Cara Membuat Keripik Sayur dan Buah

Cara Membuat Keripik Sayur dan Buah Yang Gurih dan Renyah

Untuk menggoreng sayur-sayuran yang akan dijadikan sebagai produk olahan terlebih keripik, kita memang harus memiliki sebuah alat yang dinamakan Vacuum Fryer (Mesin Penggoreng Hampa). Rasanya agak sulit untuk bisa menghasilkan produk buah dan sayur olahan berupa keripik dengan menggunakan alat penggoreng biasa.

Seperti yang sudah Anda ketahui, untuk komoditi sayur-sayuran dan buah-buahan hampir semuanya memiliki kandungan gizi. Maka dari itu, kalau kita mengolahnya dengan cara menggoreng menggunakan alat penggoreng biasa, keinginan untuk bisa berubah menjadi kripik tidak akan mungkin bisa tercapai, justru sayuran dan buah yang kita goreng malah menjadi lembek atau membuat sayur dan buah menjadi gosong dan tidak layak untuk dijual maupun dikonsumsi. Berikut beberapa kelebihan menggoreng buah dengan mesin vacuum frying :

  1. Tidak gosong
  2. Kandungan nutrisi tidak hilang (tetap menyehatkan)
  3. Rasa, dan aroma sesuai bahan aslinya
  4. Renyah
  5. Tidak perlu bahan pengawet atau bahan kimia
  6. Tidak perlu penambah rasa buatan
  7. Makanan yang memiliki nilai gizi dan serat tinggi

Cara pemakaian mesin vacuum frying juga sangat mudah. Potong-potong sayuran yang ingin dibuat keripik hingga ukuran yang nyaman untuk dimakan. jika terlalu besar akan mengakibatkan anda kurang nyaman sewaktu memakannya, namun jika terlalu kecil akan membuat anda membutuhkan waktu yang lama untuk memprosesnya.

Setelah potongan siap, masukkan sayuran yang telah dicuci ke dalam mesin. Tidak perlu tambahan perasa atau bahan-bahan lain. Jadi pada intinya, cara membuat keripik sayur dan buah ini sangat mudah dilakukan bagi siapa saja, dan tentunya keripik ini memiliki rasa yang enak dan gizi yang banyak.

Cara Membuat Keripik Sayur Aneka Warna

Siapa yang tidak kenal dengan sayur-sayuran? Makanan ini sudah diperkenalkan kepada kita sejak bayi hingga dewasa karena kandungan gizinya. Budaya makan sayuran telah ada sejak jaman dahulu, bahkan jauh sebelum ada ilmu gizi yang menyatakan dengan jelas akan manfaatnya bagi kesehatan.

Menurut banyak literatur, manusia purba sudah makan produk dari tanaman lebih banyak dari daging,  karena memang itulah makanan yang banyak tersedia disekitar mereka. Seiring dengan berkembangnya peradaban, budaya pertanian sayuran pun akhirnya dikembangkan. Aneka olahan sayur salah satunya keripik sayur sangat populer saat ini, selain menyehatkan rasanya pun lezat.

Manfaat sayur sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh.

Secara umum manfaat sayuran adalah sebagai berikut :

  1. Melancarkan BAB
  2. Pencernaan yang sehat
  3. Sumber vitamin, mineral, dan gizi bagi tubuh
  4. Sumber utama serat
  5. Mencegah kanker
  6. Meningkatkan sistem imun
  7. Meningkatkan kesehatan syaraf dan mata

Ini Nih Camilan Sehat, Keripik Sayur Aneka Warna

Nah, setiap sayuran memiliki manfaat yang berbeda-beda. Tapi intinya semua sayuran itu memberi manfaat dan gizi bagi yang mengonsumsinya. Bentuk olahan sayuran itu ternyata bermacam-macam dan salah satunya bisa bisa dibuat menjadi olahan keripik sayur. Dengan diolah menjadi keripik sayur yang enak, gurih dan aneka warna tentu akan menjadi pemikat sendiri bagi anak-anak dan keluarga Anda. Aneka keripik sayur akan menjadi makanan ringan yang digandrungi oleh keluarga.

