0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Di artikel ini kita akan memaparkan tentang Makanan Rendah Kalori yang Sehat dan Cocok untuk diet.Semua makanan memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda untuk tubuh manusia. Kalori ialah kata yang dipakai untuk menyebut satuan energi.

Tubuh kita juga perlu energi untuk bergerak dan energi dibuat dari kalori yang terkandung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.Asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh bergantung kepada jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Berat badan akan bertambah bila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih banyak daripada kalori yang dibakar.Daya tahan tubuh juga akan mengurang kalau asupan kalori yang masuk lebih sedikit dari jumlah kalori yang digunakan.

Jadi kunci dari menurunkan berat badan secara seimbang adalah dengan mengatur kalori yang Anda konsumsi sehari-hari.Anda harus selektif memilih makanan apa saja yang rendah kalori namun tetap nikmat untuk disantap.Kurangi Berat Badan dengan Makanan Rendah

Anda harus mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jika  anda ingin menurunkan berat badan. Sebagai informasi, lemak memiliki jumlah kalori paling tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan protein.

maka dari itu kami akan memaparkan tentang Makanan Rendah Kalori yang sehat bagi tubuh dan cocok juga untuk diet.Lemak memiliki 9 kalori sedangkan karbohidrat dan protein masing-masing hanya mengandung 4 kalori.

25 Makanan Rendah Kalori yang Sehat dan Cocok Untuk Diet

Makanan Rendah Kalori

Jika Anda berniat untuk diet, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang berkalori rendah.Diet rendah kalori ialah cara diet dengan membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh kita dengan menyantap makanan/minuman yang mengandung serat, zat, dan vitamin yang membantu penurunan berat badan.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori setiap harinya. Tetapi jika Anda memutuskan untuk berdiet rendah kalori, jumlah asupan kalori harus dikurangi.Tentunya membatasi kalori tidak boleh sembarangan, bagaimanapun itu badan juga memerlukan kalori untuk tetap beraktivitas.

Kali ini kita akan bahas satu persatu makanan apa saja yang cocok untuk menjalankan diet rendah kalori. Silakan disimak.

1. Sup

Sup adalah salah satu jenis makanan yang mudah dibuat ini biasanya berisi sayur sayuran.Karna berisi sayuran, maka gak heran kalau sup memiliki serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan air.

Tidak hanya itu, sup juga bisa membuat tubuh kita kenyang lebih lama. Hal ini karna bahan-bahan untuk membuat sup umumnya berasal dari sayuran yang kaya akan serat.Meskipun sifatnya yang mengenyangkan, tapi sup merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, jadi Tidak usah takut gemuk.

2. Telur

Kalian tidak tahu kan kalau mengkonsumsi telur itu jauh lebih menyehatkan daripada mengkonsumsi roti. Manfaat telur bagi kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi.Satu buah butir telur didalamnya mengandung kandungan vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

Selain itu, telur mempunyai kandungan 9 jenis asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Fyi, asam amino ini bahkan memicu pelepasan hormon di dalam usus.Pelepasan hormon tersebut berfungsi untuk menekan rasa lapar sehingga saat mengkonsum telur, kalian tidak akan cepat merasa lapar.Telur bisa anda campurkan dengan jenis makanan lain yang juga rendah kalori.

3. Salad

Jadi makanan yang satu ini hampir sama dengan sup. Banyak orang yang menganggap kalau salad ialah jenis makanan yang tidak bisa bikin anda kenyang.Tapi nyatanya anggapan itu salah besar. Salad juga mampu membuat orang yang memakanya kenyang lebih lama.

Salad yang terbuat dari kombinasi sayuran dan buah, dapat membantu mencukupi kebutuhan akan vitamin dan mineral dalam tubuh.Karena tidak perlu melalui proses memasak, kandungan vitamin pada bahan-bahannya yang berupa campuran sayur dan buah tetap terjaga.

