0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Halo semuanya, apa kabar? Diartikel kami kali ini akan mengulas tentang berbagai makanan penurun darah tinggi yang aman dan alami.

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Kekuatan aliran darah yang dari jantung lalu mendorong arteri atau dinding pembuluh darah merupakan tekanan darah itu sendiri.

Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh aktivitas yang sedang dilakukan oleh jantung misalnya sedang ketika berolahraga atau dalam keadaan normal dan daya tahan pembuluh darahnya.

Kondisi di mana tekanan darah dari 140/90 milimeter merkuri lebih tinggi biasa disebut dengan Hipertensi. Yang akan di alirkan ke sluruh tubuh kamu.

Untuk angka 90 mmHG mengacu di bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks lalu sambil mengisi ulang bilik dengan darah.

Perlu diketahui bahwa tekanan sistolik adalah tekanan maksimal karena jantung berkontraksi, sementara tekanan diastolik adalah tekanan terendah di antara kontraksi (jantung beristirahat).

Buat kamu yang punya penyakit darah tinggi kami akan memberikan ulasan beberapa contoh makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Berikut dibawah ini contohnya simak dan cermati dengan baik.

A. Beberapa Makanan Penurun Darah Tinggi

1. Pisang

Tinggi potasium dapat membantu mengatur tekanan darah karena bisa meminimalkan dampak dari natrium. American Heart Association mengatakan satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 420 miligram potasium.

Asupan potasium yang direkomendasikan setiap hari untuk orang dewasa adalah 4.700 miligram, jadi makan satu buah pisang setidaknya dapat membantu tekanan darah lebih stabil.

2. Yogurt Rendah Lemak

Beberapa bukti menunjukkan bahwa yogurt bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi, tetapi pastikan untuk memilih yogurt rendah lemak. Orang yang hipertensi harus menghindari lemak trans dan lemak jenuh.

3. Ikan

Bagi penderita darah tinggi yang harus menghindari daging merah, asupan protein bisa didapatkan dari ikan. Ikan mengandung lebih sedikit lemak jenuh.

Selain itu, menurut sumber lain, omega 3 dalam ikan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Salah satu ikan yang dipercaya dapat mencegah hipertensi adalah ikan tongkol.

4. Kacang-kacangan

Didalam kacang mengandung lemak omega 3 yang sehat. Jenis kacang-kacangan tertentu juga dapat menurunkan kolesterol.

Ganti camilan sore kamu dengan segenggam kacang untuk menjaga jantung tetap sehat.

5. Minyak Zaitun

Selain bermanfaat untuk mereka yang menderita radang sendi, minyak zaitun mengandung banyak lemak baik. Menurut mayo clinic, lemak sehat yang ditemukan dalam minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak sehat ini dapat menurunkan kolesterol total, dan kolesterol jahat. Pilih extra virgin olive oil yang tidak melalui banyak proses sehingga lebih baik bagi tubuh.

6. Rempah-rempah atau Bumbu

Bagi penderita darah tinggi, garam menjadi barang haram karena dapat membuat tekanan darah meningkat.

Agar rasa masakan tidak menjadi hambar, kamu bisa menambahkan rempah-rempah seperti bawang putih, pala, jahe, lada, dan lain-lain.

Selain akan menambah sedap rasa makanan, rempah-rempah juga lebih sehat ketimbang garam.

7. Daging Ayam Tanpa Lemak

Untuk pecinta daging, dilarang makan steak atau burger tentu rasanya sulit. Tapi tenang saja, kamu masih bisa menikmati ayam.

Pada daging ayam memiliki lebih sedikti kolesterol dan lemak jenuh dibanding daging merah. Pilih potongan ayam tanpa kulit dan lemak bagi penderita hipertensi.

8. Sayuran Hijau Berdaun

Bayam atau kangkung adalah sayuran yang berdaun dapat juga digunakan sebagai makanan penurun darah tinggi karena kandungan magnesiumnya.

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi 300 mg mineral per hari selama satu bulan dapat meningkatkan kadar magnesium dalam darah dan mengurangi tekanan pada darah.