keripik sayur

Mau tahu cara membuat keripik sayur yang enak, gurih dan warna warni. Simak cara membuat keripik sayur yang akan kami sajikan :

Peralatan yang Anda butuhkan :

  • Salad spinner (atau handuk dapur)
  • pisau dapur
  • telenan
  • Mesin vacuum frying untuk menggoreng keripik
  • Toples

Bahan-bahan:

  • 1 ikat Sayuran (jenis apa pun)
  • Wortel 100 gr
  • Lobak 100 gr
  • Bayam merah 100 gr
  • Bayam hijau 100 gr
  • Tepung beras 250 gr
  • Telur ayam 1 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam ¼  sdt
  • Masako 1 bks
  • Ladaku 1 bks
  • Air dingin ±400 ml
  • Cabai bubuk

Cara membuat:

  • Iris-iris tipis wortel dan lobak dengan menggunakan pisau yang tajam untuk memotong sayuran. Usahakan untuk menghasilkan potongan setipis mungkin.
  • petik daun bayam merah dan bayam hijau kemudian kumpulkan masing- masing sayuran dalam wadah. Untuk bayam yang baru dicuci, pastikan airnya sudah dikeringkan.
  • Setelah sayuran selesai dipotong, jemur sebentar untuk memastikan kandungan airnya mengering
  • Untuk adonan, kocok telur ayam hingga berbuih tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam , bisa dibumbui dengan lada, atau cabai bubuk dan masako; kemudian masukkan tepung beras tambahkan air perlahan-lahan sambil terus dikocok hingga adonan cair.
  • Kemudian, balur sayuran ke dalam campuran sedikit tepung terigu yang sudah ditambahkan dengan tepung kanji dan sedikit garam
  • Celupkan potongan-potongan sayur dan goreng di mesin vacuum frying hingga kering.
  • Bila warna sudah berubah kecoklatan, angkat, tiriskan dan dinginkan. Untuk opsi yang lebih sehat.
  • Angkat dan tiriskan (pastikan sudah tidak ada sisa minyak yang tertinggal) setelah benar-benar dingin masukkan ke dalam toples.

Cara Membuat Keripik Buah Mangga Renyah dan Enak

Buah mangga memang merupakan salah satu buah yang menjadi salah satu bahan utama dalam membuat keripik buah, sejauh ini mangga memang merupakan buah yang memiliki rasa manis dan memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan, rasa nya yang menis membuat orang suka makan buah yang satu ini. Oleh karena itulah tidak heran jika banyak orang yang suka membeli keripik buah mangga ini.

Buah mangga sendiri memiliki berbagai macam jenis, dan setiap jenis nya memang memiliki tingkat kemanisan yang berbeda, dan serat nya juga berbeda ketika dimakan. Meskipun begitu semua jenis mangga tetap disukai oleh masyarakat. Buah mangga seringkali dimakan secara langsung tanpa di olah, tapi ternyata banyak olahan dari buah mangga ini, salah satu nya adalah keripik buah.

Orang yang tadi nya hanya mengkonsumsi buah mangga secara langsung, saat ini mereka sudah bisa menemukan aneka makanan dari buah mangga termasuk keripik mangga. Keripik buah mangga yang merupakan camilan atau makanan ringan ini memang enak dan renyah, meskipun sudah di goreng dan tidak seperti buah, tapi keripik mangga masih mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh dan inilah yang menjadi kelebihan dari keripik buah, khusus nya buah yang di goreng menggunakan mesin vacuum frying.

