0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Di artikel ini saya akan memaparkan tentang Cara Membuat Cimol Goreng yang enak dan gurih pastinya. Anak anda sering membeli Cimol Goreng di sekolahan atau saat penjual keliling lewat depan rumah anda? Atau malah anda sendiri ialah salah satu penggemar jajanan yang satu ini ? Tahukah anda apa arti jajanan yang satu ini? yak,Cimol yaitu aci yang di gemol atau aci yang di comol.

Dari arti namanya saja sudah pasti sudah kebayang bahan dasar jajanan yang enak , murah meriah dan gurih satu ini.Salah satu faktor yang menjadikan jajanan yang satu ini begitu cepat terkenal adalah kekhasan rasanya serta harga yang dapat di jangkau oleh anak-anak atau semua lapisan masyarakat.

Lain dari itu, penjual Cimol goreng juga mudah di cari. Mulai dari di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah ataupun juga di pusat jajanan pasti ada penjual nya.

Bahkan di lingkungan kami, ada penjual cimol yang sering berkeliling kalau sore hari. Begitu si penjual datang, pasti anak-anak langsung mengerubunginya, bahkan ada juga beberapa diantara anak-anak ada juga orang dewasa yang ikut antri untuk membeli jajanan asli Tasikmalaya Bandung ini.

Seperti Resep Cilok Bumbu Kacang yang sudah pernah kami sampaikan, Resep Cimol Goreng juga menggunakan bahan baku tepung sagu atau lebih dikenal dengan tepung kanj. Oke, sekarang kita menuju ke inti nya, yaitu cara membuat dan resep Cimol gurih dan enak.

Resep Cara Membuat Cimol Goreng Gurih dan Enak

Resep Cimol Goreng Gurih dan Enak

Untuk bahan dasar Aci di gemol adalah :

  • 9sdm Tepung beras yang telah di ayak halus
  • 900g Tepung Kanji atau lebih dikenal dengan tepung sagu
  • 1.5 hingga 2.5 sendok teh baking soda atau soda kue buat pengembang
  • 6 sdt atau sendok kecil tepung terigu
  • Garam sesuai selera anda
  • 700 ml Air untuk merebus
  • Merica bubuk secukup nya (bisa ditambahkan sesuai selera)
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Cimol Goreng yang Gurih :

  1. Pertama tama anda harus mencari wadah/tempat yang bersih dan yang besar untuk mengaduk bahan-bahan baku nya.
  2. Campur tepung terigu, tepung kanji, tepung beras, garam dan sedikit merica secara merata.
  3. Masukakan air sedikit demi sedikit ke adonan diatas sambil tetap di aduk untuk hasil yang maksimal.
  4. Bila dirasa tingkat kekenyalan nya cukup, langkah selanjutnya tuangkan soda kue atau baking soda.
  5. Bahan dasar cimol bisa dibentuk sesuai dengan selera. Untuk membuat sajian yang lebih menarik, anda juga bisa membentuk nya dengan bentuk bintang, huruf atau pun angka.
  6. Nyalakan penggorengan dengan api yang kecil untuk hasil yang terbaik, perlahan-lahan masukkan cimol yang yang sudah di bentuk tadi ke dalam wajan yang berisi minyak panas. Untuk diperhatikan, karena makanan ini mengandung air, biasanya sering akan timbul percikan kecil dari minyak.

Pada umum nya, cimol juga disajikan dengan saus asam jawa dengan gula merah Tetapi kalau anda sudah menaburi cimol dengan bumbu barbeque, keju atau lain nya. Saus ini sebenar nya tidak diperlukan lagi. Tetapi kalau ingin mencoba memakai saus, bahan dan cara membuat nya cukup mudah.

Cukup siapkan air, gula merah, gula pasir, cabai untuk yang suka pedas, bawang putih dan sama jawa secukup nya. Campurkan semua bahan secara merata sesuai selera.

