Ada banyak bahan baku pembuatan pakan ayam yang bisa Anda racik sendiri di rumah. Bahan campuran pakan ayam petelur ini bisa diperoleh dari pasar atau limbah pertanian seperti dedak padi, jagung, sorgum, bungkil kedelai, dan lain-lain. Campuran bahan pakan ayam yang berkualitas harus memenuhi syarat nilai gizi seimbang. Karena ayam petelur tidak bisa kenyang, makanan sebanyak mungkin akan menghambat pertumbuhannya.

campuran pakan ayam petelur

Campuran pakan ayam yang benar dan produktif

Peternak biasanya menyiapkan campuran pakan untuk ayam petelur dari konsentrat, jagung dan dedak. Kombinasi ketiga bahan utama ini diyakini dapat memberikan nutrisi terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ayam petelur sehingga memaksimalkan produktivitas ayam petelur.

Di bawah ini adalah bahan utama campuran pakan rumahan untuk ayam petelur yang mengandung unsur hara yang sebenarnya dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas ayam petelur, misalnya.

1. Konsentrat telur ayam

Konsentrat merupakan sumber energi makanan dan protein yang dapat digunakan dalam campuran pakan lainnya. Bahan campuran ini bermanfaat untuk meningkatkan nilai pakan yang nilai gizinya rendah, sehingga ayam petelur tetap mendapat pakan yang seimbang. Dalam pemberian pakan ayam petelur, fungsi pakan konsentrat adalah membantu meningkatkan bobot ayam, meningkatkan produktivitas ayam, meningkatkan daya cerna, memenuhi kebutuhan protein dan meningkatkan efisiensi penggunaan pakan.

Meski konsentrasi memegang peranan yang sangat penting, namun tidak disarankan memberikan makanan ini dalam jumlah yang terlalu banyak. Karena harganya yang mahal, maka harus dicampur dengan bahan nutrisi lain sesuai takarannya.

2. Jagung Giling

Selain dimakan sebagai makanan manusia, jagung dapat diolah sebagai sumber energi ayam petelur. Pakan jagung hanya mudah dicerna oleh ayam, sebaiknya jagung digiling menjadi bubuk halus untuk dimakan langsung atau digunakan sebagai campuran pakan ayam.

Jagung suwir merupakan salah satu campuran pakan ayam yang banyak digunakan oleh para peternak karena mengandung nilai gizi yang diperlukan untuk perkembangan ayam, kesehatan ayam dan produksi telur. Manfaat pemberian jagung pada ayam petelur antara lain melancarkan pencernaan, menjaga berat badan, memperkuat tulang, serta sebagai sumber energi agar ayam tetap aktif dan memproduksi telur secara optimal.

3. Dedak

Tepung yang baik adalah pakan ayam petelur yang berasal dari sisa penggilingan padi.Pakan ayam jenis ini mudah didapat karena banyak tersedia dan harganya biasanya murah. Tak heran jika dedak sering dijadikan pakan ayam. Meskipun bekatul tinggi karbohidrat dan merupakan sumber energi, namun pemberian bekatul sebaiknya dibatasi karena mengandung serat kasar dan senyawa asam fitat yang dapat menurunkan kecernaan pakan.

Pakan konsentrat dan jagung dapat diberikan dengan dedak, namun komposisi dedak harus sesuai dengan takaran yang ditentukan, agar ayam petelur dapat berkembang dengan baik dan produksi telur tetap optimal. Setelah mengetahui bahan dasar pakan ayam broiler terbaik, langkah selanjutnya adalah menyiapkan campuran pakan dari bahan-bahan tersebut di atas. Caranya sangat sederhana, petani hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya saja.

Tentunya untuk mencapai hasil yang maksimal maka kualitas makanan yang ditawarkan harus terjamin. Jika ada keinginan untuk menghasilkan makanan yang berkualitas, maka tentunya akan lebih baik jika makanan tersebut disiapkan sendiri. Menggunakan bahan-bahan pilihan Anda. Ini adalah salah satu cara membuat pakan ayam agar cepat tumbuh. Untuk mempermudah hal ini, Anda bisa memanfaatkan Mesin Pembuat Pakan Ayam modern. Jadi, dengan menggunakan Mesin Pembuat Pakan Ayam ini  memungkinkan Anda untuk membuat pakan ternak ayam Anda sendiri tanpa harus mengkhawatirkan kualitas pakan tersebut.

Beginilah cara pembuatan pakan ayam petelur dari konsentrat, jagung, dan dedak halus. Ketiga bahan ini biasa digunakan dalam pembuatan pakan majemuk karena memiliki nilai gizi pelengkap bila diberikan dalam takaran yang tepat.

 

× Whatsapp Kami!