4. Kentang

Kentang termasuk jenis makanan yang mempunyai fungsi yang sama dengan nasi. Meskipun mengenyangkan, jumlah kalori yang terkandung dalam kentang ternyata lebih sedikit daripada nasi putih. Itulah sebabnya memakan kentang dalam jumlah banyak tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.

Kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, tiamin, niasin, asam folat, besi, magnesium, fosfor, dan zat flavonoid dalam kentang, ternyata mampu menekan rasa lapar.Kentang bisa dibuat dengan berbagai macam cara seperti dikukus, digoreng. Contoh makanan dibuat dengan kentang yang gampang dibuat adalah perkedel dan kroket kentang.

5. Seafood

Nyatanya ada banyak jenis jenis seafood yang memiliki kandungan kalori yang rendah seperti salmon serta jenis udang, tiram, dan kepiting.

Makanan tersebut kaya akan kandungan protein yang bisa membantu dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Protein itulah yang nantinya bisa membuat kita kenyang lebih lama.

Karena rendah kalori, jenis seafood tersebut juga memiliki lemak yang sedikit , jadi tetap aman aman saja dikonsumsi tanpa takut membuat kalian menjadi gemuk.

6. Oatmeal

Makanan yang satu ini memang mempunyai segudang manfaat yang bisa diperoleh. Oatmeal bisa membantu menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menstabilkan kadar gula darah, dan lain-lain.

Tidak heran kalau makanan yang satu ini diklaim lebih menyehatkan daripada gandum. Salain itu makanan yang satu ini juga terkenal rendah kalori.

Oatmeal memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kandungan ini bisa menyerap kelebihan lemak di dalam tubuh dan mengatur jumlah karbohidrat yang ada dalam aliran darah di dalam tubuh kita.

Jadi tidak heran kalau setelah makan oatmeal, kenyangnya seperti makan semangkuk nasi.

7. Apel

Jika pada saat bulan ramadhan , jangan lupa untuk menyiapkan buah-buahan sebagai menu sahur ataupun berbuka puasa. Diantara semua jenis buah-buahan, apel banyak diketahui sebagai satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung pektin.

Zat pektin secara alami bisa memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang dalam perut kita.Bahkan orang yang makan sebutir apel setiap harinya pasti merasa lebih kenyang.

Jadi ia akan memakan lebih sedikit makanan dibanding mereka yang memakan jus apel atau saus apel.Lain dari itu , apel juga kaya akan antioksidannya yang bisa membantu menangkal radikal bebas.

8. Lobak

Lobak mentah sering dijadikan bahan acar atau hiasan makanan agar tampak cantik dan segar.Selain untuk salah satu sumber makanan  yang rendah kalori, lobak juga tinggi akan seratnya sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

9. Paprika

Dikutip dari Shape, ada studi yang menunjukkan bahwa seiris paprika mentah hanya mengandung 2 kalori. Paprika juga dipercaya dapat membantu membakar lemak lebih cepat didalam tubuh anda.

Ditambah lagi, kandungan folat dan vitamin B6 pada paprika dapat mengurangi pembengkakan di arteri serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Kembang Kol

Satu tangkai kecil kembang kol ini mengandung 3 kalori. Lain dari itu, sumber makanan rendah kalori ini juga mengandung sejumlah serat yang bagus untuk pencernaan.

11. Stroberi

Menurut penelitian dari University of Warwick, stroberi merupakan sekian dari jenis buah-buahan segar yang menyajikan beberapa manfaat kesehatan yang tinggi.

Mike Roussell, Ph.D., seorang konsultan gizi dan peneliti dari Amerika Serikat juga menyarankan menggunakan buah stroberi dan beri lainnya sebagai bahan minuman smoothie yang sehat.

Selain rasa yang asam, segar, dan manis, stroberi juga dapat untuk mencegah penyakit yaitu penyakit  jantung dan diabetes.

