Resep Ikan Gurame dengan Praktis dan Nikmat Ala Restoran

resep ikan gurame

Pada kali ini saya akan menjelaskan resep ikan gurame dan cara pembuatannya dengan cara yang mudah, praktis, enak dan dapat kalian coba di rumah. Tapi pertama-tama kita akan bahas dahulu apa saja kandungan pada ikan gurame hingga berbagai resep ikan gurame dan cara pembuatannya.

Ikan Gurame

resep ikan gurame

Ikan Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup populer dan sangat disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain itu, di beberapa negara lainnya gurame juga sering dipelihara dalam akuarium.

Umumnya dikenal dengan nama gurame, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame,  gramehkalo, ikan kali, dan lain-lain.

Penyebaran dan Ekologi

Gurame semula menyebar di pulau-pulau Sunda Besar (Sumatra, Jawa, dan Kalimantan), namun kini telah dipelihara sebagai ikan konsumsi di berbagai negara di Asia (terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan) serta di Australia.

Di alam, gurame hidup di sungai-sungai, rawa dan kolam, termasuk pula di air payau; namun paling menyukai kolam-kolam dangkal dengan banyak tumbuhan. Sesekali gurame muncul ke permukaan untuk bernapas langsung dari udara.

Induk gurame, dalam beberapa waktu lamanya akan menjaga dan memelihara anak-anaknya. Telurnya dilekatkan di tetumbuhan air atau ditaruh di sarang yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Gurame terutama adalah pemakan tumbuhan, namun mau juga memangsa serangga, ikan lain, dan juga barang-barang yang membusuk di air.

Budidaya Ikan Gurame

Terdapat banyak cara budidaya ikan gurame diantaranya: budidaya ikan gurame pada kolam terpal, budidaya ikan gurame pada kolam tembok, budidaya ikan gurame pada kolam tanah dan lain sebagainya.

Karena pembudidayaan ikan gurame membutuhkan waktu yang lama sampai tiba masa penen, sehingga menyebabkan harga ikan gurame di pasaran menjadi mahal. Oleh karena itu pula ikan gurame dibut sebagai makanan yang elit, khususnya untuk ikan gurame yang mempunyai ukuran besar.

Namun, seiring berkembangnya zaman, ternyata terdapat beberapa cara yang dapat membuat ikan gurame yang dibudidayakan cepat besar dan cepat panen.

Tips Budidaya Ikan Gurame

Hal pertama yang harus diperhatikan agar dapat membuat ikan gurame cepat tumbuh besar adalah lokasi pembuatan kolam. Kolam ikan gurame yang bagus dan baik yaitu kolam yang mendapatkan sinar matahari langsung yang cukup. Hal itu dikarenakan ikan gurame mempunyai habitat asli di tempat berdataran rendah yang mana suhunya sekitar 25 hingga 28 derajat celcius.

Jadi memilih lokasi kolam di dataran rendah lebih diutamakan daripada memilih lokasi kolam di dataran tinggi. Dan setelah diteliti lebih mendalam, ternyata ikan gurame akan cepat tumbuh besar di tempat yang memiliki ketinggian maksimal 800 meter di atas permukaan laut.

1.    Memilih Benih Ikan Gurame yang Sehat

Langkah selanjutnya adalah memilih benih ikan gurame yang sehat. Gurame dapat dikategorikan sehat jika memiliki berat sekitar 100 gram atau berumur lebih dari setahun.

Dengan mengikuti cara tersebut, Kalian akan lebih cepat memanen ikan gurame yang mana biasanya akan siap jual atau panen ketika sudah memiliki berat sekitar 500 gram.

Selain itu, carilah benih ikan gurame tersebut di tempat yang tidak jauh dengan lokasi Kalian membudidayakannya. Hal itu bertujuan agar benih ikan gurame yang Kalian beli dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Karena bila tempat Kalian membeli benih terlalu jauh dari tempat Kalian, dikhawatirkan ikan gurame Kalian mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan dapat menyebabkan ikan gurame Kalian mengalami stress dan kematian.

2.    Mengeringkan Kolam Sebelum Memasukkan Benih Ikan Gurame

Selanjutnya lakukan pengeringan kolam sebelum memasukkan benih yang baru. Hal ini dilakukan agar benih ikan gurame Kalian dapat terhindar dari serangan berbagai macam penyakit ikan gurame seperti jamur dan lain-lain.