Mungkin anda sudah sangat penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat keripik mangga? Dan bagi anda yang ingin memulai usaha dari keripik buah mangga ini juga tidak ada salah nya karena dengan mudah anda bisa mendapatkan bahan baku nya dan ada banyak keuntungan yang akan anda peroleh dari keripik buah mangga ini. Dan berikut adalah ulasan tentang bagaimana cara membuat keripik buah mangga yang enak dan lezat:

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan nya dan alat yang akan digunakan. Dan berikut adalah bahan untuk membuat keripik buah mangga:

  • Buah mangga yang sudah setengah matang sebanyak 10 kg
  • Minyak goreng berkualitas 3 kg
  • 350 gram gula pasir
  • 100 gram garam halus
  • 200 gram kapur sirih
  • Air secukupnya

Itu adalah bahan yang anda butuhkan untuk membuat keripik mangga, dan berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam membuat keripik buah mangga:

  1. Kupas kulit buah mangga yang sudah setengah matang tersebut hingga bersih, kemudian iris sesuai ukuran yang anda inginkan. Sebaiknya ukuran tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
  2. Campurkan kapur sirih dengan air secukup nya saja, kemudian aduk hingga merata.
  3. Setelah itu rendam buah mangga yang sudah di iris tadi ke dalam air kapur sirih dan tunggu selama 3 jam agar keripik menjadi renyah nantinya.
  4. Kemudian cucilah buah mangga yang sudah di rendam tadi dengan air bersih, pastikan bahwa buah mangga benar-benar bersih, setelah itu baru anda tiriskan hingga kering tanpa dijemur.
  5. Setelah buah mangga kering, anda masukkan buah mangga tersebut ke dalam mesin vacuum frying yang telah di isi minyak sebelumnya.
  6. Tunggulah hingga minyak yang anda masukkan ke dalam mesin tersebut tidak berbuih, itulah tanda bahwa keripik buah mangga sudah matang. Setelah itu anda bisa mengangkat nya dan meniriskan nya.
  7. Rebus gula pasir dan garam di dalam air mendidih secukup nya saja, aduk terus larutan tersebut hingga merata dan larut.
  8. Kemudian masukkan buah mangga ke dalam rebusan gula tersebut dan aduk hingga merata.
  9. Tunggu hingga keripik buah mangga mendingin.
  10. Keripik buah mangga siap untuk dikemas setelah mendingin.

Keripik buah mangga ini bisa anda kemas dalam bentuk rasa original atau di tambah rasa lain nya seperti di atas. Sebenarnya untuk rasa dari buah mangga ini sudah sangat enak meskipun tidak di tambahkan perasa lain nya karena rasa dari buah mangga sendiri memang enak dan manis, jadi ketika digunakan sebagai bahan keripik, maka buah mangga ini akan memberikan rasa manis asli dan semakin renyah ketika dimakan.

Simpanlah buah mangga yang sudah jadi ini ke dalam wadah atau plastic yang tertutup rasapat agar makanan ringan ini bisa terjaga kualitas, rasa dan lebih tahan lama. Karena anda membuat keripik buah ini menggunakan mesin vecum frying, jadi anda tidak perlu khawatir karena penggorengan menggunakan mesin vacuum frying akan membuat keripik buah anda lebih tahan lama meskipun tidak diberi pengawet.

Sedangkan kegunaan kapur sirih di atas adalah untuk membuat keripik menjadi lebih renyah ketika dimakan, untuk sebagian produsen memang tidak menggunakan cara tersebut dan memilih untuk langsung memasukkan buah yang sudah di iris ke dalam mesin vacuum frying, namun untuk anda yang ingin memiliki keunggulan dari segi kerenyahan, anda bisa mencoba nya terlebih dahulu.

Hal ini akan bagus untuk produk keripik mangga anda kedepan nya. Namun anda tidak bisa menggunakan nya pada buah yang memiliki banyak air seperti semangka dan lain nya. Selain itu anda juga harus tahu manfaat dari buah mangga itu sendiri.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Keripik Buah dan Sayur yang Gurih dan Renyah. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda jika ingin membuat dan memproduksi keripik buah dan sayur sendiri di rumah. Terima kasih.

Posted in Uncategorized