Cara Membuat Keripik Pepaya Enak

Cara Membuat Keripik Pepaya Enak

Keripik buah pepaya merupakan keripik buah yang terbuat dari bahan dasar buah pepaya. Cara membuat keripik pepaya enak pun mudah, anda bisa mempraktekkannya sendiri walau hanya dirumah saja. Meskipun cara pembuatannya sederhana dan cukup mudah, namaun keripik buah  pepaya belum dikenal oleh masyarakat dan tidak tersedia di pasaran. Pepaya sering kita nikmati apa adanya, hanya dengan mengupas kemudian siap dinikmati, juga dibikin menjadi es buah dicampur dengan buah lainnya.

Cara Membuat Keripik Buah Pepaya Cemilan Sehat

www.flickr.com

Pepaya selain sebagai tambahan gizi bagi tubuh kita juga mempunyai manfaat memperlancar saluran pencernaan sehingga ada saran jika anda susah buang air besar coba deh makan buah papaya. Tehnologi berikutnya menghasilkan sebuah kreasi dimana papaya bias disimpan dalam waktu yang lama dan bias dinikmati kapan saja, munculnya mesin vacuum frying telah melahirkan inovasi baru dalam pengolahan buah papaya. Makanan tersebut bernama keripik pepaya mungkin anda baru pertama mendengarnya ,selama ini mungkin kita mendengar istilah keripik nangka,salak,mangga.

Ingin tahu bagaimana cara membuat keripik buah pepaya sendiri? membuat keripik buah pepaya bisa anda lakukan dirumah. Berikut langkahnya.

  1. Siapkan papaya yang akan anda proses
  2. Buah pepaya matang yang sudah anda siapkan kupas dan diiris jangan lupa buang bijinya.
  3. Buah diiris-iris dengan ketebalan 5 mm. Setelah itu, irisan pepaya di-blanching, yaitu dengan mencelupkan buah ke dalam air panas (95-98 0 C) selama 3 menit smbil diaduk-aduk dengan pelan. Untuk blanching ini, setiap 1 kg irisan buah diperlukan 2 liter air panas.
  4. Kemudian keringkan sehingga kadar air yang tersisa hanya 6-8 %
  5. Penggorengan dilakukan dengan banyak minyak panas yang bersuhu 165 0 C selama 13-17 detik. Untuk mendapatkan mutu keripik yang lebih baik, penggorengan dilakukan dengan menggunakan penggorengan vacuum frying pada suhu 120 0 C, dengan tekanan 60-80 mmHg selama 58-62 menit.
  6. Setelah selesai digoreng, keripik ditiriskan dengan menggunakan Mesin Spinner Peniris Minyak Untuk Makanan. Selanjutnya kemaslah keripik buah pepaya yang sudah matang dalam aluminium foil dengan ukuran yang anda inginkan mulai dari 50gram, 100 gram hingga 1 kg.

Membuat keripik buah pepaya mudah apalagi anda bisa membuatnya dirumah tanpa harus membelinya disupermarket. Keripik buah pepaya sangat cocok disantap saat santai dirumah, kumpul keluarga atau sedang bertamasya bersama keluarga.

Kepopuleran keripik buah sendiri sekarang bisa menyaingi cemilan – cemilan yang beredar dipasaran karena keripik buah selain untuk cemilan bisa menjadi solusi untuk menjaga kesehatan anda, tanpa ragu ngemil dengan keripik buah. Sekian cara membuat keripik buah.

Selamat mencoba

Posted in Uncategorized