Lakukan pengeringan kolam selama antara 10 hari hingga14 hari dan beri kapur pertanian sebanyak kurang lebih 200 gram permeter persegi. Selain itu, rendam semua peralatan yang dipakai untuk budidaya ikan gurame ke dalam larutan kaporit kurang lebih setengah jam kemudian keringkan.

Bila ditemukan ikan gurame yang terkena penyakit, segera pisahkan dan rendamlah ke dalam larutan garam dapur sekitar 20 miligram perliter air selama kurang lebih satu jam.

3.    Memberikan Pakan yang Banyak Mengandung Protein Nabati dan Protein Hewani

Pakan yang bagus untuk ikan gurame adalah pakan yang mengandung banyak protein baik protein nabati maupun protein hewani. Oleh karena itu Kalian sangat dianjurkan untuk memberi ikan gurame Kalian dengan pakan yang memiliki kandungan dua protein tersebut.

Protein hewani merupakan kandungan protein yang dapat membuat ikan gurame Kalian cepat tumbuh besar. Hal itu disebabkan ikan gurame membutuhkan setidaknya 25% protein hewani agar dapat cepat berkembang besar.

Sedangkan untuk protein nabati, Kalian dapat memberikan makanan seperti daun kangkung, daun singkong, daun talas dan selada air kepada ikan gurame Kalian. Selain itu, Kalian juga dapat memberikan enzim komplek sekitar 2% dari pakan pabrik.

Manfaat Ikan Gurame

resep ikan gurame

1.    Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Tak hanya Gurame, kegunaan pertama dari mengonsumsi ikan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung.

Sashimi adalah makanan yang mempunyai banyak protein ikan. Banyak orang Jepang yang memakan makanan tersebut, dengan bahan utama ikan segar dalam kondisi mentah. Pada umumnya, orang Jepang dan orang Eskimo suka makan ikan dengan jumlah besar, sehingga kesempatang untuk menderita penyakit kardiovaskuler ataupun penyakit jantung dapat lebih dihindari, terlebih untuk penderita sakit jantung koroner. Dalam satu hari, orang Eskimo mengonsumsi ikan sebanyak 300 ¬ -400 gram dan juga orang Jepang sering mengonsumsi 100-200 gram ikan setiap harinya.

2.    Makanan Untuk Lauk Nasi yang Sempurna

Ikan gurame merupakan salah satu ikan yang memiliki sumber protein hewani yang mempunyai banyak kelebihan, di antaranya adalah: kaya akan vitamin, protein, mineral dan berkalori rendah.

Ikan gurame sangat bagus untuk menjaga kesegaran metabolisme tubuh selain dari yang kita dapatkan dari makan sayur-sayuran. Ada banyak kandungan gizi yang terdapat pada ikan gurame juga cukup bagus bagi manusia, seperti asam amino esensiil maupun non esensiil. Selain itu, gurame juga mempunyai daya serap yang relatif sangat tinggi yaitu 90 sampai 100 persen.

Lebih dari itu, Ikan gurame pun gampang untuk diolah dapat digoreng, dikukus atau direbus yang lebih menyehatkan.

3.    Pencegahan Penyakit Kolestrol

Orang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah seseorang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Tapi, ancaman dari penyakit kolesterol tidak dapat terwujud apabila sering makan ikan gurame.

Hal ini disebabkan karena setiap tubuh ikan gurame mempunyai simpanan minyak ikan yang sangat tinggi.

Manfaat minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam tubuh ikan gurame, mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kebugaran jantung yaitu asam lemak omega.

4.    Sebagai Fasilitas Program Diet Sehat

Jika Kalian sedang menjalani program diet, mengonsumsi ikan gurame merupakan alternatif yang bagus untuk tubuh. Ikan gurame kaya akan mineral, vitamin dan nutrisi. Orang yang kerap memakannya biasanya akan jarang memakan makanan yang memiliki banyak kandungan lemak jenuh seperti halnya yang terdapat pada keju atau daging.

