Cara Membuat Dimsum Ayam Yang Enak

Hallo teman-teman semua, apa kabar??? Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat dimsum ayam nih. Wah menarik banget kan, apalagi untuk kalian para chiken lovers pasti udah ngga sabar dengan resep-resep yang akan kita bagi dibawah. kalian tau ngga si apa itu dimsum?

Dimsum merupakan jenis makanan ringan yang berasal dari tiongkok, biasanya makanan ini dijadikan sarapan bersama dengan satu gelas teh. Jenis dimsum sangat beragam karena semua kue dan makanan pembuka dapat dikategorikan sebagai dimsum. Dimsum dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu dimsum goreng dan dimsum kukus, keduanya sama-sama enak jika disajikan saat hangat. Untuk mengsiasatinya kita dapat menggunakan alat pemanas makanan agar dimsum yang kita pesan/buat tetap dalam keadaan hangat ketika akan dimakan. Oh iya bahan dasar untuk membuat dimsum juga beraneka ragam loh ada dimsum ayam, dimsum udang, dan buat kalian yang vegetarian juga ada dimsum sayur loh. cara membuat dimsum udang gampang banget loh yuk cek artikelnya.

Nah untuk kali ini kita akan membuat dimsum dengan bahan dasar ayam ya. Ngomong-ngomong soal ayam, kalian tau ngga si ayam merupakan hewan aves atau kita biasa menyebutnya sebagai unggas mereka bernafas menggunakan paru-paru serta memiliki paruh dan 2 kaki. Hapir seluruh bagiang ayam dapat dimanfaatkan loh mulai dari daging, telur bahkan sampai bulunyapun memiliki manfaat, multi fungsi banget yaa.

Manfaat daging ayam lainnya adalah adanya kandungan zat dalam daging ayam yang dapat menjaga kestabilan nafsu makan kita loh teman-teman. Oleh karnaitu, wajar jika kita ingin untuk mengkonsumsi daging ayam secara terus-menerus. Daging ayam menjadi salah satu lauk yang sangat umum dan biasa dikonsumsi oleh kita penduduk Indonesia. Dibawah ini merupakan beberapa cara membuat dimsum dengan bahan dasar ayam.

1. Cara Membuat Dimsum Ayam(Siomay Ayam)

cara membuat dimsum ayam

Siapa yang tidak tau jenis dimsum satu ini, dimsum yang terbuat dari kulit pangsit yang tipis dan dengan isian yang lezat lalu dikukus. ya, siomay merupakan dimsum yang paling banyak digemari oleh semua orang bukan hanya karena kelezatannya saja, dimsum jenis satu ini juga memiliki harga yang terjangkau dan paling mudah dicari. berikut ini merupakan cara bikin siomay yang mudah.

Bahan-bahan:

Bahan Utama

  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3/4 sdm saus tiram
  • 25 gram sagu tani
  • 1/2 sdt lada halus
  • 3/4 sdm kecap asin
  • 1 lembar daun bawang, iris.
  • 1 sdm parutan wortel untuk topping.
  • 7 potong ayam bagian paha atas dan fillet bagian dagingnya saja.
  • 4 lembar besar kulit lumpia/pangsit/siomay. Bagi masing-masing menjadi 4 bagian.

Saus

  • 5 sachet saus sambal
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdm air panas
  • campur semua lalu aduk hingga rata

Cara Membuat Dimsum Ayam:

  1. Ambil 1/3 ayam fillet, lalu cincang halus.
  2. Blender 2/3 ayam fillet yang tersisa sekitar kurang lebih 3-5 detik dan jangan terlalu halus. Campur jadi 1, lalu sisihkan.
  3. Tambah garam, lada halus, kecap asin, gula pasir, minyak wijen saus tiram, sagu tani, daun bawang, dan aduk hingga rata.
  4. Ambil 1 lembar kulit, isi sekitar 1 sdm adonan (menyesuikan), lalu bentuk kulit dimsum dengan cara dilipat-lipat. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Gunting ujung kulit yang tersisa agar adonan lebih rapi. Beri parutan wortel diatasnya sebagai topping.
  6. Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit.
  7. Angkat dan sajikan dengan saus sambal sesuai selera.

