0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Tidak hanya dengan menghindari makanan kalori yang tinggi, pemilihan jenis minuman juga menentukan keberhasilan program diet Anda. Pedoman yang harus Anda pegang adalah dengan memperhatikan Minuman Rendah Kalori yang  label kadar gula dan karbohidrat dalam kemasan minuman juga ringan.

Perhatikan juga berapa banyak gula yang Anda taburkan dalam secangkir teh atau kopi hangat di pagi hari. Semakin banyak gula yang Anda konsumsi semakin banyak jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Manfaat Minuman Rendah Kalori.

Minuman Rendah Kalori

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Selama ini susu dianggap sebagai Minuman Rendah Kalori yang pantang dikonsumsi saat diet karena dapat menggemukkan badan. Tapi kenyataanya, menurut beberapa orang ahli gizi, susu mengandung vitamin D yang justru dibutuhkan tubuh untuk menurunkan berat badan. Agar kamu bisa mendapatkan nutrisi baik dalam susu tanpa khawatir jadi gemuk, mengonsumsi susu rendah lemak setiap hari adalah cara terbaik.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Susu adalah Minuman Rendah Kalori kaya dengan kandungan kalsium serta protein yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi susu rendah lemak, kesehatan jantungmu akan tetap terjaga dan menurunkan risiko terkena stroke.

  • Minuman Terbaik Setelah Berolahraga

Setelah melakukan olahraga yang banyak mengeluarkan keringat, kamu bisa mengonsumsi Minuman Rendah Kalori untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi.

Lain dari itu, meminum Minuman Rendah Kalori setelah berolahraga juga akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh yang membantu kamu menambah masa otot serta menghilangkan lemak yang tidak diinginkan.

  • Menguatkan Tulang

Minuman Rendah Kalori bisa dibilang minuman yang hampir sempurna karena minim akan kandungan yang tidak diinginkan, tapi kaya akan kandungan baik, salah satunya adalah kalsium.

Segelas Minuman Rendah Kalori ( contoh susu ) mengandung 299 miligram yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan tubuh akan kalsium untuk membuat tulang lebih padat. Dan juga karena mempunyai lemak yang rendah, sehingga kalsium dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

  • Menyehatkan Usus

Meminum segelas Minuman Rendah Kalori pada setiap hari juga bisa memastikan usus bergerak dengan baik. Maka dari itu kamu akan merasa segar dan berenergi sepanjang hari. Usus yang bekerja dengan baik pun akan mencegah kamu mengalami masalah yang berkaitan dengan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Itulah beberapa manfaat baik yang bisa kamu rasakan dari meminum Minuman Rendah Kalori.

Macam Macam Minuman Rendah Kalori.

Minuman Rendah Kalori

Selain memperhatikan kandungan kalori dalam jenis minuman yang hendak Anda minum, Anda juga dapat memilih jenis minuman yang ikut berperan dalam proses pembakaran lemak tubuh. Berikut daftar minuman ‘musuh’ lemak.

1. Air Putih

Jenis yang satu ini tentunya sudah mewarnai keseharian kamu. Selain murah, air putih yang nyaris tak kita perhatikan ini ternyata mengandung banyak manfaat. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengonsumsi air dalam jumlah yang tepat juga dapat membuat kulit jauh lebih segar.

Bagi kamu yang sedang diet, minum air putih dapat membantu untuk menahan rasa lapar serta mencegah sembelit. Air putih yang diminum saat pagi hari setelah bangun tidur pun dapat membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi sehingga badan akan terasa lebih bugar.

Jika kamu agak bosan dengan air putih, kamu bisa membuat infused water sederhana di rumah. Caranya hanya dengan menambahkan irisan buah seperti lemon, jeruk nipis, atau tomat. Bawa saat berolahraga agar tubuh kamu tak kekurangan cairan setelah mengeluarkan banyak keringat.

2. Jus Buah

Memang, jus buah mengandung kalori sebanyak soda – apalagi jika Anda menambahkan gula dalam jumlah besar. Tetapi, minuman ini jauh lebih bernutrisi.  Untuk mendapatkan manfaat vitamin dan antioksidan secara maksimal dalam satu gelas jus buah, langkah terbaik adalah dengan membuat atau memesan jus buah tanpa pemanis.

Begitu juga ketika membeli jus buah kemasan. Carilah jus buah dengan memiliki kandungan jus buah asli yang paling tinggi. Anda juga bisa mencampurkan jus buah dengan air.