Ikan gurame tidak terdapat kandungan kolestrol yang tinggi, sangat tinggi vitamin dan protein serta memiliki kandungan omega 3 yang amat banyak. Ikan gurame tidak akan merusak program diet Kalian.

5.    Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Manfaat mengonsumsi ikan gurame dapat menghindari timbulnya sakit berat, contohnya gagal jantung, maupun sakit berat yang lain.

Olahan ikan gurame yang sehat dapat menghindarkan dari timbulnya pengumpulan trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, dapat memperbanyak HDL (lemak yang baik ), dan menghindari adanya pembekuan darah. Hal tersebut secara menyeluruh dapat mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

Kumpulan Resep Ikan Gurameh

resep ikan gurame

1.    Resep Ikan Gurame Bakar

Bahan

  • 2 ekor ikan gurame
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • 5 sdm Kecap Manis
  • 3 sdm minyak sayur

Bahan Bumbu Halus

  • 6 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 2 cm jahe
  • 2 sdt ketumbar butiran

Bahan Sambal Kecap

  • 5 sdm Kecap Manis
  • 1 buah tomat, buang bijinya dan potong dadu
  • 5 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 5 buah cabai rawit hijau, iris tipis
  • 2 btr bawang merah, diiris
  • ½ sdt air jeruk nipis

Cara Membuat Ikan Gurame Bakar

  1. Lumuri ikan gurame dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum
  3. Masukkan asam jawa dan tambahkan Kecap Manis , kemudian aduklah hingga rata
  4. Olesi ikan dengan bumbu
  5. Bakar ikan di atas bara api sambil dioles sisa bumbu hingga matang. Angkat
  6. Sajikan dengan disertai sambal kecap

2.    Resep Ikan Gurame Goreng Bumbu Ketumbar

Bahan

  • 3 ekor ikan (belah perut, buang isinya dan bersihkan sisiknya, cuci bersih)
  • 1 buah jeruk nipis (peras airnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bahan Bumbu Halus

  • 1 sdt garam
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt ketumbar (haluskan)
  • 3 cm kunyit (haluskan)

Cara Membuat Ikan Gurame Goreng Bumbu Ketumbar

  1. Cuci ikan hingga bersih lalu lumuri tubuhnya dengan air jeruk nipis. Diamkan kira-kira selama 10 menit agar bau amis pada ikan berkurang.
  2. Siapkan bumbu halus lalu lumurkan ke tubuh ikan secara merata. Diamkan kira-kira selama 20 menit agar bumbu meresap dengan baik.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang.
  4. Goreng ikan gurame hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan. Usahakan jangan membalik ikan jika bagian bawahnya belum kering agar ia tidak hancur.
  5. Segera angkat ikan gurame yang telah digoreng kering dan sajikan selagi masih hangat serta renyah.

3.    Resep Ikan Gurame Asam Manis

Bahan

  • 2 ekor ikan gurame
  • 150 ml minyak goreng
  • 60 gr tepung terigu
  • 0,10 ml minyak wijen
  • 1 siung bawang putih
  • 0.10 gr lada
  • 1,2 kg knorr bumbu pelezat rasa ayam rostip
  • 3 ml air
  • 400gr knorr bumbu rasa jeruk nipis

Bahan Saus Asam Manis

  • 20 ml saus tomat
  • Saus sambal
  • Buah tomat ukuran sedang
  • Buah nanas ukuran sedang, blender
  • Paprika merah, potong kotak
  • Paprika hijau, potong kotak
  • 20 gr bawang bombay potong kotak
  • 8 gr bawang putih, dicincang kasar
  • Jahe, iris tipis
  • Daun bawang potong panjang
  • 2 ml minyak untuk menumis
  • 1,2 kg knorr bumbu pelezat rasa ayam rostip

Cara Membuat dan Menyiapkan Ikan Gurame

  1. Cuci bersih gurame dan fillet
  2. Lalu iris daging ikan, bumbui dengan bahan-bahan
  3. Simpan di dalam kulkas
  4. Ambil ikan dalam kulkas lalu balur dengan tepung hingga terbalur dengan padat
  5. Panaskan minyak, goreng ikan yang telah diberi tepung
  6. Goreng hingga kuning keemasan
  7. Simpan di dalam kulkas