Cara Membuat Bumbu Cimol :

Bahan-bahan :

  • Cabe rawit 7 buah, atau sesuai selera
  • Gula merah 4 sdm
  • Bawang putih 2 siung
  • Air asam jawa 2 sdm
  • Air mineral 200 ml
  • Garam 1/2 sdt

Cara Membuat Bumbu Cimol  :

  1. Haluskan semua bahan bumbu cimol saus pedas manis.
  2. Rebus bumbu hingga mendidih.
  3. Sajikan cimol dengan saus pedas manis.
  4. Cara membuat bumbu cimol saus kacang

Bahan-bahan :

  • Kacang tanah 100 g, goreng
  • Cabe rawit 7 buah, atau sesuai selera
  • Gula merah 4 sdm
  • Bawang putih 2 siung
  • Air asam jawa 2 sdm
  • Air mineral 200 ml
  • Garam 1/2 sdt

Cara Membuat Bumbu Cimol :

  1. Haluskan semua bahan bumbu cimol saus kacang.
  2. Setelah itu tumis bumbu cimol saus kacang hingga harum.
  3. Sajikan cimol dengan saus kacang.

Cara Menyajikan Cimol dengan Perasa Bubuk :

  1. Siapkan perasa bubuk.
  2. Siapkan wadah tertutup untuk mencampur cimol dan bumbu.
  3. Masukkan cimol ke dalam wadah beserta perasa bubuk.
  4. Tutup wadah lalu kocok-kocok hingga bumbu menempel merata pada cimol.

Cimol dengan berbagai bumbu bisa Anda sajikan dan Anda nikmati sebagai teman camilan Anda.

Manfaat Cimol Goreng

Manfaat Cimol Goreng

Kalau kamu suka makan cireng, cilok atau cimol pasti sudah terbiasa dong sama teksturnya yang kenyal-kenyal lengket gimana gitu. Tapi kamu tahu ngga si sebenarnya tekstur kenyal dan lengketnya ini terbuat dari bahan apa? Yak, jajanan-jajanan yang berasal dari tanah Sunda ini ternyata terbuat dari bahan dasar tepung tapioka.

Tepung tapioka atau tepung kanji ini oleh masyarakat Sunda lebih dikenal dengan sebutan tepung aci. Nama lain jajanan tersebut juga merupakan nama lain dari tepung aci. Seperti cireng yang kepanjangannya aci digoreng, atau cilok yang merupakan kepanjangan dari aci dicolok karena cara makan cilok yang ditusuk dengan lidi atau batang bambu kecil.

Tepung tapioka itu sendiri yaitu sebuah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Biasanya tepung ini digunakan untuk makanan mau pun sebagai bahan perekat makanan. Meski olahan tepung tapioka lebih banyak dibuat camilan seperti cireng dan cimol, tetapi ternyata tepung yang satu ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh lho. Apa aja ya?

1. Baik Bagi Penderita Hipertensi, Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan natrium yang rendah didalam tepung tapioka sangat menguntungkan untuk orang yang mempunyai tekanan darah tinggi, penderita penyakit jantung, serta stroke. Hal ini karena jumlah batas harian natrium pada orang dewasa adalah 2300 mg.

Untuk mendapatkan manfaat tepung tapioka secara sempurna, sebaiknya kalian mengurangi garam dan juga baking soda ketika memasak.

2. Baik Bagi Orang dengan Diet Bebas Gluten.

Sebagian orang ada yang mengalami intoleransi terhadap bahan makanan yang mengandung gluten. Seperti orang yang mengidap penyakit celliac. Tepung tapioka sangat cocok umtuk orang dengan diet bebas gluten sebab tepung ini terbuat dari singkong yang secara alami bebas gluten.

Tepung tapioka bisa juga menjadi pengganti tepung terigu yang sering kali digunakan untuk membuat roti atau kue. tetapi tidak semua produk tepung tapioka yang dijual di pasaran bebas dengan gluten, karena biasanya tepung diproses dengan peralatan yang sama sehingga berisiko mengalami kontaminasi dengan produk tepung lain yang mempunyai kandungan gluten.

3. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan.