Kita tahu, buah mengandung banyak air dan serat untuk melancarkan pencernaan. “Segelas jus di pagi hari baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dan membuat perut lebih kenyang sampai siang hari,” terang dr. Endang.

“Hindari buah yang mengandung kalori tinggi, seperti avokad, nangka, dan durian yang memiliki kalori sekitar 150 – 200 kkal. Pilih buah seperti apel, jeruk, semangka, melon, atau pir, yang rata-rata hanya memiliki kandungan 60 – 80 kkal,” tegasnya.

3. Green Smoothies

Green smoothies efektif dalam program penurunan berat badan. Merubah menu makan pagi,siang,malam dengan green smoothie setiap hari, dapat memberi Anda nutrisi yang baik serta menjauhkan Anda dari hasrat ingin ngemil setiap saat.

Sayuran kaya akan serat dan mengandung karbohidrat kompleks yang membuat makanan lebih lambat dicerna sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama.

Anda juga bisa merubah sarapan Anda dengan green smoothies atau smoothies sayuran yang akan memenuhi kebutuhan serat, mineral dan vitamin. Jenis minuman ini dapat membantu Anda memperoleh energi untuk beraktivitas dari pagi hingga jam makan siang.

Anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih enak atau bisa juga menambahkan yoghurt rendah lemak, tapi jangan masukkan es batu.

4. Susu

Sudah bukan zamannya lagi tidak minum susu karena takut gemuk. Dokter Endang mengatakan, sumber energi dari susu penting untuk aktivitas sehari-hari. Itu bisa dilihat dari kandungan nutrisi yang ada dalam susu, mulai dari karbohidrat, lemak, Vitamin A, B3, B6, B12, D, E, dan K, Kalsium, Magnesium, Fosfor, Potasium, Zinc, hingga Selenium.

“Tapi, perlu digarisbawahi, pilihlah jenis susu rendah lemak. Perhatikan kandungannya. Untuk sarapan, pilih yang lemaknya hanya 1,3 persen Atau, apabila Anda ingin yang benar-benar bebas lemak, Anda dapat memilih jenis skimmed milk yang 99.9 persen bebas lemak,” ungkap dr. Endang.

5. Kopi Hitam (Black Coffee)

Minuman ini juga mudah dijumpai bahkan jadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Kamu akan sering menemui kafe atau kedai kopi sederhana yang menjual beberapa jenis kopi dengan cara penyajian berbeda yang menggugah selera pembeli.

Untuk kalian yang sedang menjalani program diet, alangkah baiknya kalian hindari kopi yang dibuat bersama krim, saus karamel, gula, atau susu. Kopi hitam tanpa tambahan dalam jumlah yang tepat akan memberi efek positif seperti mengurangi sakit kepala juga membantu menurunkan berat badan.

Agar mendapat manfaat kopi secara optimal, kamu dianjurkan minum kopi setelah sarapan karena kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebih.

Anda juga dapat mengonsumsi kopi sebelum berolahraga, karena dapat menambah energi dan konsentrasi yang membantu Anda untuk lebih fokus dan tepat. Selain itu, kopi juga membantu melindungi sendi dan mengurangi rasa nyeri setelah latihan karena dalam kafein ditemukan zat semacam antioksidan yang bermanfaat mengurangi nyeri.

6. Teh Hijau (Green Tea)

Tidak saja nihil kalori, ekstrak teh hijau bisa merangsang penurunan berat badan. Berdasarkan studi meta-analisis yang hasilnya dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, teh mengandung antioksidan catechin. Senyawa itu terbukti dapat meningkatkan energi serta pembakaran lemak.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau saat menjalani diet penurunan berat badan, bobot tubuhnya berkurang lebih banyak selama 12 minggu, daripada orang yang tidak meminum teh sebagai menu harian.

“Setiap satu cangkir 150 ml teh dapat membakar 25 sampai 30 kalori. Dan setiap 240 ml teh dapat mengikis sampai 40 kalori. Jika dibandingkan, ini setara dengan pembakaran energi dengan joging selama 10 menit, untuk orang dengan berat badan 45 kg,” ujar dr. Endang.

7. Wedang Jahe

Tidak hanya menghangatkan tubuh, minum wedang jahe sebelum makan pun sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah atau mengecilnya perut buncit. Jahe juga bisa mengurangi nafsu makan melalui efek regulasi terhadap gula darah serta kolesterol.

