Mesin Penggiling Janggel Jagung Terbaru 2019

https://www.rumahmesin.com/produk/mesin-penggiling-janggel-jagung/

Janggel atau Bonggol Jagung Memiliki Manfaat sebagai media tumbuh jamur, campuran bahan pakan ternak, maupun untuk lantai kendaraan ternak. Untuk memaksimalkan Bonggol jagung, bonggol jagung juga perlu dihancurkan menggunakan Mesin Penggiling Janggel Jagung.

Janggel jagung atau tongkol jagung adalah batang tumbuh dari jagung yang sudah dipipil. Secara umum, janggel jagung biasanya dibuang begitu saja.

Namun sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, janggel jagung menjadi alternatif favorit untuk pakan ternak.

Model & Spesifikasi Mesin Penggiling Janggel / Tongkol Jagung

Mesin Penggiling Janggel Jagung

1. Spesifikasi Mesin Penggiling Janggel Jagung Kapasitas 250 Kg / Jam :

Energi Yang Digunakan : Solar.
Penggerak : Mesin Diesel.
Daya ( Power ) : 8 PK RRT.
Bahan Material Rangka Mesin : Besi UNP 50.
Bahan Material Bodi : Plat Besi Plattezer
Tebal Bahan Material Bodi : 1 mm.
Kapasitas : 250 Kg / Jam.
Dimensi Mesin : 1400 mm x 700 mm x 1300 mm.
Fungsi : Untuk Menghancurkan Bonggol / Tongkol Jagung Sebagai Pakan Ternak.

2. Spesifikasi Mesin Penggiling Janggel Jagung Kapasitas 500 Kg / Jam :

Energi Yang Digunakan : Solar.
Penggerak : Mesin Diesel.
Daya ( Power ) : 12 PK RRT.
Bahan Material Rangka Mesin : Besi UNP 60.
Bahan Material Bodi : Plat Besi Plattezer.
Tebal Bahan Material Bodi : 1 mm.
Kapasitas : 500 Kg / Jam.
Dimensi Mesin : 1500 mm x 750 mm x 1300 mm.
Fungsi : Untuk Menghancurkan Bonggol / Tongkol Jagung Sebagai Pakan Ternak.

3. Spesifikasi Mesin Penggiling Janggel Jagung Kapasitas 750 Kg / Jam :

Energi Yang Digunakan : Solar.
Penggerak : Mesin Diesel.
Daya ( Power ) : 16 PK RRT.
Bahan Material Rangka Mesin : Besi UNP 80.
Bahan Material Bodi : Plat Besi Plattezer.
Tebal Bahan Material Bodi : 2 mm.
Kapasitas : 750 Kg / Jam.
Dimensi Mesin : 1600 mm x 850 mm x 1500 mm.
Fungsi : Untuk Menghancurkan Bonggol / Tongkol Jagung Sebagai Pakan Ternak.

4. Spesifikasi Mesin Penggiling Janggel Jagung Kapasitas 1000 Kg / Jam :

Energi Yang Digunakan : Solar.
Penggerak : Mesin Diesel.
Daya ( Power ) : 24 PK RRT.
Bahan Material Rangka Mesin : Besi UNP 80.
Bahan Material Bodi : Plat Besi Plattezer.
Tebal Bahan Material Bodi : 2 mm.
Kapasitas : 1000 Kg / Jam.
Dimensi Mesin : 1750 mm x 850 mm x 1600 mm.
Fungsi : Untuk Menghancurkan Bonggol / Tongkol Jagung Sebagai Pakan Ternak.

 

Cara Kerja Mesin Penggiling Janggel Jagung

Untuk Cara kerja mesin sangat mudah. Penggerak mesin ini menggunakan mesin diesel. Setelah mesin diesel dihidupkan dengan menarik atau memutar engkol dan hidup. Maka janggel jagung langsung dimasukkann ke dalam lubang pemasukkan bahan baku, sambil disodok-sodok pake kayu agar janggel jagung bisa masuk semua.

Kemudian hasil dari gilingan janggel jagung akan keluar melalui lubang pengeluaran. keluarannya langsung ditampung dalam wadah atau langsung dimasukkann ke dalam karung supaya tidak banyak hilang

Informasi Pemesanan Mesin Penggiling Janggel Jagung

GROSIR MESIN menyediakan Mesin Penggiling Janggel Jagung yang dapat meningkatkan kualitas produk berupa keripik maupun abon anda.

