Mesin Perajang Rumput – Bunga rumput hias atau rerumputan berbunga sering digunakan di pekarangan rumah sebagai bahan penutup tanah untuk menciptakan lanskap yang indah dan mewah.

Selain taman, halaman rumah juga menjadi salah satu area indoor yang sering ditanami bunga rumput hias. Taman yang asri dan halaman yang hijau tentu membuat penghuninya semakin merasa nyaman dan membuat rumah jadi enak di pandang.

Ada banyak jenis bunga rumput hias untuk rumah minimalis. Rumput peking dan rumput gajah mini merupakan contoh rumput taman minimalis.

Sebenarnya ada banyak jenis rumput yang biasa digunakan untuk taman dan pekarangan. Rerumputan ini memiliki satu kesamaan yaitu tidak berbunga, namun kali ini kami akan memberikan contoh beberapa bunga rumput hias atau rumput hias yang bisa berbunga.

Beberapa Bunga Rumput Hias

Jika Anda bosan dengan rumput yang terkesan monoton, Anda bisa menggunakan rumput yang bisa berbunga. Berikut beberapa di antaranya.

1. Rumput Oat Hijau (Helictotrichon sempervirens)

Memiliki daun berwarna hijau kebiruan dengan tekstur kering dan gemerisik, rumput ini akan menambah segarnya udara di taman area rumah anda.

Rumput oat hijau memiliki daun yang cenderung runcing dan tumbuh paling baik jika mendapat banyak sinar matahari di lokasi yang dianggap bermasalah karena banyak tanaman yang terbakar oleh sinar matahari.

2. Rumput Hutan Jepang (Hakonechloa macra ‘Aureola’)

Berasal dari Jepang, rumput ini bisa mencapai ukuran 30 hingga 45 cm dan membutuhkan sinar matahari pagi selama 4 hingga 6 jam setiap harinya.

‘Aurealoa’ adalah kultivar dengan daun bergaris kuning yang berubah warna menjadi oranye tembaga yang indah di musim gugur. Bunga rumput ini tumbuh setinggi 12 hingga 18 inci dengan kebiasaan pertumbuhan melengkung yang anggun.

3. Rumput Lyme Hijau (Leymus arenarius)

Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan sangat cepat jika ditanam langsung di tanah terbuka sehingga menanamnya di dalam pot adalah pilihan yang tepat.

Lyme Hijau memiliki daun berbentuk pedang dengan ujung yang lancip. Rumput asal Inggris ini memiliki warna pirus dengan tampilan menawan.

4. Rumput Air Mancur Ungu (Pennisetum setaceum ‘Rubrum’)

Dedaunan berwarna ungu atau merah anggur dan bunganya lembut dan berbulu halus (diikuti kepala biji bunga ungu). Daun bunga rumput ini mekar dan berguguran seperti air mancur sehingga bila ditanam di dalam pot akan terlihat sangat indah.

Menanam rumput air mancur ungu sangatlah mudah. Meski bisa ditanam hampir kapan saja, musim semi adalah waktu terbaik untuk menanam. Rumput ini sebaiknya ditempatkan di lokasi yang cerah dengan tanah yang memiliki drainase yang baik.

5. Feather Reed Grass (Calamagrostis x acutiflora ‘Karl Foerster’)

Jenis ini merupakan salah satu rumput hias yang paling mudah beradaptasi dan populer untuk ditanam di pekarangan rumah.

Memiliki bunga yang panjang dengan bulu-bulu halus yang tumbuh di kuncupnya, daun rumput ini berwarna hijau muda dengan sentuhan warna coklat, menciptakan highlight yang menarik jika ditanam di dalam pot. Meskipun ia membutuhkan perlindungan dari sinar matahari yang terik, ia dapat bertahan hidup di musim dingin.

6. Rumput Perak Jepang (Miscanthus sinensis ‘Morning Glow’)

Rerumputan yang sangat populer, rumput perak Jepang akan menambah sentuhan cerah pada taman Anda dengan daunnya yang berwarna keperakan.

Warna rerumputan berdaun halus ini hijau dengan sedikit warna perak pada bagian kuncupnya. Pilihan lainnya yang cocok termasuk M. sinensis ‘Autumn Morning’ M. sinensis kental ‘Kosmopolitan’, dan Miscanthus sinensis Variegatus’.

7. Bambu Muhly (Muhlenbergia dumosa)

Bambu Muhly adalah rumput hias asli California dan Arizona. Rumput ini memiliki daun yang menyerupai batang bambu.

Warna daun ini hijau muda. Rumput hias ini dapat tumbuh subur di bawah terik matahari dan dapat bertahan hidup tanpa banyak perawatan jika di taruh dalam pot.

× Whatsapp Kami!