Cara Membuat Nasi Jagung Khas Jawa Timur

Kali ini akan berbagi resep tentang Cara Membuat Nasi Jagung Khas Jawa Timur. Makanan tradisional Indonesia yang populer di daerah Madura dan Jawa Timur ini adalah Nasi Jagung. Dikenal dengan nama Nasi Jagung karena hidangan ini terbuat dari campuran nasi dan jagung pipil kering yang telah ditumbuk kasar. Makanan ini bukan olahan campuran nasi dan jagung. Tapi, merupakan olahan jagung dengan bentuk menyerupai nasi. Jadi, saat memakannya, yang sebenarnya dimakan adalah jagung. Kaya akan karbohidrat, jagung menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Selain diolah menjadi menu makanan pokok, jagung juga kerap disajikan sebagai sayuran pelengkap, khususnya pada hidangan khas Western. Bukan itu saja, teksturnya yang empuk juga kerap diolah menjadi aneka kudapan, mulai dari jagung bakar, jagung rebus, hingga jasuke (jagung, susu dan keju).

Sejarah Adanya Nasi Jagung

Pada zaman dulu, ketika paceklik atau masa sulit tanam, beras sulit didapatkan dan banyak orang tak bisa makan nasi, apalagi untuk orang-orang pedesaan yang tak mampu. Tanaman yang menghasilkan pada saat itu adalah jagung, yang tidak begitu memerlukan banyak perawatan dan air. Pada akhirnya orang secara kreatif memanfaatkan biji jagung menjadi makanan pengganti nasi.

Begitu pula di pulau Madura dan Nusa Tenggara yang punya kondisi tanah kering, dibanding beras, produksi yang melimpah adalah jagung sehingga mereka berpikir untuk mengolah jagung menjadi makanan pokok pengganti nasi. Tak heran jika makanan ini memiliki harga yang murah di pasaran hingga kini karena dibanding beras, harga jual jagung memang lebih murah, terlebih lagi ternyata sebenarnya olahan tersebut sengaja dibuat ketika masa kesulitan makan nasi. Terlepas dari kesan makanan orang miskin dan masa yang serba sulit, nasi jagung memiliki gizi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari nasi beras. Kandungan nutrisi nasi jagung tak bisa diabaikan manfaat sehatnya.

Hingga kini, masih terus dikonsumsi dan pemasakannya bisa dicampur dengan nasi beras dan bahkan sering membuat kangen banyak orang karena memberi kesan pedesaan yang alami dan nyaman. Salah satu olahan jagung yang lain adalah Bihun Jagung. Untuk memasak nasi yang lebih praktis bisa menggunakan Gas Rice Cooker Alat penanak nasi memiliki perbedaan dengan rice cooker listrik pada umunya

Berdasarkan Kandungan Gizi dan Nutrisi, Jagung Dijadikan Alternatif Pengganti Nasi. 

Sebelum mengetahui resep pembuatannya, ketahuilah manfaat yang kaya akan serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Meski memiliki kandungan gula sukrosa yang tinggi, hal tersebut tidak mengurangi manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi jagung.

1. Turunkan Resiko Anemia

Mengandung banyak vitamin B12, asam folat, dan zat besi, yang membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Kandungan ini membantu mengurangi risiko anemia. Berdasarkan informasi dengan ahli gizi, 1 gelas atau cangkir jagung mentah mengandung 125 kalori, 27 g karbohidrat, 4 g protein, 9 g gula, 2 g lemak, dan 75 mg zat besi.

2. Penambah Energi

Memiliki banyak karbohidrat kompleks yang ada dalam dicerna lebih lambat, yang akan memberikan energi untuk jangka waktu yang lebih lama. Satu cangkir jagung menghasilkan sekitar 29 gram karbohidrat, yang tidak hanya memberikan energi fisik, tetapi juga meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf.

3. Mengontrol Diabetes

Makanan ini sangat cocok untuk penderita diabetes. Karena mengonsumsi jagung dengan mampu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, jagung apat mengontrol aliran darah, menurunkan penyerapan kolesterol dan mengatur insulin. Seratnya yang tinggi membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal pada tahun 2018 menunjukkan bahwa konsumsi biji-bijian seperti jagung berkaitan dengan penurunan risiko dalam pengembangan diabetes tipe 2.

