Mengintip Keunikan Cake Hingga Membuat Resep Cake Oreo Ala Cafe

resep cake oreo

Pada kali ini saya akan menjelaskan berbagai resep cake oreo yang mudah, praktis, dan pastinya enak. Namun tahukah kamu bagaimana sejarah perkembangan cake? Nah kita akan bahas bersama

Cake

resep cake oreo

Cake merupakan makanan manis yang bahan utamanya terbuat dari tepung terigu, gula, telur dan margarin.Saat ini telah banyak variasi resep cake yang dikolaborasikan dengan bahan dan topping yang kekinian

Sejarah Cake

Sejarah Cake tidak dapat terlepas dari sejarah roti, yang berasal dari mesir kuno. Secara etimologi,  Cake berasal dari kata “Kaka” yang berasal dari bahasa kuno Norse yaitu bahasa yang di gunakan oleh pendatang dari utara Jerman pada era viking abad ke 13.

Pada masa itu bentuk cake menyerupai bentuk roti dengan rasa manis yang berasal dari madu.  Pada awal mula,  cake hanya dibuat untuk memperingati ritual upacara keagamaan. Seiring berkembangnya zaman, saat ini cake dapat disajikan kapanpun seperti memperingati hari spesial.

Pada perkembangannya Cake mulai sangat bervariatif sejak ditemukannya Baking Powder sebagai bahan pengembang cake. Sehingga terciptalah bentuk cake seperti saat ini.

Yang sebelumnya istilah Cake dikenal sebagai makanan yang berbentuk seperti roti dengan pemanis yang terbuat dari madu, menjadi sangat beragam setelah di ketemukannya bahan pengembang cake tersebut.

Dilihat dari penggunaan bahan utama dari cake yaitu Tepung terigu, gula, telur, dan margarin dengan perbandingan 1 pada semua bahan, sehingga dikenal dengan Istilah Pound Cake yang berkembang didaerah Inggris Raya.

Dalam penyajiannya, pound cake biasanya disajikan dengan menggunakan Loyang roti atau di bentuk “bundt” dengan lubang pada bagian tengah dengan taburan gula.

Sedangkan di Perancis, cake dikenal dengan istilah gateaux yaitu makanan yang berasal dari adonan pastry seperti, puff pastry, shortcrust pastry,sweet pastry,choux pastry, Genoese dan meringue. Gateaux merupakan jenis cake sederhana berbentuk bulat dengan menggunakan bahan utama terigu dan air dengan menambahkan bahan telur, madu, butter cream dan susu.

Jenis-Jenis Cake

Berdasarkan jensnya, cake dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis

  1. Layer Cake

Layer Cake merupakan cake yang bentuknya seperti layer (ada tingkatannya)Pada umumnya, layer cake dihias dan disajikan pada acara-acara tertentu seperti acara ulang tahun dan pernikahan. Bahan yang digunakan untuk menghias layer cake yaitu butter cream, whipping cream dan pastry cream.

  1. Sponge Cake

Sponge cake memiliki ciri khas, yaitu bolu dengan tekstur yang empuk seperti spongeSponge cake ialah jenis cake yang sangat sering dijumpai dan memiliki paling banyak variasi.

Cake jenis ini mempunyai tekstur yang empuk dan cenderung terdapat rongga-rongga seperti sponge, misalnya roti bolu tape, marmer, tart, dan masih banyak lagi.

Sponge Cake membutuhkan emulsifier seperti SP atau cream of tartar serta baking soda dan baking powder sebagai pengembangnya. Selain itu, margarine nya harus dicairkan terlebih dahulu.

Untuk membuat sponge cake langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, kocok telur dan gula hingga mengembang dan bervolume, untuk mempertahankan volumenya kita menambahkan emulsifier agar adonan tetap stabil. Jika adonan sudah mengembang kemudian masukkan bahan-bahan lainnya.

Sponge cake paling rawan bantat dalam pembuatannya, karena adonannya sangat ringan maka harus sangat diperhatikan pada saat mencampur mentega cair, yaitu dengan cara dituang perlahan sambil diaduk berputar ke atas dan bawah.

  1. Butter Cake

Butter Cake mempunyai tekstur lebih padat dibandingkan dengan sponge cake. Butter cake menggunakan beberapa jenis lemak, salah satunya ialah margarine dengan komposisi lebih banyak.

