Resep Keripik Kentang yang Renyah, Gurih dan Tidak Mudah Lembab

Diartikel kali ini, kita akan memaparkan tentang resep keripik kentang yang renyah dan tidak mudah lembab.mungkin semuanya sudah tahu keripik kentang. Bahkan keripik kentang sangatlah populer sebagai cemilan. Selain rasa yang gurih dan renyah makanan ini sangat pas saat ngobrol dan bersantai.

Mengonsumsi makan ini tentu sangat menyehatkan. Meskipun banyak yang menggab makanan ini sebagai makanan ringan namun dalam makana ini mengandung protein, energi, karbohitdrat,lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C yang semunya dibutuhkan dalam tubuh.

 

Resep Keripik Kentang

Resep Kerpik Kentang

Bahan Pembuatan Keripik kentang

Reseb keripik kentang ini tidak terlalu rumit- rumit karena sangat mudah dibuat dimanapu dan kapan pun semuanya mungkin bisa membuat.

Pertama tama siapkan bahan utamanya yaitu kentang. Anda dapat membeli 1kg kentang untuk membuat keripik yang porsi lumayan besar.

Namun, jangan memilih kentang sembarangan karna akan mempengaruni kualitas rasa dari keripik yang akan anda buat. Usahakan untuk membeli kentang yang berukuran besar, berumur tua dan tidak berbintik bintik tua.

Selanjutnya, sediakan kabur sirih dan air secukupnya untuk bahan rendaman kentang. Bumbur keripik kentang kini sudah tersedia dipasaran sehingga kita tidak perlu mengolahnya sendiri. varian bumbu tabur keripik kentang yang bisa dipilih terdiri dari balado, keju bubuk, berbeque, balado, dll.

Ada Beberapa Cara Resep Keripik Kentang

Bahan Keripik Kentang goreng

  • 1 Kg kentang
  • 1 L minyak goreng
  • Garam sekupnya
  • Bumbu tambahn seperti,balado,baebeque,dll

Bahan Keripik Kentang Oven

  • 1/2 Kg kentang russet
  • 4 Sendok makan ( dilelehkan )
  • garam sekupnya
  • Bumbu pelengkap seperti diatas

Nakan Keripik Kentang Microwave

  • beberapa kentang
  • Garam dan bumbu tambahan lainya ( opsional )
  • Minyak zaitum ( opsional )

Resep Keripik Kentang Goreng

  1. Irislah kentang sesuai ketebalan yang anda inginkan. Anda dapat memotong dengan tangan, tetapi jauh lebih efektif bila anda memotong dengan food prossesor slicing attachment ( pengolahan makanan yang mirip dengan belender dalam beberapa hal dan dilengkapi dengan alat pemotong sayur dan buah.
  2. Tambahka 3 sendok makan kesebuah mangkok besar yang berisi air lalu rindam irisan kentang didalam air garam selama setengah jam. Setelah rendah kentang selama 30 menit, bilas kentang dalam saringan, lalu bilas lagi lalu biarkan mengering
  3. Panaskan minyak dipengorengan atau wajan besar sampai suhu mencapai 350-370 drajat.
  4. Goreng kentang dalam jumlah kecil dan angkat segera ketika kentang berubah warna cuklat keemasan
  5. Setlah diangkat, taruh keripik diatas piring yang sudah diberi lap kertas guna menyerap minyak. Anda juga bisa menaburinya dengan bumbu tambahan.

Resep  Keripik Kentang Oven

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dapa suhu 500 derajat F( 260 derajat c )
  2. Potong kentang anda mengunakan alat pemotong sayur dan buah
  3. Sesudah kentang dipotong, taruh irisan kentang keatas lap serbaguna supaya meyerap kelembaban kentang
  4. Olesi tipis tipis loyang pangang dengan mentega atu minyak lalu ataur irisan kentang berjajar rapi disepanjang loyang
  5. Letakkan loyang panggangan kedalam rak oven bagian tengah dan panggang selama kurang lebih 15-20 menit, sampai bagian tepi kentang berubah warna coklat kemerahan
  6. Keluarkan keripik kentang dari oven lalu taburi dengan garam secukupnya

