Resep Siomay Bandung yang Enak dan Mudah Dibuat

Resep Siomay Bandung

Pada Artikel ini kami akan memaparkan tentang Resep Siomay Bandung yang enak dan mudah dibuat. Siomay adalah makanan khas Indonesia. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di pinggir-pinggir jalan di berbagai kota sampai ke pelosok-pelosok kampung di Indonesia.

Meskipun sudah tersebar di berbagai wilayah, tetapi memang siomay identik dengan kota Bandung.Hal ini karena, dulu katanya, siomay ialah makanan khas Bandung. Bandung merupakan kota kelahiran siomay. Itulah kenapa banyak pedagang siomay yang menamakan siomaynya dengan nama yaitu siomay Bandung.

Kekhasan Resep Siomay Bandung ada pada komposisi siomay di dalam sajiannya.Tidak seperti siomay Jawa, Resep Siomay Bandung khas Bandung ini mengandung sayuran, kentang yang nikmat, tahu dan isian lain yang menggiurkan. Anda berkenan mencobanya? Buatlah sendiri di dapur anda. Berikut Resep Siomay Bandung praktisnya:

Resep Siomay Bandung

Resep Siomay Bandung

Bahan-Bahan

  • 150 gr tepung sagu
  • 100 gr ikan tengiri
  • 2 butir telur (ambil putihnya saja)
  • 100 gr udang yang telah dibersihkan dan dicincang
  • 3 buah tahu
  • 100 gr wortel yang telah diparut halus
  • 2 buah kentang
  • 50 gr kol (ambil bagian luarnya)
  • 1 buah telur yang telah direbus
  • 5 buah bawang putih yang telah dihaluskan
  • 8 buah bawang merah yang telah dihaluskan
  • 1/2 sdm garam
  • Saus kacang sebagai pelengkap sajian

Cara Membuat Siomay Bandung

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan setelah menyiapkan bahan-bahan di atas adalah, campurkan ikan tengiri dan udang di dalam sebuah wadah, aduk-aduk rata
  2. Tambahkan garam, bawang putih, bawang merah, putih telur serta wortel di dalam campuran di atas, aduklah lagi sampai rata sambil ditaburi tepung sagu perlahan-lahan, pastikan semua bahan tercampur rata
  3. Setelah adonan ikan serta udang di atas selesai diaduk, tuangkan adonan itu di dalam telur, tahu, kol dan sebagiannya dibulati kecil-kecil
  4. Setelah siomay dan sayuran siap, masukkan ke kukusan yang telah dipanaskan termasuk kentang, kemudian kukus hingga matang
  5. Hidangkan bersama saus kacang.

10 Manfaat dan Khasiat Siomay untuk Kesehatan

Manfaat Siomay

Siomay merupakan salah satu makanan yang dihidangkan dengan bumbu kacang. Makanan ini berasal dari Negara Asia Timur tepatnya di Mongolia. Pembuatan makanan ini dengan menggunakan bahan dasar daging yang dicincang kemudian dibalut dengan kulit pangsit.

Pada umumnya makanan ini hanya menjadi makanan kecil yang biasa dikonsumsi sebagai pelengkap makanan. Namun saat ini siomay menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakt Indonesia. Bentuknya juga menjadi agak berubah yang tadinya silinder sekarang menjadi seperti bakso yang bulat.

Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti kentang, kol, pare, kubis, tahu, hingga telur ayam. Di kota Bandung Jawa Barat makanan ini menjadi primadona yang banyak digemari oleh semua kalangan.Masyarakat Bandung menyajikan makanan ini menjadi dua pilihan yaitu bakso tahu kering dan bakso tahu basah.

Mengkonsumsi makanan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan makanan ini banyak mengandung gizi seperti energi, protein, karbohidrat, asam lemak omega 3, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam makanan ini juga terkandung vitamin A, B1 dan C.

Kini siomay bukan dalam jenis makanan ringan saja tetapi juga menjadi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk anda yang ingin mengerti tentang apa saja manfaat serta khasiat siomay ini, berikut inilah ialah manfaatnya.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat siomay yang pertama membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 serta zat besi yang ada di dalamnya bermanfaat bisa membantu perkembangan otak sehingga otak bisa berfungsi dengan baik. Mulailah mengkonsumsi makanan ini untuk menjaga daya ingat pada otak.

2. Menyehatkan Mata

Mata merupakan indera penglihatan yang sangat berperan penting dalam aktifitas sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dengan meamakan makanan yang satu ini yaitu siomay. Kandungan asam lemak serta vitamin A yang ada di dalamnya dapat menjaga dan memperbaiki penglihatan sehingga mata akan tetap sehat.

