Mesin penggiling jamu merupakan alat yang digunakan untuk menghaluskan jamu. Tujuannya agar lebih mudah saat nantinya akan diseduh menjadi minuman.

Mesin ini dapat digunakan untuk menggiling ramuan herbal kering dan dapat juga dipakai menghaluskan lada, ketumbar, cabe kering dll. dengan tingkat kehalusan 20~180 Mesh.

Jamu merupakan obat tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami. Ini adalah bentuk warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Proses pembuatan jamu dapat dilakukan secara manual maupun dengan mesin. Penggilingan secara manual tentunya akan memakan waktu yang lama dan tenaga yang banyak. Sedangkan proses penggilingan jamu dengan menggunakan mesin dirasa sangat efisien waktu dan tenaga.

Spesifikasi Mesin Penggiling Jamu

mesin penggiling jamu
Gambar Mesin Penggiling Jamu

Spesifikasi Spice Herb Grinder IC-10B Getra

Dimensi:220 mm x 220 mm x 400 mm
Kapasitas:500 Gram/Batch
Daya Listrik:2000 watt
Tegangan Listrik:220V/1P/50Hz
Speed:25.000 rpm
Berat Mesin:32 Kg

Baca Juga : Mesin Penggiling Kopi Terbaru 2021

Keunggulan Mesin Penggiling Jamu

  • Body mesin terbuat dari bahan StainLess Steel berkualitas
  • Mudah digunakan
  • Bisa menggiling bahan baku kering menjadi tepung seperti : gula pasir, lada, beras, bahan herbal kering, kopi, kedelai, garam, bumbu kering, kacang, lada, gandum, dll. (Bahan harus dalam keadaan kering)
  • Sangat efisien untuk menggiling berbagai macam tanaman herba

Mengenal Tanaman Herbal | Mesin Penggiling Jamu

mengenal tanaman herbal
Gambar Obat-Obatan Herbal

Herbal adalah segala jenis bagian tanaman atau tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tumbuhan yang mengandung bahan atau zat aktif yang bisa digunakan untuk pengobatan dapat digolongkan sebagai obat herbal.

Tanaman herbal terkadang disebut juga sebagai tanaman obat. Dalam perkembangannya, tanaman herbal juga digunakan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Namun, pengobatan alternatif masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut karena belum banyak penelitian herbal secara medis yang melibatkan percobaan pada tubuh manusia.

 

Obat Herbal

Obat herbal adalah jenis obat organik atau alami yang diambil dari sari tumbuh-tumbuhan herbal tanpa adanya campuran dari bahan hewani atau bahan-bahan kimia lainnya. Tumbuhan herbal yang sering kita gunakan sebagai obat-obatan herbal misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, gingseng, dan lain-lain.

Jika suatu obat telah mengandung unsur hewani, maka obat tersebut tidak dapat disebut sebagai obat herbal lagi melainkan masuk ke dalam kategori obat tradisional. Berbeda dengan obat herbal, obat tradisional masih dapat bercampur dengan bahan-bahan hewani misalnya telur dan teripang atau timun laut.

Dengan berkembangnya teknologi kedokteran, dan diiringi dengan semakin banyaknya penelitian tentang obat-obatan, menyadarkan kita bahwa ternyata alam telah menyediakan obat alami yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Indonesia memiliki kekayaan hayati yang melimpah, sehingga obat herbal tidaklah sulit untuk dicari. Umumnya obat-obatan herbal tidak menimbulkan efek samping yang merugikan, namun ada juga beberapa bahan herbal menyebabkan efek samping yang merugikan bagi konsumennya.

Obat herbal dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena penggunaan obat-obatan kimia atau sintetik dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh manusia di kemudian hari.

Ada banyak jenis obat herbal, mulai dari obat herbal yang digunakan untuk perawatan kecantikan, kesehatan, hingga herbal untuk pengobatan penyakit-penyakit khusus.

 

Macam-macam Tanaman Herbal | Mesin Penggiling Jamu

Jahe

Siapa yang tidak mengenal jahe? ya! tanaman yang satu ini sangat populer sebagai bumbu rempah-rempah dan bahan obat. Jahe memiliki rasa khas pedas yang ditimbulkan dari senyawa keton bernama zingeron.

Jahe banyak dimanfaatkan sebagai campuran pada minuman karena mampu memberikan rasa hangat pada tubuh saat cuaca yang dingin. Di Indonesia sendiri minuman jahe banyak ditemukan di daerah pegunungan karena udaranya yang dingin.

Saat ini banyak dijual jamu atau minuman jahe yang siap seduh. Jahe tersebut diolah menggunakan teknologi industri, kemudian jahe dikeringkan selanjutnya digiling dengan dengan menggunakan mesin penggiling jamu.

Kunyit

Kunir atau dikenal juga dengan kuni adalah tanaman rempah-rempah asli dari wilayah Asia Tenggara. Dalam bidang kuliner, kunyit biasanya digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan dan sebagai pengawet.

Sementara itu dalam bidang kesehatan, kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan bagian perut khususnya pada lambung, merangsang untuk melepaskan gas berlebih pada usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah. Banyaknya manfaat yang diberikan oleh kunyit menjadikannya sebagai bahan ramuan pada obat-obatan tradisional.