2. Cara Membuat Dimsum Ayam (Siomay Ayam Jamur)

Dimsum satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya, ya siomay. Dimsum yang terbuat dari kulit pangsit dengan inian daging cincang didalamnya. Namun bagaimana dengan dimsum siomay isi ayam dan jamur tedengar sedikit berbeda ya, yuk kita lihat bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus kulit gyoza/pangsit.
  • 1 sdt bumbu penyedap rasa.
  • 3 sdm tepung maizena.
  • 250 gr ayam giling.
  • 6 sdm minyak wijen.
  • 1 sdt lada bubuk.
  • 1 cup jamur kuping.
  • 3 sdm kecap ikan.

Cara Membuat Dimsum Siomay Ayam Jamur:

  1. Panaskan pengukus.
  2. Ambil baslom kemudian campurkan, ayam, jamur dan bumbu-bumbu. Aduk hingga adonan rata, masukkan kecap ikan dan minyak wijen juga jangan lupa.
  3. Lalu ambil kulit pangsit yang telah diolesi minyak wijen. Masukkan adonan siomay ke dalam kulit pangsit kemudian lipat-lipat.
  4. Lalu masukkan siomay ke dalam kukusan selama kurang lebih 12-15 menit.
  5. Dimsum siap disajikan, tambahkan saos bila perlu.

3. Cara Membuat Dimsum Ayam (Dumpling)

cara membuat dimsum ayam

Dumpling merupakan dimsum yang berisi cincangan daging dan sayur yang dibungkus menggunakan kulit pangsit atau adonan tepung yang tipis lalu dilipat-lipat.

Bahan-bahan:

Bahan kulit

  • 450 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdt garam halus
  • 220-240 ml air suhu normal
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isi

  • 500 gram daging ayam
  • Jamur cincang secukupnya
  • Sawi putih cincang secukupnya
  • ½ buah wortel potong kecil-kecil
  • 1 buah daun prei iris halus
  • 1 butir telur ayam

Bahan Bumbu

  • 3 siung bawang putih tumbuk
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula

Cara Membuat Dimsum ayam:

  1. Siapkan tepung terigu protein tinggi, saya pakai cakra kembar bogasari premium. Campur dengan garam. Aduk rata dengan tangan, sambil sedikit demi sedikit dituangi air. Uleni sampai teksturnya halus. Setelah halus, lumuri dengan sedikit minyak goreng (yang baru ya). Lalu tutup wadah dengan lap bersih yang lembab. Diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam agar teksturnya menjadi lembut.
  2. Sementara itu buat untuk isiannya. Cincang kecil jamur tiram, lalu peras airnya. Cincang kecil sawi putih, lalu peras airnya. Potong kecil2 wortel. Potong halus daun prei. Sisihkan.
  3. Ambil daging ayam, saya pilih bagian dada. Singkirkan tulang, kulit dan lemaknya (tulangnya ini nantinya saya gunakan untuk bikin sup). Cacah halus daging ayam (bisa juga digiling/diblender).
  4. Saatnya kita buat campuran untuk marinate isian. Campur jadi satu di wadah: bawang putih, minyak wijen, saus tiram, kecap asin, merica, garam dan gula.
  5. Lalu campur semua bahan jadi satu di wadah: sayur, daging ayam dan bumbu. Aduk rata dengan tangan, lalu masukkan telur. Uleni sampai adonan kenyal.
  6. Kita kembali ke adonan tepung. Bagi 2 tahap. Buat lingkaran seperti donat. Lalu lebarkan lubangnya, kemudian potong2. Kira2 tiap potong seberat 8-10 gr. Buat lempengan bulat tipis dengan ketebalan sekitar 2 mm. Ambil setengah sendok adonan isi. Lalu tutup seperti langkah2 di foto. Gampang kok, keliatannya aja susah hehe.
  7. Setelah semuanya telah terbungkus rapi, didihkan air sekitar 2/3 panci, beri 1 sdm minyak goreng. Masukkan dumpling2 secukupnya. Setelah masuk, aduk perlahan agar tidak lengket di dasar panci. Tutup panci agar panasnya merata. Apabila sudah mengapung, berarti dumpling sudah matang. Tiriskan dan taruh di wadah.

4. Cara Membuat Dimsum Ayam (Tofu Skin Roll)

Tofu skin roll merupakan salah satu jenis dimsum yang enak dan lembut dan paling laris diburu  konsumen, khususnya bagi mereka para pecinta dimsum. yang membuat dimsum ini sangat menarik adalah kulit bungkusannya, dimsum ini memiliki kulit bungkusan yang tidak dibuat dari adonan tapioka, melainkan menggunakan tahu sebagai bahan pembungkusnya. Hal ini membuat tofu skin roll memiliki cita rasa yang lebih gurih, nikmat dan pastinya bikin nagih.

