Inovasi Produk Mesin Isi Ulang Galon yang Efisien

Pengertian mesin isi ulang galon  adalah mesin yang dapat melakukan tiga hal yaitu membersihkan, mengisi dan penutupan pada kesatuan sebuah sistem. Mesin ini mengadopsi desain baru dan nyaman untuk pengisian air ke dalam galon. Dengan mesin ini kualitas air yang terisi akan lebih bersih dan aman.

Model dan Spesifikasi Mesin Isi Ulang Galon Type: 100BPH

mesin isi ulang galon

 

Kapasitas: 19L / Galon
Tegangan: 380V / 3P
Daya Watt:1500
Berat (Kg): 200
Kapasitas: 100galon / jam
Sistem Bekerja: 4 Tahap
Tekanan: 0,6 Mpa
Harga: Call

Keunggulan Mesin Isi Ulang Galon

  1. Memiliki 3 fungsi: mencuci, mengisi dan menutupnya
  2. Memiliki sistem konveyor
  3. Pilihan kapasitas lobang pengisian 5 galon (3 & 6 galon bisa di request)
  4. Terdapat UV light
  5. Kapasitas kompresor udara 2 kW (tidak termasuk)
  6. Memiliki pengatur PCL

“Kita tidak pernah tahu nilai dari sebuah air hingga sumur mengering.”

-Thomas Fuller, Penulis dari Inggris-

Air Merupakan Sumber Kehidupan

mesin isi ulang galon

Air sangat penting dalam kehidupan, tanpa air, semua makhluk hidup di bumi akan mati. Tanpa air, manusia bisa jadi haus, kekurangan air di dalam tubuh dan menyebabkan kematian. Tanpa air, hewan akan haus dan akhirnya mati. Demikian pula tanah tanpa air akan menjadi tandus dan kering, dan tanaman akan layu dan kering sampai mati.

Air merupakan bagian tak terpisahkan dan penting dari kehidupan semua makhluk hidup. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60-70% air. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki asupan air yang cukup setiap hari untuk menggantikan air yang hilang.

Air juga merupakan berbagai kebutuhan lain dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengolah makanan, mencuci piring dan pakaian kotor, serta membersihkan diri. Tapi apa itu air dan apa senyawa yang menyusun air? Meskipun air terlihat jernih dan tidak berasa, secara ilmiah tersusun dari beberapa senyawa.

Pengertian Air

Yang dimaksud air adalah zat yang tersusun dari unsur kimia hidrogen dan oksigen, berupa gas, cair dan padat. Air adalah salah satu senyawa yang paling melimpah dan penting. Cairan tidak berbau dan tidak berasa pada suhu kamar memiliki kemampuan penting untuk melarutkan banyak zat lainnya.

Dipercaya bahwa kehidupan berasal dari larutan air lautan dunia, sedangkan organisme hidup mengandalkan larutan air seperti darah dan cairan pencernaan untuk menjalankan proses biologis.

Air juga ada di planet dan bulan lain di dalam dan di luar tata surya. Sejumlah kecil air terlihat tidak berwarna, tetapi air sebenarnya memiliki warna biru yang melekat, yang disebabkan oleh sedikit penyerapan cahaya panjang gelombang merah.

Fungsi Air

Fungsi air sangat penting bagi semua kehidupan, meskipun air nampaknya ada dimana-mana, namun air bersih merupakan kondisi terpenting bagi semua makhluk hidup untuk bertahan hidup. Secara umum fungsi air adalah sebagai berikut
  • Minum
  • Menyirami tanaman
  • Mencuci dan membersihkan peralatan
  • Memasak (jangan lupa-tumbuhan dan hewan tempat kita hidup dan tumbuh membutuhkan air)
  • Pabrik (banyak pabrik menggunakan banyak air untuk membantu membuat barang-barang yang kita gunakan setiap hari)

Air juga terdapat dalam wujud  zat lain. Contohnya termasuk air laut, darah kita, minuman dan minuman ringan. Kita tidak selalu bisa melihat atau bahkan merasakan zat terlarut.

