0812.2447.4411
Select Page

Mesin Pengering Vakum atau Mesin Vacuum Drying adalah alat untuk mengeringkan produk pada suhu rendah secara konstan.

Prinsip kerja dari alat ini hampir sama dengan Mesin Vacuum Frying, bedanya tidak menggunakan minyak sebagai alat penggoreng, yaitu melakukan pemanasan pada produk disertai dengan pemakuman (hampa).

Fungsi dari alat ini salah satunya untuk mengurangi kadar air, misal pada produk buah-buahan seperti salak, biji-bijian atau makanan dll.

Peletakan produk pada Mesin Pengering Vakum atau Vacuum Drying ini menggakan sistem rak. Rak dibuat dalam bentuk rak berlubang dan rak tanpa lubang. Rak lubang biasanya untuk produk berdimensi agak besar, sementara untuk rak tanpa lubang, biasanya untuk produk biji-bijian atau tepung.

Spesifikasi Mesin Pengering Vakum Grosir Mesin

Spesifikasi Mesin Vacuum Drying :

Fungsi : Mesin Untuk Mengeringkan Produk Pada Temperatur Rendah Dengan Temperatur Konstan.
Kapasitas : 12 rak.
Type : VD-12.
Dimensi Lemari : 1600 mm x 1900 mm x 1220 mm.
Dimensi Kolam pendingin : 2000 mm x 1200 mm x 1200 mm.
Material Bahan Rak : Pelat Lubang Atau Plat Datar ( Optional ).
Material Rangka Mesin : Stainless Steel Anti Karat.
Bahan Material : Pelat Stainless Steel Anti Karat.
Material Kolam Pendingin : Stainless Steel Anti Karat.
Pump Power : 800 Watt.
Pemanas : Elektro Motor ( Motor Listrik ).
Daya ( Power ) : 2000 Watt.
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Dilengkapi Dengan : Kolom Pendingin ( Radiator ) Dan Thermometer.

Fungsi Mesin Vacuum Drying

Fungsi Utama dari Mesin Vacuum Drying ini  adalah salah satunya untuk mengurangi kadar air. Semisal pada produk buah-buahan seperti salak, biji-bijian, bahan rempah-rempah yang tidak tahan panas atau bahan makanan yang perlu pengurangan kadar air.

Selain itu juga bisa untuk tepung-tepungan sebagai bahan obat-obatan atau herbal, ada banyak sekali produk ini. Dan tentunya pengeringan secara vacuum ini sangat bermanfaat untuk kelayakan produk.

Cara Kerja Mesin Vacuum Drying

Mesin vacuum drying ini menggunakan sistem pemanasan dengan metode vacuum pada suhu rendah. Pada proses pemanasan biasa, suhu titik didih bahan dapat mencapai titik tinggi, akibatnya hasil pemanasan bahan apapun kurang maksimal dan bisa gosong.

Berbeda dengan pemanasan biasa, mesin vacuum drying ini, bekerja dengan menurunkan tekanan pada lemari pemanasan, dan suhu di dalamnya juga akan semakin turun.

Dengan tekanan dibuat vakum, maka suhu akan turun semakin jauh sehingga bisa dilakukan pemanasan pada suhu rendah.

Dengan proses inilah kemudian bahan–bahan yang semestinya tidak bisa dipanaskan lebih, akhirnya bisa dipanaskan dan menghasilkan produk yang bagus dan tidak rusak.

Dan dengan pemansan seperti itulah hingga akhirnya mesin dapat menghasilkan produk  dengan kandungan nutrisi yang masih utuh.

Proses pengolahan produk-produk dengan mesin vacuum drying dilakukan dengan pemanasan pada tekanan (-) 70 sampai dengan (-) 65 cm Hg, suhu yang diterapkan pada proses pengolahan bahan-bahan ini adalah 85 sampai 90? dengan indikator kematangan : kaca pengintai sudah jernih dan gelembung air di lemari sudah hamper habis, gelembungnya kecil dan merata.

Mesin Vacuum drying ini juga dilengkapi dengan kolam atau bak pendingin, yang berfungsi untuk mendinginkan kinerja pompa yang terus-terus melakukan proses pemakuman. Adanya bak pendingin ini, tentunya kinerja pompa bisa lebih awet dan terjaga.

Sistem peletakan produk pada mesin vacuum drying ini menggunakan sistem rak. Rak dibuat dalam bentuk rak berlubang dan rak tanpa lubang.

Rak lubang biasanya untuk produk berdimensi agak besar, sementara untuk rak tanpa lubang, biasanya untuk produk biji-bijian atau tepung.

Kelebihan Menggunakan Mesin Vacuum Drying

  1. Menghasilkan produk dengan tingkat kekeringan yang jauh lebih baik
  2. Bahan yang dipanaskan tidak rusak
  3. Hasil pemanasan bisa jauh lebih baik jika dipanaskan dengan pemanasan biasa
  4. Pemanasan bisa lebih merata
  5. Bahan mesin terbuat dari pelat jenis stainless steell, sehingga aman untuk produk yang memerlukan tingkat keamanan tinggi
  6. Harga yang murah dan terjangkau
  7. Sangat baik untuk mengeringkan jenis tepung-tepungan bahan herbal dan obat-obatan

Selain Vacuum drying, kami menyediakan mesin penggoreng vakum atau mesin vacuum frying, mesin penggorengan rendah suhu. Kami menyediakan berbagai ukuran, mulai dari ukuran yang kecil sampai besar. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda..!

Info Pemesanan Mesin Pengering Vakum

Grosir Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

CS 1 : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
CS 2 : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.