Temu Lawak

Tumbuhan obat yang satu ini tergolong dalam suku temu-temuan. Rimpang pada temu lawak biasanya diekstrak untuk dijadikan jamu atau obat tradisional.

Kandungan utama pada rimpang temu lawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin pada temu lawak berkhasiat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).

Temu lawak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, obat pencahar, melancarkan ASI, antikolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

Ginseng

Tanaman yang satu ini terkenal karena khasiatnya sebagai obat tradisional. Kebanyakan ginseng berkualitas berasal dari korea karena ditanam pada tanah subur dengan iklim yang mendukung. Tak heran ginseng korea memiliki harga yang fantastis.

Akar gingseng dipercaya dapat memperbaiki aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu pemulihan penyakit, efektif melawan kanker, dan sebagainya.

Oleh karena itu banyak yang menggunakan akar ginseng sebagai bahan obat tradisional atau jamu karena memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh kita.

Obat Tradisional / Jamu

Jamu dikenal juga sebagai obat tradisional. Berbeda dengan obat herbal yang hanya menggunakan bahan nabati saja, jamu dibuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari bahan nabati dan hewani.

Bahan nabati yang digunakan berpa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Sementara itu, bahan hewani yang digunakan dapat berupa telur ayam kampung, empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya.

Kebanyakan diantara obat-obatan tradisional memiliki rasa yang pahit sehingga perlu ditambahkan madu sebagai pemanis. Selain madu, jamu juga bisa ditambahkan dengan anggur. Anggur ini berfungsi sebagai pengurang rasa pahit, dan juga untuk menghangatkan tubuh.

Kabupaten Sukoharjo yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini dikenal sebagai sentra obat-obatan tradisioanal atau jamu di Indonesia. Bahkan di sana telah didirikan patung Jamu Gendong sebagai identitas Kabupaten Sukoharjo sebagai sentra penjualan jamu tradisional. Di sana banyak ditemukan penjual jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan.

Saat ini sudah banyak ditemukan jamu tradisional produksi pabrik yang dijual di pasaran. Sebagai contoh ada Jamu Air Mancur, Nyonya Meneer, Djamu Djago dan lain sebagainya telah dijual ditoko-toko dalam kemasan sachet.

Sebelum diminum, jamu kemasan ini harus dilarutkan dan diseduh dengan menggunakan air panas terlebih dahulu. Pada perkembangannya, saat ini banyak inovasi jamu yang dijual dalam bentu tablet, kaplet dan kapsul.

Apa Anda tertarik untuk berbisnis jamu tradisional? Anda dapat menggunakan mesin penggiling jamu dari Grosir Mesin yang tentunya akan memudahkan Anda untuk menghaluskan herbal.

Jenis jamu, khasiat, bahan baku, dan cara mengolahnya | Mesin Penggiling Jamu

herbal yang telah dihaluskan
Gambar Kunyit yang Telah Dihaluskan

Jamu sebagai obat tradisional memegang peranan penting khususnya dalam pengobatan penduduk di negara berkembang. Diperkirakan 70-80% penduduk di negara berkembang mengandalkan obat tradisional ini. Jamu dianggap tidak beracun dan tidak menimbulkan efek samping. Selama ratusan tahun, khasiat jamu telah teruji langsung pada manusia.

Jamu Beras Kencur

Jenis obat tradisional ini dipercaya berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Karena itu, jamu beras kencur ini sangat cocok diminum sebagai penyegar saat habis bekerja.

Dengan minum jamu beras kencur secara rutin, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul saat bekerja atau olahraga. Selain itu, beras kencur juga dapat dijadikan seduhan untuk meringankan batuk.

Banyak bahan herbal yang digunakan saat membuat jamu beras kencur. Seperti namanya dua bahan pokok utama jamu beras kencur tentu saja adalah beras dan kencur.

Komposisi yang digunakan antar penjual jamu berbeda-beda. Namun berikut ini bahan-bahan herbal yang bisanya dicampurkan ke dalam beras kencur yaitu biji kedawung, rimpang temulawak, biji kapulogo, buah asam, kayu keningar, dan kunyit.

Untuk menyamarkan rasa pahit dan rasa khas obat-obatan herbal, beras kencur diberi campuran gula merah dan gula putih yang digunakan sebagai pemanis.

Jamu Kunir Asem

Jamu kunir asem adalah obat tradisional yang berbahan dasar kunyit dan asam jawa. Obat tradisional ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyegarkan tubuh, mendinginkan perut, menghindarkan dari panas dalam, mengatasi mual dan perut kembung, serta sebagai pelancar haid.

Namun sebagian besar penjual jamu mengatakan bahwa jamu kunir asem tidak baik bila dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda karena sifat dari jamu kunir asem yang bisa  memperlancar haid.

Jamu kunir asem dibuat dengan menggunakan bahan utama buah asam dan kunir/kunyit, temulawak, biji kedawung, dan air perasan buah jeruk nipis. Sebagai perasa, jamu kunir asem ditambahkan dengan sedikit garam dan campuran gula merah dan gula pasir yang digunakan sebagai pemanis.

