Resep Tahu Gimbal Makanan Dengan Keunikan Gimbalnya

resep tahu gimbal

Pada kali ini saya akan menjelaskan resep tahu gimbal dan cara pembuatannya dengan cara yang mudah, praktis, enak dan dapat kalian coba di rumah. Tapi pertama-tama kita akan bahas dahulu apa tahu gimbal, kemudian keunikannya hingga resep tahu gimbal dan cara pembuatannya dengan cara yang praktis.

Tahu

resep tahu gimbal

Tahu merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar kedelai, yang kaya akan protein dan rendah sodium, kolesterol dan kalori. Makanan ini telah memiliki sejarah hingga 2000 tahun lamanya. Karena efek kedelai baik untuk kesehatan, tahu dianggap sebagai makanan sehat yang jika dikonsumsi bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Gizi Tahu

Tahu memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yang dapat menjadi salah satu pilihan menarik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tahu mengandung sedikit lemak, tetapi kaya akan protein. Selain itu, tahu juga memiliki kadar natrium yang sangat rendah dan hampir tanpa kolesterol.

Dalam hal vitamin dan mineral, tahu merupakan sumber yang kaya zat besi, magnesium, tembaga, fosfor, dan juga memiliki kalsium dan kalium yang baik. Menurut USDA (Departemen Pertanian AS), tahu mengandung zinc, yang merupakan mineral penting bagi kesehatan.

Sementara senyawa organik yang ditemukan di dalamnya terutama terdiri dari isoflavon, yang menjadikan manfaat tahu baik bagi tubuh secara luas. Di balik kandungan nutrisinya, tahu memiliki vitamin C yang signifikan, thiamin, riboflavin, dan vitamin B6. Kandungan dalam tahu juga memiliki asam pantotenat dan niasin dalam jumlah yang lebih sedikit.

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

resep tahu gimbal

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat dari memakan tahu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsinya sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kolesteol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh.

Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini juga merupakan sumber yang baik dari lesitin dan asam linoleat, yang membantu mengatur metabolisme, bersama dengan penguraian dan membuang endapan kolesterol dalam tubuh.

2. Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan protein yang berlebihan dalam urine.

Bukti dari satu penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang hanya mengonsumsi protein kedelai dapat mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani.

Para peneliti mencanangkan bahwa manfaat tahu baik bagi penderita diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Risiko Terkena Kanker Prostat dan Payudara

Tahukah Anda jika rutin mengonsumsi tahu dapat menurunkan resiko kanker?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam tahu mengandung isoflavon yang bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Tidak hanya itu, kandungan selenium memiliki antioksidan yang sangat tinggi dan hal ini mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Fungsi Ginjal

Karena adanya kandungan protein, khususnya protein kedelai, manfaat tahu dapat meningkatkan fungsi kerja ginjal dan bermanfaat bagi orang yang menjalani dialisis atau transplantasi ginjal.

Satu analisis meta dari sembilan percobaan menunjukkan dampak positif dari kedelai pada beberapa biomarker dari mereka yang menderita penyakit ginjal kronis. Ini mungkin karena kandungan proteinnya, tetapi juga karena dampaknya pada kadar lipid dalam darah.

5. Mencegah Anemia

Tahu berfungsi sebagai sumber zat besi yang sangat baik dan dapat membantu untuk mencegah anemia.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehat yang menyebabkan anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di China juga menunjukkan bahwa manfaat makan tahu dapat membantu menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat dari tahu putih dapat membantu mengurangi risiko dari penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi produk olahan kedelai secara teratur dapat menurunkan kadar lemak jenuh bersama dengan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah laporan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa tahu memiliki kandungan natrium yang rendah, yang membuatnya baik untuk penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

7. Mencegah Osteoporosis

Tahu adalah sumber kalsium yang kaya, merupakan bahan utama dalam pembentukan tulang. Inilah mengapa asupan tahu sangat dianjurkan bagi masa pertumbuhan Anak bahkan bagi orang dewasa.

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, terutama di usia tua. Namun jika kalian rutin memakan tahu, dapat memperlambat pengeroposan pada tulang dengan menjaga tulang agara tetap kuat.

8. Mencegah Menopause Dini

Kandungan isoflavon pada tahu ternyata bisa membantu wanita untuk mencegah menopause dini. Biasanya, menopause dini terjadi karena adanya ketidakseimbangan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Namun, adanya isoflavon ini bisa menjaga keseimbangan hormon tersebut. Di dalam tahu, Anda juga bisa menemukan kandungan kalsium yang bisa membuat wanita terjaga kesehatan tulangnya hingga usia lanjut.

