puding jagung beberapa barang antara lain panci, baskom, pengaduk, kompor dan tabung gas dan lain-lain.

– Harga Jual

Setelah menentukan produk yang akan dijual, sangat penting untuk pengusaha menentukan harga jual produk. Dalam mematok harga yang diberikan maka juga bisa disesuaikan dengan ukuran porsi yang diberikan. Rata-rata pemasaran puding jagung sekitar Rp. 5.000 per porsi. Dengan menentukan harga jual produk yang terjangkau juga bisa memikat banyak konsumen yang menyukai.

– Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh berjalannya usaha bisnis. Hal ini memang cukup penting diperhatikan karena untuk memudahkan masyarakat mengetahui keberadaan bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, penentuan tempat untuk berjualan tentu bisa mempermudah dalam memasarkan produk puding jagung. Penentuan tempat yang akan dipakai untuk berjualan makanan puding juga harus dipastikan dengan benar supaya nantinya dapat mudah mendapatkan konsumen. Dalam memilih lokasi tempat untuk berjualan puding jagung, kami sarankan untuk memilih tempat yang strategis dan ramai. Jika merasa bingung dalam menentukan lokasi usaha, bisa gunakan alternatif memilih lokasi yang ada di pinggir jalan, dekat kampus, dekat tempat rekreasi, sekolahan, pusat perbelanjaan dan berbagai tempat strategis yang lain.

– Pemasaran Usaha

Promosi perlu dilakukan agar keberadaan bisnis puding jagung ini bisa didengar dan dilihat oleh para konsumen. Dimana promosi juga bisa dilakukan dengan Anda bisa membuat spanduk atau banner dengan menggunakan kata-kata yang unik yang disertai dengan gambar yang menarik dan di letakkan di depan Anda berjualan. Dengan begitu usaha puding jagung yang dijalankan mudah menggait minat dari banyak orang. Selain puding jagung, perkedel jagung juga bisa dijadikan peluang bisnis usaha yang mudah dan praktis

Tips Mudah Membuat Puding Agar Tidak Berair dan Cepat Pecah

Resep Puding Mangga Ini Gampang dan Praktis, 15 Menit Jadi ...

Memiliki rasa yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut membuat puding ini menjadi makanan penutup kesukaan semua orang. Apalagi, banyaknya puding instan sangat mudah untuk dibuat dengan aneka rasa yang banyak dijual di pasaran. Namun, tekstur yang mengandung banyak air membuat puding pun sering lembek dan berair. Hal ini bisa terjadi karena puding dibiarkan terlalu lama setelah dibuat, sehingga mudah berair.

1. Mengurangi Takaran Air

Biasanya menaruh takaran air dan bahan lain serta cara untuk membuat puding tersebut memang tertera di balik kemasannya. Di kemasan biasanya menggunakan 500 ml untuk membuat puding, lebih baik takarannya dikurangi. Gunakanlah air sebanyak 400 ml saja. Tips ini bisa dilakukan supaya tekstur puding tetap kental dan tidak mudah berair ketika akan disajikan.

2. Pastikan Jagung dan Bahan Lainnya Masih Fresh

Sebelum menyajikan dessert puding dalam jamuan, pastikan puding yang anda buat masih fresh. Tips menjaga agar puding tetap fresh dapat dilakukan dengan cara membuat puding kurang lebih 3 jam sebelum disajikan. Jika dibiarkan puding terlalu lama sebelum disajikan, maka puding akan menjadi lembek bahkan sebelum sampai di meja makan anda. Jagung fresh yang dipipih juga bisa dijadikan sebagai emping dengan mesin pemipih emping jagung

3. Biarkan Puding Dingin dengan Sendirinya

Saat puding yang dibuat telah jadi dan masih panas, biarkan puding tersebut mendingin dengan sendirinya. Jangan langsung menaruh puding yang masih panas di lemari pendingin atau menutupnya.

Saat akan meletakkan puding yang masih dalam keadaan panas langsung ke dalam kulkas akan menyebabkan permukaannya berair, yang berasal dari uap panasnya sendiri dan uap dari udara kulkas yang terkena perubahan suhu mendadak. Selain itu, puding kondisi panas yang langsung ditutup akan menyebabkan uap dari puding tersebut menempel di tutupnya dan menjadikannya berair.

