0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Di artikel ini , saya akan memaparkan tentang cara membuat bakwan yang enak dan mudah dibuat. Semua tentu mengenal bakwan, kan? Bakwan ialah makanan gorengan yang dibuat dari sayuran serta tepung terigu yang lazim ditemukan di Inegara kita ini.

Bakwan bisanya merujuk kepada kudapan gorengan sayur-sayuran yang biasa dijual oleh penjaja keliling gorengan. Kata bakwan sendiri berasal dari bahasa Mandarin yaitu “bak” yang artinya daging, dan “wan” yang artinya bulat.

Manfaat Bakwan Bagi Kesehatan Tubuh

Sejarah Asal Adanya Makanan Bakwan

Siapa yang tak suka dengan jagung? Jenis sayuran berwarna kuning ini sering kali dibuat menjadi berbagai macam masakan, contohnya bakwan jagung, jagung rebus, jagung bakar dan yang lainnya.

selain enak untuk dimakan, jagung ternyata juga mempunyai kandungan manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Dikutip dari Boldsky, berikut manfaat dari jagung yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan pada jagung benar-benar meningkat saat dimasak dan antioksidan sehat ini dapat menjaga kesehatan jantung kita.

2. Meningkatkan Kemampuan Pengelihatan

Karena ada kandungan lutein, jagung, terutama jagung manis mempunyai kemampuan untuk memperkuat saraf optik serta memperbaiki penglihatan kita.

3. Meningkatkan Energi

Jagung kaya akan karbohidrat sehat yang tidak menambah berat badan bagi tubuh Anda, namun justru membantu meningkatkan kadar energi Anda.

4. Mengurangi Sembelit

Karena jagung kaya akan kandungan serat, ini membantu melancarkan buang air besar dan memperbaiki pergerakan usus untuk mengurangi sembelit.

5. Anti Kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa jagung mengandung fitonutrien yang memiliki kemampuan untuk melawan sel penyebab kanker dalam tubuh manusia.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jagung sangat rendah mengandung kalori dan sukrosa, jadi ini ialah kudapan sehat bagi orang yang mau menurunkan berat badan atau diet.

7. Sehat Untuk Bakteri Usus

Jagung memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi bakteri sehat di usus Anda, sehingga membantu pencernaan yang sehat.

Macam Macam Bakwan dan Cara Membuatnya

Macam Macam Bakwan dan Cara Membuatnya

1. Cara Membuat Bakwan Jagung

Bahan-bahan

  • 3 bh jagung manis, disisir
  • 7 sdm penuh tepung terigu.
  • 2 sdm tepung beras
  • 4 siung bawang putih ditumbuk halus
  • 8 btr bawang merah diiris halus
  • 5 batang seledri iris halus
  • secukupnya air
  • 2 batang daun bawang kecil iris halus
  • secukupnya Garam , merica

Langkah Membuat Bakwan Jagung

  1. Cuci jagung, sisir dg pisau. Taro dlm baskom. Siapkan bahan2
  2. Campur semua bahan dlm baskom. Aduk rata
  3. Penampakan adonan bakwan jagung yg telah dicampur. Dilihat adonan nya ya…kalo terlalu kental tambahkan air sebaliknya kalo kurang tepung tambahkan terigu. Jangan lupa beri garam dan merica. Tidak perlu kasih gula krn jagung sudah manis
  4. Goreng adonan bakwan dlm minyak panas. Kalo mau bikin tebal tinggal ditebalin aja adonan nya pake 2 buah sendok krn sy sukanya tipis2 sy cm pake 1 sendok langsung beberkan adonan ke dalam minyak.

    2. Cara Membuat Bakwan Tahu

    Bahan-bahan

    • Tahu putih, hancurkan – 250 gram
    • Wortel, iris – 2 buah
    • Kol, iris – 1/4 buah
    • Daun bawang, iris- 2 batang
    • Terigu – 2 sdm
    • Telur – 1 butir
    • Garam – 1 sdt
    • Gula – 1/2 sdt
    • Lada bubuk – 1 sdt
    • Kaldu bubuk – 1 sdt
    • Bawang putih – 2 siung
    • Bumbu Halus:
    • Bawang merah – 3 siung

    Langkah Membuat Bakwan Tahu

    1. Dalam tempatnya, campurkan tahu yang telah dihancurkan, bumbu halus, terigu, dan telur. Lalu aduk sampai rata.
    2. Bumbui dengan garam, gula, lada, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
    3. Masukkan irisan sayuran: wortel, kol, dan daun bawang. Aduk rata.
    4. Dalam wajan, panaskan banyak minyak. Ambil 1 sdm adonan lalu goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Lakukan hingga adonan habis. Angkat dan tiriskan.
    5. Siap disajikan.