3. Melawan Peradangan

Untuk melawan peradangan bisa dilakukan dengan banyak memakan siomay. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya sangat efektif mencegah peradangan sehingga tubuh tetap terlindungi dari bakteri atau virus yang bisa mengakibatkan peradangan.

4. Merawat Kulit

Mengkonsumsi siomay juga sangat baik untuk merawat kulit secara alami. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dapat memperbaiki jaringan sel kulit sehingga bisa menunda proses penuaan. Konsumsilah makanan ini agar tetap terlihat awet muda.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Lain dari bermanfaat untuk merawat kulit, siomay juga sangat berkhasiat untuk menguatkan tulang serta gigi. Kandungan forfor dan kalsium yang ada di dalamnya berperan penting untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat sehingga tulang dan gigi tidak mudah rusak.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Jika anda mememiliki tekanan darah yang tinggi maka anda bisa mengkonsumsi siomay ini. Kandungan asam lemak yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga bisa mencegah anda dari resiko penyakit hipertensi.

7. Mencegah Kanker

Kanker disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak normal. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi siomay. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bisa mencegah serta melawan sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, anda bisa rajin mengkonsumsi makanan ini.

8. Menurunkan Berat Badan

Siomay ternyata sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat pada makanan ini terbukti mampu menurunkan berat badan yang berlebih sehingga bisa mencegah anda dari resiko kelebihan kadar lemak dalam tubuh.

9. Mencegah Kardiovaskular

Kardiovaskular merupakan penyakit gangguan jantung dan pembuluh darah. Dengan banyak mengkonsumsi atau memakan siomay bisa menjadi alternatif cara untuk melawan penyakit kardiovaskular. Kandungan asam lemak yang ada dalam makanan ini sangat efektif mencegah penyakit kardiovaskular.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang berperan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa mencegah dari resiko penyakit jantung. Konsumsilah makanan ini untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Jajanan saat ini sudah sangat banyak sekali selain itu bisa ditemui dengan mudah. Jajanan yang populer ini ialah seperti siomay. Siomay menjadi menu camilan yang nikmat dan enak. Tekturnya yang kenyal mampu menambah selera makan. Makanan asli Cina ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia.

Dengan Resep Siomay Bandung yang disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Siomay terdiri dari berbagai varian seperti siomay daging, siomay ayam atau siomay ikan. Semua jenis siomay ini sangat nikmat dan enak. Biasanya siomay akan disajikan dengan sambal kacang kental dengan tambahan perasan air jeruk.

Sudah banyak pedangan siomay yang menjajakan makanan lezat pengganjal perut ini. Peluang bisnis siomay pun menguntungkan karena banyak sekali yang menyukai siomay sebagai jajanan saat santai.

Menjalankan bisnis siomay ini tidaklah sulit, jika mampu mengolah bahan baku dengan baik maka akan menghasilkan siomay yang nikmat dan khas. Bila tertarik untuk memulai bisnis siomay maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjalankan usaha ini karena peluangnya masih terbuka lebar.

  • Info Bisnis Siomay

Menjalankan usaha siomay ini hanya membutuhkan modal kecil sehingga tidak bagi siapa pun yang memiliki modal minim bisa mencoba menjalankan usaha siomay ini.

Makanan siomay paling nikmat dimakan saat masih hangat sehingga saat menjalankan usaha ini usahakan jika siomay yang dijual masih dalam keadaan hangat agar konsumen bisa menikmatinya. Pengusaha siomay biasanya menjajakan siomay dengan cara membuat warung makan atau dengan menjajakannya secara keliling.

Menjual siomay bisa dikerjakan dengan berbagai cara sesuai dengan keinginan dan ide kreatif yang dimiliki. Walaupun bisnis siomay sudah banyak yang menjalankannya namun tidak ada salahnya jika ikut berpartisipasi dalam berbisnis siomay.

  • Bahan Baku Siomay

Untuk membuat siomay ini membutuhkan Resep Siomay Bandung yang berbahan baku berkualitas dan segar supaya menghasilkan aroma siomay yang nikmat.

Kebanyakan siomay dibuat dari bahan ikan sehingga jika Anda menggunakan resep siomay ikan sediakan bahan – bahan yang dibutuhkan misalnya saja kembang tahu, udang, ikan tenggiri segar, tepung sagu, bawang merah, garam, udang cincang, wortel, bawang putih, untuk membuat siomay.