Metode pembuatan butter cake yaitu kocok mentega dan gula terlebih dahulu sampai lembut, lalu masukkan telur, terigu, dan bahan lainya.

Jika menggunakan mentega maka kombinasikan adonan untuk menghasilkan creaming yaitu teknik pencampuran gula dan mentega dengan mixer berkecepatan tinggi. Contoh butter cake yaitu cupcake dan pound cake.

  1. Cotton Cake

Cotton cake merupakan jenis kue pada awal mula ditemukannya sangat populer karena teksturnya yang lembut seperti kapas. Salah satu jenis cotton cake yang sangat terkenal adalah Japanese cotton cheesecake, kemudian muncul pula cotton layer cake.

Teknik pembuatan cotton cake hampir sama seperti chiffon cake, yaitu pisahkan putih telur dari kuningnya kemudian aduk dalam wadah yang berbeda.

Cotton cake mempunyai tekstur lebih lembut dan sedikit lumer karena menggunakan teknik bain marie atau steam bake, yaitu adonan dituangkan ke dalam loyang kemudian direndam ke dalam air hangat, lalu dipanggang ke dalam oven.

  1. Chiffon Cake

Sesuai dengan namanya, chiffon cake merupakan jenis bolu dengan tekstur yang halus.

Dalam pembuatannya sangat unik karena putih telur dan gula dikocok secara bersamaan sampai benar-benar kaku, sehingga harus menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan kuning telur dikocok secara terpisah dalam wadah yang berbeda bersama bahan lainnya. kemudian, kedua bahan adonan disatukan, lalu diaduk rata.

  1. All in One

All in one cake ialah jenis cake yang paling simpel dan mudah dibuat dibandingkan jenis cake yg lain, karena dalam pembuatannya tidak membutuhkan mixer dan pemisahan bahan.

Jenis cake ini dibuat dengan cara mengaduk semua bahan menjadi satu, hingga tercampur rata. Pengocokan adonan  tidak perlu terlalu lama dan mengembang, sehingga cukup menggunakan bantuan whisk (pengocok telur).

Contoh cake dari jenis all in one cake adalah Muffin dan Brownies.

 

Kegagalan Dalam Pembuatan Cake

Dalam pembuatan cake tentunya terdapat beberapa kegagalan seperti campuran adonan yang kurang sesuai dengan perbandingan antar bahan yang lain. Saat ini kita akan membahas masalah kegagalan dan penyebab kegagalan dalam pembatan cake

  1. Cake Menjadi Keras dan Terbelah

Penyebab cake menjadi keras dan terbelah yaitu terlalu banyaknya terigu dalam adonan sehingga tidak seimbang dengan pemakaian telur. Telur yang dikocok belum cukup kental. Dan dapat juga bisa disebabkan kurang gula atau margarin.

  1. Saat di Oven Cake Terlihat Mengembang, Tetapi Mengerut Saat Keluar dari Oven

Nah ini banyak terjadi, saat kita melihat di dalam oven cake terliihat mengembang. Tetapi saat dikeluarkan dari oven, cake mengerut. Salah satu penyebabnya ialah jumlah tepung yang digunakan kurang banyak.

  1. Warna Cake Terlihat Pucat

Salah satu penyebab warna cake terlihat pucat tetapi cake sudah matang yaitu kurangnya takaran gula dalam adonan kue tersebut.

  1. Cake Gosong Tetapi Bagian Dalam Belum Matang

Kemungkinan cake gosong padahal bagian dalam cake tersebut belum matang yaitu jumlah gula yang digunakan terlalu banyak sehingga tidak seimbang dengan takaran bahan adonan lainnya.

Api yang dinyalakan terlalu besar, karena kita hanya menggunakan temperatur tinggi hanya pada saat sampai cake sudah mengembang. Jika sudah mengembang, lebih baik turunkan temperatur api

  1. Cake Menjadi Bantat dan Terlalu Basah

Terlalu banyaknya margarn dapat menyebabkan cake menjadi bantat dan terlalu basah

  1. Teksturnya Banyak Berongga dan Banyak Remah

Penyebab yang mungkin sering terjadi saat membuat cake salah satunya ialah masih adanya gelembung dalam adonan saat adonan dimasukkan ke dalam oven

  1. Saat Cake Sudah Dingin Menjadi Agak Keras

Margarin yang digunakan memiliki kualitas kurang baik, seperti memiiliki melting point yang tinggi.

