Pada saat ini, dispenser air minum sudah menjadi peralatan elektronik dalam rumah tangga yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Namun pada tahun-tahun sebelumnya, dispenser air minum hanya kita temukan di kantor, sekolah, dan tempat umum.

Dispenser air minum di grosir mesin membuat alternatif dalam mengolah air putih sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi dapat diwajibkan untuk keluarga kecil anda untuk mempunyai dispenser air minum sehat ini.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, dispenser air minum dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama yaitu dispenser berdasarkan penempatan galon, kemudian dispenser berdasarkan suhu panas maupun dingin/normal.

Untuk pengelompokkan dispenser air minum berdasarkan dengan penempatan galon terdiri dari dispenser galon atas, galon bawah, maupun dispenser galon atas bawah.

Sedangkan, ,jenis dispenser air  minum berdasarkan suhu air aa dispenser dengan temperatur panas, dingin, normal, cold dispenser, dan normal-hot-colddispenser. Dispenser air minum ini sangat praktik dan nyaman digunakan. Alat ini juga dapat dipindah-pindah kan sesuai dengan keinginan kita, karena dispenser air minum ini cukup fleksibel dan ringan diangkat.

 

Model dan Spesifikasi Dispenser Air Minum GEA

1. Dispenser Air Minum GEA Model Halley

dispenser air minum

Suhu:Panas : ± 90°C
Dingin : ± 10°C
Tegangan:220 V
Daya:Panas : 190W
Dingin : 90W
Berat:17 Kg
Asli:China
Pendingin:R134a
Dimensi:400 mm x 385 mm x 1120 mm

Keunggulan :

  • 3 Tombol Utama (panas dilengkapi pengaman, natural, dan dingin)
  • Tangki terbuat dari stainless steel
  • Galon dibawah
  • Pipa hisap terbuat dari stainless steel
  • Pompa otomatis
  • Indikator Air Habis

2. Dispenser Air Minum GEA Model Mars

dispenser air minum mars

Suhu:Panas : ± 90°C
Dingin : ± 9°C
Tegangan:220 V
Daya:Panas : 190W
Dingin : 100W
Berat:13 Kg
Asli:China
Pendingin:R134a
Dimensi:400 mm x 385 mm x 1040 mm

Keunggulan :

  • 3 Tombol utama (Panas dilengkapi dengan pengaman, natural, dan dingin)
  • Tangki terbuat dari stainless steel
  • Pendingin kompresor
  • Galon diatas
  • Tidak Berisik

3. Dispenser Air Minum GEA Model Nebula

dispenser air minum nebula

 

Suhu:Panas : ± 95°C
Dingin : ± 10°C
Tegangan:220 V
Daya:Panas : 190W
Dingin : 90W
Berat:17 Kg
Asli:China
Pendingin:R134a
Dimensi:400 mm x 385 mm x 1120 mm

Keunggulan :

  • 3 tombol (panas dilengkapi pengaman, natural, dingin)
  • Tangki terbuat dari stainless steel
  • Galon di bawah
  • Pipa hisap terbuat dari stainless steel
  • Pompa otomatis
  • Indikator air habis

4. Dispenser Air Minum GEA Model Star

dispenser-air-minum

Suhu:Panas : ± 90°C
Dingin : ± 10°C
Tegangan:220V
Daya:Panas : 190W
Dingin : 90W
Berat:17 Kg
Asli:China
Pendingin:R134a
Dimensi:310 mm x 355 mm x 1090 mm

Keunggulan :

  • 3 tombol (panas dilengkapi pengaman, natural, dingin)
  • Tangki terbuat dari stainless steel
  • Galon di bawah
  • Pipa hisap terbuat dari stainless steel
  • Pompa otomatis
  • Indikator air habis

5. Dispenser Air Minum GEA Model ISON-Ro

 

Suhu:Panas : ± 95°C
Dingin : ± 10°C
Tegangan:220V
Daya:Panas : 190W
Dingin : 100W
Berat:22 Kg
Asli:China
Pendingin:R134a
Dimensi:310 mm x 355 mm x 1090 mm

Keunggulan :

  • 2 tombol (panas dilengkapi pengaman, dingin)
  • 4 langkah pemurnian air: PP cotton, Carbon rod, Reverse Osmosis filter
  • Desain elegen dengan kasing terbuat dari stainless steel hitam

Baca juga Dispenser Air Minum Terbaru Untuk Anda Di Tahun 2021 

Apa Saja Syarat-Syarat Air Dapat di Minum ?

