Resep Selai Coklat Nikmat dan Sederhana Alla Rumahan

Resep selai coklat

Selai coklat adalah makanan yang tidak asing lagi. Dapat dipadukan dengan berbagai makanan, mulai dari yang manis hingga gurih. Selai coklat tidak bisa dipisahkan dari rasanya yang nikamt dan creamy. Berikut adalah berbagai informasi mengenai resep selai coklat nikmat dan sederhana alla rumahan.

Pengertian Selai Coklat

Selai coklat adalah sebuah pasta coklat yang dijadikan olesan untuk roti tawar dan roti bakar atau pastri seperti waffle, panekuk, muffin, dan pita. Meskipun selai tersebut memiliki rasa, aroma, dan berbentuk seperti coklat, namun selai tersebut tidaklah murni.

Pasta tersebut biasanya mengandung kokoa dan minyak sayur dan/atau minyak kelapa, dan juga dapat mengandung susu, gula dan perasa tambahan. Dari masa ke masa, selai tersebut juga meliputi kacang dan madu. Biasanya selai coklat dijual dalam toples kaca atau kemasan plastik.

Sejarah Coklat

Resep Selai Coklat

Coklat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan awalnya tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang Olmec memanfaatkan pohon dan juga membuat “coklat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko.

Residu yang diperoleh dari tangki-tangki pengolahan ini mengindikasikan bahwa awalnya penggunaan kakao tidak diperuntukkan untuk membuat minuman saja, tetapi selaput putih yang terdapat pada biji kokoa lebih condong digunakan sebagai sumber gula untuk minuman beralkohol.

Cara menyajikannya pun tak sembarangan. Dengan memegang wadah cairan ini setinggi dada dan menuangkan ke wadah lain di tanah, penyaji yang ahli dapat membuat busa tebal, bagian yang membuat minuman itu begitu bernilai. Busa ini sebenarnya dihasilkan oleh lemak kokoa (cocoa butter) namun kadang-kadang ditambahkan juga busa tambahan.

Biji dari pohon kakao ini sendiri sangat pahit dan harus difermentasi agar rasanya dapat diperoleh. Setelah dipanggang dan menjadi bubuk hasilnya adalah cokelat atau kokoa. Diperkirakan kebiasaan minum cokelat suku Maya dimulai sekitar tahun 450 SM – 500 SM. Konon mengkonsumsi cokelat dianggap sebagai simbol status penting pada masa itu.

Jenis-jenis Coklat

Resep Selai Coklat

1. Susu Coklat

Seperti namanya coklat susu, coklat ini mengandung 12% susu dan harus mengandung minimal 10% coklat liquor atau cocoa liquor, yaitu coklat murni dalam bentuk cair yang mengandung cocoa butter dan cocoa powder), walaupun susu coklat berkualitas tinggi, namun kandungan kakao sebanyak 30 -40%.

Sisanya bahan lainnya terdiri dari gula dan kadang-kadang vanila atau pengemulsi. Dibandingkan dengan coklat yang lebih hitam, coklat susu memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih mudah meleleh karena tambahan susu. Selain itu, rasa coklat susu biasanya lebih manis dan tidak terlalu pahit.

2. Coklat Hitam

Umumnya cokelat hitam dibedakan menjadi dua kategori: pahit dan semi manis. Semi-manis adalah coklat yang mengandung paling sedikit 35% coklat cair atau pahit, dan pelabelan diserahkan kepada produsen. Walaupun kadang-kadang cokelat semi-manis memiliki lebih banyak gula daripada coklat pahit, tetapi secara teknis tidak ada perbedaan.

Cokelat yang sangat hitam jumlah kakaonya bisa mencapai 80%, tetapi jumlah sebanyak itu bisa membuat coklat menjadi sangat pahit dan rapuh sehingga orang berpendapat coklat itu tidak enak untuk dimakan.

3. Coklat Putih

Terdapat perselisihan pendapat mengenai apakah coklat putih benar-benar dapat dianggap coklat karena coklat putih tidak mengandung cocoa solids yang memberikan cokelat susu dan cokelat hitam rona coklat dan rasa coklat yang kaya dan khas.