 

Oreo

resep cake oreo

Oreo merupakan nama dagang sejenis biskuit yang diproduksi oleh perusahaan bernama Nabisco. Oreo dibuat pertama kali pada 1912.

Oreo terdiri dari dua biskuit coklat dengan cream putih di tengahnya. Salah satu cara untuk memakan Oreo adalah dengan mencelupkannya ke dalam susu.

Saat ini, oreo telah diinovasi dengan hadirnya berbagai rasa yaitu, kacang, Strawberry, jeruk, blueberry, dan sebagainya. Namun, saat ini oreo tidak hanya berbentuk biskuit saja. Kini bentuk oreo telah hadir dengan berbagai inovasi, yaitu bolu oreo, stik wafer, dan mini bites.

Sampai saat ini oreo menjadi primadona bagi kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.

Fakta Unik Oreo

Kalian sudah tau fakta unik seputar oreo? Nah sekarang kita akan bahas bersama

1.      Oreo Menjadi Kue Terlaris di Amerika Serikat sejak 1912

Pada awal kemunculannya tahun 1912, Oreo telah mendominasi industri kue di wilayah Amerika Serikat. Pada tahun pertama diproduksinya, pabrik kue sandwich ini berhasil menjual lebih dari 450 milyar Oreo ke seluruh wilayah Negeri Paman Sam ini

2.      Tidak Ada yang Tahu Asal Mula Terciptanya Nama Oreo

Walaupun telah dikenal sejak tahun 1912, hingga saat ini belum ada yang tahu asal mula nama Oreo. Namun ada beberapa desas-desus mengungkapkan bahwa nama oreo berasal dari kata ‘or’ yang artinya emas dan ‘re’ yang memiliki arti cream dalam bahasa Perancis, kemudian dikombinasikan dengan huruf ‘o’ pada bagian belakang  yang diambil dari kata ‘cookie’ sehingga terciptalah nama Oreo.

Namun ada pula yang menyimpulkan bahwa oreo berasal dari bahasa Yunani yang artinya selera. Kata yang merujuk pada bahasa Yunani ‘Oros’ yang berarti gunung atau ‘bukit’, karena pada awalnya Oreo berbentuk gundukan.

3.      Butuh Waktu yang Lama Untuk Membuat Setiap Satu Biskuit

Nah fakta yang satu ini sangat menarik! Untuk membuat satu biskuit, ternyata membutuhkan waktu 59 menit hingga terciptanya sebuah biskuit

4.      Oreo Sempat Merubah Nama

Oreo pernah melewati beberapa krisis identitas pada beberapa puluh tahun yang lalu. Pada tahun 1912, Nbosco membuat label produk kue sandwich ini dengan nama ‘Oreo Biscuit’. Kemudian di tahun 1921, nama tersebut berubah menjadi ‘Oreo Sandwich’.  Di tahun 1937 oreo kembali mengalami perubahan nama menjadi ‘Oreo Creme Sandwich’

Pada akhirnya di tahun 1974, Nabisco mengukuhkan nama produk andalannya menjadi ‘Oreo Chocolate Sandwich Cookie’

5.      Oreo Dapat Dikonsmsi Oleh Para Vegetarian

Ternyata berbeda dengan produk biskuit berkrim susu lainnya, kuw sandwich oreo ini dapat dikonsumsi oleh para vegetarian. Nah bagi kalian yang menjalani gaya hidup sehat ala vegetarian tidak perlu cemas dan khawatir lagi untuk mengonsumsi biskuit ini

6.      Oreo Tersebar di Lebih dari 100 Negara

Oreo menjadi salah satu biskuit terfavorit banyak orang di belahan dunia. Maka tak heran jika kalian sangat mudah menemukan biskuit ini di beberapa negara. Kalian bagi para pecinta Oreo dan hobi travelling, jika pada saat traveling ke luar negeri, kalian tidak perlu khawatir. Kalian tetap dapat menemukan biskuit ini kok

7.      Terdapat Perbedaan Cara Menyantap

Ternyata tanpa disadari terdapat perbedaan cara menyantap biskuit ini antara pria dan wanita. Menurut sebuah penelitian  terdapat 84 persen pria mengonsumsi Oreo utuh, sementara wanita terdapat 41 persen menyantap oreo dengan cara memutar kue sandwich tersebut saat sebelum menyantapnya.

