Mesin Pencacah Plastik – Plastik bekas atau limbah plastik berupa botol plastik, ember, mainan bekas atau apapun plastik bekas pakai, tidak akan hancur jika dibuang begitu saja.

Bahkan akan menjadi limbah yang kurang sehat. Maka pemanfaatannya adalah dengan menggunakannya kembali menjadi barang-barang turunan plastik lainnya.

Caranya adalah dengan menghancurkan plastik bekas pakai dengan Mesin Pencacah Plastik menjadi butiran kecil yang akan diolah kembali sesuai barang plastik sesuai keinginan.

Plastik-plastik dipisahkan terlebih dahulu sesuai jenisnya, bisa botol plastik bening sendiri, atau plastik-plastik lembaran sendiri. Pemisahan jenis limbah plastik tersebut akan memudahkan proses selanjutnya.

Untuk memanfaatkan limbah plastik, setidaknya ada beberapa tahap, antara lain mencuci plastik, mencacah plastik dan mengeringkan plastik dan mengepak plastik.

Spesifikasi Mesin Pencacah Plastik Grosir Mesin

Pencacah Plastik

spesifikasi Mesin Pencacah Plastik :

Kapasitas:100 Kg – 150 Kg / Jam.
Diameter Tabung:400 mm.
Panjang Tabung:400 mm.
Jumlah Pisau Gerak:9 Buah.
Jumlah Pisau Statis:2 Buah.
Bahan Pisau:Baja.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):24 PK RRT.
Rangka:Besi Siku 50 / 50.
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk mencacah botol plastik, plastik lembaran dan beberapa jenis Limbah Plastik.

Informasi dan Pemesanan Mesin Pencacah Plastik

Grosir Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

CS 1:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
CS 2:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.

Grosir Mesin menyediakan Mesin Pengolah Limbah Plastik untuk anda yang membutuhkan alat yang dapat mengolah limbah plastik.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pengolah Limbah Plastik .

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

Grosir Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa anda terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.

 


Mengenal Plastik

mesin pencacah plastik

Mesin Pencacah Plastik-Plastik merupakan kombinasi dari produk polimer sintetik atau semi sintetik. Plastik dibentuk oleh kondensasi organik atau penambahan polimer dan zat lain yang dapat membentuk lapisan atau serat sintetis.

Meskipun istilah polimer lebih sering disebut dengan plastik, sebenarnya polimer mencakup banyak jenis bahan alami dan sintetis dengan sifat dan kegunaan yang berbeda. Bahan polimer alami seperti lak dan amber telah digunakan selama berabad-abad. Kertas terbuat dari selulosa, yang merupakan polisakarida alami pada tumbuhan. Biopolimer seperti protein dan asam nukleat berperan penting dalam proses biologis.

Desain plastik memiliki berbagai macam desain dalam hal performa, tahan panas, keras, tahan lama, dll, dan komposisi keseluruhan serta bobotnya yang ringan membuat plastik banyak digunakan di banyak industri.

Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan plastik, tetapi cara yang paling umum adalah dengan melihat tulang punggung polimernya (vinil {klorida}, polietilen, akrilik, silikon, uretan, dll.). Klasifikasi lain juga umum.

Plastik juga bisa disebut polimer, yang merupakan rantai panjang atom yang disatukan. Rantai ini akan membentuk banyak unit molekul berulang atau “monomer”. Biasanya terdiri dari polimer karbon dengan oksigen, nitrogen, klorin atau belerang di tulang belakang. Vertebra adalah bagian dari rantai panjang di jalur yang menghubungkan unit-unit individu.

 

Sejarah Plastik | Mesin Pencacah Plastik

Selama lebih dari enam puluh tahun, masyarakat Indonesia telah menggunakan plastik untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Saya tidak menyadari bahwa sampah dan sampahnya sulit terurai selama itu. Lingkungan tercemar dan anak-anak rentan terhadap stunting.

Bagaimana plastik bisa begitu dekat dengan orang Indonesia selama lebih dari 60 tahun? Plastik berawal dari penemuan ahli kimia Inggris Alexander Parkes pada tahun 1862. Awalnya Parkes menggunakan serat tumbuhan hijau untuk membuat bahan dasar kebutuhan sehari-hari, seperti sisir, gagang pisau, dan chamomile dengan sifat transparan, yang mudah dibentuk saat dipanaskan namun sulit saat dingin.