Alih-alih menggunakan cocoa solids, coklat putih dibuat dari cocoa butter, susu padat dan gula, yang membuatnya tampak seperti susu putih manis, tetapi juga cukup ringan untuk dipadankan dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan bahkan jenis cokelat lainnya.

4. Dutch Process

Seperti halnya dalam cokelat batangan, coklat bubuk juga memiliki berbagai jenis. Coklat bubuk adalah inti dari rasa coklat sebelum ditambahkan lemak, gula, atau susu tambahan untuk mengubah rasa atau tekstur dan terdapat dua dua jenis coklat bubuk, yaitu natural dan Dutch process.

Jika bubuk kakao alami memiliki keasaman yang merupakan sifat bawaannya, bubuk kakao Dutch process atau disebut juga sebagai alkalized atau gaya Eropa, dicuci dengan larutan kalium karbonat yang memberikan rasa lebih halus, lebih lembut.

5. Coklat Couverture

Couverture adalah jenis coklat berkualitas tinggi dengan cocoa butter berpersentase tinggi  dan coklat cair dalam jumlah yang rendah. Coklat couverture perlu dilelehkan dahulu oleh karena itu coklat ini membutuhkan perhatian yang lebih baik selama persiapannya. Jika coklat tidak dilelehkan dengan baik, coklatnya tidak akan matang dengan baik.

Ketika proses pelelehan dilakukan dengan sempurna, coklat dapat memancarkan kilau mengkilap dan benar-benar dapat meleleh di mulut saat dimakan. Proses pelelehan idealnya menaikkan dan menurunkan suhu, sambil terus diaduk. Choco fudge menggunakan coklat couverture dan karenanya sangat ideal jadi bahan pencelupan, pelapisan, dan untuk hiasan.

6. Coklat Gianduja

Coklat gianduja adalah manisan atau gula-gula halus yang kaya rasa yang dibuat dari campuran hazelnut yang diubah menjadi pasta kemudian dicampur dengan kakao, gula dan cocoa butter. Tekstur coklat gianduja seperti krim semi-solid dan dapat dipotong dengan mudah sesuai bentuk yang Anda suka. Coklat ini sebagian besar digunakan sebagai olesan seperti pengganti selai pada roti. Gianduja juga bisa dibuat dari kacang almond.

7. Coklat Liquor

Coklat liquor, terkadang disebut juga sebagai coklat tanpa pemanis, adalah bahan dasar dari semua jenis coklat. Pasta tebal berwarna coklat tua ini dibuat dari biji kakao, bagian dalam biji kakao. Biji kakao digiling halus hingga teksturnya menjadi lembut. Saat dipanaskan, pasta ini berubah menjadi cairan yang dapat dibentuk menjadi batangan atau kepingan.

Kandungan coklat liquor 100% kakao, tanpa bahan tambahan. Di bawah tekanan tinggi, pasta ini terpisah menjadi cocoa butter dan bubuk coklat atau disebut juga cocoa solids. Meskipun namanya, coklat liquor, kata liquor tersebut bukan mengacu pada minuman keras yang mengandung alkohol melainkan pada liquid atau cairan.

8. Coklat Pahit atau Bittersweet

Coklat pahit atau bittersweet telah mendapatkan banyak perhatian karena masyarakat -mulai belajar lebih banyak tentang persentase kakao dan cocoa. Cokelat yang terkadang disebut juga sebagai cokelat ekstra-hitam ini mulai populer ketika orang-orang mulai mengklaim bahwa Anda harus makan coklat hitam dengan kandungan kakao 70% atau lebih.

Klaim ini berdasarkan fakta bahwa coklat hitam memiliki manfaat kesehatan paling banyak. Kenaikan baru-baru ini membuat coklat bean-to-bar (coklat yang diproduksi sendiri dari mulai pemilihan biji coklat hingga hasil akhir) dan craft chocolate (sama dengan bean-to-bar, tetapi lebih fokus seni dan kelezatan), meningkatkan popularitas cokelat hitam yang memiliki kandungan coklat lebih banyak.