Selain menyantapnya secara langsung, Oreo juga dapat dijadikan menjadi topping dan beberapa resep cake oreo yang menarik dan cocok sebagai camilan disaat waktu luang.

8.      Terdapat Nama ‘Jalan Oreo’ di Suatu Negara

Kepopuleran Oreo ini ternyata memang tidak dapat diragukan lagi. Setelah mendapat gelar biskuit yang paling populer di dunia, nama biskuit ini diabadikan sebagai sebuah nama Jalan di suatu negara, yaitu New York.

Pada Tahun 1898, beberapa perusahaan kue berkumpul dan merencanakan untuk menciptakan sebuah perusahaan biskuit nasional. Perusahaan kue tersebut kemudian didirikan  di Chelsea Market Building.

New York juga merupakan tempat kelahiran Oreo. Sehingga, 15th di Ninth Avenue secara resmi telah berganti nama menjadi ‘Oreo Way’

 

Beberapa Resep Cake Oreo dengan Varian Topping

resep cake oreo

Resep Cake Oreo Cheese

Bahan

  • 250 ml susu full cream
  • 75 gr keju parut
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm susu kental manis
  • 2 sdm tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air
  • 1 bungkus oreo yang telah dihancurkan dan dihilangkan dari creamnya

Cara Membuat Cake Oreo Cheese

  1. Campurkan susu full cream, susu kental manis, keju parut, dan gula pasir kemudian aduk di dalam wadah dengan api kecil yang menyala
  2. Kemudian tambahkan maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air
  3. Aduk adonan tersebut hingga adonan meletup-letup. Jika sudah, angkat dan tunggu hingga adonan tersebut agak dingin
  4. Tuangkan adonan tersebut ke dalam wadah secara bergantian sampai habis
  5. Taruh ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam, karena penyajian cake oreo ini lebih nikmat jika disajikan saat dingin

Resep Cake Oreo Brownies

Bahan

  • 15 keping oreo
  • Susu cair secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Cake Oreo Brownies

  1. Masukkan oreo yang sudah dihancurkan kasar ke dalam blender
  2. Kemudian tambahkan susu dan sedikit gula secukupnya sesuai dengan selera
  3. Blender sampai adonan tersebut kental
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega di dalamnya
  5. Panggang adonan tersebut kurang lebih 50 menit
  6. Jika sudah matang, dapat ditambahkan topping sesuai dengan selera

Resep Cake Oreo Creamy Cheese

Bahan

  • 1 bungkus Oreo rasa vanila
  • 100 gr keju parut
  • 250 ml susu cair
  • 4 sdm susu kental manis
  • 1 sdm mentega
  • 1-2 sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 3 sdm tepung maizena
  • 200 ml air putih

Cara Membuat Cake Oreo Creamy Cheese

  1. Pisahkan biskuit oreo dengan krimnya, kemudian hancurkan hingga menjadi bubuk tetapi tidak perlu sampai terlalu halus
  2. Kemudian campurkan air putih dengan 3 sendok makan tepung maizena, lalu aduk rata kemudian sisihkan
  3. Panaskan susu cair dalam sauce pan dengan temperatur api yang sedang, kemudian tambahkan keju parut. Cream yang tadi disisihkan dari biskuit tadi, campurkan dengan gula pasir lalu aduk hingga larut dan tercampur rata
  4. Tambahkan susu kental manis dan garam lalu aduk hingga adonan mulai mengental
  5. Setelah mulai mendidih, masukkan larutan cairan tepung maizena, kemudian masak hingga kental, warna terlihat pekat, dan meletup-letup
  6. Jika sudah matang, angkat kemudian dinginkan hingga uap panasnya menghilang
  7. Siapkan cup, lalu masukkan beberapa sendok adonan keju ke dalam cup kemudian taburi dengan biskuit oreo yang telah dihancurkan tadi. Lakukan berselang-seling sampai beberapa lapis
  8. Jika cup sudah penuh, taburi dengan keju parut
  9. Jika sudah masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1-2 jam
  10. Cake Oreo Creamy sudah siap dihidangkan

Sekian postingan tentang sejarah cake hungga kumpulan berbagai macam Resep Cake Oreo, semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita. Kalian juga dapat mencoba berbagai macam resep camilan kering tepung terigu yang mudah dibuat di rumah.

 

× Whatsapp Kami!