Sejak saat itu, penemuan ini berkembang pesat hingga penggunaan paktin tidak lagi karena perkembangan bahan dasar.

 

Industri Plastik

Setelah Perang Dunia Kedua, plastik secara bertahap masuk ke Indonesia. Plastik dikenal luas pada 1950-an. Sejak berdirinya pabrik pembuatan furnitur plastik, jumlah pabrik di Jawa telah mencapai 12 pabrik. Sejak tahun 1953, banyak perusahaan industri plastik yang didirikan untuk memproduksi furniture seperti sikat gigi / sisir, kancing, mainan anak dan bahan makanan lainnya.

Ketika pabrik didirikan, mulai mengimpor bahan baku dari Belanda dengan memasok bahan baku ke Perusahaan Minyak Shell. Karena distribusi bahan baku yang stabil, produksi produk plastik di Indonesia berkembang pesat. Keunggulannya banyak, seperti ukuran, berat dan jenisnya, dan disukai banyak orang.

Begitu pula dengan kemasan makanan yang semula menggunakan daun kering.Pada kemasan jenis ini sulit sekali membawa plastik setiap kali bawa soto. Orang plastik tidak perlu khawatir dengan semua ini, karena tujuan dari plastik itu untuk membuat pekerjaan manusia lebih mudah.

Hingga awal 1960-an, permintaan kantong plastik begitu tinggi sehingga produsen plastik harus kembali berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pabrik mulai memproduksi tas belanja ukuran besar.

 

Kebanggan Terhadap Plastik

Semakin cepat industri plastik berkembang, tidak dapat dipungkiri bahwa pabrik harus berinovasi untuk memuaskan semua pihak. Berikutnya adalah kantong plastik berbahan thulin yang terbuat dari polyethylene dan memiliki pegangan di kedua sisinya, sehingga dinamakan tas kaos.

Siswa SD sering menggunakannya untuk dua keperluan dari tas ini yaitu Mencegah basah dan bangga . Merasa semua orang mau, produsen plastik mulai mempromosikan kantong plastik di berbagai media. “Kantong plastik. Alat pengemas yang praktis, ideal, bersih, kuat, tahan air / tahan gas dan murah. Jika barang Anda dikemas dalam: TAS PLASTIK, Anda akan puas dan terkejut.

Pada tahun 1933, Ralph Wiley, seorang pekerja laboratorium di The Dow Chemical Company, secara tidak sengaja menemukan Saran. Sarannya adalah kantong plastik. Awalnya digunakan untuk peralatan militer, namun saat ini diketahui bahwa bahan ini juga dapat digunakan sebagai kemasan makanan.

Pada tahun yang sama, Fawcett dan R.O. menemukan Gibson dari polietilen. Bahan ini tipis dan ringan. Selama Perang Dunia II, bahan ini digunakan sebagai pelapis kabel bawah air dan sebagai lapisan isolasi untuk radar. Pada 1940-an, penggunaan polietilen mengurangi berat radar.

Setelah perang, plastik ini digunakan untuk membuat botol minuman, kaleng minyak, tas belanja atau plastik, dan wadah untuk menyimpan makanan.

Kemudian pada tahun 1959, Sten Gustaf Thulin pertama kali menemukan kantong plastik jenis ini. Plastik ini dibuat dengan mereaksikan fenol dengan formaldehida. Sejak saat itu, banyak terobosan baru dalam plastik sintetis.

Diantaranya, berbagai karakteristik plastik dapat dicetak sesuai dengan kebutuhan, ketahanan kotoran, ketahanan aus, ketahanan perubahan, konduktivitas listrik rendah, konduktivitas termal rendah, ketahanan korosi, kuat, kerapuhan rendah, hidrofobisitas dan daya tahan. Sejak saat itu, plastik menjadi bahan yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia.

Revolusi Industri Plastik

Revolusi industri plastik terbesar sejak saat itu adalah penggunaan kemasan botol plastik. Pada awal tahun 1970-an, Perusahaan Air Minum Aqua masih menggunakan botol kaca untuk kemasan produknya – tetapi harga dan biaya produksi gelas seringkali mahal dan mudah pecah, sehingga distribusi produk menjadi tantangan yang sangat besar.