Tepung tapioka bisa juga dimanfaatkan untuk mencegah sembelit ataupun konstipasi. Hal ini dikarenakan tepung tapioka mengandung pati resisten. Pati resisten ialah pati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Selain itu, fungsinya pun sama seperti serat dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu pati resisten juga dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan, meningkatkan metabolisme glukosa dan insulin dalam tubuh.

4. Membantu Menaikkan Berat Badan.

Kamu yang mempunyai masalah untuk menaikkan berat badan, hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung tapioka lho. Penelitian menyatakan bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi pada tepung tapioka bisa menolong menaikkan berat badan anda.

Cimol menjadi nama makanan yang kini sangat populer dikalangan masyarakat. Panganan ini memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa yang gurih dan nikmat. Bentuk cimol yang bulat kecil-kecil sehingga lebih menarik. Cimol biasa disajikan dengan variasi bumbu aneka rasa seperti pedas, manis maupun asin.

Saat ini sudah banyak para penjual olahan cimol dimasyarakat. Sehingga untuk menemukan cimol memang tidaklah sulit. Penggemar masyarakat akan olahan cimol yang semakin bertambah disetiap waktunya hingga tak heran jika panganan cimol banyak disukai.

Dengan banyaknya pecinta olahan cimol dimasyarakat hingga membuat peluang usaha cimol cukup menarik dijalankan. Untung yang diperoleh melalui usaha cimol memang bisa dikatakan tidak sedikit sehingga terbilang sangat menggiurkan.

Apakah Anda tertarik menjalankan usaha cimol? Ingin terjun dalam usaha cimol yang menguntungkan? Jika Anda ingin menggeluti usaha cimol maka Anda bisa simak detail pada ulasan artikel berikut ini. Melalui artikel ini, Anda bisa memulai usaha cimol dengan lancar hingga mendatangkan keuntungan yang lebih menggiurkan.

Memulai Usaha Cimol

Pada saat ingin memulai usaha cimol maka perlu memperhatikan dengan benar permulaan dari usaha ini. Usaha cimol bisa dimulai dengan langkah termudah. Dimana usaha cimol memiliki potensi yang cukup bagus dan menjanjikan kedepannya.

Untuk modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha cimol memang bisa dimulai dalam skala rumahan menggunakan modal yang sedikit. Jika ingin menjalankan usaha cimol dengan sukses maka terjuni dengan baik usaha cimol yang menguntungkan ini.

Peralatan Usaha Cimol

Usaha cimol bisa dilakukan dengan maksimal jika mempersiapkan peralatan untuk mendukung kelancarannya. Berbagai peralatan yang diperlukan dalam menjalankan usaha cimol yakni wajan, wadah, panci, alat penggoreng, kompor dan tabung gas, dan berbagai peralatan yang lain.

Bahan Baku Usaha Cimol

Pembuatan cimol bisa dilakukan dengan sebelumnya mempersiapkan bahan baku. Bahan yang diperlukan untuk memproduksi cimol ialah tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, garam, merica dan bahan lainnya.

Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan cimol memang tidaklah sulit. Kini berbagai bahan baku pembuatan cimol sudah banyak disediakan di toko, supermarket maupun di pasar tradisional. Bahan baku ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Konsumen Usaha Cimol

Untuk menentukan konsumen usaha cimol memang bukan suatu hal yang sulit. Anda bisa membuat olahan cimol dengan rasa yang nikmat dengan suguhan yang menarik tentu bisa menarik banyak konsumen. Penentuan konsumen usaha cimol mencangkup segala usia baik mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Penentuan Harga Jual Cimol

Pematokan harga jual cimol memang perlu diperhatikan dengan baik. Rata-rata usaha cimol dipatok dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 5.000.

Tempat Usaha Cimol

Usaha cimol bisa dijalankan dengan maksimal jika penentuan lokasi usaha dilakukan dengan tepat. Anda harus bisa memilih lokasi usaha cimol berada di kawasan yang ramai. Penentuan lokasi usaha juga berpengaruh pada jalannya suatu bisnis. Jika ada kesalahan dalam pemilihan tempat maka akan merugikan Anda.