Setiap manusia membutuhkan cairan sebagai imunitas tubuhnya. Namun kita juga harus memperhatikan air minum yang akan kita konsumsi. Karena saat ini banyak sekali air minum yang mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh kita. Kita perlu memastikan keamanan konsumsi, dan kebersihan air minum. Maka dari itu kita perlu memperhatikan tiga syarat dibawah ini:

  1. Persyaratan Fisik

Kondisi air minum yang tidak layak dikonsumsi dapat kita lihat dari fisiknya. Misalnya, kita dapat memperhatikan kejernihan dari air tersebut, air tidak berbau, ketika diminum air terasa hambar, dan jangan biarkan sedimen. Suhu yang dimiliki air yang layak diminum yaitu antara 10-25 derajaat Celcius.

  1. Persyaratan Kimia

Dalam persyaratan kimia ini kita harus memperhatikan tingkat kandungan mineral, bahan kimia yang terkandung, dan tingkat keasaman.

Air yang layak diminum harus mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh yaitu Zn (seng), Fe (zat besi), Cu (tembaga), Mn (mangan), dan Cl (klorida), dalam kadar yang ditentukan.

Adapun zat berbahaya yang tidak boleh diminum karena mengandung logam berat beracun yaitu seperti Hg (merkuri atau merkuri), Pb (timbal), As (arsenik), Cd (kadmium), dan Cr (kromium).

Sedangkan air yang dapat kita konsumsi paling tidak harus memiliki pH netral, sekitar 7, dan mengandung zat yodium yang cukup. Sebenarnya ada atau tidaknya zat bahaya dalam air minum dapat kita perhatikan sekilas dari karakteristiknya. Air minum yang beracum atau mengandung zat yang berbahaya akan berbau menyegat dan berwarna.

  1. Persyaratan Mikrobiologi

Air putih harus bebas dari jenis mikrobiologi atau bakteri yang menyebabkan penyakit, karena kalau sudah masuk ditubuh kita akan menyebabkan imunitas badan kita menurun.

Bakteri yang biasanya dalam air minum yang perlu kita ketahui yaitu bakteri escherichia coli dan Salmonella sp, yang menyebabkan perut kita sakit dan diare.

Ada dan tidak nya kuman bakteri dalam air minum yang kita konsumsi dapat kita tes dalam laboraorium, karena tidak dapat kita kenali sekilas saja.

 

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Ternyata tim medis sangat menganjurkan penggunaan air minum. Ini akan membawa manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Dianjurkan juga untuk menggunakan dispenser air untuk menjaga tingkat nutrisi air putih / air mineral.

1. Maksimalkan Kinerja Fisik

Jika hidrasi tidak terjaga akan mempengaruhi fungsi tubuh. Ini sangat penting jika Anda berolahraga dengan giat. Atlet kehilangan 6-10% cairan tubuh mereka setelah berkeringat.

Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan suhu fisik dan mental, penurunan motivasi, peningkatan kelelahan, dan olah raga yang lebih berat.

Meskipun Anda hanya kehilangan 2% dari cairan tubuh Anda, dehidrasi mungkin merupakan efek yang nyata. Nah, disinilah manfaat air berperan, yaitu memaksimalkan fungsi tubuh.

Berikut ini adalah panduan untuk mencegah kehilangan cairan saat berolahraga.

  • Minumlah 400-600 ml air 1-2 jam sebelum mulai berolahraga sebagai persiapan mengurangi air.
  • Minumlah 200-300 ml air 15 menit sebelum mulai berolahraga.
  • Selama berolahraga, minumlah 200 ml air setiap 15 menit untuk mengganti air yang hilang selama berolahraga.
  • Jika Anda menurunkan berat badan setelah berolahraga, gunakan 500-600ml air untuk setiap pon penurunan berat badan.

2. Memiliki Dampak Besar Tingkat Energi Dan Fungsi Otak

Jika hidrasi berkurang, otak akan merasakan efek ini karena otak utamanya adalah air. Karenanya, manfaat minum air juga berkaitan dengan fungsi otak.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “British Journal of Nutrition” menemukan bahwa 1,59% kehilangan cairan tubuh pada kaum muda memengaruhi kerja memori dan meningkatkan kecemasan dan kelelahan.

