Cara Membuat Permen Coklat yang Sangat Menarik

Cara Membuat Permen Coklat

Permen coklat adalah salah satu jenis permen yang sangat digemari oleh semua kalangan karena rasanya dan cara membuat permen coklat ini yang sangat simpel. Makanan yang satu ini tidak bisa dipisahkan dari rasanya yang manis dan dapat dipadukan dengan berbagai rasa. Kali ini mari kita ulas bersama berbagai informasi dan cara membuat permen coklat yang sangat disukai anak-anak.

Pengertian Permen

Permen atau gula-gula adalah makanan berkalori tinggi yang berbahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Tingginya kadar gula dalam permen menjadi salah satu penyebab gigi berlubang.

Sejarah Permen

Cara Membuat Permen Coklat

Para ahli menemukan permen purba di Mesir, sekitar 3500 tahun yang lalu. Di tempat lain pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba pada saat itu. Kegemaran ini kemudian mendorong bangsa Mesir, Arab, dan Cina kuno untuk membuat racikan manisan madu dengan berbagai macam rasa.

1828

Permen coklat pertama didunia diciptakan oleh orang Belanda yaitu Conrad J. Van Houten dengan memeras biji coklat dan dimasak, kemudian dicampur gula hingga jadilah permen.

1869

Thomas Adams adalah orang Amerika yang menciptakan permen dari bahan karet. Penemuannya tidak disengaja karena awalnya ia ingin membuat dari mainan hingga ban sepeda namun percobaannya selalu gagal. Ketika ia memasukan karet kedalam mulutnya timbulah ide untuk menambahkan rasa di karet itu hingga terciptalah permen karet. 1871 temuannya itu dipatenkan.

1875

Henry Nestle,seorang pembuat susu kental manis dan Daniel Peter, seorang pembuat coklat yang memadukan dua unsur ini menjadi satu dan mendirikan perusahaan coklat susu pertama didunia

1908

Lolly Popadalah permen bertangkai yang diberinama oleh George Smith H, berdasarkan nama kuda balapnya. Tidak banyak diketahui awal dari keberadaan permen lollipop ini. Nanum mesin pembuat permen Lolly Pop diciptakan oleh Samuel Born warga Amerika keturunan Rusia.

1912

Clarence Crene menciptakan permen mint, ia sendiri sebelumnya membuat permen coklat, tetapi karena permen coklat mudah meleleh pada saat musim panas akhirnya ia mencoba membuat permen dari bahan yang lain. Keberadaan permen mint sebenarnya sudah ada di daratan Eropa dengan bentuk persegi. Crene akhirnya mencoba membuat permen mint dengan bentuk bulat dan bolong ditengahnya. Sekarang permen ini lebih dikenal dengan sebutan permen polo.

Kandungan Permen

1. Sukrosa dan Glukosa

Bahan utama untuk membuat permen adalah gula. Dalam bahasa ilmiahnya gula disebut juga dengan sukrosa. Sebagian besar permen memiliki rasa yang manis karena mengandung sukrosa atau gula pasir. Ini juga alasan mengapa nama lain permen adalah gula-gula. Selain itu, permen juga mengandung glukosa agar tekstur permen terasa lembut saat kita nikmati.

2. Sakarin atau Siklamat

Permen juga menganduk sakarin atau siklamat, yang merupakan gula buatan dan menghasilkan rasa yang sangat manis. Efek dari gula buatan ini menimbulkan rasa pahit di lidah kita. Sehingga, kebanyakan permen sekarang sudah tidak menggunakan bahan ini lagi.

3. Asam Malat atau Asam Sitrat

Asam Malat adalah kandungan asam organik yang ditambahkan pada permen untuk membuat rasa asam atau segar seperti strowberi, jeruk, atau rasa buah segar lainnya.

4. Zat Pewarna

Agar permen memiliki warna seperti yang sering dilihat, pemen juga mengandung zat pewarna. Seperti warna kuning menggunakan tartazin, atau warna merah menggunakan erythrosine atau karmin.

5. Zat Tambahan Lainnya

Sebagian permen juga diberikan kandungan tambahan seperti susu. Namun dengan kadar yang cukup sedikit, hanya untuk menambah cita rasa permen. Selain susu, dapat menggunakan ekstrak kopi, vanili, lemak sayuran leticin yang terdapat pada kacang kedelai, dan lainnya. Apabila jenis permen gel yang kenyal, biasa ditambahkan zat serat, terutama serat larut air seperti gel. Gel ini biasa berasal dari sari buah dan gelatin atau agar-agar.