Suatu artikel yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition tahun 2006 menunjukkan pada semua bahwa jahe mempunyai efek pada regulasi gula darah, kolesterol, serta lemak.

Jahe yang mengandung kalori hanya 1 kalori per gram merupakan kelompok rempah-rempah yang dianggap sebagai stimulan proses metabolisme. Mengonsumsi 4 gram atau sekitar 2 sendok teh jahe per hari bisa meningkatkan metabolisme serta melancarkan pencernaan. Peningkatan tersebut membuat tubuh Anda lebih cepat membakar kalori yang ada didalam tubuh.

8. Jus Sayuran

Baik dalam bentuk kalengan, botol, atau buatan sendiri, jus sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sayuran akan membuat Anda kenyang lebih lama.

9. Air Lemon

Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang bisa bantu turunkan berat badan. Ini ialah 5 alasan yang membuat lemon bisa menurunkan berat badan.

Mengawali tahun baru lebih baik dengan konsumsi makanan sehat. Agar bobot tak bertambah, Anda bisa menikmati air lemon untuk kurangi asupan kalori harian. Minum segelas air lemon hangat bisa bantu memangkas lemak yang efektif. Meminum air putih dengan beberapa tetes lemon memang bisa membantu pencernaan yang lebih baik serta tingkatkan energi.

10.Milkshake

tak beda jauh dengan smoothies , Milkshake terbuat dari susu dan es krim yang dicampur dengan bahan lain. Seperti sedikit buah dan sirup. Rasa manis yang ada dalam milkshake karena campuran sirup gula, sirup coklat, dan lainnya.

Minuman milkshake ini biasanya dipercantik dengan beberapa topping. Topping seperti marshmallow, whipped cream sampai es krim ini yang membikin milkshake menjadi primadona banyak orang. Minuman ini mempunyai kandungan lemak lebih tinggi dari pada smoothies. Sebab banyak unsur gula yang berada di dalam milkshake.

Kalau sudah mengetahui perbedaannya, Anda jadi lebih mudah memilih minuman yang tepat untuk diminum. Bagi yang mempunya alergi laktosa alangkah baiknya pilihlah smoothies. Bagi yang memfavoritkan susu dan es krim, milkshake pilihan yang  sangat tepat. Tapi perlu digaris bawahi jika smoothies lebih menyehatkan dari pada milkshake.

11. Beer Ringan

Industri bir di Amerika memang dikenal tidak ada matinya. Pada tahun 2017 silam produksi bir laku keras di negeri Paman Sam tersebut. Kabarnya lebih dari 207 juta barel bir terjual karena banyak orang Amerika yang memang menggemari minuman ini. Di Amerika, pasar bir dengan alkohol ringan dan rendah kalori berhasil menguasai pasar dan selalu berada di posisi puncak.

Jumlah kalori dalam bir merupakan masalah tersendiri bagi orang yang mengalami obesitas. Mereka takut untuk mengonsumsi bir karena mengkhawatirkan jumlah kalori yang dikandung dalam bir. Permasalahan inilah yang menjadi motivasi para brewer untuk memproduksi bir rendah kalori. Bir rendah kalori bertujuan agar aman dikonsumsi oleh seluruh masyarakat yang telah dewasa.

12. Beer Berat

Minum minuman beralkohol ialah salah satu cara untuk menambah perayaan, tetapi Anda mungkin khawatir saat mengetahui jika minuman alkohol mengandung kalori tinggi serta rendah nutrisi. Contohnya, U. S. Departemen Pertanian membagikan semua informasi nutrisi dalam satu kaleng bir biasa, dan satu-satunya yang sangat penting ialah karbohidrat.

CalorieKing melaporkan jika kaleng bir yang sama memiliki 12.8 gram karbohidrat.Bir datang dalam banyak varietas, dan jumlah kalori yang terkandung tergantung pada varietas yang Anda pilih.

CalorieKing menulis jika rata-rata kaleng bir dapat mengandung 153 kalori, sedangkan rata-rata kaleng bir ringan mengandung 103 kalori. Bahwa Anda memilih varietas rendah alkohol, rata-rata 12 ons hanya bisa mengandung 76 kalori saja.

