Yuk Kita Intip Cara Membuat Chicken Wings Ala Restoran Ternama

cara membuat chicken wings

Pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat chicken wings yang mudah, praktis, dan enak. Tapi pertama-tama kita akan bahas dahulu dari pengertian hingga resep cara membuat chicken wings dengn cara yang mudah, praktis, dan pastinya enak setara dengan rasa chicken wings di restoran – restoran ternama

Sayap Ayam (chicken wings)

cara membuat chicken wings

Chicken Wings merupakan sebuah potongan dari sayap ayam yang kemudian diolah menjadi makanan. Kebanyakan orang, chicken wings biasanya disajikan sebagai makanan ringan di kala nongkrong atau kumpul bareng. Ada banyak varian resep dan cara membuat chicken wings.

Cara Membuat Chicken Wings Beserta Penyajiannya dari Berbagai Negara

Ternyata resep dan cara membuat chicken wings dari berbagai negara berbeda – beda. Bahkan penyajian dan aturan masakpun juga wajib diketahui. Berikut beberapa negara dan cara pembuatan hingga penyajian chicken wings yang unik.

1.      Amerika

Bagi sebagian besar orang Amerika, menu sayap ayam merupakan salah satu makanan ringan yang sangat populer. Biasanya disajikan dengan rasa yang pedas, dapat embuat penikmatnya berkeringat ketagihan. Dengan warnanya yang kuning keemasan digorang hingga terlihat juicy dari dalam dagingnya.

2.      Peru

Di Peru menu sayap ayam ini biasanya dibumbbui dengan air perasan jeruk nipis, daun salam, bawang putih, jinten, cadai merah bubuk, Sauvignon Blanc dan minyak zaitun. Agar dapat mendapatkan rasa terbaik, sayap ayam dipanggang di atas arang lalu ditaburi dengan tangkai thyme segar, garam laut, dan lada hitam saat disajikan.

3.      Korea Selatan

Menu sayap ayam disebut juga dengan gojujang. Bumbu yang digunakan yaitu bumbu pasta cabai khas Korea, soy sauce, bawang putih, jahe, dan minyak wijen bersamaan dengan cuka beras pedas dan madu manis. Sebelum diolah dan dimasak, biasanya sayap ayam akan dicelupkan dalam bubur tepung, tepung jagung, dan air. Jika sudah, ayam kemudian digoreng dalam minyak panas dalam dua kali proses penggorengan. Hal ini dilakukan agar mematangkan sayap ayam dan untuk penggorengan yang kedua berguna untuk membuatnya garing.

4.      Yunani

Di Yunani, sayap ayam merupakan menu pilihan yang sangat menggiurkan. Air perasaan jeruk lemon, lada hitam, bawang putih, dan rempah-rempah yang membuat sayap ayam tersebut terasa sangat nikmat. Resep khasnya untuk mencantumkan tahapan menakhiri sayap ayam pada atas arang setelah dipanggang. Namun cara tersebut hanyalah opsional,  meski menambah kelezatan bila sayap ayam dibakar dengan bersentuhan dengan arang.

5.      Meksiko

Pembuatan sayap ayam di Meksiko ini sangat unik, yaiutu dengan menggunakan tortilla chips bubuk. Dengan mencampurkan minyak jagung, jinten, cabai bubuk, oregano bubuk, dan cayenne bubuk sebelum keripik ini diolah. Pengolahannya ialah dengan cara mencelupkan sayap ayam ke dalam bumbu pedas tersebut sebelum dibenamkan ke dalam tortilla chip bubuk. Jika sudah, lalu panggang hingga garing atau hingga berwarna coklat keemasan.

6.      Spanyol

Di Spanyol, sayap ayam ini biasanya dibumbui dengan paprika bakar dan bawang putih. Salah satu kunci dan tips untuk mengolahnya ialah menggunakan wajan besar untuk memastikan kulitnya dapat menjadi renyah dan menggunakan perasa tambahan dari air perasan lemon, minyak zaitun dengan kualitas yang baik, dan lada hitam bubuk.

7.      Kanada

Di pegunungan Quebec yang terletak di kota Ski Mont-Tremblant, kalian akan menemukan salah satu restoran bernama La Forge yang memiliki salah satu menu yang unik. Yang membuat unik ialah makanan ini bukan terbuat dari sayap ayam melainkan dari sayap bebek.