Tahukah Anda Makhluk Hidup Tidak Bisa Lepas Dari Keberadaan Air

Darah kita terutama terdiri dari air. Banyak hal yang larut dalam air di dalam darah kita. Misalnya, limbah dari seluruh tubuh kita dibawa ke ginjal untuk disaring. Satu kaleng minuman ringan menunjukkan bagaimana air dapat melarutkan gula, pewarna, zat penyedap dan gas terlarut (terutama karbon dioksida) dan zat lain, membuat minuman ringan berbusa.

Air ada dimana-mana. Itu ada di udara, di tanah dan di setiap makhluk hidup. Tahukah Anda bahwa konsep air dan keberadaannya sebenarnya merupakan bagian terbesar dari tubuh kita? Kadar air pada tumbuhan dan hewan lain mungkin melebihi kita.

Terdapat Berbagai Sumber Mata Air di Bumi Ini

Ada dua sumber utama air: air permukaan dan air tanah. Air permukaan telah ditemukan di danau, sungai, dan waduk. Air tanah terletak di bawah permukaan, mengalir di permukaan dan mengisi bukaan di batuan. Batuan yang menyimpan dan mendistribusikan air tanah disebut akuifer.

Air tanah harus dipompa dari akuifer ke permukaan sebelum dapat digunakan. Konsumen memperoleh air dari salah satu dari dua sumber: sumur pribadi atau sistem pasokan air kota. Sumur rumah tangga memompa air tanah domestik. Sumber air dari sistem pasokan air kota dapat berupa air permukaan atau air tanah.

Syarat-syarat Air Bersih 

Air bersih sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Air yang digunakan setiap hari harus memenuhi baku mutu air bersih. Banyak orang percaya bahwa air yang dilihat dengan mata telanjang sudah pasti aman digunakan. Kalaupun tidak semua air jernih layak digunakan.

Menurut persyaratan dinas kesehatan, persyaratan yang disebut air bersih atau air minum adalah tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, bebas mikroorganisme, dan bebas logam berat atau ringan.

Meskipun air alami dapat langsung dikonsumsi tanpa pengolahan lebih lanjut, namun terdapat risiko air akan terkontaminasi bakteri seperti Esherichia coli atau zat berbahaya lainnya. Bakteri dalam air dapat dihilangkan dengan memasak pada suhu 100 ° C, namun terdapat kekhawatiran bahwa banyak zat berbahaya (seperti logam) tidak dapat dihilangkan dengan teknik konvensional seperti ini.

Air Untuk Konsumsi Setiap Hari

Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut perlu memenuhi standar, kualitas dan kuantitas yang sesuai untuk konsumsi manusia, agar tidak mengganggu kesehatan. Menurut PERMENKES NO. 416.MEN.KES / PER / IX / 1990 mengenai persyaratan dan pengendalian kualitas air disebut air minum, yaitu air yang telah diolah untuk memenuhi persyaratan higienis dan dapat langsung dikonsumsi.

Sedangkan yang disebut air murni adalah air yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, kualitas airnya memenuhi syarat kesehatan, dan dapat diminum setelah dimasak. Sementara itu, menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002, air minum adalah air olahan dari tahu yang tidak diolah, yang memenuhi syarat sanitasi dan dapat dikonsumsi secara langsung.

Apa Saja Syarat yang Perlu Diperhatikan Supaya Air Bisa Dikonsumsi?

Ada beberapa parameter yang membuat air menjadi air murni: Properti fisik Menurut PERMENKES No. 492 / Menkes / Per / IV / 2010, parameter fisik air meliputi bau, kekeruhan, rasa, suhu, warna dan padatan terlarut (TDS).

Alat yang digunakan untuk mengukur kondisi fisik air adalah spektrofotometer. Air murni yang ideal adalah air tawar, tidak berwarna, dan tidak berasa, serta suhu minimum ideal adalah ± 30°C. Kandungan padat (TDS) <10-6, sedangkan kandungan oid (diameter 10-6-3 mm) adalah senyawa kimia dan komponen lainnya.