Jenis-jenis Permen

Cara Membuat Permen Coklat

Permen Karet

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan saat gelembung terkembang memiliki batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah.

Marshmallow

Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur  lembut dengan berbagai bentuk, aroma dan warna.  Apabila dimakan akan meleleh di dalam mulut. Hal ini disebabkan karena merupakan hasil campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang.

Lollipop

Lolipop adalah permen gula terfavorit yang sudah ada sejak zaman dulu. Asal usul permen lolipop berasal dari cara manusia purba untuk mengumpulkan madu dengan menggunakan tongkat. Mereka kemudian mengonsumsi madu yang telah berhasil dikumpulkan langsung dari tongkat tersebut. Cikal bakal permen lolipop yang lebih modern ditemukan pada masa kebudayaan Arab, Cina, dan Mesir Kuno.

Permen Jerman (Jelly)

Permen jelly adalah jenis makanan selingan yang berbentuk padat, dibuat dari campuran gula dengan pemanis, tanpa penambahan bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang diijinkan. Memiliki tekstur yang relatif lunak jika dikunyah. Permen lunak dikelompokkan menjadi permen lunak bukan jelly dan permen lunak jelly.

Nougat

Nougat adalah sebuah permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, tetapi bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Dapat juga berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang dipakai, nougat juga dipakai sebagai isi batang permen atau cokelat.

Permen Jahe

Permen jahe adalah jenis kembang gula yang berbahan dasar gula merah dan jahe. Merupakan permen yang tergolong kuno.

Manfaat Permen

1. Permen Dapat Mengembalikan Mood

Pekerjaan biasanya akan membuat pikiran menjadi ruwet. Belum lagi permasalahan yang terdapat di tempat kerja, sekolah, rumah. Tentu itu akan menghambat semangat dan mood untuk beraktivitas. Makan permen dipercaya dapat menghilangkan mood buruk dan mengembalikan kemauan.

2. Makan Permen Hidup Lebih Lama

Makan permen dipercaya dapat hidup lebih lama daripada tidak sama sekali menurut sebuah studi komprehensif dari Harvard School of Public Health. Konsumsi permen satu hingga tiga kali sebulan dikaitkan dengan manfaat kesehatan terbesar, tetapi bahkan mereka yang memiliki kebiasaan sehari-hari dengan baik juga hidup lebih lama.

3. Permen Cokelat  Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Anda mungkin pernah mendengar tentang manfaat kesehatan dari cokelat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan cokelat lima kali atau lebih dalam seminggu adalah 60 persen lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit jantung.

Hanya saja ingat khusus permen coklat hitam yang minim gula. Alasannya gula tentu bisa menyebabkan beragam penyakit bagi tubuh kita.

4. Mengunyah Permen Karet Meningkatkan Kesehatan Mental

Makan satu permen karet apa pun, itu bagian tindakan mengunyah dan dapat meningkatkan suasana hati Anda, mengurangi stres, meningkatkan fokus mental, dan bahkan menghalangi rasa sakit. Mengunyah permen karet juga meningkatkan kadar serotonin.

5. Permen Kapas Membantu Menciptakan Pembuluh Darah Baru

Permen gulali yang biasa ditemukan di pasar malam dianggap kurang baik bagi kesehatan oleh beberapa dokter. Tapi menurut para peneliti di Universitas Cornell, permen kapas dapat dicairkan untuk membuat pembuluh darah buatan.

Cara Membuat Permen Coklat

Bahan Yang Digunakan:

  • 100 gram gula pasir putih
  • 2 sdm sirup jagung
  • 100 gram butter
  • 1 sdt vanilla
  • 1/4 sdt garam
  • Coklat balok dark atau milk sesuai selera
  • 1 sdm susu kental
  • 230 gram coklat batang dipotong atau dicacah
  • Jenis coklat padat seperti coklat batang atau coklat cip dapat digunakan dengan teknik ini. Untuk membuat permen coklat,  dapat menggunakan coklat susu, coklat pekat (dark chocolate), bahkan coklat putih.

