0812.2447.4411 admin@grosirmesin.com

Pada kesempatan ini, saya akan memaparkan tentang Resep Perkedel Jagung yang enak dan mudah dibuat. Siapa si yang tidak mengenal makanan yang satu ini ? pasti sudah pernah mencobanya kan ? kalau yang belum tahu lebih baik sibak pembahasan berikut.

Sejarah Perkedel

Sejarah Perkedel

Perkedel sebenarnya merupakan makanan yang populer di Jerman, di mana makanan ini dikenal dengan nama Frikadellen. Tidak hanya itu. Makanan ini juga menjadi satu satunya makan khas di beberapa negara-negara Eropa, seperti Denmark, Kepulauan Faroe, Norwegia, Polandia, Rusia, Estonia, Ukraina, Belanda, dan Lithuania.

Sementara di Negara Afrika Selatan, perkedel sudah menjadi bagian dari warisan makanan bangsa Afrika lho.
Apa bedanya Perkedel dan Frikadellen?

Perkedel terbuat dari campuran daging dan kentang. Tidak jarang, bahan pokok untuk membuat perkedel, seperti kentang, diganti dengan umbi-umbian, contohnya singkong atau ubi jalar. Namun, ada pula yang memakai tahu atau jagung sebagai pengganti kentang.

Maka itu, Frikadellen secara tradisional dibuat dari daging sapi atau daging babi cincang atau campuran dari keduanya, yang setelah itu diberi bumbu dari bawang, telur, susu (atau air), remah-remah roti (atau oatmeal atau tepung), garam, serta merica.

Intinya, perkedel versi Eropa menggunakan 100 persen daging, sedangkan perkedel versi Indonesia dibuat dengan campuran kentang dan daging (dengan perbandingan 1:1).

Asal Kata Perkedel?

Perkedel ialah kata ucapan yang diambil dari bahasa Belanda yaitu Frikadel. Mungkin pada jaman dahulu saat orang Belanda mengatakan Frikadel, lidah orang Indonesia agak salah saat menirukannya.  Dan hasilnya kita sekarang menyebut makanan ini dengan nama perkedel.

Perkedel Bule Masa Kini

Erika Penzer Kerekes berkebangsaan Amerika memiliki ide untuk mengolah kentang yang diberi nama Mash Potato Pops. Secara tampilan, Mash Potato Pops ini benar-benar bulat dengan lapisan renkoyah di luarnya. Isiannya pun bervariatif seperti bacon, keju dan bisa apapun sesuai selera.

Akan tetapi, dari bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, makanan ini bisa juga dikategorikan sebagai Perkedel atau Frikadellen meskipun saya tidak yakin Erika tahu Perkedel Indonesia itu seperti apa.

Ringkasan Gizi:

Kal
91
Lemak
5,4g
Karb
9,45g
Prot
1,87g
Terdapat 91 kalori dalam Perkedel Jagung (1 ).
Rincian Kalori: 52% lemak, 40% karb, 8% prot.

Ukuran Porsi Umum:

Ukuran Porsi Kalori
 1 ons 74
 satu porsi (35 g) 91
 1 buah 91
 100 gram (g) 260
 1 mangkok 278

Manfaat Jagung Dalam Perkedel Jagung

Manfaat Jagung dalam Perkedel Jagung

Siapa yang tak suka dengan jagung? Jenis sayuran  yang berwarna kuning ini sering kali dibuat menjadi berbagai macam macam masakan, contohnya bakwan jagung, jagung rebus, jagung bakar dan yang lainnya.

selain lezat untuk makan, jagung juga ternyata mempunyai kandungan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Dikutip dari Boldsky, berikut ini manfaat dari jagung yang bagus untuk kesehatan badan Anda.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan pada jagung memang benar-benar meningkat saat dimasak dan juga kandungan antioksidan sehat ini bisa untuk menjaga kesehatan jantung kita.