9. Kerusakan Hati

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa semua jenis tahu yang telah dikentalkan dengan berbagai koagulan dapat membantu mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Penyakit Jantung

Manfaat makan tahu telah diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Anda yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

11. Kesehatan Otak

Manfaat tahu untuk kesehatan juga dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif untuk wanita usia di atas 65 tahun. Kandungan lesitin yang ada di dalam tahu dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin (PS), yang dapat membantu neuron berfungsi normal.

12. Menjaga Berat Badan

Jika kalian sedang menjalani program diet, tahu dapat kalian jadikan bahan makanan yang dikonsumsi secara rutin. Tak disangka, tahu yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, manfaat tahu untuk diet juga kaya akan nutrisi yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh, sehingga kita pun tidak perlu khawatir akan merasa lesu jika mengurangi porsi makanan.

13. Mencegah Penuaan

Manfaat makan tahu secara teratur ternyata dapat memperlambat proses penuaan. Tahu dapat membantu untuk mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot pada wajah yang sehingga dapat mencegah penuaan.

Cobalah Anda membuat pasta tahu dan mengoleskannya di wajah. Ini Adalah ide yang bagus karena memberi nutrisi pada kulit.

14. Mencegah Rambut Rontok

Selain baik untuk kesehatan kulit, tahu juga dapat mencegah masalah kerontokan karena mengandung keratin, protein penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, Anda bisa menggunakan perawatan rambut dengan bahan yang murah dan alami ini. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan menambahkan tahu pada menu harian.

15. Mengobati Gout

Penelitian menunjukkan bahwa tahu merupakan sumber protein yang lebih banyak disukai oleh banyak orang, terutama untuk pasien penderita gout atau asam urat lebih dari batas normal yang lebih rendah. Namun, mereka disarankan untuk menghindari asupan tahu yang berlebihan.

Tahu Gimbal

resep tahu gimbal

Tahu Gimbal merupakan makanan tradisional yang di dalamnya terdiri dari tahu goreng, irisan kubis, lontong, taoge, telur dan gimbal yang di campur dengan bumbu kacang. Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Khususnya di daerah Semarang, Jawa tengah, yang menjadikan Tahu Gimbal sebagai salah satu makanan khasnya.

Tahu Gimbal ini berbahan dasar dari tahu goreng, irisan kol/ kubis, lontong, telur goreng, gimbal, dan tauge. Gimbal sendiri merupakan udang yang di goreng dengan tepung, bentuknya sepert “Bakwan Udang”. Pada proses penyajiannya, lontong dan gimbal yang di potong kecil dan kemudian di masukan dalam piring. Masukan juga bahan lainnya seperti irisan kol, taoge, dan telur goreng di atasnya. Kemudian di siram dengan bumbu kacang.

Untuk penyedap saat menyantapnya, kita bisa menambahkan kecap bawang goreng, irisan daun bawang, dan sambal. Penyedap tersebut tentunya kita sesuaikan dengan selera kita sendiri. Selain itu untuk menyantapnya sangat pas bila kita santap bersama kerupuk.

Tahu Gimbal ini sekilas hampir seperti Pecel, namun yang salah satu yang dapat membedakannya adalah bahan yang di gunakan. Pada Tahu Gimbal tidak menggunakan sayuran lengkap seperti pecel, namun hanya menggunakan taoge dan irisan kubis/ Kol.

Selain itu yang menjadi ciri khas dari Tahu Gimbal ialah gimbalnya yang dihasilkan dari bakwan udang. Meskipun sama – sama menggunakan bumbu kacang, namun bumbu kacang yang terdapat pada Tahu Gimbal ini lebih encer. Selain itu saus kacang tersebut juga menggunakan Petis Udang, sehingga memberikan cita rasa yang khas.

Tahu Gimbal Khas Semarang

Tahu Gimbal ini sangat mudah temukan di daerah Semarang, Jawa tengah. Karena banyaknya para penjual yang menjajakan baik pedagang kaki lima ataupun warung makan. Apa bila kalian berkunjung ke Semarang dan ini menikmatinya, kalian bisa mencari di daerah taman Semarang/ taman KB, tidak jauh dari simpanglima.

Selain itu di sepanjang jalan pahlawan dan depan masjid Baiturrahman, Semarang juga banyak yang menjajakan tahu gimbal. Di sana banyak penjual yang menjajakan Tahu Gimbal tersebut.