Jenis coklat semi-manis dan pahit (semisweet dan bittersweet) harus mengandung lebih dari 35% coklat liquor, walaupun biasanya mengandung setidaknya 50% coklat liquor. Coklat pahit atau bittersweet biasanya mengandung 66% atau lebih kakao (gula yang ditambahkan biasanya kurang dari sepertiga dari total konten).

Coklat pahit, seperti namanya, seringkali sedikit lebih pahit daripada coklat pekat semisweet. Profil rasa coklat dapat sangat bervariasi, bergantung di mana kakao ditanam – beberapa dapat memiliki rasa buah atau memiliki rasa tanah, sementara yang lain dapat memiliki rasa seperti brownies panggang.

Manfaat Coklat 

1. Meningkatkan Produksi Insulin

Para peneliti di Italia, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah yang sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun pada mereka yang memakan cokelat hitam.

2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini berguna sebagai antioksidan alami dari coklat. Antioksidan yang sama ini juga terdapat pada manfaat anggur.

3. Menurunkan Berat Badan

Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Proteksi Sinar Matahari

Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitian oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.

5. Mengatasi Diare

Sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan menemukan bahwa flavonoid dalam kakao berfungsi mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

Resep Selai Coklat

Resep Selai Coklat

BahanYang digunakan:

  • 250 gr dark chocolate compound
  • 100 ml Susu Cair Coklat
  • 3 sdm mentega/margarin

Cara Membuat Selai Coklat :

  1. Gerus coklat sampai halus. Semakin halus semakin baik selai yang dihasilkan. Hindarkan hanya memotong coklat, karena nanti hasilnya jadi berbutir-butir. Sisihkan.
  2. Panaskan mentega/margarin sampai cair.
  3. Masukkan susu cair, kemudian panaskan terus sampai mendidih sambil terus diaduk.
  4. Segera siram ke atas coklat yang sudah digerus tadi.
  5. Aduk hingga semua coklat meleleh dan tercampur rata. Coklat akan terlihat sangat cair sekali. Jangan khawatir, nanti setelah dingin akan mengental sendiri.
  6. Masukkan coklat ke dalam toples dan tunggu sampai dingin. Kemudian simpan di kulkas 1 malam, selai coklat yang sudah mengental siap digunakan.

Tips Membuat Selai Coklat :

  • Coklat masak yang dipakai bisa dibeli di supermarket.Coklat yang dipakai adalah coklat untuk dimasak, bukan coklat batangan yang siap makan.
  • Untuk rasa, tergantung selera, dapat memakai whitechocolate atau coklat putih, atau bisa dicampur.
  • Susu cair jangan diganti susu bubuk yang dicairkan (terkadang adonan kurang menyatu dengan coklatnya)

Resep Selai Coklat Berbagai Fariasi

1. Resep Selai Coklat Almond

Bahan Yang Digunakan:

  • 100 gr kacang almond
  • 250 gr coklat dcc
  • 1 sdm coklat bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 40 ml minyak sayur

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama sangrai terlebih dahulu kacang almond nya dengan api sedang agar tidak gosong.
  2. Setelah disangrai, kacang di blander dengan sedikit minyak sampai halus.
  3. Lalu stiem coklat dcc campur dengan minyak goreng aduk hingga mencair.
  4. Campurkan almond dan coklat tadi, lalu campurkan juga gula dan coklat bubuk sampai tercampur rata.
  5. Siapkan wadah yg mempunyai tutup. Masukan selai yang sudah jadi, lalu dinginkan dengan suhu ruang selama 3 jam agar selai menjadi set dan siap untuk hidangan.

2. Resep Selai Coklat Isian Nastar

Bahan Yang Digunakan:

  • 50 gr dcc
  • 25 gr coklat bubuk
  • 80 ml air
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sdm margarine
  • 125 gr Tepung terigu

Cara Membuat:

  1. Potong kecil dcc, lalu tim hingga mencair
  2. Siapkan terigu dan cokelat bubuk sishkan. Lalu didihkan air dan beri magarine, aduk hingga semua tercampur rata
  3. Masukkan gula pasir dan coklat tim aduk hingga rata
  4. Masukkan terigu dan coklat bubuk, aduk cepat hingga semua tercampur dan bisa dipulung, dan dinginkan.
  5. Pulung sesuai selera dan Selai coklat siap digunakan.