Pengolahannya confit kemudian digoreng dengan minyak yang banyak hingga teksturnya lembut. Rasanya juga cenderung manis karna penyajiannya dengan saus maple.

8.      China

Dengan campuran soy sauce, bawang putih, jahe bubuk, dan gula merah membuat menu sayap ayam di China beraroma sedap dan kaya akan bumbu.

Pembuatannya ialah dengan cara mencampur semua bumbu ke dalam satu kantung plastik besar dengan segel, lalu masukkan sayap ayam tersebut ke dalam kantong plastik. Kemudian simpan ke dalam lemari es selama minimal kurang lebih 24 jam. Hingga keesokan harinya, panggang dengan temperatur suhu 177 derajat Celsius selama kurang lebih 1 jam lamanya.

Lalu, Kenapa Seluruh Orang di Dunia Sangat Menyukai Chicken Wings?

cara membuat chicken wings

Nah ini yang membuat banyak orang penasaran, kenapa bisa hampir seluruh orang di dunia sangat menyukai bagian sayap pada ayam? Lalu apa keistimewaannya?

Alasan yang mungkin sangat umum ialah bagian pada chicken wing ini merupakan salah satu bagian yang paling krispi. Meskipun dari bentuknya yang cukup kecil, chicken wing menjadi salah satu bagian yang paling sangat favorit karena kulitnya yang terasa sangat krispi.

Fakta Unik Chicken Wings

Chicken wings merupakan salah satu menu makanan ringan yang sangat populer bagi sebagian besar orang Amerika. Bentuknya yang kecil dengan cita rasa yang kayal hingga tekstur dagingnya yang sangat juicy merupakan kelebihan makanan ringan yang kerap disantap saat nongkrong bareng.

Terdapat tiga aturan menu chicken wings ala Amerika yang harus dipatuhi, ialah tanpa menggunakan tepung roti, selalu digoreng, dan saus yang digunakan harus menggunakan mentega dengan rasa yang pedas.

1.      Memiliki Resep Berbeda pada Setiap Daerah

Setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk mengolah bahan sayap ayam menjadi camilan yang lezat.

Misal Di Peru menu sayap ayam ini biasanya dibumbui dengan air perasan jeruk nipis, daun salam, bawang putih, jinten, cadai merah bubuk, Sauvignon Blanc dan minyak zaitun. Agar dapat mendapatkan rasa terbaik, sayap ayam dipanggang di atas arang lalu ditaburi dengan tangkai thyme segar, garam laut, dan lada hitam saat disajikan.

Berbeda dengan resep dan cara membuat chicken wings Amerika Serikat, biasanya disajikan dengan rasa yang pedas, dapat embuat penikmatnya berkeringat ketagihan. Dengan warnanya yang kuning keemasan digorang hingga terlihat juicy dari dalam dagingnya..

Sementara itu, di Korea Selatan bumbu yang digunakan yaitu bumbu pasta cabai khas Korea, soy sauce, bawang putih, jahe, dan minyak wijen bersamaan dengan cuka beras pedas dan madu manis. Sebelum diolah dan dimasak, biasanya sayap ayam akan dicelupkan dalam bubur tepung, tepung jagung, dan air. Jika sudah, ayam kemudian digoreng dalam minyak panas dalam dua kali proses penggorengan. Hal ini dilakukan agar mematangkan sayap ayam dan untuk penggorengan yang kedua berguna untuk membuatnya garing.

2.      Beragam Versi Asal Usul

Terdapat beragam versi asal usul dari chicken wings. Versi yang sangat populer menyebutkan, bahwa camilan ini dibuat pertama kali pada tahun 1964 oleh seroang ibu bernama Teressa Belisimo di kota Anchor Bar, Buffalo, New York.

Pada mulanya ia membuat makanan ini karna terpaksa dan terpepet, terlebih karena anaknya membawa temannya ke rumah secara mendadak.

Versi yang kedua ialah, Teresa membuat menu ini karena didorong oleh anaknya yang melihat para tamu bar yang memborong banyak minuman. Kemudian anaknya ingin ibunya membuatkan sesuatu yang istimewa untuk menjamu tamu – tamunya.