Menurut sifat kimianya, air dapat dibedakan menjadi organik dan anorganik. Dalam standar air minum Indonesia, zat kimia organik dapat berupa logam, zat reaktif, zat berbahaya, toksik dan asam (pH). Pada saat yang sama, bahan kimia anorganik dapat berupa pestisida dan asam oksalat.

Sumber logam dalam air dapat berasal dari industri, pertambangan atau melalui proses pelapukan alami. Selain korosi yang ditemukan pada pipa distribusi air minum, juga dapat menyebabkan munculnya logam di dalam air.

Air Mineral Isi Ulang

mesin isi ulang galon

Sumber air minum bisa dari mana saja, galon air mineral, air tambahan atau air ledeng. Jika sumber air di rumah Anda dinyatakan tidak aman, merebusnya belum tentu membunuh mikroorganisme penyebab penyakit.

Dalam sehari, tubuh membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Sumbernya bisa dari mana saja, galon air mineral, air tambahan atau orang yang memilih merebus air ledeng. Terkadang, dalam kondisi tertentu, pilihan air minum mungkin dibatasi. Misalnya ketika suatu daerah mengalami bencana alam seperti banjir.

Pasokan air minum dalam kemasan atau galon mungkin dibatasi, dan air tambahan juga mungkin dibatasi. Satu-satunya pilihan adalah merebus air keran.

Menganalisis air minum isi ulang vs air keran rebusan

Untuk waktu yang lama, air keran yang direbus dianggap air minum yang aman. Padahal, air minum mulai marak sebelum isi ulang dijual. Belakangan ini, air minum tambahan banyak dipilih karena beberapa merek lebih terjangkau dibandingkan air galon. Sekarang, mari kita bahas dua aspek ini lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

Air minum isi ulang

Jenis air minum ini biasanya diolah dengan filter UV. Frekuensi air yang melewati proses filtrasi ini membuat mikroorganisme tidak mungkin bertahan hidup. Proses ini dapat membunuh kontaminan berbahaya, seperti E. coli dan Giardia.

Namun, pemasok air minum tambahan menggunakan berbagai jenis sistem filter UV. Sebaiknya pilih agen air minum tambahan yang sudah tersertifikasi dengan standar yang cukup baik sehingga mampu menghilangkan paling sedikit 99,99% virus, bakteri dan jamur.

Jika Anda ingin memasang filter sendiri di rumah, pastikan semua komponen lengkap dan berfungsi. Sampel air juga harus diuji oleh laboratorium yang terakreditasi untuk mengetahui kandungan air di rumah Anda.

Air keran rebusan

Perebusan air keran adalah metode yang digunakan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada di saluran pembuangan. Setiap rumah memiliki sumber air yang berbeda, seperti PAM atau sumur air.

Teknologi perebusan air keran dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, seperti Giardia dan Cryptosporidium, tetapi air keran tidak selalu dapat membunuh semua bakteri. Bahkan setelah proses perebusan, ada beberapa jenis bakteri yang tidak akan mati.

Selain itu, kaporit tidak akan hilang selama proses perebusan air keran. Titik pemanasan untuk mematikan klorin harus lebih tinggi dari suhu yang biasanya digunakan untuk merebus air keran.

Mana yang lebih baik?

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan air ledeng rebus untuk konsumsi sehari-hari, harap pastikan bahwa sumber airnya benar-benar aman. Ingatlah bahwa air yang tampak jernih tidak selalu bebas dari mikroorganisme dan bahan kimia berbahaya, dan kualitas air tanah berbeda-beda di setiap wilayah.

Harap pertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk menggunakan air tanah yang mendidih. Jangan merebus air yang dinyatakan tidak aman untuk diminum karena tidak akan menghilangkan bahan berbahaya.