     

    3. Cara Membuat Bakwan Udang

    Bahan-bahan :

    • 75 gram udang rebon
    • 100 gram tepung terigu
    • 150 gram tepung beras
    • 1 butir telur (dikocok lepas)

      Goreng bakwan sampai matang. Kalo sy suka nya sampai agak coklat. Enaak gariing wangiii….sy malah cm makanin pinggiran nya 😁😄

      Langkah Cara Membuat Bakwan Udang

      1. Campur dan aduk sampai rata, tepung, bumbu halus, telur, udang serta sayuran, lalu masukan air sedikit demi sedikit hingga didapat kekentalan yang pas.
      2. Panaskan minyak goreng, ambil sesendok adonan, goreng hingga matang kecokelatan kedua sisinya, angkat, tiriskan.
      3. Sajikan hangat dengan cabe rawit.

       

      4. Cara Membuat Bakwan Sayur

      Bakwan sering dijadikan camilan atau teman makan nasi. Rasa gurih dan renyahnya disukai semua orang. Harga bakwan juga kebanyakan murah, dan mudah untuk dibuatnya sendiri dirumah. Hanya memerlukan tepung terigu, dan macam macam sayuran serta bumbu yang dicampur menjadi adonan lalu digoreng.

      Sayuran yang biasanya digunakan untuk campuran bakwan ialah kol, buncis, tauge, wortel, atau anda juga bisa menambahkan udang atau teri ke dalam adonannya. Hidangkan bersama cabe rawit atau saus sambal kesukaan anda agar lebih nikmat.

      Bahan-bahan

      • Tepung terigu serbaguna – 200 gram
      • Udang kupas, cincang kasar – 150 gram
      • Kol, iris halus – 100 gram
      • Buncis, iris halus – 100 gram
      • Toge, siangi – 50 gram
      • Wortel, iris korek api – 1 buah
      • Daun seledri, iris halus – 2 batang
      • Telur – 1 butir
      • Daun bawang, iris halus – 1 batang
      • Minyak untuk menggoreng – secukupnya
      • Air – secukupnya
      • Bawang putih – 3 siung
      • Bumbu halus:
      • Bawang merah – 5 butir
      • Merica hitam – 1/2 sdt
      • Garam – secukupnya

      Langkah Cara Membuat Bakwan Sayur

      1. Campur dan aduk sampai rata, tepung, bumbu halus, telur, udang serta sayuran, lalu masukan air sedikit demi sedikit hingga didapat kekentalan yang pas.
      2. Panaskan minyak goreng, ambil sesendok adonan, goreng hingga matang kecokelatan kedua sisinya, angkat, tiriskan.
      3. Sajikan hangat dengan cabe rawit.
        5. Cara Membuat Bakwan Kawi

        Bahan Siomay, pangsit dan Bakso tahu :

        150 gr Fillet ikan
        80 gr tepung kanji
        150 gr daging ayam
        30 gr tepung terigu
        4 sdm air es
        5 batang daun bawang diiris halus
        Kulit pangsit secukupnya
        15 buah tahu (bisa tahu putih bisa tahu magel yang coklat itu)

        Bumbu-bumbu :

        3 siung bawang putih
        20 butir merica
        1 sdm bawang merah goreng
        garam secukupnya

        Bahan untuk kuah:

        2 siung Bawang putih digoreng utuh
        3 siung Bawang merah digoreng utuh
        2 L Kaldu atau air (terserah aja mau bikin berapa banyak)
        Merica dan garam secukupnya

        Pelengkap:

        Daun bawang diiris halus
        Bawang merah goreng
        Mie telur/mie instan direbus sampai lunak

        Langkah Membuat Bakwan Kawi :

        1. Haluskan fillet ayam dan fillet ikan dengan food prosessor
        2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya
        3. Setelah halus dan tercampur rata, masukkan tepung kanji dan tepung terigu, uleni lagi.
        4. Tambahkan air ke dalam food prosessor
        5. Setelah adonan tercampur rata, pindahkan ke mangkok besar, campurkan daun bawang, aduk sampai rata
        Pertama kita buat yang untuk dikukus dulu ya
        6. Iris tahu menjadi dua  (bentuk segitiga) dan belah tengahnya
        7. Isikan adonan isi ke dalam tahu, taruh di kukusan
        8. Untuk siomay, ambil selembar kulit lumpia, beri isian di tengahnya (jangan terlalu banyak). Satukan ujung-ujung kulit lumpia, bentuk seperti kantong uang (bentuk ekado), puntir untuk mengunci adonan.
        9. Setelah selesai, kukus tahu dan siomay sampai matang (kurang lebih 15 menit)
        10. Untuk siomay goreng, isikan isian ke dalam kulit lumpia. Saya membuat 3 bentuk, yang pertama berbentuk seperti lumpia. Yang kedua seperti ekado atau kantong uang dan yang terakhir dibentuk seperti mata uang cina jaman dulu (caranya, isikan isian di tengah kulit lumpia, lipat segitiga dan satukan ujung-ujungnya.
        11. Goreng pangsit sampai kekuningan, dengan api yang kecil (kalau api besar hasilnya gosong).
        Hasil untuk pangsit goreng seperti ini:

        Untuk kuah

        1. Setelah bawang putih dan bawang merah digoreng, haluskan.
        2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam kaldu atau air
        3. Rebus kaldu sampai mendidih

        Untuk penyajian

        1. Tata mie, pangsit goreng, siomay dan bakso tahu di dalam mangkuk
        2. Siram dengan kuahnya
        3. Taburi bawang goreng dan daun bawang
        4. Sajikan
        Untuk rasanya, kalau menurut saya lumayan. Tapi dengan resep yang kemaren, masih kurang kenyal kalau menurut saya. Kayaknya sih kurang tepung kanjinya. Mungkin kalau besok bikin lagi, tepung kanjinya bakal ditambahin sedikit lagi.
        Tapi secara keseluruhan udah enak. O, iya yang siomay sama bakso tahunya, kalau ditambahin bumbu kacang udah jadi siomay lho.
        Untuk siomay yang dikukus, kalau pake kulit lumpia ternyata hasilnya nggak begitu bagus ,mungkin karena terlalu tipis ya. Tapi kalau untuk pangsit gorengnya, jadinya bagus banget. Selamat mencoba.

    Bahan Tambahan :

    • Seikat bayam (ambil daunnya dan dirajang kasar)
    • 3 buah cabai rawit merah (iris tipis)
    • 20 ml air
    • Minyak goreng secukupnya
    • Penyedap rasa (jika suka)

     

    6. Cara Membuat Bakwan Udang

    Bahan-bahan

    • Putih telur – 1 butir
    • Tepung terigu – 3 sdm
    • Air – 70 ml
    • Tepung beras – 1 sdm
    • Udang, ukuran sedang – 8 ekor
    • Wortel kecil, potong korek api- 1 buah
    • Daun bawang, iris halus – 1 buah
    • Kol, iris tipis – 3 lembar
    • Minyak untuk menggoreng – secukupnya

    Langkah Membuat Bakwan Udang :

    1. Bersihkan dan kupas udang, belah punggung dengan pisau tajam, keluarkan vena/bagian hitam dari punggung, cuci bersih dan tiriskan.
    2. Kupas dan iris2 wortel dan daun kol bentuk korek api atau tipis panjang. Bisa juga diserut kasar kalau mau praktis.
    3. Ulek bumbu dengan cobek sampai halus. Campur dengan tepung, telur, sayuran dan udang.
    4. Masukan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan tercampur rata.
    5. Tambahkan bubuk kaldu dan gula pasir.
    6. Cicipi, jika perlu tambahkan garam sesuai selera.
    7. Panaskan minyak goreng dalam wajan cekung dengan jminyak yang banyak dengan suhu panas yang sedang.
    8. Cicipi rasa adonan tepung dengan cara, ambil satu sendok makan adonan, goreng hingga matang dan mengapung di atas minyak. Cicipi apakah rasa asin sudah benar2 pas.
    9. Ambillah adonan dengan bantuan sendok besar atau bisa juga dengan sendok sayur, masukan ke wajan. Beri sedikit jarak satu sama lain agar tak lengket atau menempel.
    10. Goreng bakwan hingga matang serta berwarna kuning kecoklatan.Lalu tiriskan.
    11. Setelah itu goreng juga adonan sampai habis, tiriskan dan letakkan di atas tissue dapur supaya bebas minyak.
    12. Hidangkan hangat dengan cabe rawit atau bisa juga dengan sambal cabai botolan favorit anda.

    Di artikel ini kita tidak hanya membahas tentang Cara Membuat Bakwan, kita juga akan memaparkan tentang Minuman Segar Untuk Buka Puasa. Mau tahu resep dan cara membuatnya ? berikut ulasanya tentang Minuman Segar Untuk Buka Puasa

    Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang ara Membuat Bakwan, , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang ara Membuat Bakwan,, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

WhatsApp chat