Jenis biji kopi di Indonesia sangatlah beragam, biji kopi ini pun ada yang unik dan masing-masing biji kopi tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan itu bisa kita rasakan dari aroma, rasa, kadar kafein,dan after taste setelah kita meneguk kopi tersebut.  Karakteristiknya yang berbeda itulah para pecinta kopi ingin menambah wawasan lebih jauh tentang kopi.

Sebelum kita menggali lebih jauh tentang jenis kopi yang ada di Indonesia, terdapat 2 jenis kopi yaitu Arabika dan Robusta.

Dimulai dari jenis Kopi Robusta yang banyak diminati oleh kalangan muda . Kopi jenis Robusta ini tumbuh di dataran rendah. Lokasi yang baik untuk menanam atau budidaya tanaman ini pada ketinggian 400 sampai 800 mdpl.

Kopi Robusta cocok  ditanam di daerah tropis yang basah. tanaman kopi ini berbuah pada umur 2 sampai 5 tahun. Menghasilkan tanaman kopi ini yang baik membutuhkan pengeringan 3 sampai 4 bulan dalam setahun.

Untuk Kopi Arabika biasanya tumbuh diatas ketinggian 500 mdpl.  Untuk suhu lingkungan yang cocok untuk tanaman kopi ini sekitar  15 sampai 24 derajat dan untuk ketingggian biasanya ditanam di ketinggian  1. 000 sampai 2. 000 mdpl.

 

Kunjungi Juga:https://www.rumahmesin.com/

Perbedaan Kopi Arabica dan Robusta

jenis biji kopi

Berikut kami berikan perbedaan antara  kopi robusta  dan arabika

Kopi Arabika:

  • Biji Kopi Arabika berbentuk oval dan ukurannya lebih besar dari biji kopi robusta
  • Kadar kafein yang ada di Kopi Arabika lebih rendah hingga 2 kali lipat dibandikan kopi robusta
  • Tingkat keasaman Arabika lebih tinggi juga dibandingkan Robusta.

Kopi Robusta:

  • Bentuk dari biji kopi Robusta adalah bulat dan lebih kecil dari biji kopi Arabika
  • Kadar kafeinnya juga lebih tinggi dibandingkan Arabika
  • Rendah nya tingkat keasaman yang dimiliki kopi Robusta dibandingkan Arabika
  • Dan untuk kadar gula nya sangat rendah dibandingkan Arabika.

 

Jenis Biji Kopi Asal Indonesia

Kopi Aceh Gayo

Semua orang pasti kenal dengan kopi Aceh Gayo yang sudah terbukti atas kenikmatannya bukan?. Kopi dari Gayo Aceh Tengah ini menjadi jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat lokal dan tidak sedikit pula yang mengekspornya.

Karakteristiknya yang berbeda dengan kopi lain,keunikan dan kekhasan aroma yang berbeda dengan biji kopi lain di Indonesia.  Kopi Gayo menghasilkan jenis kopi Arabika terbaik.  kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dari biji kopi yang lain dengan tingkat keasaman yang lebih rendah.

Aromanya yang khas yaitu sangat tajam menjadikan jenis kopi ini  banyak disukai orang. Terbukti jika kopi ini menjadi penghasil kopi terbesar di Asia.

 

Kopi Luwak

Jenis biji Kopi satu ini tak hanya terkenal di Indonesia,bahkan sampai mendunia juga.  Kopi yang berasal dari kotoran hewan luwak ini dinobatkan sebagai kopi ter mahal di dunia.  Selain karena rasanya yang unik dan khas, kopi luwak menjadi mahal dikarenakan prosesnya yang unik dan sulit.

Kopi harus dimakan terlebih dahulu oleh luwak yang mana hewan ini tak boleh di kandang kan dan itu harus makan atas keinginan luwak sendiri.  Baru setelah luwak mengeluarkan kotoran yang mengandung biji kopi, kopi luwak siap diolah.  Karena Itulah yang membuat kopi luwak ini jarang dihasilkan ketika tidak ada luwak yang Kopi Sumatera.

 

Biji Kopi Sumatera

Kopi Sumatera yang paling disukai/terkenal berasal dari Sumatera Utara. yaitu ada 3 jenis kopi antara lain kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling.  Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat.  Bisa dikatakan paling kompleks dan berat di antara jenis kopi yang tersebar di dunia.  Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik dengan aroma rempah dan juga earthy.

Tekstur yang dipunyai oleh Kopi Sumatera yaitu halus dan berbau tajam.  Itulah mengapa kopi Sumatera menjadi salah satu kopi paling laris.

Didalam proses Kopi Sumatera terbagi dalam dua cara yaitu proses dry processed dan semi washed.  Ditanam di ketinggian dengan kontur tanah ter cipta kopi Sumatera yang berkualitas terbaik bahkan di mata Internasional.