3. Mencegah Dan Mengatasi Sakit Kepala

Saat tubuh mengalami dehidrasi, sakit kepala bisa terjadi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Headache pada tahun 2004 menunjukkan bahwa manfaat air putih dapat mengurangi sakit kepala akibat dehidrasi.

Pada tahun 2005, European Journal of Neurology melakukan penelitian lain, yang menunjukkan bahwa air tidak berpengaruh pada frekuensi sakit kepala, tetapi tetap dapat mengurangi intensitas dan durasinya.

4. Meringankan Sembelit

Salah satu manfaat air adalah membantu meringankan kesulitan mengoceh. Jika feses yang terbentuk mengandung sedikit air maka teksturnya akan cenderung mengeras.

Kotoran yang keras dapat menyebabkan kesulitan atau sembelit. Jika sembelit tidak ditangani dengan baik maka akan timbul masalah kesehatan lain, seperti penumpukan.

5. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk karena konsentrasi tinggi zat kelarutan rendah (seperti kalsium dan kalsium oksalat). Keduanya adalah komponen batu ginjal yang paling umum dalam urin.

Namun tidak perlu khawatir, karena manfaat air dapat mencegah hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya minum air yang cukup agar konsentrasi komponen di atas dalam urin tidak tinggi, sehingga terhindar dari pembentukan batu ginjal.

6. Mencegah Mabuk

Salah satu manfaat air putih adalah mencegah mabuk berat. Pecandu alkohol mengetahui ketidaknyamanan dari minum malam sebelum keesokan harinya, yaitu mabuk.

Alkohol adalah obat kecil yang akan membuat Anda kehilangan lebih banyak air. Ini bisa menyebabkan dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukan penyebab utama mabuk, hal itu menyebabkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air membantu sistem pencernaan membuang limbah dari tubuh. Karena itu, manfaat air putih dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. Air juga bisa membantu perut terasa kenyang, sehingga seseorang bisa makan lebih sedikit.

Menurut sebuah studi tahun 2008 di Journal of Clinical and Endocrinology and Metabolism, minum setengah liter air (17 ons) dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30% dalam 1,5 jam. Hal ini menunjukkan bahwa meminum dua liter air sehari dapat meningkatkan total pengeluaran energi harian sebanyak 96 kalori.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Hingga 60% jaringan manusia terdiri dari air, termasuk sel kulit. Oleh karena itu, jika Anda kurang minum air, proses fisiologis tubuh akan rusak, termasuk sel kulit. Kulit dehidrasi terlihat kering dan kusam.

9. Pertahankan Suhu Tubuh

Manfaat penting lainnya dari minum air putih adalah untuk menjaga suhu tubuh. Dalam latihan fisik dan lingkungan yang panas, tubuh manusia kehilangan air melalui keringat. Nah, keringat bisa membuat tubuh “sejuk”.

Namun, jika cairan yang hilang tidak diganti, suhu tubuh bisa naik. Oleh karena itu, jika Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, pastikan untuk minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.

10. Membantu Penyerapan Nutrisi

Air tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, tapi juga membantu menyerap nutrisi. Dalam proses penguraian makanan, air dapat membantu memisahkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan, dan kemudian mengangkutnya ke seluruh tubuh.

Baca jugaJual Juice Dispenser – Dispenser Jus – Alat Wadah Jus Termurah 2021

Bagaimana Proses Air Bersih PDAM Hingga ke Rumah Kita?

dispenser air minum

Setiap hari kita melakukan aktivitas menggunakan air bersih mulai dari kegiatan mandi, mencuci baju, memasak, dan sebagainya. Namun apakah anda mengetahui bagaimanan perjalanan yang dilalui air bersih dari sumbernya yaitu mata air, sungai, gunung, bisa sampai ke rumah kita? Kita akan pelajari pada penjelasan dibawah ini.

Air bersih yang berasal dari PDAM tidak dapat langsung kita gunakan untuk kebutuhan aktivitas kita sehari hari. Air dari PDAM tentunya harus memenuhi syarat, kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Untuk menjaga kualitas air akan melalui proses pengolahan dengan 3 cara yaitu fisika, kimia, dan biologi.