Seperti bir, kalori dalam segelas anggur 5 ons berbeda-beda menurut jenis jenis yang Anda minum. Menurut CalorieKing, rata-rata segelas anggur putih kering mempunyai kandungan 120 kalori, dan rata-rata segelas anggur merah mempunyai 127 kalori. Bahwa Anda meminum anggur bersoda, satu gelas 5 ons mempunyai kandungan 96 kalori.

13. Anggur Merah

Salah satu jenis anggur yang banyak dikenal dan dipakai masyarakat ialah jenis anggur merah. Rasanya manis dan tentu saja banyak akan manfaat buah anggur merah.

Di dalam anggur merah mengandung berbaga banyaki nutrisi yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita , diantaranya manfaat karbohidrat, manfaat serat, manfaat fosfor, natrium, manfaat vitamin C, vitamin K, thiamin, manfaat kalium, manfaat protein, zat besi, flavonoid, resveratrol, mangan, asam ellagic, dan sedikit manfaat vitamin A, manfaat vitamin E, alpha karoten, vitamin B6, panthotenic acid, kalsium, magnesium, dan beta karoten.

Anggur merah juga mengandung kalori dalam kadar yang rendah serta terbebas dari lemak dan kolesterol sehingga sangat menyehatkan dan cocok dijadikan menu diet sehari-hari.

14. Sampanye

Siapa sangka minuman mewah satu ini memiliki manfaat kesehatan. Menurut dalam buku The Healing Power of Champagne, minum sampanye pada jumlah tertentu dapat berefek optimal bagi kesehatan tubuh kita.

Bahkan, sejarah mencatat, minuman beralkohol ini digunakan sebagai obat bagi gejala morning sickness pada ibu hamil (bumil), mencegah keguguran dan memperpanjang harapan hidup.

Studi terkini menyebutkan, konsumsi tiga gelas sampanye selama seminggu dapat mencegah penurunan fungsi kognitif. Menurut peneliti, senyawa asam fenolat pada Anggur yang digunakan dalam produksi sampanye dapat menangkal kelupaan.

“Hasil penelitian kami tunjukan jika konsumsi sampanye bisa meningkatkan fungsi kognitif terutama dalam meningkatkan daya ingat,” ujar peneliti studi Jeremy Spencer dilansir Medical Daily.

Untuk memperoleh manfaat ini, Spencer mengimbau masyarakat agar bisa membatasi konsumsi sampanye 1atau 2 gelas seminggu saja. Ia sangat berharap masyarakat bisa bertanggung jawab dalam meminum minuman beralkohol itu.

Tak hanya memberi manfaat bagi peningkatan fungsi memori otak, Spencer mengatakan alkohol juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan tergolong minuman yang rendah kalori.

15. Vodka

Anda tidak akan mendapat kalori yang lebih rendah saat meminum vodka kecuali langsung meminumnya. Sebab pilihan ini tidak membutuhkan bahan apa pun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kulkas atau pun lemari yang sudah penuh , jadi Anda tinggal menuangkan dan menikmatinya!

  • Ada banyak cara umum untuk meminum vodka secara langsung. Anda dapat meminumnya dengan sangat cepat, dalam satu tegukan a shot , atau Anda dapat menaruh vodka di atas es dan menyedotnya cara ini disebut on the rock
  • Untuk kalori yang bahkan lebih rsedikit, pertimbangkan merek yang mempromosikan vodka rendah kalori. Skinny Girl Cocktail membuat beberapa jenis vodka rendah kalori yang berbeda.Satu sajian seberat 1,5 ons 42,5 gr mengandung 75,6 kalori, bandingkan dengan vodka biasa yang rata-rata memiliki 96 kalori per satu sajian seberat 1,5 ons 42,5 gr.
  • Jangan lupa jika kebanyakan minuman keras yang mempunyai kandungan lebih sedikit kalori dapat memiliki kalori yang lebih sedikit dengan mengurangi alkoholnya. Jadi, Anda perlu meminumnya lebih banyak untuk mencapai efek yang sama dengan minuman keras biasa. Akan tetapi, tergantung pada alasan Anda mengonsumsi alkohol, hal ini mungkin tidak terlalu berarti bagi Anda.

Di artikel ini kita tidak hanya membahas tentang Minuman Rendah Kalori, kita juga akan memaparkan tentang Minuman Segar Untuk Buka Puasa. Mau tahu resep dan cara membuatnya ? berikut ulasanya tentang Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Minuman Rendah Kalori , tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang Minuman Rendah Kalori , semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

 

WhatsApp chat