Cara Membuat Dimsum Dengan Berbagai Jenis dan Variasinya

cara membuat dimsum

Pada kali ini saya akan menjelaskan resep hingga bagaimana cara membuat dimsum dengan cara yang mudah, praktis, enak dan dapat kalian coba sendiri di rumah. Tapi pertama-tama kita akan bahas dahulu apakah itu dendeng hingga resep  dan cara membuat dimsum.

Dimsum

Dimsum merupakan salah satu jenis makanan dari negeri Cina yang merupakan hidangan ringan yang sering dihidangkan bersamaan dengan teh Cina. Yum cha merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menjelaskan makanan ini secara keseluruhan, khususnya dalam kantonis sejaman dan dihidangkan pada waktu pagi sampai tengah hari di kedai makan Cina dan di kedai makan khas dimsum.

 

Sejarah

Dimsum atau sering juga disebut Dianxin dalam bahasa mkalianrin secara harafiah berarti sedikit dari hati atau meyentuh hatimu. Kata ini disunting dari frasa yi dian xin yi yang artinya sedikit tkalian mata, kemudian secara umum digunakan sebagai nama untuk menyebut cemilan ringan ini.

Kebiasaan menyantap dimsum bermula pada saat periode jalur sutra (Asia Tengah Cina) dan Dinasti Han (206 SM) sampai Dinasti Yuan pada Abad 14M. Pada saat itu para petani, buruh, dan para pedagang yang berbisnis pada sepanjang jalur sutra selalu mampir ke kedai teh pinggir jalan untuk meminum teh pada sore hari.

Buat kalian para food hunter, kalian harus tau juga bahwa kebiasaan ini sempat memudar pada abad ketiga karena Tabib terkenal Hua Tuo mengatakan kebiasaan memakan dimsum sambil minum teh bisa membuat badan jadi gemuk.

Orang Kanton (Guangdong/Kwangtung) di Cina Selatan menghiraukan himbauan ini. malah menjadikan dimsum sebagai makanan tradisional yang dinikmati bersama teman-teman saat nongkrong sambil minum teh. Dari sinilah muncul istilah yumcha (mkalianrin yincha) yaitu minum teh di kedai teh bersama teman-teman dekat sambil menyantap dimsum.

Sejak abad ke-10 telah dikenal ada sekitar 2.000 jenis macam dimsum. Pada masa sekarang beberapa restoran besar dimsum biasanya telah menyajikan sekitar 100 jenis dimsum. Dimsum akhirnya menjadi salah satu menu sarapan pagi khas orang Hong Kong (Hong Kong terletak tepat di seberang Propinsi Guangdong, Cina,

Sehingga masyarakat sana mengikuti kebiasaan di Guangdong). Ukuran dimsum sengaja dibuat kecil agar mudah saat disantap dalam satu kali suapan. Bentuk dimsum harus indah agar terlihat menarik dan enak dinikmati bersamaan dengan teh.

 

Penyajian Dimsum

Dimsum selalu disajikan dalam wadah kukusan bambu agar tetap panas saat akan dihidangkan dan tetap enak saat dinikmati. Di Hongkong Dimsum kerap dinikmati bersama dengan teh sambil bermain mahjong/maciok.

Dimsum dibuat dan disajikan dengan memperhatikan keharmonisan warna, bentuk, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, jenis masakannya dan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan.

 

Jenis Dimsum

Dimsum bukan hanya terkenal di negara asalnya Tiongkok. Di Indonesia, dimsum juga ternyata punya banyak penggemar. Tidak heran, kini makin banyak saja restoran yang menyajikan menu dimsum.

Terdapat cukup banyak sekali jenis dimsum di negara asalnya. Ada yang dikukus, ada juga yang digoreng. Ada yang bercita rasa manis, ada juga yang bercita rasa asin.

Di Indonesia, ada tujuh jenis dimsum yang paling populer. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya di bawah ini!

1. Shumai

cara membuat dimsum

Shumai atau yang lebih akrab di telinga sebagai siomay ini bisa jadi jenis dimsum paling populer di Indonesia.

Ada cukup banyak jenis shumai berdasarkan jenis daging yang digunakannya, seperti ayam, sapi, atau udang. Cita rasanya gurih dan paling enak disantap saat hangat.