3. Resep Donat Bomboloni dengan Selai Coklat

Bahan Yang Digunakan:

  • 500 gr Tepung terigu cakra (sy pake tepung terigu protein sedang)
  • 50 gr Susu bubuk putih (saya pakai susu bubuk Dancow putih)
  • 11 gr Ragi instan (fermipan atau saf instant)
  • 200 gr Kentang kukus (haluskan lalu dinginkan dalam suhu ruang)
  • 100 gr Gula kastor atau gula halus
  • 75 gr Mentega
  • 0,25 sendok teh Garam
  • 4 butir Kuning telur
  • 100 ml Air es

Bahan Selai Coklat:

  • 3 sdm maizena
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 2 sdm susu bubuk
  • 7 sdm gula pasir
  • 300 ml susu cair
  • 125 gr dark cooking chocolate (DCC) cincang
  • 1 sdm unsalted butter (saya pake margarin)

Cara Membuat:

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instan lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, tuang telur dan air es, lalu uleni sampai adonan menjadi rata dan setengah kalis.
  2. Selanjutnya beri mentega dan garam, aduk rata dan uleni sampai adonan menjadi kalis elastis. Istirahatkan adonan kurang lebih selama 20-30 menit.
  3. Bentuk adonan sesuai selera, bisa dibulatkan manual atau menggunakan cetakan donat agar lebih praktis. Diamkan kembali adonan selama 20 menit, hingga adonan mengembang.
  4. Sebagian adonan di bentuk bulat dan isinya saya isi selain coklat homemade.
  5. Setelah itu goreng adonan donat ke dalam minyak dengan api kecil atau sedang sampai kuning keemasan.
  6. Cara buat selai coklat: Dalam sauce pan, campur semua bahan kec.uali DCC dan butter. Aduk rata memakai whisk.
  7. Nyalakan api kecil, aduk terus hingga mengental dan meletup-letup.
  8. Masukkan potongan coklat dan butter, aduk cepat hingga meleleh. Matikan api.
  9. Tunggu hangat, masukkan selai kedalam plastik segitiga, potong ujungnya.
  10. Tusuk donat atau bomboloni dengan sendok atau sumpit. Semprot kan selai kedalam bomboloni.
  11. Siap dinikmati.

4.  Resep Roti Bakar Selai Coklat  Keju

Bahan Yang Digunakan:

  • 6 Roti Tawar Sandwich Kotak
  • Margarin secukupnya
  • Selai Cokelat secukupnya
  • Keju batangan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bagi 6 Roti Tawar menjadi 12 bagian.. Lalu olesi semua permukaan Roti Tawar dengan margarin.
  2. Setelah semua di olesi margarin, ambil 6 roti tawar olesi dengan selai cokelat atau taburi dengan parutan keju sesuai seleraSetelah itu, ambil 6 bagian roti tawar lainnya dan tangkupkan ke masing masing roti tawar yang sudah di olesi selai atau parutan keju dan agak di tekan sedikit.
  3. Lalu bakar Roti Tawar di atas teflon yang sudah di olesi margarin hingga agak gosong.
  4. Roti Bakar Selai Cokelat Keju siap di sajikan.

5. Pancake Selai Coklat

Bahan Yang Digunakan:

  • 100 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka/pati
  • secukupnya garam
  • 1 butir telur
  • 300 ml susu uht putih
  • 1 sdm margarin cair
  • pewarna makanan

Cara Membuat:

  1. Ayak tepung trigu,pati dan garam. masukkan telur.
  2. Aduk perlahan dg wisk sambil menambahkan perlahan susu cair dan pewarna makanan. saring lagi agar menghindari adonan yg bergerindil.
  3. Siapkan teflon, beri sedikit margarin agar tidak lengket.
  4. Tuang adonan, sebayak satu centong sayur, ratakan diteflon, usahakan jgn terlalu tebal ya. tunggu sampai teflon dingin lalu masukkan lg adonan. begitu seterusnya.
  5. Tambahkan untuk isian kulit pancake sesuai selera, masukkan kulkas siap disantap dingin lebih enak.

Kunjungi juga Resep Kue Mentega Kacang Untuk Sajian Lebaran.

WhatsApp chat