4. Menyimpan puding yang sudah dingin dengan tempat yang tertutup

Menutup puding yang masih berada dalam kondisi panas dan beruap memang tidak baik karena akan menyebabkan puding lebih berair. Tetapi, puding sudah bisa dituutup ketika telah dibiarkan selama beberapa menit di suhu ruangan sehingga tidak beruap lagi. Gunakan tutup puding dengan plastic wrap, lalu anda masukkan ke kulkas.

5. Hindari Penyimpanan yang Terlalu Lama di Kulkas

Puding akan jauh memiliki rasa lebih baik ketika disajikan masih fresh. Setelah menutup puding dan menyimpannya di kulkas, sebisa mungkin puding segera dikonsumsi. Setelah itu bisa menyimpannya di kulkas dua sampai tiga jam. Puding memang paling enak disajikan dan disantap ketika dingin karena memberikan sensasi yang segar, tapi janganlah anda mendinginkan puding hingga berhari-hari karena hal tersebut akan menyebabkan puding berair.

Pendingin Puding Jagung

Ketika akan menjalankan usaha puding jagung baiknya perlu mengaplikasikan peralatan usaha yang memadai. Usaha puding jagung tidak dapat berjalan dengan maksimal tanpa menggunakan Lemari Pendingin Minuman yang bisa juga dipakai untuk puding. Penggunaan blender dalam kapasitas besar yang dipakai untuk memblender jagung untuk memproduksi puding. Proses pemblenderan jagung dapat dilakukan makin mudah, cepat dan makin praktis. Sehingga saat nanti akan memproduksi puding jagung dalam jumlah yang lebih besar hanya dalam waktu yang singkat. Sehingga penggunaan mesin tersebut memang sesuai dipakai dalam usaha.

6. Jika Puding Akan Dicampur Dengan Susu, Jangan Sampai Susu Terlalu Encer dan Kental

Tidak ada kategori dalam memilih jenis susu, mulai dari full cream, skim, atau susu bubuk. Asal pastikan susu tidak terlalu encer atau kental. Terkadang susu justru tidak tercampur dengan rata dan malah jadi pecah. Sebelum puding diolah, pastikan susu bubuk harus dilarutkan dengan benar agar tidak pecah.

7. Merebus Puding Dengan Api Besar

Kita pasti berpikir api yang besar akan membuat susu mendidih dengan cepat. Tapi sayangnya hal itu justru bisa memecah tekstur puding. Jadi ada baiknya kita bersabar dengan menggunakan api kecil sampai susu mendidih.

Manfaat Puding Bagi Kesehatan

Puding Jagung ~ Resep | Tastemade

Tahukah kamu kalau varian dessert yang satu ini kaya akan manfaat? Manfaat yang ada di dalam puding berasal dari kandungan rumput laut yang merupakan salah satu bahan dalam pembuatan puding. Mau tahu manfaat apa saja yang terkandung dalam puding?

1. Melancarkan Pencernaan

Serat yang terdapat pada puding sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Salah satu fungsi dari serat adalah untuk membersihkan bagian usus dengan cara memperlancar metabolisme. Dengan lancarnya metabolisme kita, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.

2. Sebagai Makanan Diet

Selain untuk membersihkan usus, serat yang terkandung pada puding juga bisa untuk menahan rasa lapar. Kandungan serat pada puding bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Jadi cocok banget dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Berbicara soal diet, nasi jagung juga menjadi alternatif untuk makanan diet pengganti nasi berkarbohidrat

3. Pencegah Kanker dan Kardiovaskular

Rumput laut memang dikenal kaya akan manfaat, salah satunya sebagai pencegah kanker. Oleh karena itu, puding baik untuk mencegah kanker. Selain itu rumput laut juga berguna untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Antioksidan

Ekstrak rumput laut yang terkandung pada puding dapat berfungsi sebagai antioksidan selain itu zat krolofil yang ada pada rumput laut dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh kita.

Resep Puding Jagung

1. Puding Jagung Manis

Bahan – Bahan 

  • 500 ml air
  • 1/2 bungkus jelly plain
  • 125 ml susu cair
  • 1 jagung manis besar
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Puding Jagung Manis

  1. Haluskan jagung dengan blender lalu saring
  2. Campur semua bahan ke dalam panci sedang
  3. Masak di atas api kecil sampai tak ada yang menggumpal
  4. Aduk terus hingga mendidih
  5. Setelah adonan agak kental matikan api
  6. Tuang puding dalam cetakan
  7. Dinginkan di dalam lemari es hingga padat
  8. Puding jagung manis telah siap untuk disajikan