Peralihan dari kemasan ke botol plastik terbukti menjadi keputusan yang dapat sangat memperluas ruang lingkup bisnis perusahaan, karena distribusi ke luar kota tidak lagi menjadi kendala, dan biaya produksi dapat lebih ditekan. Bahkan hingga saat ini, langkah tersebut membuat produk AMDK Aqua mendominasi pasar AMDK.

Dengan perkembangan industri plastik yang sangat pesat, tidak dapat dipungkiri bahwa masalah bahan plastik pada akhirnya akan muncul yaitu seperti yang sering kita bahas: sampah plastik yang menumpuk dan sulit terurai.

 

Pengertian Daur Ulang

Daur ulang mengacu pada proses mengubah bahan bekas menjadi bahan baru atau produk jadi yang bertujuan untuk mencegah pemborosan, mengurangi penggunaan bahan baku baru, mengurangi konsumsi energi, polusi, degradasi lahan, dan emisi gas rumah kaca.

Daur ulang merupakan strategi pengelolaan sampah yang meliputi kegiatan pemilahan, pengumpulan, pengolahan, pendistribusian dan pembuatan produk / bahan bekas, serta komponen utama pengelolaan sampah modern.Bagian ketiga adalah proses stratifikasi sampah 3R (reuse, Reduction) dan daur ulang).

Bahan baku yang dapat didaur ulang dari limbah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil dan elektronik. Daur ulang lebih berfokus pada limbah yang tidak dapat terurai secara alami. Pada dasarnya daur ulang mengacu pada proses pengumpulan sampah, pemilahan, pembersihan dan pembuangan bahan baru dalam proses produksi.

Daur ulang biasanya menghasilkan produk yang sama dengan kualitas yang hampir sama dengan produk aslinya. Misalnya, kertas bekas yang basah mengurangi kualitas kertas baru. Namun nyatanya, beberapa produk daur ulang berbeda dengan produk aslinya, seperti botol plastik berbahan sapu ijuk.

 

Cara Daur Ulang Plastik | Mesin Pencacah Plastik

  1.  Buatlah komitmen untuk mendaur ulang sebanyak yang Anda bisa di rumah.
  2. Buatlah komitmen untuk mendaur ulang sebanyak yang Anda bisa di rumah.
  3. kutlah terlibat dalam skema pengumpulan daur ulang
  4. Ketahui barang apa yang bisa didaur ulang.
  5. Ketahui barang apa yang tidak dapat didaur ulang.
  6. Cari tahu program atau pusat daur ulang yang ada di lingkungan Anda.
  7. Siapkan sistem daur ulang pribadi sendiri yang paling efektif untuk rumah Anda.
  8. Jadilah pengguna ulang yang bersih dan bijaksana (Cuci bersih barang)
  9. Letakkan tempat, kantong atau wadah daur ulang di area pengambilan yang sesuai
  10. Bekerjasamalah dengan tetangga dalam pengumpulan sampah
  11. Bantulah mereka yang tidak setuju dengan daur ulang untuk melihat manfaatnya
  12. Sebarkan berita bahwa daur ulang sangat bermanfaat
  13. Belilah produk daur ulang bila mungkin.Bergeraklah di luar daur ulang.

 

Cara Mengatasi Sampah Plastik

1. Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Mesin Pencacah Plastik-Penggunaan sedotan plastik sudah menjadi kebutuhan universal. Sehingga mengubah kebiasaan memang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Bayangkan jika ada beberapa rumah makan di dekat Anda, berapa banyak sedotan plastik yang berubah menjadi sampah plastik yang sulit untuk didaur ulang. Jika harus menggunakan sedotan, gunakan sedotan stainless steel atau sedotan kertas yang bisa dibersihkan dan digunakan kembali.

2. Bawa Tas Belanjaan Sendiri

Sebagian besar pusat perbelanjaan besar telah menerapkan peraturan tentang kantong plastik berbayar, tetapi hanya sedikit orang yang mau mengeluarkan uang untuk terus menggunakan kantong plastik.

Alangkah baiknya jika Anda bisa membawa tas belanja yang terbuat dari bahan yang kuat dan terus digunakan. Cari tas belanja dengan berbagai ukuran yang sesuai dengan belanjaan Anda. Ini menghindari penggunaan kantong plastik.