2. Meningkatkan Kemampuan Pengelihatan

Karena mengandung lutein, jagung, terutama jagung manis mempunyai kemampuan bisa memperkuat saraf optik serta memperbaiki penglihatan kita.

3. Meningkatkan Energi

Jagung kaya akan karbohidrat sehat yang tidak menambah berat badan bagi tubuh Anda, namun justru membantu meningkatkan kadar energi Anda.

4. Mengurangi Sembelit

Karena jagung kaya akan kandungan serat, ini membantu melancarkan buang air besar dan memperbaiki pergerakan usus untuk mengurangi sembelit.

5. Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa jagung mengandung fitonutrien yang memiliki kemampuan untuk melawan sel penyebab kanker dalam tubuh manusia.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jagung sangat sedikit kandungan kalori dan sukrosa, jadi ini ialah makanan sehat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau diet.

7. Sehat Untuk Bakteri Usus

Jagung mempunyai kemampuan bisa untuk meningkatkan produksi bakteri sehat pada usus Anda, sehingga membantu pencernaan yang sehat.

8. Bebas Gluten

Banyak orang menderita intoleransi gluten, jadi jagung bisa menjadi pengganti yang sangat baik untuk pengganti gandum.

satu lagi resep sederhana yang banyak menarik perhatian pembeli ,baik siapapun yang melihat perkedel jagung ada di daftar menu setiap rdi estoran. Dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai perkedel jagung untuk menu pelengkap makanan mereka.

Apapun jenis makanannya baik keringan maupun makanan berkuah, perkedel jagung memang cocok dijadikan paduan. Jika mereka yang menyukai makanan gorengan apalagi yang agak sedikit gosong, bisa menggoreng perkedel jagung lebih agak lama dibanding biasanya.

Pakailah jagung manis sesuai pilihan Anda , biasanya untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jika anak Anda sangat menyukai menu yang satu ini, kini Anda dapat dengan mudah membuatnya di dapur pribadi Anda. Selamat mencoba!

Macam Macam Perkedel dan Cara Membuatnya

Resep Perkedel Jagung

Bahan-bahan :

  • 500 gr jagung manis sesuai pilihan
  • 2 batang seledri
  • 3 siung bawang puti
  • 2 batang daun bawang
  • 3 siung bawang merah
  • 4 sdm tepungbterigu sesuai selera
  • 1 butir telur ayam
  • Cabe merah secukupnya
  • bumbu penyedap (tambahan)
  • minyak goreng secukupnya
  • air secukupnya

Cara Membuat Resep Perkedel Jagung

  1. Kupaslah jagungnya, serut biji jagung atau bisa juga dengan memetik satu per satu jagung manis.
  2. Cuci seledri, iris kecil.
  3. Lalu Cuci juga daun bawang, iris kecil.
  4. Masukkan daun seledri dan daun bawang ke dalam biji jagung.
  5. Buka bawang putih dan bawang merah, haluskan keduanya.
  6. Selanjutnya Buka juga telur dan campur ke dalam adonan.
  7. Tuang tepung terigu, kemudian tambahkan air secukupnya.nccc
  8. Tambahkan bawang putih dan bawang merah yang sudah halus.
  9. Aduk adonan sehingga merata dan mengental.
  10. Cuci cabe merah, iris kecil-kecil.
  11. Campurkan cabe dalam adonan, aduk rata. Sesuaikan banyak cabe sesuai dengan selera.
  12. Tuang minyak dalam penggorengan, panaskan dengan api sedang.
  13. Gunakanlah sendok makan atau bisa juga takaran lainnya untuk membentuk adonan.
  14. Masukkan adonan dalam minyak panas.
  15. Goreng hingga adonan berubah warna kecoklatan.
  16. Angkat perkedel jagung dan tiriskan.
  17. Sajikan.

