Mengolah Sampah Plastik Dengan Benar Dan Tepat

Mengolah Sampah Plastik Dengan Benar Dan Tepat  – Sampah menjadi musuh utama dalam kehidupan sehari – hari.

Semakin banyak populasi suatu negara semakin banyak pula sampah yang di hasilkan baik itu sampah organik ataupaun anorganik.

Sampah organik adalah sampah rumah tangga, biasanya  sampah organik berasal dari benda alami yang bisa mengurai sendiri dalam waktu yang cukup singkat dibandingkan sampah anorganik.

Selain itu sampah organik bermanfaat bagi tanah untuk kesuburan.

Tapi berbeda dengan sampah anorganik yang sulit mengurai bahkan membutuhkan waktu bertahun- tahun.

Dan saat teruraipun sisa – sisa bahan kimia yang terkandung di dalamnya juga masih bisa merusak tanah.

Sampah anorganik yang paling banyak orang hasilkan adalah sampah plastik.

Hampir suruh masyarakat menggunakan plastik sebagai bahan pengemasan. Seperti pengemasan air mineral, minuman bersoda, saus, kecap, dll.

Baik pengusaha besar, pengusaha kecil, pedagang besar, pedagang kecil, bahkan ibu rumah tangga menggunakan plastik sebagai media pengemasan yang praktis.

Sehingga wajar saja jika sekarang sampah plastik memenuhi sampah di sekitar kita yang lambat – laun akan merusak lingkungan dan bumi kita.

Untuk mengurangi sampah plastik di sekitar anda, anda bisa mengikuti petunjuk cara mengolah sampah plastik dengan benar dan tepat di bawah ini.

Cara Mengolah Sampah Plastik

1.Re- use

Re – use atau penggunaan barang kembali adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menuntaskan kasus sampah plastik ini. Anda bisa menggunakan plastik – plastik layak pakai anda kembali untuk kebutuhan sehari – hari.

2.Reduce

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk mengolah sampah plastik, yaitu dengan cara mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi jumlah sampah yaitu dengan melakukan hal sederhana seperti membawa wadah sendiri dari rumah saat membeli sesuatu

3.Pengolahan Plastik

Ide usaha bisa keluar dari mana saja dan ini yang menjadi tren akhir – akhir ini. Berwirausaha sambil menyelamatkan bumi dari sampah plastik.

Dengan kreativitas anda bisa merubah plastik – plastik tidak terpakai menjadi kerajinan dari botol bekas atau kerajinan dari tutup botol yang bernilai jual.

Seperti lampu hias dari botol dan tutup botol bekas, polibag dari bekas plastik kemasan, celengan plastik, wadah pensil, dll.

4.Penguraian Dengan Air Panas

Dan cara mengolah sampah plastik yang sedang menjadi tren dan terbaru di masyarakat sekarang adalah dengan cara Hydrothermal, yaitu penguraian dengan air panas.

Menurut teknologi terbaru di jepang menguraikan plastik dengan air panas lebih baik daripada membakarnya.

Karena saat membakar plastik dengan suhu rendah, maka akan menghasilkan asap putih yang membuat dada menjadi sesak dan kandungan zat kimia di dalamnya juga sulit terurai dan merusak lingkungan.

Sedangkan jika menggunakan teknik Hydrothermal, kandungan zat kimia, klorin dapat terpisah dari senyawa plastik lainnya dan berubah menjadi kandungan garam, lalu air tersebut dapat dibuang di laut dan larut.

5.Bank Sampah

Cara terakhir mengolah sampah plastik dengan benar dan tepat yaitu dengan cara menjualnya pada bank sampah.

Istilah bank sampah sudah tidak asing lagi bagi masrakat indonesia, terlebih lagi dengan munculnya bank – bank sampah di beberapa daerah di Indonesia.

Bank sampah adalah tempat kita dapat menjual barang – barang tidak terpakai ataupun plastik – plastik bekas.

sehingga menghasilkan pundi – pundi uang, kemudian dari bank sampah, plastik yang tak terpakai akan di angkut, dikirim ke pabrik.

Sebagai bahan daur ulang pembuatan produk. Anda bisa menjaga lingkungan serta menghasilkan tambahan uang jika mengolah sampah plastik dengan cara  ini.

Itulah beberapa cara yang benar untuk mengolah sampah plastik di lingkungan kita sehingga tidak merusak lingkungan dan kita bisa melindungi bumi kita tercinta.

Selamat mencoba

Posted in Uncategorized