Cara Membuat Saus Asam Manis

  1. Siapkan semua bumbu di atas sesuai petunjuk
  2. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
  3. Masukkan Paprika hijau,  paprika merah dan jahe
  4. Masukkan saus tomat, saus sambal, nanas, Knorr Bumbu Pelezat Rasa Ayam Rostip, dan tomat
  5. Angkat dan sajikan

Cara Menyajikan Ikan Gurame Asam Manis

  1. Siapkan gurame di atas piring saji
  2. Siram dengan saus asam manis yang telah dibuat
  3. Siap untuk disajikan

4.    Resep Ikan Gurame Bakar Bumbu Kuning

Bahan

  • 700 gr ikan gurame
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 btg serai, dimemarkan
  • 3 cm jahe, dimemarkan
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bahan Bumbu Halus

  • 6 btr kemiri, sangrai
  • 8 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 sdm garam

Bahan Pelengkap

  • Lalap sayuran
  • sambal terasi
  • sambal kecap

Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Bumbu Kuning

  1. Siangilah ikan, cuci bersih, lumurilah dengan air jeruk nipis serta garam. Diamkanlah sebentar lalu cuci bersih kembali kemudian tiriskan
  2. Panaskanlah minyak goreng, tumis bumbu halusnya bersama dengan daun jeruk, serai dan jahe sampai harum,jika sudah matang, angkat
  3. Lumurilah ikan dengan bumbu lalu panggang sampai matang di kedua sisinya, kemudian angkat
  4. Sajikanlah selagi hangat dengan ditemani lalapan sayur, sambal terasi dan kecap manis

5.    Resep Ikan Gurame Bakar Pedas

Bahan

  • 1 buah jeruk nipis ambi airnya
  • Kecap manis
  • Garam secukupnya
  • 1 kg ikan gurame besar yang segar

Bahan Bumbu Halus

  • 2 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit3 siung bawang putih
  • 8 btr bawang merah
  • 3 cm jahe
  • 2 cm kunyit dibakar
  • 2 btr kemiri sangrai
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Pedas

  1. Bersihkan ikan gurame, belah bagian perutnya lalu buang isi perutnya
  2. Buang semua sisik ikan sampai bersih dan halus, kemudian cuci dengan air sampai benar-benar bersih
  3. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, lalu diamkan kurang lebih selama 10 menit
  4. Campuri dan lumuri ikan dengan bumbu halus hingga rata
  5. Siapkan panggangan lalu bakar ikan sampai setengah matang, lalu olesi ikan dengan kecap manis
  6. Setelah semua bagian ikan dilumuri dengan kecap kemudian bakar lagi sambil dibolak-balik hingga benar-benar matang
  7. Sajikan ikan gurame bakar dipiring dan hidangkan

6.    Resep Ikan Gurame Asam Pedas

Bahan

  • 1 ekor (500 gr) ikan gurame, difillet dan dipotong panjang
  • 1 sdt air jeruk lemon
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 900 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis

  • 50 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk

Bahan Saus

  • 1/2 buah bawang bombay, diiris panjang
  • 2 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 2 buah cabai kering, dicincang halus
  • 4 sdm saus cabai
  • 2 sdm saus tomat
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 100 gr nanas, dipotong-potong
  • 1 btg daun bawang, diiris miring
  • 200 ml air
  • 1/2 sd tepung sagu dan 1/2 sdm air, dilarutkan
  • 1/8 sdt cuka
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Ikan Gurame Asam Pedas

  1. Lumuri ikan dengan air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk. Diamkan 15 menit.
  2. Gulingkan ikan di atas bahan pelapis sambil diangkat-angkat.
  3. Kemudian goreng ikan ke dalam minyak yang telah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.
  4. Saus: tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai kering sampai harum.
  5. Tambahkan saus tomat, saus cabai, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  6. Masukkan nanas dan daun bawang. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai kental. Tambahkan cuka. Aduk rata.
  7. Sajikan ikan bersama sausnya.

Sekian postingan penjelasan tentang resep ikan sapi hingga cara pembuatannya dengan cara yang mudah, praktis, pastinya enak dan dapat kalian coba di rumah. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita. Kalian juga dapat melihat Cara Membuat Chicken Wings dengan cara yang praktis!

× Whatsapp Kami!