12. Selada

Tidak semua selada hijau punya kalori yang rendah. Untuk memperoleh selada sebagai makanan rendah kalori, pilihlah selada atau lettuce romaine untuk bahan dasar salad diet Anda.

Selada romaine punya tekstur yang berserat, tinggi kandungan air dan yang pasti hampir nol kalorinya. Lain dari itu, sayuran ini juga mengandung sumber vitamin A, vitamin K, folat, dan vitamin C.

13. Wortel

Wortel mentah sering juga menjadi camilan sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tubuh anda.  Selain sehat dan rendah kalori, wortel mentah juga mempunyai 2 gram serat yang baik buat sistem pencernaan.Namun, tak ada salahnya juga untuk mengolah wortel jadi sayur atau jenis makanan lainnya.

14. Bayam

Selain dari rendah kalori, bayam segar juga mengandung omega-3 dan asam folat nabati yang bisa membantu anda  mengurangi dan mecegah resiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.

15. Buah

Adakah di antara Anda yang tidak suka buah? Tentu sangat jarang ya, orang yang tidak gemar menyantap buah.Sebagai orang Indonesia yang tinggal di negara tropis, dengan mudah kita bisa menemui beragam buah buahan di pasar atau pun pasar swalayan.

Anda bisa memilih buah yang Anda sukai sebagai pengganti camilan. Jika biasanya Anda ngemil kentang goreng atau kue-kue manis, Anda bisa menggantinya dengan buah. Diusahakan untuk memilih buah dengan kandungan air yang banyak dan berserat yaa.

Seperti jeruk bali yang memiliki 37 kalori serta 90 persen mengandung air. Contoh buah lainnya semangka, stroberi, lemon, anggur, apel, dan sebagainya.

16. Kacang-kacang

Selain rasanya yang gurih dan enak, kacang juga bisa menjadi cara cepat makanan untuk diet Anda. Untuk contoh, kacang almond mempunyai vitamin E, vitamin B2, dan serat yang berkalori rendah. Pada setiap 100 gramnya hanya mempunyai 160 kalori. Selain dari itu ada juga kacang pistachio, yang mempunyai 40 kalori setiap 10 bijinya.

17. Daging Tanpa Lemak

Diet rendah kalori bukan berarti Anda pantang memakan daging. Daging mempunyai nutrisi dan zat yang berguna bagi tubuh dan Anda tetap harus mengkonsumsi daging untuk pilihan makanan walaupun saat anda sedang berdiet.Untuk mengakalinya, pilihlah lean meat atau lebih dikenal dengan daging rendah lemak.

Perlu diingat jumlah lemak yang terkandung di dalam daging akan bertambah bila diolah dengan cara yang salah.

Diusahakan jangan menggoreng daging dengan cara deep fried sebab akan menambah massa lemak. Masaklah daging dengan direbus atau dikukus sebagai menu diet Anda.

Referensi daging rendah lemak:

  • Eye round

Eye round ialah steak daging sapi dengan jumlah lemak paling sedikit. Berbentuk bulat saat lemak yang sudah disingkirkan. Dalam 100 gram eye round hanya saja mempunyai 0,9 gram lemak saja.

  • Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam dengan berat 100 gram mempunyai 3 gram lemak tanpa kulitnya.

  • Kerang, steak ikan

Keduanya mengandung ½ gram lemak setiap 100 gram.

18. Biji-bijian Utuh

Gandum, beras merah, oat ialah jenis jenis biji yang sudah sering kita dengar di telinga kita. Kalau Anda sudah terbiasa sarapan dengan nasi putih, Anda bisa menggantikannya dengan memakan gandum/oats. Biji-bijian kaya akan serat dan mengandung karbohidrat yang mengenyangkan perut. Selain itu antioksidan di dalamnya bisa menangkal penyakit berbahaya seperti kanker dan diabetes.

19. Produk Susu Rendah Lemak

Waktu ini banyak kita temui berbagai merek susu rendah lemak di pasaran. Susu rendah lemak memang pilihan yang cocok untuk Anda yang sedang berdiet.