2. Har Gow/Hakau

cara membuat dimsum

Har gow atau hakau juga jadi salah satu dimsum favorit. Hakau ini punya bentuk yang unik dengan isian potongan udang utuh yang gurih. Lezat sekali!

3. Ceker Ayam Kukus

cara membuat dimsum

Dimsum yang satu ini juga tidak kalah populer, ceker ayam kukus. Ceker ayam ini punya tekstur yang lembut dan cita rasa yang lezat. Bumbunya meresap sempurna ke dalam ceker. Dijamin Moms akan ketagihan!

4. Tofu Skin Roll

cara membuat dimsum

Berbeda dengan jenis dimsum lainnya, dimsum ini dibungkus dengan kulit tahu. Untuk isiannya, ada daging dan sayuran. Moms bisa pilih sesuai selera.

5. Spring Roll/Lumpia

Dimsum memang identik dengan penyajiannya yang dikukus. Tapi, dimsum satu ini tidak dikukus, melainkan digoreng.

Spring roll atau lumpia namanya! Teksturnya yang renyah menjadikan dimsum ini spesial.

6. Mantau

cara membuat dimsum

Pecinta bakpao mungkin akan suka dimsum jenis ini, namanya mantau. Mantau ini punya cita rasa yang sama persis dengan bakpao tapi tanpa isian. Mantau disajikan dengan cara dikukus atau digoreng.

Untuk menikmatinya, mantau biasanya dicocol dengan krimer kental manis.

7. Char Siu Bao

Kalau yang satu ini mirip sekali dengan bakpao, tapi ukurannya lebih kecil. Aslinya, isinya adalah daging babi. Namun, di Indonesia, isinya disesuaikan menjadi daging sapi atau daging ayam.

 

Aturan Makan Dimsum

Meskipun terlihat sepele, tetapi menyantap dimsum ternyata ada aturannya. Jangan asal santap, perhatikan juga jenis dan cara menyantap hingga teh pendampingnya.

Karena ukurannya kecil dan bentuknya yang beragam, banyak orang kalap saat menyantapnya dimsum. Semakin menarik bentuknya maka akan disantap duluan, padahal dimsum akan lebih nikmat kalau dimakan secara berurutan sesuai jenisnya.

Berikut lima hal yang harus diperhatikan

1. Pesan Dengan Jumlah Porsi yang Sesuai

Ukuran dimsum yang mini membuat orang kadang sulit menakar porsi yang pas. Sarannya, sebaiknya kalian jangan langsung memesan dimsum dalam jumlah banyak di awal. Karena setiap saat Kalian bisa menambah pesanan jika mau.

Pesanlah beberapa jenis dimsum dengan porsi yang disesuaikan dengan jumlah orang yang menyantap. Idealnya untuk satu orang bisa memesan dua porsi dimsum.

2. Pilih Jenis Dimsum yang Bervariasi

Tidak ada aturan baku yang mengharuskan orang makan jenis dimsum apa. Dimsum bisa bebas dipesan sesuai selera. Supaya lebih bervariasi, kalian bisa pilih dimsum yang dikukus dan digoreng lalu pesan juga dimsum asin serta dimsum manis.

Pada umumnya, seporsi dimsum berisi 3-4 buah dimsum kecil sehingga makanan ini dapat disantap secara sharing. Semakin beragam pilihan dimsum yang kalian pesan, semakin banyak rasa dan tekstur berbeda yang dapat kalian rasakan. Kalian dapat memakan dimsum yang rasanya asin dulu lalu diakhiri dengan dimsum manis.

3. Gunakan Sumpit atau Tangan

Hidangan ringan yang berasal dari China ini selalu dimakan menggunakan sumpit. Alat makan lain seperti garpu dan pisau sama sekali tidak diperlukan.

Terkadang sendok juga disertakan sebagai alat bantu makan, bukan alat makan utama. Sementara beberapa jenis dimsum dapat disantap dengan menggunakan tangan. Misalnya bakpao, karena agak sulit jika dimakan dengan sumpit. Hanya gunakan sumpit sendiri untuk makan. Untuk mengambil dimsum gunakan sumpit khususnya.