Sejarah

Indonesia tak hanya dikenal dengan geografis serta kultur budaya yang kaya dan unik. Namun juga kaya akan aneka ragam makanan tradisional dengan nama serta kandungan sejarah dibaliknya. Bukan sembarang penamaan, tetapi nama tersebut memiliki arti dan sejarah tersendiri, yang membuatnya tak hanya kaya akan citarasa, tapi juga sarat akan makna, sehingga membuatnya terkenal di mata masyarakat hingga mancanegara.

 

Tahu Gimbal Salah Satu Makanan Unik di Indonesia

1. Kerupuk Melarat, Makanan Tradisional Khas Kota Udang

Siapa yang tak kenal makanan tradisional jenis kerupuk yang satu ini? Kerupuk asal Cirebon yang berbahan dasar tepung tapioka ini memiliki keunikan dalam rasa, bentuk, hingga proses pembuatan. Tak seperti kerupuk pada umumnya yang digoreng menggunakan minyak dalam wajan, kerupuk melarat diolah menggunakan pasir panas dari pegunungan sebagai bahan menggoreng atau disebut dengan teknik sangrai.

Asal mula dari nama unik tersebut adalah, karena pada zaman dulu para pelaku usaha kerupuk melarat merasa kesulitan membeli minyak goreng yang pada saat itu harganya melambung tinggi. Oleh karena situasi itulah, para pelaku usaha berinovasi untuk menekan biaya produksi, tanpa mengurangi kualitas produk.

2. Tahu Gimbal, Sensasi Nikmati Gorengan Bercampur Kuah Petis

Tahu gimbal, makanan tradisional khas kota Semarang ini terdiri dari campuran tahu yang digoreng, dipadu dengan aneka sayuran seperti kol yang dirajang, tauge, telur, serta lontong dan disajikan dengan siraman bumbu kacang encer ini begitu khas, karena menggunakan petis udang sebagai pengencernya.

Namun, apakah Kalian pernah bertanya-tanya, kenapa dinamakan tahu gimbal? Bukan dikarenakan pemiliknya mempunyai rambut gimbal, tetapi gimbal berasal dari sebuah gorengan yang terbuat dari udang yang digoreng dengan tepung sampai kering dan disajikan dengan beberapa pelengkap.

3. Nasi Kucing, Porsi Sejumput dengan Aneka Lauk

Makanan tradisional asal kota pelajar ini bisa dibilang cukup fenomenal. Tak hanya di kota asalnya saja, Yogyakarta, tapi juga di Jakarta. Kita dapat dengan mudah menemukan warung nasi ini di berbagai warung pinggir jalan yang biasa disebut dengan angkringan.

Di daerah asalnya, Yogyakarta, makanan tradisional ini memiliki nama lain, yaitu sego kucing. Biasa disantap malam hari dengan aneka lauk pelengkap, seperti aneka sate dan juga gorengan. Dinamakan nasi kucing karena biasa dibungkus dengan daun pisang ini disajikan dengan porsi yang sangat sedikit.

4. Kerenyahan Dibalik Kue Dollar

Jika mendengar dari namanya, mungkin Kalian berpikir bahwa makanan yang satu ini berasal dari negara Paman Sam. Tapi aslinya, kue berbentuk bulat cokelat ini asli dari Indonesia, yaitu dari Surabaya. Makanan tradisional yang termasuk ke dalam jenis camilan ini termasuk ke dalam oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan saat kita mengunjungi kota pahlawan. Pada awalnya, camilan ini hanya memiliki satu rasa, yaitu gurih dan renyah.

Namun, seiring dengan berkembangnya permintaan, camilan ini memiliki banyak varian rasa, seperti keju, wijen, hingga jahe. Camilan berbahan dasar terigu, telur, dan air ini sebenarnya tak ada hubungannya dengan uang dolar. Asal mula dari penamaannya dikarenakan bentuknya yang seperti koin pipih, karena memang proses pembuatannya yang dicetak menggunakan cetakan besi atau alumunium.

5. Rasa Bahagia Menikmati Roti Tertawa

Ingatkah Kalian dengan makanan tradisional berbentuk bulat ini? Makanan berjenis camilan yang berasal dari Medan ini memiliki bentuk seperti kue onde karena terdapat banyak wijen di seluruh permukaannya. Hanya saja, makanan ini berbahan dasar roti yang digoreng kering dan tanpa isi, sehingga terasa lebih padat. Disebut sebagai roti tertawa, karena terdapat belahan di permukaannya, sehingga terlihat sebuah mulut yang sedang tertawa.