Susu rendah lemak mempunyai kandungan protein yang banyak dengan kalori yang rendah.Satu gelas susu skim hanya mempunyai 83 kalori. Walaupun nilai kalorinya lebih sedikit dari susu biasa, manfaat dari susu skim tetaplah sama dengan produk susu lainnya.

20. Ikan

Dikenal sebagai sumber protein terbaik bagi tubuh. Ikan mempunyai lemak baik dan rendah kalori yang cukup baik untuk kesehatan.Untuk pilihan Anda bisa memilih ikan salmon yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Zat gizi tersebut berguna untuk mengurangi dan mencegah obesitas dan penyakit metabolisme. Selain ikan salmon ada lagi yaitu ikan makarel, tuna, dan kod.

Untuk memasaknya lebih baik dengan cara dikukus atau direbus. Karena jika ikan digoreng makan akan menambah jumlah kalori di dalamnya serta tidak baik untuk tubuh Anda.

21. Sayur

Jika Anda sedang berdiet, maka perbanyaklah makan sayuran. Sayuran mempunyai kalori yang sangat sedikit namun sarat nutrisi bagi tubuh. Sayur mempunyai serat yang dapatbmembantu metabolisme tubuh. Apabila Anda bukan penyuka sayur, Anda juga bisa mencampurkan sayur dengan buah kegemaran Anda dengan membuat salad.

Anda juga bisa mencampur selada, tomat, seledri dengan buah seperti apel, anggur, jeruk, dan lain-lainya. Pastinya cara ini akan memotivasikan Anda untuk memulai menyukai sayur mayur.

22. Kue Beras Polos

ini ialah olahan beras yang rendah kalori dengan hanya mempunyai 31 kalori setiap potongnya. Kue beras bisa untuk menjadi pilihan yang cocok camilan makanan Anda. Kandungan lemak serta gula yang sangat rendah bisa membantu program diet Anda menuju keberhasilan.

23. Kerang Hijau

Kerang ialah salah satu seafood yang banyak disukai orang. Dibalik rasanya yang enak, kerang mempunyai protein yang sangat banyak dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk hidangan diet Anda.

Lain dari itu kandungan asam amino dan lemak omega 3 bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mudah dicerna oleh tubuh kita.

Anda juga bisa dengan mudah membeli kerang di pasar atau toko swalayan. Cita rasa yang gurih dan lezat akan membuat Anda jadi lupa bahwa Anda sedang berdiet.

24. Mi Soba

Mi soba ialah jenis mi yang berasal dari Negeri Sakura yaitu Jepang yang terbuat dari biji soba , biji-bijian dari khas Jepang. Soba memiliki kandungan kalori yang rendah, hanya sekitar 113 kalori per-porsinya.

Miakanan ini disajikan dengan kuah dari kaldu ikan dan rumput laut. Anda bisa menjadikan mi soba sebagai referensi santapan diet rendah kalori.Produk Makanan Rendah Kalori

25. Soyjoy

makanan SoyJoy adalah top of mind banyak orang ketika mengingat camilan rendah kalori. SoyJoy terbuat dari tepung kedelai utuh yang kaya serat dan protein.

Satu porsi SoyJoy hanya mengandung 150 kalori. Untuk menyukseskan diet, Anda bisa mengganti setengah porsi makan Anda dengan SoyJoy .Rasanya yang gurih dan manis akan membuat Anda kenyang dan tidak tersiksa walaupun sedang diet.SoyJoy tersedia dalam berbagai varian rasa dan bisa Anda dapatkan di Shopee seharga Rp 7.500.

selain itu, kami juga akan mempaparkan Resep Masakan Rumah yang enak dan mudah yang bisa dicoba ibu ibu dirumah. Berikut ulasan Resep Masakan Rumahan

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Makanan Rendah Kalori, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang Makanan Rendah Kalori , semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

WhatsApp chat