Namun, jika Anda tidak bisa mendapatkan air bersih dengan mudah, merebus air keran adalah cara yang paling efektif. Saat dipanaskan hingga 100 derajat Celcius, sebagian besar organisme tidak dapat bertahan hidup, jadi sebaiknya anda hanya membangun sumur yang bersih.

Sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan kualitas air yang baik.

  • Cara sumur didapatkan
  • Di mana lokasinya
  • Bagaimana menjaga dan mengelolanya
  • Kualitas perangkat penunjang pengangkut air di sumur
  • Aktivitas manusia di sekitar area sumur

Di sisi lain, selama air yang disaring (seperti air minum tambahan) dapat digunakan, ini mungkin pilihan yang lebih baik. Namun, harap tentukan terlebih dahulu sistem filter UV mana yang digunakan penyedia.

Pahami juga tingkat sterilitas proses dan periksa untuk tidak menggunakan filter korosif. Apa pun jenis air yang anda konsumsi, baik itu air sumur maupun air keran. Pastikan kebutuhan air harian anda selalu terpenuhi.Kurangnya air minum dapat menyebabkan dehidrasi.

Mempertimbangkan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Usaha penyediaan air bersih merupakan usaha yang mudah untuk dikembangkan, namun diharapkan juga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Terutama dengan ketiadaan air bersih pada kawasan kota-kota besar, yang disebabkan oleh pencemaran dan masyarakat yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk, pembangunan infrasuktur, industri maupun pemukiman.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis dan cepat, sehingga dalam hal ini mereka lebih memilih membeli air siap minum daripada mengumpulkan dan merebus air sendiri, apalagi menunggu sampai airnya sangat bagus kemudian anda baru bisa meminumnya.

Dengan metode ini sangat tidak praktis dan membutuhkan waktu. Kalaupun ada tempat penyimpanan yang bisa menyediakan air minum yang aman, bisa langsung diletakkan di dispenser.

Solusi Ekonomis dari Mesin Isi Ulang Galon

Galon air minum dalam kemasan dengan merk ternama harganya mencapai puluhan ribu rupiah. Bagi sebagian orang, harga tersebut mungkin terlalu mahal, apalagi karena kebutuhan akan air minum yang besar.

Alhasil, muncul depot pengisian air minum isi ulang yang harganya lebih murah dibanding galon air minum dari merk ternama. Dengan kondisi tersebut, menjalankan usaha penambahan air merupakan peluang yang sangat besar bagi para pelaku usaha.

Lebih jauh secara retrospektif, usaha suplemen air minum jenis ini kini tidak hanya di perkotaan, bahkan sudah merambah ke pinggiran kota. Sekalipun usaha ini sudah banyak yang dimulai, peluangnya tetap terbuka, apalagi jika lokasinya strategis dan didukung dengan kualitas air minum yang terjaga secara konsisten, serta pengelolaan usaha dan promosi yang dilakukan dengan baik sehingga dapat bersaing terus berkembang.

Nyatanya, saat ini sudah banyak tersedia sistem waralaba atau kemitraan untuk usaha air minum isi ulang ini. Oleh karena itu, jika para pemula memiliki dana yang cukup dan ingin bisnis ini lebih mudah dan praktis, mereka dapat menggunakan sistem ini untuk menjalankan bisnis.

Temukan Produk Kebutuhan Mesin Industri Anda Disini

Kami selalu siap membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.  Kami adalah pemasok CV  produsen alat / mesin yang dapat diandalkan. Misalnya mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dll.

Menyediakan dispenser mesin isi ulang galon berkapasitas pengisian 100 galon / jam, dan memiliki kelebihan lain yaitu membersihkan galon, pengisian air ke galon , kemudian penutupan galon bila galon sudah penuh dalam kesatuan sebuah sistem.

Tag

#Mesin Isi Ulang Galon #Mesin Isi Ulang Air Minum #Isi Ulang Galon #Harga Mesin Isi Ulang Galon #Jual Galon Isi Ulang

× Whatsapp Kami!