4. Cegah Peradangan

Kandungan Protein dan fitokimia yang ada di berbagai bagian jagung menawarkan perlindungan bagi tubuh dari agen proinflamasi tersebut. Rutin mengonsumsi jagung menambah manfaat mengurangi sembelit, asma, radang sendi, penyakit usus, GERD, dan dermatitis.

5. Melancarkan Pencernaan

Mengapa dikatakan dapat melancarkan pencernaan? Mendapatkan dosis serat yang tidak larut, yang tidak dipecah dan diserap ke dalam aliran darah. Ketika serat yang tidak dapat larut tetap berada dalam saluran pencernaan, meningkatkan curah tinja, dan membantu mendorong limbah melewati sistem pencernaan. Ini mencegah sembelit, mengurangi risiko wasir, dan dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Serat jagung juga dapat membantu mendukung manajemen berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang pasca makan.

6. Menangkal Pengaruh Radikal Bebas

Makanan ini didapat dari kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C inilah yang akan menurunkan risiko Anda terkena kanker dan penyakit jantung.

Pada jagung berwarna kuning yang sering diolah menjadi nasi jagung, ia juga mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin. Zat-zat ini terbukti memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang memengaruhi kesehatan mata, termasuk mengurangi risiko Anda terkena katarak.

Meskipun demikian, manfaat nasi jagung di atas belum pernah teruji secara medis sehingga konsumsi nasi jagung sebaiknya dilakukan untuk menunjang hidup sehat semata. Bila Anda memiliki masalah kesehatan di atas, sebaiknya utamakan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang kompeten.

7. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Kandungan Asam folat yang terdapat di dalam jagung sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Nutrisi ini diperlukan untuk perkembangan otak janin serta dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat.

8. Melengkapi Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Banyaknya pemikiran dan tanggapan bahwa jagung bukanlah asupan yang kaya gizi. Diketahui banyaknya nutrisi yang terkandung pada jagung, seperti vitamin B6 yang sangat baik untuk metabolisme pada tubuh, kandungan vitamin C untuk kekebalan tubuh, serta fosfor dan magnesium untuk kesehatan tulang, antioksidan bernama zeaxanthin dan lutein yang baik untuk kesehatan mata, juga berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5 Tips Memilih Jagung yang Berkualitas dan Segar untuk Dikonsumsi

Kategori jagung yang masuk kedalam panganan berkarbohidrat yang baik untuk dikonsumsi dan menjadi makanan pokok di beberapa negera bahkan di beberapa daerah Indonesia. Selain dijadikan makanan pokok, jagung memiliki peran penting dalam olahan makanan ternak dan olahan lainnya seperti tepung jagung, meizena, kosmetik, dan lain sebagainya. Berikut tips cara memilih jagung yang baik

1. Perhatikan Kesegaran Jagung

Memperhatikan kelembapan dan kesegaran jagung merupakan hal utama yang paling penting saat memilih jagung. Daun jagung dapat dikatakan memiliki kualitas baik ketika memiliki daun yang mampu menutupi sampai bonggolnya. Selain itu, disarankan ketika membeli jagung dengan kualitas yang masih segar perhatikan posisi atas yang tidak kering dan masih lembab sebab itu mengindikasikan kesegaran dari jagung yang akan dibeli.

2. Berat Jagung Harus Seimbang dengan Daun Jagung

Daun jagung juga harus diperhatikan saat akan membeli jagung. Apabila daun jagung memiliki berat yang seimbang maka dapat dikatakan bahwa jagung tersebut dalam keadaan yang baik dan layak untuk dikonsumsi. Sebaliknya ketika jagung dengan berat daun tidak seimbang karena bisa jadi indikasi bahwa daun tersebut telah dimakan jamur maupun serangga.

3. Perhatikan Bagian Rumbai

Rumbai yang ada pada ujung jagung dapat mengindikasikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesegaran dan kualitas dari jagung. Warna kuning kecokelatan dan lengket pada rumbai, tetapi lembut adalah indikasi bahwa jagung tersebut dalam keadaan segar. Sementara jika rumbai terasa kering maka bisa menjadi indikasi bahwa jagung telah dipanen beberapa hari sebelumnya. Selanjutnya apabila rumbai telah berwarna hitam dan terasa basah karena bisa jadi jagung sudah tua.