Bahkan mampu menghambat usaha cimol sehingga tidak berjalan dengan maksimal. Pemilihan lokasi usaha pemasaran cimol memang perlu yang strategis.

Lokasi usaha yang strategis memang bisa lebih mudah diketahui semua orang sehingga jadikan bisnis cimol tak pernah sepi dari konsumen. Contoh lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis ialah di dekat sekolah, depan toko, dekat kos-kosan, dll.

Analisa Usaha Cimol

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba jalankan peluang bisnis cimol, silahkan lihat contoh hitungan analisa usaha cimol di bawah ini.

Investasi

Peralatan  Harga 
 Etalase/gerobak  Rp. 2,130,000
 Wadah  Rp. 62,000
 Panci  Rp. 78,100
 Wajan  Rp. 140,000
 Kompor dan tabung gas  Rp. 255,000
 Piring  Rp. 57,000
 Garpu  Rp. 35,000
 Meja dan kursi  Rp. 134,600
 Nampan  Rp. 46,200
 Peralatan tambahan lain  Rp. 66,900
 Jumlah Investasi  Rp. 3,004,800

 

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan etalase/gerobak 1/54 x Rp. 2,130,000  Rp. 39,444
 Penyusutan wadah 1/48 x Rp. 62,000  Rp. 1,292
 Penyusutan panci 1/48 x Rp. 78,100  Rp. 1,627
 Penyusutan wajan 1/48 x Rp. 140,000  Rp. 2,917
 Penyusutan kompor dan tabung gas 1/48 x Rp. 255,000  Rp. 5,313
 Penyusutan piring 1/48 x Rp. 57,000  Rp. 1,188
 Penyusutan garpu 1/48 x Rp. 35,000  Rp. 729
 Penyusutan meja dan kursi 1/48 x Rp. 134,600  Rp. 2,804
 Penyusutan nampan 1/36 x Rp. 46,200  Rp. 1,283
 Penyusutan peralatan tambahan lain 1/36 x Rp. 66,900  Rp.  1,858
 Total Biaya Tetap  Rp. 58,455

 

Biaya Variabel
 Tepung beras  Rp. 10,000  x 30  =  Rp. 300,000
 Tepung kanji  Rp. 16,000  x 30  =  Rp. 480,000
 Baking soda  Rp. 8,000  x 30  =  Rp. 240,000
 Tepung terigu  Rp. 8,000  x 30  =  Rp. 240,000
 Garam  Rp. 1,500  x 30  =  Rp. 45,000
 Merica bubuk  Rp. 2,000  x 30  =  Rp. 60,000
 Minyak goreng  Rp. 17,000  x 30  =  Rp. 510,000
 Biaya promosi  Rp. 5,000  x 30  =  Rp. 150,000
 Biaya sewa tempat  Rp. 6,800  x 30  =  Rp. 204,000
 Biaya listrik dan air  Rp. 12,900  x 30  =  Rp. 387,000
 Biaya lain-lain  Rp. 15,800  x 30  =  Rp. 474,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 3,090,000

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
30  Porsi  x  Rp. 5,000  =  Rp. 150,000
150,000  x 30  hr  =  Rp.  4,500,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.       4,500,000  –   3,148,455  =  Rp. 1,351,545

Asumsi

  • etalase/gerobak selama 4.5 tahun
  •  wadah selama 4 tahun
  •  panci selama 4 tahun
  •  wajan selama 4 tahun
  •  kompor dan tabung gas selama 4 tahun
  • meja dan kursi selama 4 tahun
  •  piring selama 4 tahun
  •  nampan selama 3 tahun
  •  peralatan tambahan lain selama 3 tahun

Di artikel ini kita tidak hanya membahas tentang Cara Membuat Cimol Goreng, kita juga akan memaparkan tentang Minuman Segar Untuk Buka Puasa. Mau tahu resep dan cara membuatnya ? berikut ulasanya tentang Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Cara Membuat Cimol Goreng , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang Cara Membuat Cimol Goreng , semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

 

WhatsApp chat