Bahan-bahan:

  • 2 lembar kulit kembang tahu
  • 1 potong ayam bagian paha atas
  • 3 ekor udang ukuran besar
  • 1/2 batang wortel
  • 1 butir telur
  • 5 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt lada
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu jamur

Cara Membuat Dimsum Tofu Skin Roll Isi Ayam:

  1. Siapkan bahan-bahan.
  2. Cincang ayam dan udang, parut wortel, dan campurkan dengan telur di satu wadah.
  3. Rendam kulit kembang tahu dengan air supaya lemas.
  4. Campurkan adonan dengan tepung tapioka, garam, lada, kaldu jamur, bubuk bawang putih. Aduk hingga rata.
  5. Buang air rendaman, ambil satu lembar kulit kembang tahu, beri 1-2 sdm adonan. Lipat amplop dan gulung. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Jika ingin langsung dimakan bisa langsung goreng hingga kecoklatan. Jika untuk stok frozen, goreng dengan api kecil hingga 1/2 matang. Kemudian tiriskan dan dinginkan. Setelah adem baru dimasukan kulkas untuk stok frozen food.

5. Cara Membuat Dimsum Phoenix Claws

cara membuat dimsum ayam

Walaupun bukan terbuat dari daging ayam namun bahan dasar membuat dimsum ini masih ada hubungannya dengan ayam loh teman-teman, Phoenix Claws sebenarnya dimsum yang terbuat dari kaki ayam yang direndam di dalam bumbu lalu direbus. Setelah direbus kaki ayam ini kemudian akan dilumuri dengan bumbu lagi dan setelah itu baru dikukus, untuk menjaga dimsum tetap hangat kita dapat menggunakan mesin pemanas makanan. Dengan rasa bumbu yang khas tentu kamu akan ketagihan saat mencicipi olahan dimsum satu ini apalagi didampingi dengan jus buah yang segar maka akan lebih nikmat.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg ceker, bersihkan kukunya
  • 1 ruas jahe, potong dan cincang
  • 2 sendok makan saos tiram
  • 3 sendok makan mix saos cabe dan tomat
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1 buah pekak/ bunga lawang
  • 3 cm kayu manis
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah cabe kecil

Cara Membuat Dimsum Phoenix Claws:

  1. Marinasi ceker dengan garam dan jeruk nipis, aduk hingga merata dan diamkan 15 menit.
  2. Goreng ceker  di dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan secara merata.
  3. Lalu angkat dan masukkan langsung ke dalam air es, agar kriput-keriput kulit cekernya.
  4. Tumis bumbu halus dan jahe cincangnya hingga wangi, lalu masukkan ceker dan bumbu pelengkap.
  5. Aduk rata dan tambahkan sedikit air, biarkan hingga air agak mendidih.
  6. Rasakan bumbunya, apabila ada yang kurang bisa di tambahkan bumbu pelengkapnya sesuai selera.
  7. Presto kira-kira 20 menit agar cekernya lunak.
  8. Ceker dimsum siap disajikan.

6. Cara Membuat Dimsum Ayam(Siomay Kubis Isi Ayam)

Siomay merupakan dimsum yang paling terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, tetapi bagaiman jika kulit siomaynya diganti dengan kubis. berikut ini adalah cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 75 gram daging ayam giling
  • 25 gram kulit ayam, cincang halus
  • 100 gram udang, cincang halus
  • 125 gram tepung tapioka
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 buah kubis/kol, ambil daunnya dan kukus sebentar
  • 1 buah wortel ukuran sedang, parut
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • garam secukupnya

Cara Membuat Siomay Kubis Isi Ayam:

  1. Campurkan daging ayam giling, udang cincang, kulit ayam cincang, dan telur di dalam wadah.
  2. Selanjutnya masukkan wortel, bawang putih lumat, merica, daun bawang, daun seledri dan tepung terigu. Kemudian tambah garam secukupnya (sesuai selera).
  3. Ambil selembar kol dan isi 1 sampai 2 sendok teh adonan isi. Sesuaikan dengan ukuran daun kol.
  4. Lipat kol dan gulung hingga rapi. Setelah itu kukus selama kurang lebih 30 menit.
  5. Sajikan siomay kubis selagi hangat bersama dengan saus cocolan favorit Anda. Bisa juga dijadikan sebagai pelengkap siomay Bandung.