Makanan lain yang juga kaya akan magnesiumnya yaitu gandum utuh, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.

9. Bit

Masukkan bit dalam menu makanan harian kamu. Sayuran akar ini benar-benar memiliki efek langsung pada tekanan darah, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk jus.

Sebuah penelitian menemukan minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 4 – 5 poin. Para peneliti berharap mengonsumsi jus bit untuk jangka waktu yang panjang akan membawa hasil yang baik bagi tubuh.

10. Buah Delima

Salah satu penelitian baru-baru ini menemukan jus sari buah delima yang dapat membantu mereka yang hipertensi.

Peneliti di Queen Margaret University di Skotlandia menemukan mayoritas dari mereka yang diteliti minum 16 ons jus buah delima setiap hari selama empat minggu mengalami penurunan tekanan darah.

Selain itu, jus delima kaya antioksidan yang sangat baik bagi jantung.

11. Beri

Keluarga beri (blueberry, strawberry, raspberry, blackberry) mengandung senyawa yang dapat melindungi dari hipertensi. Jadi, meski di Indonesia sulit mencari blueberry, kamu selalu punya pilihan dengan makan strawberry.

12. Bawang putih

Kabar gembira untuk kamu yang sering menambahkan bawang putih pada masakan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Nutrition Research menemukan adanya senyawa dalam bawang putih yang berguna bagi orang yang hipertensi.

Agar hasilnya maksimal, gunakan bawang putih mentah yang masih mengandung enzim.

13. Gandum Utuh

Banyak orang sudah tahu bahaya mengonsumsi roti putih dan beralih ke roti gandum. Praktisi diet mengatakan bahwa gandum utuh lebih baik ketimbang gandum yang sudah diolah karena gandum yang diolah telah melalui proses yang dapat menimbulkan hilangnya nutrisi dari gandum.

Kebaikan gandum utuh juga bisa didapatkan dari quinoa, barley (jali-jali), dan beras merah.

6. Alpukat

Meskipun begitu lemak yang ada dalam alpukat merupakan lemak yang baik bagi tubuh. Alpukat juga memiliki kalium yang tinggi sehingga masuk ke dalam daftar buah atau makanan penurun darah tinggi. Kandungan terbaik buah aplukat terdapat pada bagian buah yang dekat dengan bagian kulitnya.

7. Melon

Makanan penurun darah tinggi lainnya adalah melon yang enak dan efektif.

Kandungan melon dikenal tinggi potassium atau kalium. Melon juga mengandung zat lain yang baik bagi tubuh mulai dari vitamin A. vitamin C, zat besi, vitamin B5, magnesium, kalsium, dna juga serat.

8. Anggur

Buah anggur juga dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan, khususnya sebagai buah untuk darah tinggi.

Selain dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, anggur juga dipercaya sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi. Kandungan kalium dalam anggur dipercaya dapat menekan kelebihan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab hipertensi.

9. Semangka

Senyawa L-citrulline dalam semangka yang dipercaya dapat membantu relaksasi pembuluh darah, sehingga baik digunakan sebagai obat penurun darah tinggi. Selain sebagai makanan penurun darah tinggi, semangka juga dipercaya baik buat orang yang memiliki anemia.

10. Nanas

Bromelain adalah kandungan enzim yang dimiliki nanas. Enzim ini memiliki khasiat untuk menangani peradangan dan sering ditemukan di beberapa jenis obat. Selain untuk mengatasi peradangan, bromelain juga memiliki manfaat lain yaitu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

11. Tomat

Daftar buah untuk darah tinggi karena memiliki kandungan kalium yang tinggi adalah tomat.

Likopen adl kandungan yang dimiliki tomat memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh yaitu untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit kanker, dan memelihara kesehatan jantung.

B. Tanda Seseorang Mengidap Darah Tinggi

makanan penurun darah tinggi

1. Tekanan Darah Lebih Dari 130/80

Banyak wanita tidak mengenal akan hal ini. Adam Splaver, M.D., ahli jantung di NanoHealth Associates di Florida mengatakan, “Hanya karena kamu tidak melihat, tidak berarti itu tidak ada di sana.”

