Cara Membuat Waffle Renyah dan Lembut

cara membuat waffle - waffle

Banyak yang bertanya kepada mimin gimana sih cara membuat waffle yang renyah dan lembut? Serta varian rasa waffle lain agar nggak bosen sama rasa waffle yang itu-itu saja. Hmm waffle, siapa sih yang tidak tergiur dengan perpaduan renyah dan lembutnya makanan ini. Hidangan yang berasal dari Belgia ini memang sangat menggoda. Rasanya yang gurih dan legit membuat kamu jatuh cita saat pertama kali mencobanya.

Apa Sih Waffle Itu?

Waffle adalah adonan kue yang pada umumnya berbentuk kotak atau bulat dengan motif kotak-kotak. Biasanya waffel disajikan saat sarapan bersama sirup maple diatasnya. Resep waffle sendiri sudah ada sejak abad ke 13-14 yang kemudian dinamakan waffle yakni turunan dari kata wafer pada bahasa belanda. Semakin berkembangnya jaman waffle sendiri yang dulunya hanya ditaburi bubuk gula atau sirup maple kini berbagai macam topping bermunculan mulai dari buah, ice cream, cokelat dan lain sebagainya yang tentu dapat menggugah selera.

Sayangnya waffle di Indonesia masih termasuk makanan yang dijual ditempat-tempat khusus saja, seperti kafe atau restoran. Jika kamu membelinya ditempat-tempat tersebut, sudah jelas harganya akan sedikit menguras isi kocekmu. Namun jangan khawatir, disini mimin akan bagi-bagi resep gimana cara membuat waffle yang renyah dan lembut ala kafe / restoran. Yuk simak resepnya sekarang!

1.  Cara Membuat Waffle (Belgian Waffle)

belgian waffle

Sebelum kita mencoba mencooba resep-resep kreasi waffle yang lain, kita mulai dulu dengan belajar resep membuat waffle yang sederhana.

Bahan – Bahan :

  • 100 gram tepung terigu serba guna

  • 25 gram tepung Maizena

  • 1 butir telur besar, pisahkan antara kuning dan putihnya

  • 1/2 sdt Garam

  • 1/2 sdt Baking Powder

  • 1/4 sdt Baking Soda

  • 240 ml susu cair

  • 6 sdm minyak sayur

  • 1 sdm Gula pasir

  • 1/2 sdt vanilla bubuk

Cara Membuat :

  1. Panaskan mesin waffle hingga mencapai suhu 150 derajat Celcius.

  2. Camp urkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, baking powder, baking soda dan garam menjadi satu kemudian diayak.

  3. Campurkan kuning telur yang sudah dipisahkan dari putihnya dengan susu cair dan minyak sayur.

  4. Kocok putih telur sampai mulai mengembang pada wadah terpisah. Kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit dan kocok terus hingga busa putih telur itu kaku, lalu tambahkan vanila bubuk

  5. Campurkan adonan bahan-bahan basah yaitu campuran susu cair, minyak sayur dan kuning telur ke dalam adonan bahan-bahan kering yang sudah diayak tadi. Aduk dengan mixer hingga adonan tercampur rata.

  6. Setelah itu masukkan putih telur yang sudah dikocok bersama gula dan vanilla tadi ke dalam adonan. Aduk secara perlahan dengan spatula hingga adonan menyatu.

  7. Oleskan mentega pada mesin waffle yang sudah dipanaskan, kemudian tuang adonan waffle secukupnya ke dalam cetakan.

  8. Masak hingga waffle berwarna kecoklatan dan bagian luarnya mulai mengeras.

  9. Angkat waffle yang sudah jadi kemudian sajikan dengan topping seperti es krim dan sirup coklat, atau keju dan buah-buah beri. pisang dan madu, saus bluberi, sesuai selera anda.

 

2.  Cara Membuat Waffle (Churro-Waffle)

cara membuat waffle - churro waffle

Sepertinya banyak dari kalian sudah tahu apa itu churros, yap, ini adalah makanan khas yang berasal dari Spanyol atau Amerika Latin. Coba kamu bayangkan dua makanan yang lezat ini digabungkan menjadi satu menjadi Churro-Waffle. Kebayang gak gimana nikmatnya? Daripada cuma bayangin, yuk kita coba bikin sendiri aja!

Bahan – Bahan :

  • 1 sdt garam

  • 4 sdt baking powder

  • 2 sdm gula pasir

  • 2 butir telur

  • 240 gram tepung terigu serba guna

  • 360 ml susu cair hangat

  • 80 gram butter, lelehkan

  • 1 sdt ekstrak vanila

  • 1 sdt kayu manis bubuk

Bahan – Bahan untuk Topping Churros :

  • 200 gram gula pasir

  • 30 gram bubuk kayu manis

  • 120 gram butter, lelehkan

Cara Membuat :

  1. Panaskan mesin waffle hingga mecapai suhu 130 derajat Celcius.

  2. Campurkan bahan-bahan kering seperti tepung, garam, baking powder dan gula kedalam sebuah baskom, kemudian sisihkan.

  3. Untuk membuat topping churros-nya, campurkan gula pasir, bubuk kayu manis dan butter yang sudah dilelehkan menjadi satu, lalu sisihkan.

  4. Kocok telur lalu tuangkan susu cair, butter dan ekstrak vanilla didalam wadah yang berbeda lalu aduk hingga rata. Jika sudah, campurkan adonan cair ini ke dalam adonan kering berisi tepung, garam, baking powder dan gula tadi. Aduk hingga tercampur sempurna. Lalu tambahkan 1 sdt kayu manis bubuk.