CS : 0822-2330-3535

Kami sangat siap membantu anda dalam membangun usaha anda. Mengapa Anda harus mempercayai pembuatan mesin kepada kami? Karena kami adalah perusahaan penyedia maupun pembuat alat-alat/mesin-mesin yang sudah terpercaya oleh banyak orang dari berbagai pulau.

Produk kami mencakup mesin-mesin seperti industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan mesin-mesin lainnya. Mulai dari mesin yang sederhana sampai mesin-mesin industri besar.

Layanan yang akan kami berikan untuk anda yaitu training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami selalu siap memberikan konsultasi kepada Anda saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk digunakan.

Groisr Mesin hanya akan memberikan mesin yang berkualitas. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan juga sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda diperkenankan mencoba sebelum anda bawa pulang. Sehingga nantinya anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Manfaat Janggel Jagung Selain Pakan Ternak

Janggel jagung yang akan digiling menjadi tepung, memiliki beberapa manfaat yang penting anda tahu. berikut kami sampaikan manfaat dari janggel jagung :

1. Untuk pakan ternak

Pengolahan janggel jagung menjadi pakan ternak merupkan ide paling populer diantara ide-ide pemanfaatan yang lainnya. Ide ini pertama kali dikembangkan di negara Jepang. Penggunaanya untuk pakan sapi, kambing dan unggas.

Tepung kering dari janggel ini di Jepang disebut dengan concobu. Concobut mengandung asam amino, protein, karbohidrat komplek, dan  mineral.

Zat-zat tersebut terkandung di dalam tepung kering atau concobu tadi sangat penting untuk melancarkan penyerapan nutrisi dalam pencernaan hewan.

 

2. Untuk bahan kuliner

Selain bonggol jagung tersebut dapat digunakan sebagai panan hewan, ternyata bonggol  jagung juga dapat dikonsumsi oleh manusia yaitu sebagai bahan makanan.

Di negara Inggris, bonggol jagungbahkan dimanfaatkan sebagai sumber kuliner dengan menghaluskan bonggol jagung yang masih segar dengan mesing penggiling.

prosenya adalah, tepung janggel kemudian direndam dengan air dingin selama beberapa jam.  Dari proses perendaman itulah diperoleh pati khusus yang mengendap.

Karena dihasilkan dari bonggol jagung manis, maka pati yang dihasilkan pun memiliki rasa segar dan manis. Pati ini cocok digunakan untuk membuat campuran seperti kue, es krim dan puding. Beberapa orang juga bahkan menggunakan pati ini untuk dibuat sup sebagai menu diet mereka.

 

3. Pengganti bahan plastik

Ini adalah ide yang jarang dan mungkin belum populer di masyarakat. Pengolahan bonggol jagung menjadi bahan plastik pada dasarnya dapat dilakukan dikarenakan bonggol jagung ternyata mengandung senyawa selulosa yang dapat mengikat kimia plastik dengan sangat baik.

Jika ide ini dikembangkan dan berhasil, ini akan sangat baik karena bahan plastik yang berasal dari bonggol jagung akan ramah lingkungan dan menggantikan bahan selulosa plastik yang berbahaya.

 

4. Bahan kerajinan

Barang-barang kerajinan yang terbuat dari bonggol jagung cukup unik dan menarik. Dan Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya dari kratifitas masyarakatnya, termasuk juga para pengrajin bonggol jagung.

Beberapa contoh kerajianan yang terbuat dari bonggol jagung adalah lampu hias, hiasan dinding, lampu duduk, dll. Proses yang cukup rumit dan membutuhkan keterampilan khusus menjadi salah satu alasan harga-harga kerajinan dari bonggol jagung memiliki harga yang tidak murah.

 

5. Bahan pembakar

Selain manfaat yang ada diatas, umumnya para petani jagung memanfaatkan bonggol jagung sebagai kayu bakar. Hal ini akan lebih ekonomis dan dapat menurunkan kebutuhan energi dan bahan baku seperti minyak tanah atau gas.

Ini adalah contoh pemanfaatan ulang bonggol jagung yang paling umum dan populer di masyarakat. Bonggol-bonggol jagung hanya perlu dikeringkan terlebih dahulu sehingga dengan mudah itu akan terbakar dan menghasilkan api yang cukup banyak untuk memasak di tungku-tungku para petani.

× Whatsapp Kami!