Resep Membuat Perkedel Tempe Gurih Pedas

Jika sebelumnya kami pernah membahas tentang cara membuat salah satu jenis perkedel yaitu yang terbuat dari tahu, maka tidak lengkap rasanya jika kita juga tidak membahas jenis perkedel lainnya dari bahan yang merupakan saudara dekat dari tahu yaitu tempe.

Sesuai dengan bahan untuk membuatnya tentu saja perkedel macam ini dinamakan perkedel tempe, yang menurut kami sudah agak jarang ada orang yang membuatnya.

Perkedel tempe memiliki rasa yang sangat khas dengan aroma dan cita rasa tempe yang akan membuat kita semua akan terasa selalu ingin memakannya.

Rasanya yang sangat gurih dan juga ada yang sedikit pedas, membuat perkedel macam ini sangat cocok untuk teman makan dengan beberapa jenis masakan seperti sup, soto, sayur bening dan lain-lain. Namun tidak lepas dari itu tentu saja perkedel tempe juga enak untuk dimakan langsung dengan dicelup saus tomat maupun saus pedas.

Hampir sama dengan beberapa jenis perkedel lainnya, perkedel tempe juga dibuat dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan aneka macam bumbu rempah gurih kemudian dibentuk dan digoreng.

Bagi anda yang pernah mencicipi perkedel ini tentu saja akan dibuat rindu olehnya, mengingat gorengan seperti ini menurut kami juga sangat jarang ada warung-warung makan yang menyajikannya.

Oleh karena itu bagi anda yang merindukan perkedel tempe atau bahkan mungkin belum pernah sama sekali mencicipinya dan penasaran dibuatnya, yang paling baik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami juga akan sedikit berbagi mengenai resep dan cara membuat perkedel tempe, dan jika anda tertarik silahkan baca yang ada dibawah ini.

Resep Perkedel Tempe :

  • 300 gram tempe pilih yang masih baik kemudian dihaluskan
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 putih telur
  • 2 helai daun bawang/onclang iris kecil-kecilBahan bumbu
  • 5 bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cabe rawit merah (atau bisa disesuaikan dengan selera)
  • 1/4 sendok kecil merica bubuk
  • 2 cm kencur
  • 1 sendok kecil terasi
  • 3 buah cabai merah
  • 1 sendok kecil gula
  • Garam secukupnya

Cara membuat Resep Perkedel Tempe :

1. Pertama haluskan beberapa bahan bumbu seperti merica bubuk, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi,  kencur, garam, beserta gula.
2. Jika sudah kemudian tempe yang telah dihaluskan kemudian campurkan dengan bumbu halus diatas beserta putih telur, irisan daun bawang, kemudian aduk hungga merata.
3. Ambil adonan sesuai selera kemudian bentuklah bulat pipih dan goreng hingga matang.

Resep Perkedel Tahu

Berbicara mengenai beragam masakan Indonesia, sebagai masyarakat Indonesia kita tentu tahu bahwa negara tercinta kita ini memiliki banyak masakan khas yang menggugah selera. Bahkan, kita bisa membuat berbagai macam masakan dengan berbagai rasa dari satu bahan masakan saja. Kita ambil contoh tahu.

Sadar atau tidak, kita bisa membuat bermacam olahan masakan dari tahu. Mulai dari sayur kuah santan bumbu kuning, semur tahu, tahu goreng, pepes tahu atau camilan tahu berupa perkedel tahu.