Sedangkan untuk membuat saus kacang bahan yang dibutuhkan seperti kacang tanah, cabai merah, bawang merah, gula, garam dan jeruk limau. Bahan – bahan yang dibutuhkan ini perlu Anda sediakan atau sesuaikan dengan resep siomay yang dimiliki..

  • Peralatan Bisnis Siomay

Saat membuka usaha siomay ini membutuhkan peralatan untuk membantu membuat siomay dengan mudah. Beberapa peralatan untuk menjalankan usaha siomay ini seperti fine cutter, mesin ini digunakan untuk mengaduk adonan dengan merata.

Dandang untuk mengukus siomay, penghalus bumbu untuk membuat saus kacang, pisau baksom untuk wadah adonan siomay, pisau untuk mengiris bahan, dan beberapa peralatan pendukung lainnya.Sediakan juga peralatan makan dan minum untuk menyajikan siomay pada konsumen, selain itu meja dan kursi untuk konsumen menikmati Resep Siomay Bandung.

  • Konsumen Produk Siomay

Resep Siomay Bandung dengan rasa kenyal dan nikmat ditambah saus kacang yang lezat mampu menggugah selera. Hal ini membuat siomay banyak disukai oleh masyarakat. Dari berbagai golongan dapat menikmati siomay karena memang rasa siomay sangat nikmat dan berkualitas.

Anak – anak sampai orang tua bisa mengkonsumsinya karena harga siomay juga sangat terjangkau bisa dibeli oleh berbagai golongan. Konsumen akan semakin meningkat seiring waktu sehingga membuat bisnis siomay menguntungkan untuk dijalankan.

  • Harga Siomay

Siomay menjadi makanan yang banyak disukai sehingga dengan mudah siapa pun menemuinya. Harga yang terjangkau membuat banyak kalangan memfavoritkan siomay sebagai jajanan nikmat saat santai atau untuk mengganjal perut.

Harga siomay dipasaran berkisar antara Rp. 8.000 sampai dengan Rp. 15.000 per porsi. Harga tergantung dari banyaknya porsi dan bahan baku yang digunakan.

  • Lokasi Bisnis Siomay

Menjalankan bisnis siomay akan mudah mendapatkan konsumen jika lokasi usaha yang ada strategis. Bila mendapatkan lokasi usaha yang ramai dilalui masyarakat tentu bisnis siomay akan semakin cepat laku.

Supaya usaha siomay ini dapat segera terjual maka beberapa lokasi usaha ini sangat tepat untuk dipilih seperti dekat sekolahan atau kampus, dekat dengan perkatoran, pusat perbelanjaan, alun – alun kota dan sebagainya. Pilih lokasi yang belum terlalu banyak penjual makanan atau penjual siomay.

  • Strategi Bisnis Siomay

Setiap usaha membutuhkan strategi yang tepat untuk menjalankannya oleh karena itu buat Resep Siomay Bandung dengan kualitas enak dan promosi yang tepat. Supaya bisa membuat produk siomay disukai masyarakat proses promosi harus dilakukan secara rutin dan tepat.

Dengan membidik target pasar secara tepat. Anda bisa menawarkan Resep Siomay Bandung siomay ini dengan cara mempromosikan dalam memanfaatkan beberapa media baik media social atau media elektronik. Selain itu buatlah tema menarik untuk bisnis siomay yang dijalankan.

Tempat usaha yang menarik dengan tema yang pas akan mampu menyita ketertarikan pelanggan. Buat tempat yang nyaman dan bersih ini akan mampu membuat konsumen nyaman dan mereka bisa saja kembali ketempat Anda untuk menikmati siomay yang dijajakan.

Menjalankan usaha siomay kurang maksimal bila belum dibantu dengan menggunakan peralatan berkualitas. Salah satu peralatan yang akan membantu menjalankan usaha siomay dengan baik dan maksimal ialah mesin fine cutter.

Mesin usaha ini memiliki fungsi sebagai pencampur adonan siomay, bumbu serta daging sampai tercampur menjadi satu dengan baik. Mesin usaha ini menggunakan roda sehingga sangat mudah untuk dipindah – pindahkan. Peralatan usaha ini dibuat dari bahan berkualitas sehingga akan menghasilkan siomay yang nikmat.

selain itu, kami juga akan mempaparkan Resep Masakan Rumah yang enak dan mudah yang bisa dicoba ibu ibu dirumah. Berikut ulasan Resep Masakan Rumahan

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Resep Siomay Bandung, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan judul artikel ini. Sekian artikel dari kami tentang Resep Siomay Bandung , semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

WhatsApp chat