Pengolahan air secara fisik dilakukan dengan memanfaatkan makanis air tanpa menambahkan zat kimia. Misalnya dalam penerapan pengendapan adsorbsi, filtrasi, dan sebagainya. Untuk pengolahan kimiawi tentunya dengan penambahan zat kimia yaitu tawas, klor dll. Dan pengolahan secara biologi dengan memanfaatkan mikroorganisme yang dapat membantu air menjadi jernih.

PDAM di Indonesia umumnya hanya menggunakan instalasi pengolahan air (IPA) secara fisika dan kimiawi, dan pengolahan air tersebut terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Intake Building

Bangunan ini berguna sebagai tempat awal masuknya air dari sumber air. Dilengkapi dengan screen bar yang berguna untuk menyaring benda-benda asing dalam air. Kemudian air akan masuk dalam bak yang besar sebelum di pompa ke water treatment.

2. Water Treatment Plant

Pada pengolahan ini merupakan instalasi utama pengolahan air bersih. Ada beberapa bagian pengolahan pada STP yang menjadikan air  layak dimanfaatkan. Bagian tersebut adalah sebagai berikut :

  • Koagulasi

Bagian ini kita kenal dengan bak koagulasi. Pada bak ini air akan destabilisasi dari partikel koloid atau kotoran. Proses ini dapat kita lakukan secara kimiawi dengan menambahkan zat tawas (alumunium sulfat) atau dengan menggunakan car fisika yaitu dengan rapid mixing (pengadukan cepat), hidrolis (terjunan atau hydrolic jump) dan secara mekanis (batang pengaduk) yang bertujuan supaya tawas cepat tercampur dengan air.

  • Flokulasi

Proses selanjutnya adalah flokulasi yang bertujuan untuk membentuk dan memperbesar flok (kumpulan kotoran). Dalam prosesnya air akan diaduk secara perlahan supaya tawas yang tercampur di air dapat mengikat partikel kotoran lalu membentuk flok yang lebih besar supaya nanti lebih mudah mengendap.

  • Sedimentasi

Kemudian setelah flok sudah dibentuk (berbentuk lumpur), nanti air akan masuk ke dalam bak sedimentasi yang mana berat dari jenis flok akan lebih berat secara otomatis mengendap dalam dasar bak dan air bersih akan terpisah dari lumpur.

  • Filtrasi

Selanjutnya setelah air terpisah dari lumpur, nanti air akan disaring lagi supaya benar-benaar bersih dan dimasukkan ke dalam bak filtrasi. Bak filtrasi ini dapat menggunakan ddengan teknologi membran, tetapi dapat juga disubtitusi menggunakan media lainnya, misalnya pasir dan kerikil silica. Proses ini dilaksanakan menggunakan bantuan gaya grafitasi.

  • Desinfeksi

Lalu setelah proses mengolah selesai dilakuka, selanjutnya dapat dilakukan proses tambahan (disinfeksi) yaitu berupa penambahan chlor, ozonasi, UV, pemabasan, dan sebagainya yang berguna untuk menghindari adanya potensi kuman dan bakteri yang ada dalam air.

3. Reservoir

Kemudian setelah air selesai diolah, langkah terakhir adalah reservoir. Jadi air dimasukkan ke dalam tempat penampungan sementara dalam resevoir sebelum didistribusikan ke seluruh rumah dan bangunan. Untuk mengalirkan air tersebut dapat menggunakan pipa HDPE dan pipa PVC.

Agar lebih menghemat biaya pengeluaran dalam pembangunan dan operasioal, biasanya instalasi pengolahan air (IPA) dapat dibangun didaerah yang tinggi dapat di bukit maupun di gunung, tujuannya untuk menghemat penggunaan pompa air karena air dapat dialirkan dengan gaya grafitasi. Supaya jangkauan dalam mengalirkan air dapa dialirkan ke wilayah yang lebih luas, biasanya air nanti akan ditmpung lagi menggunakan reservoir ke tiap daerah sebelum dialirkan ke rumah dan bangunan.

 

Demikian penjelasan mengenai dispenser air minum, dan beberapa manfaat mengenai air minum, juga pengetahuan bagaimana air dialirkan sampai rumah kita. Semoga bermanfaat yaaa….

× Whatsapp Kami!