Kemudian ada pula versi ketiga ialah pada suatu hari ada pesanan ayam yang datang. Karena yang tersisa hanyalah bagian sayap ayam, suami Teresa memintanya untuk mengolah bahan yang ada menjadi suatu makanan yang enak untuk disantap. Sehingga terciptalah menu chicken wings di Amerika.

3.      Donat dengan Rasa Chicken Wings

Jika biasanya donat disantap dengan topping yang serba manis, kini terdapat topping gurih khas chicken wings.

Menu ini pertama kali dipopulerkan oleh The Doughnut Project, sebuah kedai makanan yang terletak di New York yang menjual beragam donat.

Menu ini dinamakan Chicken Wings Doughnut. Donat ini hadir dengan rasa yang sangat khas dengan potongan keju di atasnya.

4.      Latte dengan Rasa Saus Chicken Wings

Gerai kopi Tim Hortons di Buffalo New York mempunyai menu yang sangat unik. Gerai kopi ini menggunakan penggabungan rasa hot chicken wings dengan latte.

Menu Buffalo Latte terbuat dari espresso, susu hangat, moka, dan perasa saus Buffalo dengan rasa yang sedikit asam. Tidak lupa dengan menambahkan topping whipped cream latte dan ditaburi bumbu Buffalo sebagai pelengkap.

5.      Pria Makan 2011 Chicken Wings di Tahun 2011

Seorang pria berasal dari New York bernama Ryan Hohman berhasil mewujudkan resolusi yang sangat unik di tahun 2011. Dimulai sejak tanggal 1 Januari 2011, ia berhasil menyelesaikan misinya pada tanggal 20 Desember 2011 dengan memakan 2.011 chicken wings

Untuk menepati janjinya, ia menerapkan strategi dengan memakan  60% menu chicken wings di setiap harinya. Semisal, di hari kerja ia memakan 15 sampai 20 sayap ayam, sementara pada akhir pekan, ia mencari tempat makan baru agar ia dapat membeli 30buah sayap ayam.

 

Kandungan Gizi pada Sayap Ayam

Selain rasanya yang enak, sayap ayam juga memiliki kandungan gizi. Kandungan gizi pada sayap ayam mencakup 337 kj energi atau setara dengan 81 kkal. Dan memiliki kandungan lemak yang lumayan banyak yaitu 5,4g yang terdiri dari 1,513g lemak jenuh, 1,15g lemak tak jenuh ganda, dan 2,121g lemak tak jenuh tunggal.

Kolestrol yang terdapat pada sayap ayam terdapat 23mg. Dengan kandungan protein 7,46g, sodium 113mg, dan kalium 51mg.

sehingga ringkasan dari kandungan gizi pada sayap ayam ini ialah energi sebanyak 81kkal, lemak 5,4g atau setara dengan 62% lemak, karbohidrat sebanyak 0g dan protein 7,46 g atau setara dengan 38% prot.

 

Kumpulan Resep dan Cara Membuat Chicken Wings

cara membuat chicken wings

Cara Membuat Chicken Wings dengan Rasa Spicy

Bahan

  • 1 kg sayap ayam, potong-potong dan cuci bersih
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • garam secukupnya

Bahan Bumbu Saus

  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 siung bawang merah, cincang
  • 5 buah cabai rawit, potong-potong (sesuai selera)
  • 2 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt merica
  • kecap manis secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Chicken Wings dengan Rasa Spicy

  1. Ulek hingga halus bawang putih, ketumbar, kunyit serta garam. Kemudian campurkan sayap ayam dengan bumbu yang telah diulek halus tadi, dan masukkan ke dalam panci lalu campur dengan air secukupnya.
  2. Ungkep sayap ayam hingga matang
  3. Tumis bawang putih, cabai rawit, dan bawang merah hingga tercium aroma harum. Kemudian disusul dengan memasukkan saus sambal, saus tomat, kecap manis, dan merica. Tumis sebentar saja, lalu tuangkan sedikit air. Tunggu dan biarkan hingga saus mengental.
  4. Masukkan sayap ayam tadi, lalu aduklah hingga rata dengan saus tadi. Masaklah hingga saus benar – benar kering dan meresap ke dalam daging ayam tersebut.