3. Bawa Botol Air Minum Sendiri

Selalu bawa air minum Lock & Lock untuk menghindari dehidrasi! Setiap tahun, hampir 20 miliar botol plastik dibuang ke tempat sampah. Dengan membawa botol air minum sendiri, Anda dapat membantu mencegah penggunaan botol plastik. Apalagi sekarang, jika Anda menggunakan botol minum sendiri, banyak toko minuman yang menawarkan harga diskon.

Tentunya, botol air minum sendiri lebih aman dan dapat digunakan berulang kali, hal ini berbeda dengan botol plastik yang tidak layak pakai terus menerus.

4. Biasakan Masak Dirumah

Seolah-olah bukan ini yang Anda lihat sekarang, memasak sendiri adalah upaya menghindari penggunaan plastik. Tentunya dengan bertambahnya aplikasi online untuk pemesanan dan pengantaran makanan, menggunakan jasa tersebut sangat menggiurkan.

Namun, kemasan dan peralatan makan yang umum digunakan terbuat dari plastik, yang mungkin sudah tidak berguna lagi. Jika Anda memasak sendiri, ini akan menjadi angka negatif.

5. Beli Barang Dalam Jumlah Besar Sekaligus

Sekali lagi, bekerjalah keras dengan kemasan plastik. Bagi yang suka membeli barang dalam kemasan kecil, sebaiknya beralih ke paket besar. Setelah mengubah kebiasaan dengan beralih ke komoditas dalam jumlah besar, jumlah sampah plastik dalam kemasan akan berkurang. Toh, coba bandingkan harga paket besar dan kecil karena kebanyakan produk dengan kemasan besar lebih murah.

6. Daur Ulang

Selanjutnya, pilih dulu pilih kemasan plastik yang menurut Anda bisa digunakan kembali. Jika barang yang terkumpul tidak bisa digunakan kembali, coba perhatikan bagian bawah kemasan plastik. Jika menunjukkan 1 (PET), berarti kemasan plastik dapat diterima oleh perusahaan daur ulang. Kemudian luangkan waktu sebentar untuk mencari perusahaan daur ulang tempat Anda tinggal.

 

Alasan Mendaur Ulang Sampah Plastik

Dengan banyaknya sampah di sekitar, dampaknya bagi kita akan menjadi bencana. Apalagi sampah yang dihasilkan tidak memenuhi pengurangan. Volume sampah tahunan meningkat sekitar 6 juta ton, misalnya sekitar 60 juta ton pada 2018, dan pada 2019 meningkat menjadi 66-70 juta ton di Indonesia. Jika tidak ada jalan keluar, suatu saat pekarangan kita mungkin penuh dengan sampah.

Ternyata mendaur ulang bukanlah pekerjaan sementara atau pekerjaan sementara. Melalui daur ulang, banyak tokoh bisnis yang pada akhirnya dapat mengubah hidup mereka. Tentu saja, ini akan membantu orang-orang ini dengan membuka lowongan baru untuk mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka

Faktanya, teman-teman, ketika kita dapat mendaur ulang aluminium, kita akan menghemat 95% energi yang dibutuhkan untuk menciptakan energi baru. Cukup hemat energi untuk menyalakan TV selama 3 jam. Separuh sampah yang kita buang bisa didaur ulang oleh teman.

Kegagalan Daur Ulang | Mesin Pencacah Plastik

Sebuah survei yang dilakukan oleh Anglian Home Improvements menunjukkan bahwa 90% warga Inggris telah aktif mendaur ulang sampah. Namun, 70% dari mereka tidak tahu mana yang bisa didaur ulang dan mana yang tidak bisa didaur ulang. Sekitar 67% orang tahu tentang aturan dan bahan yang bisa didaur ulang, sedangkan sisanya tidak.

Selama periode empat tahun dari 2012 hingga 2016, jumlah barang yang tidak dapat didaur ulang meningkat 84%. Pada tahun 2016, badan amal WRAP menemukan bahwa rumah tangga Inggris membuang rata-rata 407 kg barang yang praktis dapat digunakan.

Mimin berharap bisa mengajak teman-teman untuk lebih memperhatikan makanan yang kita beli dalam kemasan plastik agar bisa mengurangi makanan ini semaksimal mungkin, dan beralih ke makanan yang tidak menyisakan sampah yang sulit terurai. Selain itu, sampah organik harus disimpan dan ditumpuk untuk dijadikan kompos.

× Whatsapp Kami!