Jamu Sinom

Jamu tradisional yang satu ini memiliki manfaat, bahan penyusun, serta cara pembuatan yang tidak jauh berbeda dengan jamu kunir asem. Perbedaannya hanya terletak pada tambahan bahan sinom atau daun asam yang masih muda pada racikan jamunya.

Jamu Kunci Suruh

Jamu kunci suruh biasanya dimanfaatkan oleh para wanita untuk mengatasi keputihan. Selain itu, jamu kunci suruh juga memiliki manfaat lain untuk menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, merapatkan bagian intim wanita serta dikatakan dapat menguatkan gigi.

Sesuai dengan namanya, bahan baku utama dalam pembuatan jamu kunci suruh yaitu rimpang kunci dan daun sirih. Biasanya jamu juga ditambahkan buah asam yang sudah matang.

Bahan-bahan lain yang biasa digunakan dalam pembuatan ramuan jamu ini yaitu buah delima, buah pinang, kunci pepet, majakan, jambe, manis jangan, kayu legi, beluntas, dan kencur. Sebagai pemanis, jamu kunci suruh menggunakan gula pasir, gula merah, dan dibubuhkan sedikit garam.

Jamu Cabe Puyang

Jamu cabe puyang dikenal juga oleh sebagian besar masyarakat dengan sebutan jamu pegal linu. Obat tradisional ini dipercaya dapat menghilangkan cikalen, pegal, dan linu-linu di tubuh, terutama pegal-pegal di pinggang.

Namun, ada pula yang percaya bahwa jamu ini bisa menghilangkan dan menghindarkan dari  kesemutan, menghilangkan deman atau keluhan badan panas dingin.

Minuman tradisional ini baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua atau bayi yang akan segera lahir. Jika minum jamu tradisional ini secara teratur setiap hari, maka bayi akan bersih dan tidak bau amis.

Jamu cabe puyang banyak mengandung zat besi didalamnya dan memiliki khasiat untuk menambah sel darah merah yang sangat bermanfaat khususnya bagi penderita anemia atau kekurangan sel darah merah.

Bahan dasar dalam pembuatan jamu cabe puyang adalah cabe jawa dan rimpang lempuyang. Bahan-bahan lain yang ditambahkan dalam pembuatan obat tradisional ini antara lain adas, pulosari, rimpang kunir, biji kedawung, keningar dan asam kawak. Sebagai pemanis, jamu cabe puyang ditambahkan gula pasir, gula merah, tak lupa dibubuhkan juga sedikit garam.

Jamu Kudu Laos

Jamu kudu laos menurut sebagian besar masyarakat memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Namun, ada pula yang mengatakan jamu kudu laos juga bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan.

Bahan utama jamu kudu laos yaitu buah mengkudu, rimpang laos, merica, asam kawak, cabe jamu, bawang putih, kedawung, garam secukupnya, gula jawa dan bisa juga ditambahkan gula pasir.

Jamu Pahitan

Jamu pahitan sebagai obat tradisional biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat utama jamu pahitan adalah untuk mengatasi gatal-gatal dan kencing manis.

Selain itu, jamu ini juga bermanfaat untuk ‘cuci darah’, menambah nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, mengatasi perut kembung, jerawat, pegal, dan pusing.

Bahan baku utama dari jamu tradisional ini adalah sambiloto. Racikan yang digunakan pada jamu pahitan sangat bervariasi, ada yang hanya terdiri dari sambiloto, tetapi ada pula yang menambahkan bahan-bahan pahit lainnya seperti brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule.Ada pula yang mencampurkan bahan lain seperti adas dan atau empon-empon ke dalam jamu pahitan.

Jamu pahitan sebaiknya dicampur dengan rempah-rempah dan empon-empon, jika ramuan jamu ini tidak dicampur dengan berbagai bahan tersebut, maka akan ada indikasi yang kurang baik bagi kesehatan.

Jamu Uyup-uyup/Gepyokan | Mesin Penggiling Jamu

Obat tradisional ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI (air susu ibu) pada ibu yang sedang menyusui. Selain itu, jamu uyup-uyup juga memiliki khasiat lain yaitu untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap dan sebagai pendingin perut.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat jamu uyup-uyup ini sangat bervariasi. Pada umumnya bahan yang selalu digunakan adalah bahan empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bangle, laos, kunir, daun katu, temulawak, puyang, dan temugiring.

Demikian tadi pemaparan mengenai jenis-jenis jamu dan khasiatnya bagi tubuh kita. Ternyata bahan-bahan untuk membuat obat tradisional ini dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita.

Jamu atau obat tradisional sekarang banyak dicari oleh masyarakat sebagai pengganti obat sintetik. Selain karena memiliki berbagai macam manfaat, ramuan ini banyak dipilih karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis jamu, Grosir Mesin saat ini menyediakan berbagai macam mesin yang dapat mendukung usaha Anda, salah satunya adalah Mesin Penggiling Jamu. Untuk informasi dan pemesanan, Anda dapat menghubungi CP Grosir Mesin di bawah ini.

× Whatsapp Kami!