Untuk membuat perkedel tahu, sebenarnya sangat mudah Ladies. Dengan menyiapkan beberapa bahan di bawah ini dan mengolahnya secara benar, kita pasti akan dapatkan perkedel tahu paling sedap lagi hemat. Seperti apa resep membuat perkedel tahu? Simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Bahan-bahan :

  • 2 buah tahu (ukuran sedang, haluskan. Usahakan agar tahu dikukus terlebih dahulu agar rasanya makin mantap dan tidak mudah basi)
  • 1 butir telur (gunakan putihnya saja)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 siung bawang merah (haluskan)
  • 6 buah cabai rawit (iris serong tipis)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • 1 batang daun bawang (iris kecil-kecil)

Cara Membuat Resep Perkedel Tahu :

  1. Campur tahu yang sudah dihaluskan bersama bumbu yakni bawang putih, bawang merah, cabai rawit, garam, gula, merica bubuk, kaldu ayam bubuk dan daun bawang.
  2. Aduk rata tahu dengan semua bahan yang ada dan rasakan apakah bumbu sudah pas atau belum. Jika bumbu sudah pas, ambil sedikit tahu lalu bulatkan atau bentuk sesuai selera.
  3. Celupkan tahu ke dalam putih telur yang sudah disiapkan sebelum akhirnya di goreng.
  4. Goreng perkedel tahu di dalam minyak panas selama beberapa menit hingga warnanya berubah jadi kuning kecokelatan.
  5. Angkat perkedel tahu sederhana yang sudah matang dan segera sajikan selama masih hangat.

Sajian perkedel tahu ini akan semakin nikmat jika didampingi dengan saus sambal atau saus tomat. Jika kamu ingin perkedel tahu yang lebih lezat serta menggugah selera, kamu juga bisa menambahkan daging sapi atau ayam di dalam perkedel.

itulah resep perkedel tahu yang gurih pedas sederhana namun nikmatnya juara. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga keluarga di rumah suka.

Resep Membuat Perkedel kentang

Olahan kentang yg digoreng selalu menjadi favorit dirumah kami. Salah satunya perkedel kentang ini 😊

Bahan-bahan

  • 500 gr kentang
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 5 btr bawang merah
  • 1 btg seledri iris halus
  • 2 bh telur (1 telur dicampur adonan perkedel, 1 lg dikocok utk balur perkedel sebelum digoreng)
  • secukupnya Garam, gula

Langkah Membuat Perkedel Kentang

  1. Cuci, kupas kentang, potong2 kemudian goreng kentang. Tumbuk kentang selagi panas, kalo kentang nya dingin susah halus
  2. Panaskan minyak tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan harum lalu tumbuk halus
  3. Campur kentang tumbuk dg tumisan bawang merica, seledri dan 1 btr telur. Aduk rata. Beri garam, gula secukupnya. Bentuk perkedel bulat pipih
  4. Panaskan minyak di penggorengan, celupkan perkedel yg sudah dibentuk ke dalam kocokan telur, masukkan perkedel ke dalam minyak. Goreng perkedel sampai matang
  5. Sajikan.

Resep Membuat Perkedel Sukun

Makanan khas DKI Jakarta. Bahan-bahannya antara lain daging buah sukun bersih yang sudah direbus, bubuk susu, telur ayam yang dikocok lepas, cabai hijau cacah, perai cacah, air, garam dan minyak goreng untuk menggoreng. Berikut Resep Perkedel Sukun .

Bahan-bahan :

  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdt bawang putih halus
  • 150 g ayam cincang
  • 250 g sukun cukup tua dan belum matang, kukus, haluskan
  • 2 butir telur
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • 2 batang daun bawang, iris
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat Perkedel Sukun :

  1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ayam, garam, dan merica, aduk rata, angkat.
  2. Campur dengan sukun, daun bawang, dan telur, aduk rata, bagi 8.
  3. Bentuk bulat lonjong setiap bagian, goreng hingga matang.

Di artikel ini kita tidak hanya membahas tentang Resep Perkedel Jagung, kita juga akan memaparkan tentang Cara Membuat Es Kepal yang enak dan mudah dibuat.  Minuman ini juga menjadi Minuman segar untuk buka puasa. Mau tahu resep dan cara membuatnya ? berikut Cara membuat Es Kepal yang Mudah dan Enak

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Resep Perkedel Jagung, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang Resep Perkedel Jagung , semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

 

WhatsApp chat