Cara Membuat Permen Coklat:

  1. Panaskan sirup jagung dan gula dalam saucepan dengan api sedang. Aduk sampai menjadi karamel, masukkan butter.
  2. Kemudian masukkan susu. Sekaligus lelehkan coklat secara bersamaan. Letakkan coklat yang sudah dipotong-potong atau dicacah ke dalam mangkuk khusus microwave.
  3. Masukkan mangkuk ke dalam microwave.Setelah selesai, keluarkan mangkuk dari dalam microwave dan aduk  coklat tersebut.
  4. Panaskan kembali coklat selama 30 detik dan aduk. Ulangi langkah ini hingga semua coklat benar-benar meleleh.
  5. Selagi masih panas, tuangkan coklat ke dalam masing-masing cetakan permen. Isilah cetakan hingga mencapai bibir cetakan. Gunakan bagian belakang sendok untuk meratakan cokelat hingga ke sudut-sudut cetakan.
  6. Jika tidak mempunyai cetakan permen, dapat menggunakan cetakan muffinkecil, cangkir kertas kecil, gelas shot atau gelas sloki, dan wadah-wadah lain yang dapat digunakan sebagai cetakan.
  7. Agar coklat tetap pada tempatnya, angkat cetakan beberapa sentimeter dari meja dapur dan jatuhkan. Dengan cara ini, gelembung-gelembung udara akan hilang dan coklat akan menjadi lebih lembut.
  8. Untuk membuat cokelat isi, isi cetakan dengan cokelat hingga terisi setengahnya, kemudian masukkan sedikit karamel, mentega kacang, atau isian lainnya di tengah-tengah cokelat tersebut.
  9. Setelah itu, tuangkan kembali cokelat ke dalam cetakan hingga cetakan terisi penuh.
  10. Biarkan cokelat dingin di atas meja hingga mengeras atau masukkan cokelat ke dalam kulkas. Pastikan cokelat telah benar-benar dingin sebelum kamu mengeluarkannya dari cetakan.
  11. Dengan hati-hati keluarkan cokelat dari cetakannya. Kamu dapat langsung memakan cokelat yang sudah dibuat atau membungkusnya dengan bungkus cokelat.

Cara Membuat Permen Coklat Dengan Berbagai Fariasi

Cara Membuat Permen Coklat Susu

Bahan Yang Digunakan :

  • 1/2 kg Bubuk Coklat
  • 1/2 Susu Kental Manis
  • 3 kg Tepung Gula Pasir
  • 1/2 kg Mentega
  • 1/2 liter Air Bersih

Cara Membuat Permen Coklat Susu:

  1. Campurkan air dan bubuk coklat menggunakan wadah baskom atau panci. Aduk kedua bahan sampai merata. (campuran bahan 1).
  2. Panaskan mentega sampai meleleh. Jika mentega telah terlihat cair, masukkan susu kental manis sambil diaduk rata selama kurang lebih 10 menit.
  3. Masukkan gula pasir kedalam adukan mentega dan susu kental manis tersebut dan masukkan juga tepung gula pasir dan aduk sampai merata lalu angkat (campuran bahan 2).
  4. Campurkan bahan 1 dengan bahan 2 aduk sampai tercampur rata kemudian panaskan dan aduk-aduk lagi.
  5. Hasil dari adukan adonan diatas adalah bubur permen. Lalu siapkan cetakan yang telah diolesi mentega atau minyak ebolin agar cetakan tidak lengket pada saat permen dicetak.
  6. Masukkan bubur permen kedalam cetakan yang telah disediakan, biarkan mengering selama 1 hari dan mengeras.
  7. Permen coklat susu siap dikonsumsi.

Cara Membuat Permen Coklat Karakter

Bahan Yang Digunakan:

  1. coklat warna putih secukupnya
  2. coklat dark secukupnya
  3. pewarna makanan, merah dan kuning

Peralatan:

  1. cetakan coklat lolipop
  2. tangkai lolipop
  3. panci kecil
  4. mangkuk stainless kecil
  5. pisau kecil
  6. kantong plastik kaku

Cara Membuat Permen Coklat Karakter :