2. Puding Jagung Santan

Bahan – Bahan

  • 1000 ml santan kelapa parut
  • 300 gram biji jagung manis
  • 230-250 gram gula pasir
  • 2 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/4 sdt garam

Bahan Vla Santan

  • 300 ml santan kelapa parut
  • 1,5 sdm tepung maizena dan larutkan air sedikit
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Puding Jagung Santan

Puding

  1. Masukkan biji jagung dan santan ke dalam blender
  2. Blender kedua bahan hingga halus
  3. Tuang adonan ke dalam panci
  4. Tambahkan agar-agar tanpa rasa, gula dan garam
  5. Masak dengan api kecil
  6. Tambahkan larutan tepung maizena
  7. Aduk terus hingga mendidih dan kental

Vla

  1. Masukkan santan, gula pasir dan garam ke dalam panci
  2. Masak dengan api kecil hingga mendidih
  3. Tambahkan larutan tepung maizena
  4. Aduk kembali hingga mendidih dan mengental
  5. Tunggu hingga dingin
  6. Tuang saus vla di atas puding jagung
  7. Puding jagung santan telah siap untuk disajikan

3. Puding Jagung Hercules Custard

Bahan – Bahan

  • 100 ml air matang
  • 60-70 gram gula pasir
  • 50 gram tepung custard atau hercules
  • 30 gram susu bubuk putih
  • 1/2 kaleng jagung manis

Langkah Memasak Puding Jagung Hercules Custard

  1. Masukkan tepung custard dan air ke dalam panci
  2. Tambahkan susu bubuk dan gula pasir
  3. Masak dengan api kecil sembari di aduk terus
  4. Tunggu hingga mendidih dan mengental
  5. Tuang biji jagung ke dalam adonan
  6. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata
  7. Tuang ke dalam cetakan
  8. Tunggu hingga suhu ruang lalu masukkan ke dalam kulkas
  9. Puding jagung hercules custard telah siap dihidangkan

4. Puding Jagung Bakar

Bahan – Bahan

  • 3 kaleng jagung
  • 500 ml susu cair
  • 1 bungkus susu SKM
  • 8 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 200 gr santan instan
  • 3 sdt vanila essens
  • Whiep cream untuk hiasan
  • Keju parut untuk hiasan
  • Parutan DCC untuk hiasan
  • 3 sdt garam

Langkah Membuat Puding Jagung Bakar

  1. Siapkan semua bahan
  2. Blender 2 kaleng jagung yg 1 kaleng untuk hiasan atau topping
  3. Blender dan masukan ke wadah baskom agak besar,sebelum itu kocok 8 butir telur sampai teraduk rata dan berbuih
  4. Masukan kocokan telur ke dalam baskom beri jagung yg sudah diblender,masukan santan,gula,garam,SKM,vanila essens,aduk sampai tercampur rata
  5. Letakkan ke dalam wadah tahan panas bakar dengan diberi loyang yg berisi air dibawah nya atau teknik au bain marie disuhu 200 C selama 2,5 jam (sesuai oven masing),cek terus airnya jika mulai habis ditambahkan lagi
  6. Sesudah dibakar keluarkan dari oven tunggu sampai dingin baru dihias baru masukan kedalam kulkas dan sajikan

5. Puding Jagung Hunkwee

Bahan – Bahan

  • 2 buah jagung manis (diserut)
  • 1 bungkus tepung hunkwee
  • 3 sdm SKM
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 bungkus santan kara
  • secukupnya Air
  • Topping (selasih/coco chips)

Langkah Membuat Puding Jagung Hunkwee

  1. Jagung manis diserut terlebih dahulu, blender dengan air kurleb 500ml hingga halus
  2. Saring diatas panci yang sudah di isi dengan tepung hunkwee + santan kara + SKM + gula pasir (aduk menjadi satu)
  3. Koreksi rasa (jika dirasa kurang manis bisa ditambahkan gula pasir)
  4. Masak diatas api sedang hingga meletup-letup dan jangan lupa terus diaduk biar gak gosong yaa. Jika dirasa adonan udah mulai padat matikan api
  5. Cetak diatas cetakan puding yang sudah disiapkan. Tunggu hingga uap panas hilang bisa dimasukkan kulkas. Karena lebih oke jika dimakan dalam kondisi dingin
  6. Jangan lupa kasi topping juga yah sesuka hati biar makin happy saat disajikan.

Olahan resep puding jagung bisa kalian coba dirumah. Selamat Mencoba!

 

× Whatsapp Kami!