Tidak seperti tes sinar-X atau tes darah, kamu bisa melakukan tes ini secara rutin. Banyak apotek dan toko obat menjual mesin pengukur tekanan darah.

Tekanan darah dapat berubah terus menerus menyesuaikan dengan tingkat aktivitas, hidrasi, tidur, dan faktor-faktor lainnya. Pilihlah saat yang tenang dan hidrasi baik untuk mengambil tekanan darah dan ulangi tes secara mingguan atau bulanan dengan cara yang tepat dan sama.

Apabila mendapati tiga kali angka di atas 130/80,  harus segera diperiksakan ke dokter.

2. Memiliki Orang Tua Dengan Darah Tinggi

Kamu tidak boleh mengabaikan faktor genetika. Genetika juga dapat menjadi faktor utamanya. Dalam kesehatan jantung dan tekanan darah tinggi ini dapat terjadi secara turun-temurun.

Orang yang patut harus kamu khawatiri adalah orang tua, kakek, nenek, ataupun saudara kandung yang terkena serangan jantung  diusia yang lebih muda dari 45 tahun.

3. Tidak Fokus dan Sakit Kepala

Orang dengan tekanan darah tinggi mungkin mengalami sakit kepala ringan atau kronis dan sulit konsentrasi. Menurut Splaver, gejala ini tidak akan terlihat hingga tekanan darah Anda benar-benar tinggi.

Jika kamu pernah mengalami sakit kepala yang tidak berhenti dengan atau tanpa mimisan, anda mungkin mengalami ‘krisis hipertensi’ dan harus segera dibawa ke UGD.

4. Kembung dan Sulit Kencing

Tekanan darah tinggi sering dikaitkan denga diabetes atau penyakit ginjal. Karena hal tersebut beberapa wanita mengalami sulit buang air kecil dan perut kembung. Sering-seringlah untuk memperhatikan kebiasaan buang air kecil dan catat apabila ada sesuatu yang tidak lazim.

5. Penglihatan Bertambah Parah

Menurut Khanna, tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah di mata dan menyebabkannya membengkak. Hal ini dapat dilihat dengan pemeriksaan rutin.

Jika kamu mengalami penglihatan yang buram ataupun perubahan penglihatan yang tiba-tiba, periksakanlaah ke dokter.

6. Pusing dan Kehilangan Keseimbangan

Tiba-tiba pusing dan kehilangan keseimbangan menjadi tanda peringatan dini adanya stroke yang disebabkan adanya tekanan darah tinggi.

C. Jenis-Jenis Hipertensi

1. Tekanan Darah Tinggi Primer

Hampir 95% dari semua kasus hipertensi yang ditemukan adalah tekanan darah tinggi Primer atau disebut juga Hipertensi Esensial.

Biasanya dokter menyarankan untuk melakukan peerubahan pada gaya hidup dan cara pola makan. Jika perubahan gaya hidup tidak dapat menurunkan tekanan darah, dokter biasanya akan melakukan pemberian obat-obatan untuk menormalkan tekanan darah.

2. Darah Tinggi Sekunder

Faktor penyebab hipertensi sekunder yang paling umum yaitu rusaknya ginjal dan fungsinya.

3. Hipertensi Maligna

Jenis hipertensi yang paling parah dan perkembanganya cepat. Hipertensi maligna sangat cepat merusak organ dalam tubuh. Jika dalam lima tahun tidak diobati, maka konsekuensi yang harus dihadapi adalah kematian yang disebabkan oleh rusaknya otak, jantung, dan gagal ginjal.

Namun jenis ini dapat diobati dengan catatan pengobatan yang dilakukan secara intensif dan berkelanjutan. Seseorang yang menderita hipertensi jenis ini merasakan kebas di sekujur tubuh, penglihatan kabur, kecemasan, dan sangat kelelahan.

4. Hipertensi Sistolik Terisolasi

Pada hipertensi ini, arteri menjadi kaku sehingga menyebabkan sistolik sangat tinggi sedangkan diastolik normal.