  5. Oleskan mentega atau butter pada mesin waffle yang sudah dipanaskan, kemudian tuangkan adonan ke dalam cetakan. Masak hingga bagian luar waffle berwarna coklat keemasan.

  6. Setelah matang, angkat waffle churros dan oleskan butter di atasnya. Lalu taburi dengan topping churros yang sudah kamu siapkan tadi.

 

3.  Cara Membuat Waffle (Red Velvet Waffle)

cara membat waffle - red velvet waffle

Red Velvet memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu jenis cake dengan rasa yang royal dan berkelas. Jika kamu kesulitan dalam membuat cake-nya, coba saja padukan dengan membuat waffle-nya yang gak kalah lezat. Apalagi kalau diberi topping cream cheese, dijamin membuat anda ngiler.

Bahan – Bahan :

  • 120 gram tepung terigu serba guna

  • 1 1/2 sdm gula pasir

  • 1/2 sdm bubuk kakao tanpa gula

  • 2 sdt baking powder

  • 1/4 sdt garam

  • 1 butir telur

  • 210 ml buttermilk

  • 30 gram butter tawar, lelehkan dan biarkan dingin

  • 1 sdt ekstrak vanila

  • 1/4 sdt cuka putih suling

  • Pewarna makanan cair atau pasta

Cara Membuat :

  1. Ayak-lah tepung, gula, bubuk kakao, baking powder, dan garam kemudian jadikan satu dalam sebuah baskom, lalu sisihkan.

  2. Panaskan mesin waffle kemudian olesi dengan mentega.

  3. Kocok telur bersama dengan buttermilk, butter, ekstrak vanila dan cuka menjadi satu dalam wadah yang berbeda, lalu aduk menggunakan mixer dengan setting tenaga rendah. Tambahkan pewarna makanan warna merah secukupnya hingga warnanya merah gelap. Sebab warna tersebut akan menjadi terang ketika dicampur dengan bahan-bahan kering.

  4. Tuang adonan basah ke dalam campuran bahan-bahan kering kemudian aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

  5. Tuangkan adonan waffle red velvet ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Masak hingga matang, atau hingga uap dari waffle sudah habis.

  6. Angkat dan sajikan bersama topping cream cheese glaze! Cara membuat topping ini gampang kok!

Bahan – Bahan untuk Membuat Topping Cheese Glaze :

  • 84 gram cream cheese, dalam suhu ruangan

  • 3 sdm butter, lelehkan

  • 100 gram gula halus

  • 1/2 sdt ekstrak vanila

  • 120 ml susu cair

Cara Membuat :

  1. Campurkan cream cheese dan butter lalu kocok sampai mengembang.

  2. Kemudian masukkan gula halus sedikit demi sedikit bergantian dengan ekstrak vanila dan susu cair yang juga dituang sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Jadi deh topping cream cheesemu.Namun jika kamu susah membuat cheese glazenya, pakai keju parut juga bisa kok.

 

4.  Cara Membuat Waffle (Savoury Waffle)

cara membuat waffle - savoury waffle

Pasti anda mengira waffle hanyalah makanan yang idientik dengan rasa manis saja. Tidak, waffle juga dapat dipadukan dengan daging asap dan keju parut. Waffle yang satu ini juga cocok untuk dijadikan menu makan siang.

Bahan – Bahan :

  • 90 gram tepung terigu serba guna

  • 30 gram tepung maizena

  • 1/2 sdt baking powder

  • 1/4 sdt baking soda

  • 1/4 sdt garam meja

  • 65 gram keju cheddar parut

  • 45 gram daging asap atau peperoni cincang

  • 1 sdm penuh daun bawang yang dipotong tipis-tipis

  • 240 ml buttermilk

  • 80 ml minyak sayur

  • 1 butir telur

Cara Membuat :

  1. Ayak kemudian aduk tepung terigu, tepung maizena, baking powder dan baking soda menjadi satu dalam sebuah mangkuk.

  2. Masukkan keju, daun bawang dan daging asap atau peperoni cincang dan aduk jadi satu secara perlahan.

  3. Campurkan buttermilk, minyak sayur dan telur menjadi satu dalam wadah yang berbeda. Setelah tercampur, tuang adonan basah ini ke dalam bahan-bahan kering dan aduk hingga rata.

  4. Diamkan adonan sekitar 20 sampai 30 menit sebelum kamu mulai memasak waffle-mu, ini dilakukan agar wafflemu lebih mengembang dan empuk teksturnya.

  5. Panaskan mesin waffle hingga suhu 150 derajat Celcius. Olesi permukaannya dengan mentega kemudian tuanglah adonan waffle-mu. Masak hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan.

  6. Angkat dan nikmati selagi hangat.

Waffle daging asap ini rasanya asin, gurih dan mengenyangkan dan lebih cocok dijadikan makanan utama, bukan makanan penutup. Tambahkan telur mata sapi dan sosis sesuai selera untuk mendampingi waffle savoury-mu.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat kreasi aneka waffle istimewa nan lezat ini? Yang kamu butuhkan selain mesin waffle dan bahan-bahan, hanyalah kemauan! Keahlian pasti akan datang dengan sendirinya seiring seringnya kamu belajar mencoba memasak jajanan favoritmu sendiri di rumah. Semoga artikel tentang cara membuat waffle ini bermanfaat. Selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!