  1. Untuk membuat berbagai warna, harus melelehkan coklatnya terlebih dahulu. Dengan cara, potong dadu coklat putih dan masukkan kedalam mangkok stainless.
  2. Panaskan air menggunakan panci kecil dan taruh mangkok stainless diatas air dalam panci. Tunggu hingga coklat meleleh, apabila sudah meleleh angkat dan aduk menggunakan sendok.
  3. Bagi coklat putih menjadi beberapa bagian. Untuk membuat karakter hello kitty, kita membutuhkan 4 warna dengan takaran berbeda yaitu warna putih (tanpa diwarnai) dengan takaran paling banyak serta warna merah, kuning dan gelap dengan jumlah takaran sedikit karena hanya digunakan sebagai outline seperti mata, hidung, hiasan pita dan kumis kucing. Untuk warna gelap, sebaiknya menggunakan dark chocolate agar tidak perlu membutuhkan pewarnaan.
  4. Setelah diberi warna, masukkan masing-masing coklat warna kedalam kantong plastik yang sudah dibentuk lancip seperti ujung pensil. Ikat ujung belakangnya dan gunting ujung depannya sehingga coklat dapat keluar apabila ditekan.
  5. Ambil cetakan, isi lekukan seperti bagian mata, hidung, hiasan pita serta bagian mata da kumis kucingnya sesuai warna. Mainkan imajinasi hingga didapat karakter yang semirip mungkin. Jika sudah masukkan kedalam freezer agar cepat mengeras.
  6. Sesudah itu keluarkan lagi dari freezer dan isi dengan coklat putih hingga penuh sebagai filler-nya, jangan lupa pasang stik lolipop sebagai tangkainya.
  7. Masukkan lagi kedalam freezer agar mengeras dan tangkai menempel dengan kuat.
  8. Apabila sudah mengeras, keluarkan dari cetakan dan rapikan pinggiran coklat menggunakan pisau kecil.
  9. Kemas menggunakan plastik transparan dan ikat menggunakan pita kawat agar lebih indah.
  10. Buatlah karakter lain sesuai dengan cetakan yang tersedia serta mainkan imajinasi.

Cara Membuat Permen Coklat Oreo

Bahan Yang Digunakan:

  • Oreo
  • Cokelat putih blok
  • Sprinkles warna-warni

Cara Membuat Permen Coklat Oreo :

  1. Cairkan cokelat putih blok diatas panci dengan api kecil atau bisa menggunakan cokelat warmer (mesin pemanas cokelat).
  2. Siapkan oreo lalu buka salah satu sisinya. Ambil sisi yang ada krimnya. Kemudian ambil stik kemudian tempelkan sedikit lelehan cokelat putih seperti gambar diatas. Tunggu hingga cokelat mengeras.
  3. Tutup oreo yang ada stiknya dengan sisi lainnya. Lakukan hingga semua oreo yang Anda siapkan habis.
  4. Celupkan lolip oreo pada cokelat putih yang sudah dicairkan tadi.
  5. Baurkan sprinkles warna-warni pada oreo yang sudah ditutupi cokelat putih. Lakukan hinga semua oreo habis.
  6. Untuk lebih lezatnya dapat mendinginkan lollipop oreo didalam kulkas.

Cara Membuat Permen Coklat Strawberry

Bahan Yang Dibutuhkan:

  • Cokelat masak putih sebanyak 200 gram, dilelehkan
  • Cokelat masak stroberi sebanyak 45 gram, dilelehkan juga

Bahan isi:

  • Jeli instan sebanyak 1/4 bungkus
  • Air sebanyak 50 gram
  • Strawberry sebanyak 50 gram, diblender halus
  • Selai strawberry sebanyak 50 gram
  • Gula pasir sebanyak 13 gram
  • Strawberry sebanyak 25 gram, dipotong kotak kecil

Cara Membuat Permen Coklat Strawberry:

Berbagai bahan sudah kita kumpulkan, selanjutnya silahkan baca panduan proses pembuatan pralin stroberi di bawah ini :

  1. Membuat bagian kulit, ambil sebagian cokelat putih, kemudian tuang sedikit-demi sedikit cokelat stroberi di tengah lalu aduk sekali. Tuang di dalam cetakan praline bentuk hati. Biarkan sekitar 10 menit, lalu balikan cetakan, diamkan sesaat agar cokelat yang mencair keluar, kemudian sisihkan.
  2. Membuat isi, campur jeli instan, air, stroberi blender, selai stroberi dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan stroberi, potong, aduk rata.
  3. Selanjutnya isi bahan isi tadi ke dalam kulit, lalu isihkan.
  4. kulit, lelehkan sisa cokelat dengan cara yang sama, tuang ke atas isi, bekukan
  5. masukkan ke dalam lemari freezer selama sekitar 10 menit, lalu keluarkan dari cetakan.

Ingin mengetahui berbagai informasi tentang camilan kering dari tepung terigu ? Kunjungi Camilan Kering Dari Tepung Terigu Yang Mudah Dibuat.

× Whatsapp Kami!