4. Makan Dimsum Ditemani Teh

Di negara asalnya, dimsum merupakan hidangan ringan yang ditemani minum teh. Sehingga tak heran jika semua restoran dimsum selalu menawarkan teh China. Sebaiknya pilih teh jenis oolong atau jasmin yang hangat dan tawar.
Teh yang diseruput saat menikmati dimsum memiliki berbagai khasiat mulai dari menetralisir lemak dan minyak, teh juga bisa membuat lidah kembali netral sebelum mencoba varian dimsum lain.

5. Makan Saat Masih Hangat Dengan Saus Cocolan

Dalam penyajiaannya, dimsum selalu disajikan dalam keadaan hangat. Supaya makin enak, dimsum tidak boleh didiamkan terlalu lama, jadi harus segera disantap.

Di Indonesia, dimsum banyak dinikmati dengan saus sambal, padahal pelengkap ini bukan pasangan dimsum. Pada umumnya, dimsum dinikmati dengan tiga saus cocolan yakni kecap asin, cuka yang dicampur jahe dan chilli oil.

 

Kumpulan Resep dan Cara Membuat Dimsum

1. Resep dan Cara Membuat Dimsum Siomay Ayam Udang (Siewmai)

Berikut ini kami tampilkan resep dan cara membuat dimsum siomay atau siewmai atau shumai.

Bahan

  • 24 lembar kulit pangsit
  • 50 gr udang kupas
  • 150 gr daging ayam
  • 50 gr jamur kuping
  • 1 batang daun bawang perai
  • 3 sdm tepung kanji
  • 1 sdt minyak wijen
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1 buah wortel

Cara Membuat Dimsum Siomay Ayam Udang (Siewmai)

  1. Cincang halus udang kupas dan daging ayam. Rajang kasar jamur kuping, kemudian rajang halus daun bawang.
  2. Campur udang, daging ayam, daun bawang, dan jamur kuping. Kemudian bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica.
  3. Tambahkan tepung kanji pada adonan siomay, kemudian uleni.
  4. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan udang ayam, kemudian satukan ujung-ujungnya. Pastikan dan usahakan agar kulit siomay penuh dengan adonan isi, tetapi tidak sampai meluber. Hias bagian atasnya dengan wortel yang sudah diparut.
  5. Panaskan panci kukusan di atas kompor, kemudian alasi sarangan dengan daun pisang. Kukus siomay selama 15 menit.
  6. Sajikan somay dengan saus sambal botol, sambal bangkok, atau sambal kacang.

2. Resep dan Cara Membuat Dimsum Hakau

Berikut ini kami tampilkan resep dan cara membuat dimsum hakau dengan kulit yang lembut dan kenyal.

Bahan

  • 250 gr udang kupas
  • 1/2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt kecap ikan
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

Bahan Kulit

  • 100 gr tepung tangmien
  • 50 gr tepung sagu
  • 200 ml air panas
  • 1 sdt minyak goreng

Cara membuat dimsum hakau:

  1. Cincang udang, kemudian campurkan dengan kecap ikan dan minyak wijen. Kemudian tambahkan tepung maizena, lalu bumbui dengan garam dan merica. Aduk hingga merata.
  2. Diamkan isian udang di dalam lemari es selama 30 menit.
  3. Campur tepung sagu dengan tepung tangmien. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit dan aduk hingga menggumpal. Diamkan kurang lebih 15 menit.
  4. Tambahkan minyak goreng pada adonan kulit, kemudian uleni sampai lembut.
  5. Gulung adonan kulit hingga memanjang, kemudian potong-potong ukuran kecil.
  6. Ambil satu potong adonan kulit, giling tipis, kemudian cetak dengan diameter 5 cm. Masukkan adonan isi kurang lebih 1 sendok teh. Rapatkan dan kerutkan tepiannya, kemudian lem menggunakan air. Bengkokkan sedikit agar hakau berbentuk seperti perahu.
  7. Panaskan panci pengukus, kemudian kukus hakau selama 5 menit di atas sarangan yang sudah dialasi daun pisang.
  8. Sajikan hakau dengan saus asam manis atau sambal bangkok.

3. Resep dan Cara Membuat Dimsum Udang Rambutan (Bird Nest)

Berikut ini resep dan cara membuat dimsum udang rambutan atau bird nest.