4. Perhatikan Bawah Bagian Jagung

Batang bawah jagung juga dapat menampilkan kualitas jagung. Batang bawah jagung yang berwarna cokelat menjadikan ciri bahwa jagung tersebut sudah tua dan bisa jadi tidak segar lagi. Maka memilih jagung dengan batang bawah yang masih terlihat segar dan lembab agar kualitasnya lebih baik dan aman untuk dikonsumsi.

5. Pilihlah Kualitas Biji yang Bagus

Hal berikutnya yang dilakukan saat akan membeli jagung adalah melalui pengecekan biji jagung tersebut. Biji jagung dapat dikatakan baik ketika memiliki penampilan yang gemuk dan kencang, sebaliknya apabila biji jagung terasa licin maka bisa jadi jagung telah mengering. Selain itu, untuk ukuran dari biji jagung tersebut pilihlah yang berukuran mungil namun padat. Sebab ketika akan membeli jagung dengan biji berukuran besar-besar, maka dapat diasumsikan bahwa jagung tersebut terlalu tua dan memiliki banyak pati.

Bagaimana membuat makanan dengan biaya sangat murah, namun bisa menghasilkan makanan yang nikmat dan disukai banyak orang. Sebelum simak nasi jagung, ada olahan jagung lainnya Resep Perkedel Jagung

Bahan : 

  • 250 gr jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Bahan tersebut bisa dipergunakan untuk 4-6 porsi makan.

Langkah Membuat Nasi Jagung :

  1. Rendam jagung meniran bersama beras dan garam menggunakan air ang sudah disediakan. Kemudian rebuslah campuran beras dan jagung tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat
  2. Masukkan nasi jagung ke dalam kukusan atau panci kukus yang sebelumnya sudah dipanaskan. Siram menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda siapkan. Akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.

Olahan Variasi Nasi Jagung Sederhana 

1. Nasi Jagung Kuah Daun Kelor

Bahan Bumbu Kuah Daun Kelor

  1. 2 sdm beras yang sudah direndam / beras jagung
  2. 1/2 sdt garam
  3. 3 siung bawang merah dan bawang putih
  4. Seruas kencur
  5. Bumbu ikan
  6. 5 bawang putih
  7. 3 bawang merah
  8. 2 buah cabe besar
  9. 1/4 sdt lada
  10. 1/2 sdt gula
  11. 2 buah tomat iris
  12. 1/2 sdt penyedap rasa

Cara Memasak Nasi Jagung Kuah Daun Kelor

  1. Haluskan bumbu kuah, lalu tambahkan air kurang lebih 500ml lalu masak hingga mendidih, jika sudah mendidih masukkan daun kelor yang sudah dicuci bersih hingga masak
  2. Campurkan bumbu ikan lalu tumis, jika sudah masak tambahkan air sedikit lalu masukkan ikan yang sudah di rebus sebelumnya lalu beri potongan tomat, masak
  3. Siap disajikan

Jagung juga bisa dibuat menjadi emping dengan bantuan Mesin pemipih emping jagung

2. Bola – Bola Nasi Jagung Keju

Bahan Bahan

  1. 1 mangkok nasi jagung
  2. potong dadu keju yang sudah di parut
  3. minyak untuk menggoreng
  4. Tepung panir
  5. 1 butir telor
  6. secukupnya garam.merica

Langkah Memasak Nasi Jagung Keju

  1. Campur bahan utama dengan garam dan merica, lalu aduk hingga merata
  2. Beri telur kocok sejumput garam dan merica
  3. Datarkan nasi saat akan dikepal-kepal dan jangan lupa masuakan potongangan keju lalu bentuk bulat dan lakukan sampe selesai
  4. Celupkan ke kocokan telor
  5. Ratakan dengan adonan tepung panir
  6. Goreng hingga matang dan siap disajikan

Nasi jagung keju juga nikmat di sandingkan dengan lauk yang pas seperti kering tempe tradisional

3. Nasi Jagung Kacang Merah

Bahan Bahan

  1. Jagung
  2. Wortel
  3. 1/2 dada ayam suir
  4. 3 sdm Kacang merah
  5. Penyedap jamur,garam,bawang merah,bawang putih
  6. Beras

Langkah Memasak Nasi Jagung Kacang Merah

  1. Tumis bawang merah bawang putih wangi
  2. Masukan ayam yang sudah diberi sereh
  3. Campurkan garam, lada dan penyedap jamur.
  4. Cuci beras kemudian parut wortel dan taruh jagung guna pisau ambil pupil saja.
  5. Letakan sedikit kacang merah.tuang air ayam dan suirkan daging ayam masak seperti masak nasi.