Manfaat Ayam Bagi Tubuh

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh.

1. Mengandung Zat Besi (Terhindar Dari Anemia)

Daging ayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga menjaga kita terhindar dari anemia. Selain itu, ketika seorang wanita sedang haid(datang bulan) bagus sekali untuk mengkonsumsi daging ayam karena dapat mengatasi kurang darah dengan membantu pembentukan sel darah merah. Di dalam daging ayam juga terdapat vitamin B5 yang membantu kita agar tidak stres dan merasakan sedikit ketenangan. Ini yang menyebabkan daging ayam bagus di konsumsi oleh wanita haid(datang bulan) dan ibu hamil.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berbagai mineral terkandung pada daging ayam, meningkatkan manfaat daging ayam  yang telah kita ketahui sebelumnya. Mineral penting yang terdapat dalam daging ayam ini membuat tubuh manusia menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit, sehingga jika kita sedang flu atau merasa kurang enak badan, atau apapun yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sangat dianjurka untuk mengkonsumsi sup ayam dalam keadaan hangat atau panas untuk meringankan sakit.

3. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Banyak sumber yang mengatakan dan mempercayai bahwa daging ayam sedikit banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh manusia. Hal tersebut merupakan benar adanya. Lalu mengapa hal ini termasuk dalam manfaat daging ayam? Karena daging ayam memiliki kandungan niacin yang bisa menurunkan kadar kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Untuk itu, bagi mereka para penderita kolesterol disarankan mengkonsumsi daging ayam dengan tanpa lemak, dan cara memasaknya pun harus direbus bukan digoreng.

4. Memperkuat Tulang Dan Menambah Masa Otot

Ini telah menjadi hal umum dan tidak perlu diragukan lagi daging ayang dapat menambah masa otot dan juga berat badan. Untuk Mereka yang melakukan pembentukan otot melalui gym, biasanya akan disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam rebus saja. Untuk mereka yang tidak biasa mungkin akan merasa aneh, namun dengan mengkonsumsi daging ayam rebus ini akan membantu menaikan masa otot lebih cepat karena kandungan proteinnya yang tinggi. perlu diingatkan kembali daging yang dikonsumsi harus tanpa lemak ya.

5. Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Kandungan fosfor dan kalsium yang dimiliki oleh daging ayam juga berguna bagi tubuh manusia loh terutama bagi pertumbuhan anak. Karena fosfor dan kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga bukan hanya baik untuk pertumbuhan anak saja tapi untuk orang dewasa juga. Untuk laki-laki sendiri, daging ayam juga dapat meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormon testosterone.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Karena daging ayam dapat diolah untuk berbagai macam masakan yang lesat, ini sangat bermanfaat untuk memancing nafsu makan pada anak maupun orang dewasa.

7. Menghilangkan Stres

Karena kandungan vitamin B5 yang dimiliki oleh daging ayam dapat memberikan efek tenang, jadi mengkonsumsi daging ayam pada saat stres mungkin adalah pilihan yang tepat. Anda dapat mencobanya untuk membuktikan sendiri.

8. Meningkatkan Sistem Imun

Karena kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki daging ayam sangat banyak, oleh karena itu dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga dapat menjaga dan menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya.

9. Mengurangi Resiko Radang Sendi (arthritis)

Kandungan mineral atau Selenium yang dimiliki oleh daging ayam dapat membantu untuk mencegah pengembangan radang sendi, terutama bagi manula.

10. Menjaga Kekuatan Gigi

Kandungan zat fosfor yang dimiliki oleh ayam dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang, sehingga dapat membantu memperkuatnya hingga tua nanti.

11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B6 atau vitamin B kompleks yang dimiliki oleh ayam dapat berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang efeknya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori yang cepat sehingga dapat menjaga berat badan.

12. Mengandung Niacin Untuk Mencegah Kanker

Daging ayam Juga dapat menjadi sumber niacin. Nicin merupakan bagiandari vitamin B yang dapat membasimi sel penyebab kanker atau sel DNA dan kanker itu sendiri.

Nah gimana nih temen-temen artikel diatas? Semoga dapat membantu yaa. Selamat mencoba semuanya:)

× Whatsapp Kami!