5. Tensi Tiba- Tiba Melonjak

Hipertensi yang biasanya terjadi secara tiba-tiba jika pasien yang akan diperiksa ataupun sedang berada di pusat klinik maupun rumah sakit. Jenis tekanan darah tinggi ini disebabkan oleh kegugupan saat akan diperiksa oleh pihak rumah sakit.

Di luar rumah sakit, tekanan darah pasien ini sangat normal. Jika terjadi hal yang sama dalam pemeriksaan ulang maka jenis hipertensi ini tidak perlu diobati.

6. Hipertensi Resisten

Penderita ini tidak akan mengalami atau merespon obat apapun lagi. Maka diperlukan 4 macam jenis obat untuk menurunkan tekanan darah.

C. Bahaya dari Darah Tinggi

1. Stroke

Darah tinggi merupakan salah satu faktor resiko utama dari penyakit stroke. Beberapa kasus stroke terjadi dipicu oleh adanya hipertensi pada penderita.

Maka dari itu, jika kamu menyadari tekanan darah kamu mulai tinggi, lebih baik menjaga pola makanmu dan menjauhi pikiran dari stres yang berat agar tidak mudah mengalami gejala hipertensi, sehingga dapat mengurangi adanya resiko terserang penyakit stroke.

2. Retinopati Hipertensif

Dari namanya retinopati pasti sudah bisa menebak akan berhubungan dengan mata. Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan terjadinya gangguan dan kelainan pada mata yang disebut dengan retinopati hipertensi.

Itu artinya siapapun yang memiliki penyakit darah tinggi berarti beresiko mengalami kebutaan.

3. Pecahnya Pembuluh Darah Arteri

Hipertensi juga dapat berdampak pada penyakit pembuluh darah arteri. Biasanya penyakit ini menyerang pembuluh darah arteri manapun terutama jantung dan otak.

Akibat tingginya tekanan yang tinggi maka tidak mentup kemungkinan pembuluh darah arteri dapat pecah kapanpun.

4. Gangguan Pada Ginjal

Salah satu dampak buruk dari hipertensi, terutama pada hipertensi yang tidak terkontrol adalah munculnya berbagai gangguan pada ginjal. Gangguan pada ginjal ini yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal, yang menimbulkan gejala-gejala seperti :

  • Sulit buang air kecil
  • Intensitas buang air kecil yang sering, namun sedikit
  • Rasa sakit pada bagian perut
  • Keluarnya darah ketika buang air kecil dan besar

5. Serangan Jantung

Salah satu dampak buruk yang muncul dari komplikasi penyakit darah tinggi adalah munculnya serangan jantung.

Tekanan darah yang tinggi pada pembuluh darah akan menimbulkan kelainan detak pada jantung, yang akan menimbulkan gangguan kontraksi pada jantung yang menyebabkan seseorang dapat sesak nafas karena sirkulasi oksigen dan karbondioksida tidak seimbang. Begitupun pada pembuluh darah jantung dan rentan tersumbat dan pecah.

6. Denyut Nadi dan Jantung yang Tidak Teratur

Hipertensi dapat menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung dan denyut nadi anda. hal ini disebabkan karena tekanan darah yang tinggi akan memaksa jantung untuk memompa lebih cepat dan akan memberikan efek jantung berdegup secara cepat dan tidak normal

7. Menyebabkan Kelelahan

Tidak hanya tekanan darah rendah yang dapat meyebabkan kelelahan pada tubuh. Hipertensi pun demikian, dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, dan membuat tubuh menjadi tidak memiliki semangat untuk beraktivitas.

Itulah tadi ulasan kami tentang makanan penurun darah tinggi, gejala orang mengidap darah tinggi, jenis-jenis hipertensi dan bahanya.

Oh ya selain artikel ini. Baca juga artikel lain kami tentang Resep Sayur Lodeh Terong

Demikianlah artikel tentang makanan penurun darah tinggi Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih karena kesediaannya untuk membaca artikel yang kami ini.

Tentu masih banyak kekurangan karena keterbatasan kami baik itu berupa pengetahuan maupun yang lainnya. Sekian dari kami dan Terimakasih.

 

WhatsApp chat