Bahan

  • 200 gr udang kupas
  • 100 gr daging ayam
  • 20 lembar kulit pangsit
  • 30 gr tepung maizena
  • 1 batang daun bawang perai
  • 2 siung bawang putih
  • 2 putih telur
  • 1/2 sdm kecap ikan
  • 1 sdt minyak wijen
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Dimsum Udang Rambutan (Bird Nest)

  1. Cincang halus udang dan daging ayam, kemudian campurkan. Rajang halus daun bawang, kemudian tambahkan.
  2. Masukkan putih telur, bawang putih yang sudah dicincang halus, kecap ikan, dan minyak wijen. Selanjutnya bumbui dengan merica bubuk, garam, dan gula pasir.
  3. Masukkan tepung maizena, kemudian uleni adonan isi hingga merata.
  4. Siapkan kulit pangsit yang sudah diiris tipis memanjang seperti mi. Kemudian bentuk adonan udang ayam menjadi bola-bola dengan ukuran sedang, lalu bungkas dengan menggulingkan ke dalam kulit pangsit. Pastikan seluruh permukaan adonan tertutup kulit pangsit.
  5. Panaskan minyak yang banyak pada penggorengan, kemudian goreng dimsum udang rambutan sampai kulit pangsit mengembang dan berwarna coklat keemasan.

4. Resep dan Cara Membuat Dimsum Sushi Crabstick

Berikut ini resep dan cara membuat dimsum crabstick lembut dan gurih.

Bahan

  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt tepung maizena
  • 250 gr udang kupas
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 buah crab stick
  • 2 sdm tepung kanji
  • 1 lembar nori
  • gula pasir secukupnya
  • merica secukupnya

Cara Membuat Dimsum Sushi Crabstick

  1. Cincang halus udang kupas, lalu campurkan dengan tepung kanji, tepung maizena, kecap asin, minyak wijen, garam, gula, merica. Uleni lalu simpan adonan selama 25 menit dalam lemari es.
  2. Siapkan lembaran nori, kemudian tata adonan di atasnya. Sisakan ruang kosong pada pangkal lembaran nori, kemudian letakkan crabstick.
  3. Gulung sushi dengan hati-hati, kemudian potong setebal 2 cm.
  4. Panaskan panci pengukus, kemudian kukus sushi crabstick selama 10 menit di atas sarangan yang sudah dialasi daun pisang.
  5. Sajikan sushi crabstick yang sudah matang dengan saus asam manis atau sambal bangkok.

5. Resep dan Cara Membuat Dimsum Ceker Angsio

Berikut ini resep dan cara membuat dimsum ceker angsio yang enak dan mantap.

Bahan

  • 500 gr ceker ayam
  • air es dan es batu
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ceker

Bahan Bumbu presto

  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 2 butir bunga Lawang/pekak
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 15 ml air jeruk nipis
  • 1 sdm kecap asin
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • 750 ml air
  • 1 sdm angkak*

Bahan Bumbu Tumis

  • 1 buah cabai merah besar, iris menyerong
  • 1 sdm tauco
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm tepung kanji
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya

Cara Membuat Dimsum Ceker Angsio

  1. Goreng ceker yang sudah dibersihkan dalam minyak panas hingga garing. Tiriskan minyak dan rendam dalam air es selama kurang lebih 3 jam lamanya. Masukkan ke dalam lemari es sampai proses selanjutnya.
  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih hingga harum. Tuang larutan air jeruk dan kecap asin.
  3. Rendam angkak dalam air panas, kemudian haluskan dan ambil airnya saja.
  4. Tuangi air dan masukkan semua sisa bumbu presto, termasuk sari angkak. Masak ceker yang sudah digoreng tadi sampai empuk.
  5. Tumis bawang putih cincang dari bumbu tumis dengan sedikit minyak goreng. Lalu masukkan tauco dan cabai merah. Bumbui dengan gula dan garam.
  6. Masukkan ceker yang sudah direbus sampai lunak, lalu tuang tepung kanji yang sudah dilarutkan. Tuangi minyak wijen, aduk sebentar, kemudian angkat.

*Catatan: Angkak adalah sejenis beras merah dari China. Bisa didapatkan di supermarket bahan makanan khusus

Sekian postingan penjelasan tentang resep  hingga cara membuat omelet dengan cara yang mudah, praktis, pastinya enak dan dapat kalian coba di rumah. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita. Kalian juga dapat melihat Cara Membuat Pisang Nugget dengan cara yang praktis!

 

× Whatsapp Kami!