Perbedaan Tahu Gimbal, Tahu Gejrot, Tahu Tek, Tahu Campur Lamongan, Tahu Guling,dan Tahu Kupat

1. Tahu Gimbal

Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Penganan yang berasal dari Semarang ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur, dan gimbal yang dicampur dengan bumbu kacang dengan petis udang.

Rasa gurih, manis, dan pedas dari gimbal bercampur dengan campuran bumbu petis dan kacang menjadikan makanan ini memiliki rasa nikmat yang khas.

2. Tahu Gejrot

Tahu geojrot ini terbuat dari tahu sumedang yang digoreng kemudian dipotong kecil-kecil, lalu dimakan dengan kuah bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan kecap.

Memakaannya pun di atas piring kecil yang terbuat dari tembikar dengan tusuk gigi. Itulah tahu gejrot, makanan khas asal Cirebon yang kini sudah tersebar hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Rasa gurih dari tahu sumedang bercampur dengan rasa kuah yang asam manis serta pedas menjadikan cita rasa yang khas dan unik.

3. Tahu Tek

Merupakan makanan khas Surabaya. Hal ini disebut tahu tek dikarenakan gunting yang digunakan oleh penjualnya untuk memotong-motong tahu dan bahan lainnya dibunyikan terus seolah memotong sehingga berbunyi “tek… tek… tek…”

Tahu tek terdiri dari tahu yang digoreng hingga setengah matang yang disiram dengan bumbu petis. Tahu tek juga sering diberi pelengkap lontong yang dipotong kecil-kecil, kentang goreng, tauge, dan sedikit timun.

4. Tahu Campur Lamongan

Berasal dari Lamongan, Jawa Timur, tahu campur lamongan merupakan sajian yang terdiri dari campuran berbagai macam makanan, yaitu tahu, singkong, mie kuning atau soun, tauge, selada, daging tetelan dan kikil, diberi kuah yang dicampur dengan sambal petis. Kuahnya sendiri menggunakan bumbu-bumbu ketumbar, jinten, kencur, kunyit, dan daun jeruk purut.

5. Tahu Guling

Sekilas agak mirip dengan Tahu Kupat dan Kupat Tahu, namun setelah dibuka-buka akan menemukan banyak perbedaan. Tahu Guling khas Yogyakarta ini berbahan dasar sama yakni ketupat, tahu yang digoreng, dengan tambahan kol, tauge, dan bakwan. Bedanya Tahu Guling ada tambahan tempe goreng, sedangkang kuahnya hitam bening kecoklatan dan tidak ditambahi kacang.

6. Tahu Kupat

Tahu Kupat khas solo ini memang agak mirip-mirip dengan Kupat Tahu Khas Magelang. Sama-sama berbahan dasar ketupat dan tahu putih yang telah digoreng. Tambahannya juga sama berupa irisan kol, tauge, bakwan dan mi. Bedanya adalah kuahnya coklat bening kehitaman dengan tabuhan kacang goreng utuh.

 

Resep Tahu Gimbal

Bahan

  • 1 buah tahu cina, potong 2×2 cm
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr kol, diiris tipis, seduh sampai layu
  • 2 tangkai seledri, diiris halus untuk taburan
  • 2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
  • kerupuk udang kecil untuk pelengkap
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Gimbal Udang

  • 300 gr udang, dikupas
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr tepung beras
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 2 butir telur, dikocok lepas bubuk
  • 150 ml air

Bahan Saus (per Porsi)

  • 2 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt petis
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 30 gr kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
  • 2 sdt kecap manis
  • 2 sdt air asam jawa
  • 75 ml air

Cara Membuat Tahu Gimbal

  1. Rendam tahu dalam air dan garam. Diamkan 5 menit. Goreng sampai matang. Sisihkan.
  2. Gimbal udang, aduk tepung beras, tepung terigu, garam, merica bubuk, dan air. Tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan udang. Aduk rata. Ambil 1 sendok sayur adonan. Goreng sampai matang. Sisihkan.
  3. Untuk membuat saus, haluskan cabai rawit, petis, gula merah, bawang putih, dan garam. Masukkan kacang tanah, ulek rata. Tambahkan kecap manis, air asam, dan air sambil diulek sampai tercampur rata.
  4. Tata potongan tahu, kol, dan gimbal udang. Siramkan saus. Taburi seledri dan bawang goreng. Sajikan bersama kerupuk udang.

Sekian postingan penjelasan tentang resep tahu gimbal hingga cara pembuatannya dengan cara yang mudah, praktis, pastinya enak dan dapat kalian coba di rumah. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita. Kalian juga dapat melihat Cara Membuat Pasta dengan cara yang praktis!

× Whatsapp Kami!