Resep Keripik kentang Microwave

  1. Iris kentang tipis tipis dengan alat khusus pengiris keripik supaya kentang teriris dengan ketebalan yang sama
  2. Rendam irisan kentang kedalam air untuk mengilangkan kandungan pati berlebih.  Cara lain yang bisa anda pakai adlah dengan menaruh irisan kentang wadah yang berisi air yang mengalir lalu bilas sampai air tidak keruh dan kentang menjadi bersih. Setelah itu biarkan kentang mengering.
  3. Hilangkan kelembaban kentang yang berlabih dengan meletakkan diatas kain atau lap bersih dan tekan dengan ringan. Air adalah musuh dalam proses ini, jadi usahakan mengilangkan air sebanyak munggin sebelum dimasukkan kedalam microwave
  4. Letakkan kentang diatas piring lalu tutupi dengan lap kertas. Pastikan irisan kentang tidak bersentuhan denga yang lain
  5. Masukkan kentang kedalam micriwave selama 5 menit dengan kekuatan penuh
  6. Keluarkan kentang dari microwave, balik irisan kentang lalu masukkan lagi kedalam microwave selama 3 menit dengan kekuatan 50%
  7. Keluarkan kentang dari microwave, balik irisan kentang lalu panggang selama satru menit dengan kekuatan 50%. Pangggang kentang sampai menjadi renyah dan berubah warna coklat keemasan
  8. Taburi dengan bumbu tambahan seperti balado atau barbeque

Manfaat kentang bagi tubuh

1.Menjaga Ketebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam makanan ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengonsimsi makan ini

2.Mengurangi Peradarangan

Untuk mengurangi peradarangan anda dapat mengonsumsi keripik kentang. Senyawa yang terdapat pada makanan ini mampu mengurangi inflamasi atau peradarangan sehingga makakan ini sangat baik untuk dikonsumsi.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin B6 dan C yang terdapat didalam keripik kentang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. oleh karena itu, anda bisa mengonsumsi makanan ini untuk melindungi orhan jantung agar teap sehat.

4. Menurunkkan Tekanan Darah

Keripik kentang juga sangat efektif menurunkkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan kalsium yang terdapat didlam kentang dapat menurunkkan tekanan darah sehingga bisa mencegah resiko hipertensi. Mulailah mengonsumsi makan ini.

5. Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Selain bermanfaat bisa menurunkan darah, keripik kentang juga mampu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Kandungan vitamin B6 yang terdapat dimakanan ini berperan penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf sehingga bisa mencegah kerusakan otak dan sistem saraf.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat makanan ini juga terbukti dapat mejaga kesehatan kulit. Kandungan seperti vitamin C, B6, kalium, magnesium, seng dan fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit sehingga kulit akan tetap sehat dan terlindungi.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Dengan mengonsumsi keripik kentang akan bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang didalamya mampu menjaga kesehatan tulang sehingga bisa menjegah kerusakan tulang.

8. Mencegah Kanker

Kangker merupakan penyakit kronis yang bisa memyebabkan kematian pada penderitanya. Untuk bisa menjegah bisa dengan mengonsums ikeripik kentang. Kandungan vitamin B6 yang terdapat didalamnya mampu menjegah penyakit kanker sehingga anda bisa terbebas dari resiko kanker dalam tubuh.

9. Membantu Pembentukan Sel

Mengosumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dapat membantu pembentukan sel dalam tubuh. Oleh karena itu anda dapat mengonsumsi keripik kentang. Didalam makanan ini terdapat vitamin B6 yang berguna untuk pembentuklan sel agar dapat berfungsi degan baik.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi yang sehat akan membantu anda dalam mengolah makanan dengan maksimal. Untuk mejaga kesehtan gigi bisa dengan mengonsumsi keripik kentang. Kandungan kalsium yang ada didalamnya dapat menguatkan gigi sehingga bisa mencegah dari resiko gigi yang rusak atau mudah berlubang.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Kentang

Kentang merupakan makanan sehat yang bisa digunakan alternatif makanan bagi penderita diabetes. Kentang ini merupakan banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi yang terdapat didalam kentang diantara lain:

  • Kaya sebagai vitamin
  • Mineral
  • Serat

Kentang ini selain kaya akan zat besi, juga bahan makanan yang baik untuk kesehatan. Berbagai manfaat yang kita temui didalam kentang ini. Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari kentang adalah:

  • Sebagai sumber dan juga mineral
  • Sebagai Sumber serat larut dan tidak secara larut
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan
  • Membantu penderita diabetes untuk mendapakan makanan yang baik
  • Sebagai sumber vitaminB kompleks
  • Sebagai sumber antioksida
  • Mengandung sumber mineral
  • Sebagai sumber vitamin A
  • Semacam makanan yang mengandung senyawa anti kanker
  • Makanan yang berisi penawar racun alami
  • sebagai sumber zat besi
  • Memutuhkan dan melembutkan tangan
  • membuat mata yang lelah menjadi bersinar kembali

Jangan Buang Kulit Kentang, Karna Sangat Berguna Bagi Kesehatan

Kentang merupakan salah satu umbi umbian yang paling banyak digemari, selain mengenyangkan kentang juga tidak bikin tubuh gemuk. Dan yang paling penting kentang banyak memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tapi kebanyakan orang hanya mengambil isinya saja dan membuang kulitnya. Padahal jika diolah kembali kulit kentang akan memiliki khasiat yang bear untuk kesehtan tubuh.

1. Mencegah Hilangnya Pigmen Rambut

Kekurangan nutrisi pada rambut dapat memebuat rambut menjadi memutih. Pigmen pada rambut berperan penting membuat rambut menjadi hitam. Dan jika kehikangan pigmen rambut akan membuat rambut memutih atau beruban. Untuk mencegah hilangnya pigmen rambut anda dapat mengunakan kulit kentang.

2. Menurunkan LDL

Manfaat kulit kentang dapat menurunkan LDL , ini adalah kolestrol jahat yang kerap membuat seseorang sakit kolestrol. Lemak jahat LDL biasanya susah keluar dari tubuh. Salah satu cara mengusir penyakit LDL adalah dengan mengonsumsi kulit kentang.

3. Mencegah Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adlah penyakit yang banyak menimpa orang. Ini adalah jenis diabetes pada tahap awal yang bisa berkembang serius bila tidak ditangani. Untuk itu seseorang mesti segera menaganinya. Selain dengan pengobatan medis, bisa juga dengan pola dengan makanan yang sehat. Cobalah mengonsumsi kulit kentang.

4. Anti Kanker

Kulit kentang disinyalir bisa menjadi anti kanker. Penelitinya masih lanjut hinga skarang, memang dibalik kulit kentang bayak dibuang, justru ini mengandung senyawa anti kanker yang amat baik untuk tubuh supaya terbebas dari kanker darah dan lainya.

5. Mengandung Potassium

Memang banyak jenis sayuran dan umbi umbian yang mengandung potessium.Begitu juga dengan kentang yang banyak mengandung potassium yang baik untuk kesehatan.

6. Rendah Lemak

Jika sedang diet, terkadang bingung mau makan apa. tapi jangan bingung-bingung lagi karena ternyata kulit kentang yang rendah lemak sangat cocok untuk orang yang lagi diet.

7. Menjadi Sumber Kalori

Kulit kentang adalah sumber kalori yang kerap terabaikan dan dibuang. Ini karena pemanfaat kentang hanya pada bagian dagingnya saja. Kulitnya akan dikupas dan dibuang begitu saja. Sunguh disayangkan.

8. Mengatasi Setres

Manfaat kulit kentang ternyata bisa juga menghikangjan setres, cocok banget bagi mereka yang ingin memiliki gairah hidup dan lepas dari masalah setres yang melndanya.

Selain Dimakan, Kentang Juga Bisa Dijadikan Masker

kentang juga bisa dijadikan sebagai masker

Kentang adalah salah satu makanan penganti karbohidrat yang kaya kandungan vitamin. Tahukah anda, Selain dimakan tetapi bisa dijadikan sebagai perawatan alami. Kandungan vitamin C didalam kentang bisa membantu menjaga kesehtan kulit wajah dan mencerahkan secara alami.

Pencerahan Kulit

kentang dapat mencerahkan wajah secara alami karna berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah tampak cerah secara alami. Kandungan sulfur,kalium dan fosfor didalam kentang juga baik untuk merawat kesehatan kulit. Gunakan masker kentang secara alami untuk mamudarkan noda noda hitam.

Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat lain yang ampuh didapatkan dari kentang adalah mengencangkan kulit. Vitamin C didalam kentang adalah yang paling berperan, tidak ada wanita yang ingin punya kulit kendur dan tampak tua. Merawat kulit dengan mengunakan masker kentang bisa membuat wanita tampak lebih muda dengan menyamarkan kerut didalam kulit.

Sebagai Scrub Wajah

Selain digunakan sebagai masker, kentang juga dapat digunakan sebagai scrub. Scrub berkhasiat untuk membuang sel kulit mati dan menyamarkan kantung mata. Kentang sangat baik bila mengatasi kulit yang kusam dan bernoda hitam. Caranya mudah hanya dengan gosokkan parutan kentang kewajah dan seluruh tubuh. Diamkan selama 10menit saja sebelum dibilas dengan air bersih.

Memutihkan Kulit Secara Alami

Manfaat dari masker kentang yang berikutnya yaitu untuk memutihkan kulit wajah secara alami. Kandungan vitamin C didalam kentang mampu mencerahkan wajah secara alami.

Warna kulit wajah yang tidak merata seperti ada lingkaran hitam dibawah mata juga bisa diatasi dengan kentang. Campur masker kentag dengan madu agar kulit terasa lebih halus, lembut dan bernutrisi.

Mengatasi Wajah Berminyak

Kulit wajah yang berminyak adalah kulit yang rentang bermasah dengan jerawat.Bahan minyak wajah yang berlebih membuat kulit tampak kusam dan hitam. masker kentang secara evektif mengurangi produksi minyak wajah sekaligus mengurangi resiko munjulnya jerawat dan komedo. Selain mengurangi minyak berlebihan, kentang juga bisa menjadikan kulit lebih halu dan cerah.

 

Masker Kentang Juga Bisa Dicampuri dengan Bahan Alami Lainya

Masker Kentang, Susu dan Minyak zaitun`

Mencampur ketiga bahan alami ini menjadi salah satu masker akan membuat kulit lebih cerah, sehat, dan halus. Berikut bahan dan cara membuatnya

  1. Siapkan kentang ukuran sedang, haluskan dengan cara diparut atau dibelender.
  2. Campur kentang halus, minyak zaitu, dan susu dalam satu wadah
  3. Oleskan masker kewajah hingga merata, biarkan meresap selama 20 menit
  4. Bilas wajah dengan air bersih

Masker Kentang dan Putih Telur

Kombinasi putih telue dan kentang sangat baik sebagai solosi untuk mengobati jerawat dan komedo. Putih telur mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh kuman pada wajah. Bahan dan caranya sebagai berikut

  1. Siapkan bahan yang diprlukan yaitu 1/2 buah kentang, 1 butir ayam kampung
  2. Haluskan kentang, lalu pisahkan kuning telur dengan putihnya
  3. Campurkan kentang dan putih telur, lalu aduk sampai rata
  4. Oleskan masker kewajah
  5. Biarkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih

Masker Kentang, Yoghourt, dan minyak zaitun

Kentang, yoghourt dan minyak zaitun adalah campuran masker yang baik untuk mencegah panuaan dini.. Cara membuatnya adlah sebagai berikut

  1. Siapkan 1/2 kentang yang sudah dihaluskan, tambahkan yoghourt secukupnya. Aduk kedua bahan sampai rata
  2. Tambahkan minyak zaitu beberapa tetes hinga membentuk campuran pasta yang kental
  3. Oleskan masker kewajah, dan biarkan selama 20 menit
  4. Bilas wajah hingga bersih dengan air

Masker Kentang Dan Kunyit

Kentang dan kunyit punya khasiat yang sama untuk kulit, yaitu memutihkan dan mencerahkan wajah secara alami. Kedua bahan alami memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Berikut cara membuatnya

  1. Haluskan kentang secukupnya, lalu campur serbuk kunyit hingga membentuk pasta yang kental
  2. Gunakan masker keseluruh wajah, dan biarkan selama 30 menit
  3. Setelah masker meresap, cuci dengan air hingga bersih

Sekian yang bisa kami paparkan tentang resep keripik kentang bila ada kekurangan dan kesalahan mohon minta maaf, karena kurangnya pengetahuan dan hilafnya. Anda bisa juga membaca Resep Gudeg Nangka Sekian dari kami dan terima kasih.

WhatsApp chat