4. Nasi Jagung Pedas Manis

Bahan – Bahan 

  1. 2 piring nasi jagung
  2. 1 buah cabe merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 4 cabe rawit
  5. 1 buah wortel kecil
  6. 2 sosis ukuran sedang
  7. 1/2 sdt garam
  8. 5 sdm saus tomat
  9. 1/2 sdt gula
  10. 1 sdt penyedap
  11. 4 sdm minyak goreng

Cara Memasak Nasi Jagung Pedas Manis

  1. Potong sesuai selera sosis dan wortel lalu goreng setengah matang, angkat, tiriskan
  2. Haluskan bawang putih, cabe rawit, gula dan garam. Potong serong cabe merah, Lalu tumis hingga harum. Dan campurkan sosis dan wortel yang sudah digoreng tadi.
  3. Masukkan nasi, aduk dengan tumisan bumbu tadi, tambahkan saus tomat dan penyedap. Masak hingga harum dan merata. Cek rasa. Jika sudah terasa sesuai dengan selera. Hidangkan

5. Nasi Jagung Capcay dan Tempe Orek

Bahan – bahan

  1. 3 cup beras jagung
  2. 1 cup beras putih
  3. Tempe
  4. 1/4 kg Pentol / bakso
  5. 3 buah Wortel (ukuran besar)
  6. 1/2 kg brokoli
  7. 1 telur ayam
  8. 1/4 Ladaku
  9. Saus tiram
  10. Kecap asin
  11. Garam dan gula

Bumbu Rajang Capcay

  1. 4 siung bawang putih
  2. 1/2 buah bawang bombay

Bumbu Rajang Tempe Orek

  1. 3 siung bawang putih
  2. 1 siung bawang merah ukuran besar
  3. 5 cabe rawit
  4. 1 ruas Lengkuas geprek

Langkah Membuat Nasi Jagung Capcay dan Tempe Orek

  1. Tumis bumbu rajang capcay sampe wangi
  2. Masukkan wortel, brokoli dan pentol. Aduk dan masukkan air secukupnya sampe sayur terendam.
  3. Masukkan ladaku
  4. Masukkan kecap asin dan saus tiram secukupnya
  5. Tambahkan telur ayam biar lebih creammy kuahnya
  6. Koreksi rasa. Kalau rasanya kurang mantap bisa ditambahkan garam atau penyedap rasa
  7. Tunggu sampai sayur matang
  8. Selanjutnya membuat orek tempe, potong kecil2 tempe dan goreng dampe setengah kering.
  9. Tumis bumbu rajang orek tempe sampe wangi
  10. Masukkan kecap manis dan asin
  11. Untuk nasi jagungnya, bisa masak di rice cooker seperti masak nasi pada umumnya.

6. Puding Nasi Jagung

Bahan A

  1. Nasi jagung
  2. 1 bungkus agar-agar plain besar(warna selera)
  3. 7 sdm gula pasir
  4. 1 sdt garam
  5. Vanili
  6. kara cairkan 800cc air

Bahan B

  1. sebungkus nutrijel kecil
  2. 400 cc air
  3. 1 sdm gula pasir
  4. Susu Kental Manis

Langkah Memasak Puding Nasi Jagung

  1. Siapkan Bahan
  2. Rebus bahan A hingga mendidih, untuk hasil nasi yang lembut bisa di blender dulu baru direbus
  3. Angkat tuang dlm cetakan,biarkan sampai dingin
  4. Rebus bahan B hingga mendidih, setelah agar jagung dingin tuang nutrijel di atasnya,biarkan dingin
  5. Beri toping sesuai selera

7. Nasi Jagung Polenta

Bahan Utama

  1. 1 cup polenta
  2. Secukupnya air yang penting basah polentanya
  3. 1/2 sdt garam

Bahan Pelengkap

  1. Tumis pare
  2. Ayam goreng
  3. Tempe goreng
  4. Sambal
  5. Ikan goreng

Cara Memasak Nasi Jagung Polenta

  1. Campur polenta dan air asal basah masak di api kecil. Pastikan pancinya yang anti lengket ya. Masak hingga matang sekitar 15 menit
  2. Angkat dan sajikan
  3. Bisa dengan urapan juga ya atau lauk sesuai selera
× Whatsapp Kami!