Cara Membuat Chicken Wings Crispy BBQ

Bahan

  • 10 buah sayap ayam
  • 2 siung bawang putih, parut
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 50 g tepung terigu
  • 50 g tepung kanji
  • minyak goreng

Bahan Bumbu Saus

  • 100 ml saus BBQ
  • 3 sdm saus cabai
  • 2 butir bawang merah, cincang
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt garam

Cara Membuat Chicken Wings Crispy BBQ

  1. Buanglah bagian sayap ayam kecil yang runcing
  2. Lumuri sayap ayam dengan bumbu bawang putih, garam, dan merica
  3. Siapkan tepung terigu dan tepung kanji, kemudian campurlah hingga rata
  4. Kemudian lumuri sayap ayam dengan tepung terigu dan tepung kanji sampai rata
  5. Gorenglah sayap ayam tersebut ke dalam minyak panas sampai agak kering
  6. Masukkan ayam tersebut ke dalam wadah yang tahan panas
  7. Untuk membuat sausnya, campurlah semua bahan bumbu saus sampai benar – benar rata
  8. Lumuri sayap ayam dengan saus tersebut. Pastikan saus tersebut tercampur sampai rata
  9. Kemudian panggang sayap ayam ke dalam oven panas selama kurang lebih 30 menit sampai agak kering dan bumbu benar – benar meresap ke dalam daging
  10. Jika sudah, angkat dan sajikan

Cara Membuat Chicken Wings Saus Keju

Bahan

  • 500 gram sayap ayam (bersihkan dan cuci bilas dengan air jeruk nipis)
  • 1 butir telur
  • Susu cair secukupnya
  • Tepung bumbu ayam goreng serba guna secukupnya

Bahan Saus Pedas

  • 3 sendok makan (sdm) saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus Bangkok
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1 siung bawang putih (parut)
  • Air secukupnya
  • Bubuk cabai secukupnya

Bahan Saus Keju

  • 3 batang pasta Richeese
  • 1 sdm penuh keju parut
  • 1 sdm rata tepung terigu
  • Susu cair secukupnya (untuk melarutkan tepung)
  • Sejumput garam

Cara Membuat Chicken Wings Saus Keju

  1. Campurkan susu, tepung bumbu, serta telur kemudian rendamlah ayam selama kurang lebih 30 menit di dalam kulkas
  2. Setelah 30 menit, ayam dapat di goreng. Sebelum digoreng, baluri ayam dengan tepung bumbu lagu dengan minyak yang benar – benar panas dan api kecil atau sedang (dianjurkan dengan menggunakan api sedang)
  3. Sambil menunggu ayam hingga matang, kalian dapat sambil membuat saus pedasnya. Larutkan tepung dengan susu, kemudian campur semua bahan saus pedas tadi ke dalam wajan lalu masaklah hingga saus mengental
  4. Jika ayam sudah matang, masukkanlah ke dalam saus tadi dan aduklah hingga saus tercampur rata
  5. Pembuatan saus keju hampir sama dengan pembuatan saus pedas tadi. Campurkan semua bahan saus keju lalu kemudian masaklah dengan cara ditim sampai benar – benar meleleh dan tercampur rata
  6. Sajikan ayam dengan baluran saus keju diatasnya agar terlihat menarik

Resep Chicken Wings Saus Tiram

Bahan

  • 10 ptg sayap ayam, buat seperti pentul
  • 1 bh paprika hijau, iris memanjang
  • 1 bh bawang bombay, iris tipis
  • 3 bh cabai merah besar, iris serong
  • 50 ml air
  • 5 sdm Saus Tiram
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Chicken Wings Saus Tiram

  1. Irislah bawang bombay, cabai, dan paprika
  2. Kemudian potonglah sayap ayam menjadi 3 bagian
  3. Gorenglah sayap ayam tersebut sampai agak kering. Kemudian angkat lalu tiriskan
  4. Tumis sayap ayam tersebut kemudian tambahkan air, bawang bombay, cabai, paprika dan saus tiram. Aduk dan masaklah hingga saus benar-benar rata dan matang

Sekian postingan penjelasan tentang cara membuat chicken dengan cara yang mudah, praktis, dan pastinya enak, semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar pengganguran di negeri kita berkurang. Kalian juga dapat melihat Resep Ikan Gurame dengan cara yang praktis!

× Whatsapp Kami!