 

Biji Kopi Bali Kintamani

Jenis biji kopi yang berasal dari Kintamani Bali yang sejuk ini memang unik. Cita rasanya yang berbeda dari kopi di daerah lain di Indonesia. Kopi Bali Kintamani ini mempunyai rasa buah-buahan yang asam dan segar. Rasa tersebut bisa ada karena tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain yaitu bebarapa macam sayuran dan jeruk.

Kopi Kintamani Bali ini menggunakan sistem tumpang sari bersama dengan jenis tanaman lain.  Itu sebabnya biji kopi ini meresap rasa buahnya seperti jeruk.  Selain memiliki cita rasa buah, kopi Bali Kintamani ini mempunyai rasa yang tidak berat dan halus/lembut.  Keunikan nya tersebut di dapat dari  geografis nya yang unik juga.

Bagi kalian yang menyukai rasa kopi yang berbeda dan khas, kopi Bali Kintamani bisa menjadi pilihan yang cocok.

 

Biji Kopi Sulawesi

Bisa dikatakan Tanah Toraja adalah daerah yang dikaruniai tanah yang subur untuk tempat kopi bertumbuh dengan kualitas yang tidak kalah enak dari biji kopi daerah lain yang ada di Indonesia.  Rasa yang sangat kuat dan dari kadar asam yang tinggi menjadikan Kopi Toraja diminati banyak orang yang menyukai kopi dengan keasaman tinggi.

Meskipun sering disebut memiliki rasa mirip dengan kopi Sumatera, akan tetapi kopi Toraja memiliki ciri khas sendiri yang tentunya berbeda.  Kopi Toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil,lebih mengkilap dan licin di kulit bijinya.  Meskipun memiliki  rasa asam, kopi Toraja mempunyai aroma bersahaja yang khas.  Menurut para ahli kopi aroma itu yang menjadikan kopi Toraja berbeda dari biji kopi lain dengan karakteristik yang unik pula.

 

Biji Kopi Jawa

Kopi asal Pulau Jawa ini ternyata memiliki keunikan cita rasa sendiri.  Aroma rempah yang timbul secara alami menjadikan kopi jenis ini dinikmati karena memiliki karakteristik yang beda.  Meskipun kopi Jawa tidak sekuat kopi Sumatera dan Sulawesi akan tetapi dari segi cita rasa dan aroma dia tetap memiliki penikmat sendiri karena aroma tipis rempah yang dihasikan.

Membuat penikmat minum kopi terasa lebih unik dan berbeda. Rata-rata kopi Jawa melalui proses giling basah. Itulah yang membuat cita rasanya tidak terlalu kuat. Walau begitu kopi Jawa tetap diminati karena menurut beberapa ahli, tidak semua kopi yang ada di Indonesia mampu menghasikan kopi yang beraroma rempah.

 

Biji Kopi Flores Bajawa

Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang indah sekali, daerah flores ini ternyata juga menghasilkan kopi yang enak juga.  Kopi Flores Bajawa ini kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada.  Kopi Flores Bajawa tumbuh di dataran Flores yang subur walaupun di kelilingi pegunungan, pegunungan ini masih ada yang aktif maupun tidak.  Ternyata tanah tempat kopi ini mengandung kandungan andosols subur dari abu gunung berapi  dari  ternyata membuat  baik untuk menanam kopi. Sehingga cita rasa kopi Flores Bajawa ini nikmatnya tak kalah dengan kopi nusantara lainnya.

Kopi Flores Bajawa biasanya melalui proses semi wash atau bisa dibilang proses giling basah.  Kopi ini memiliki aroma fruity tipis dan sedikit aroma tembakau pada after taste.  Keunikan ini yang mungkin tak bisa didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

 

Biji Kopi Papua Wamena

Kopi yang berasal dari wilayah Timur Indonesia ini tumbuh pada ketinggian sekitar 1. 500m. Menjadikannya kopi dengan cita rasa enteng atau ringan  dan memiliki harum tajam yang nikmat.  Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman rendah, itu dikarenakan letak geografisnya dan struktur tanah tempat kopi ini tumbuh. Untuk membuat kopi ini agar mempunyai kualitas tinggi, para petani menanam kopi ini dengan cara yangh organik dan tidak menggunakan bahan kimia yang bisa saja mempengaruhi kopi yang akan dihasilkan.  Jika kalin menyukai kopi dengan rasa yang lembut dan ringan, serta aroma tajam yang nikmat dengan tekstur yang nyaris tanpa ampas, kopi Papua Wamena adalah pilihan yang tepat untuk anda.

 

Biji Kopi Sidikalang

Sumatera terkenal dengan daerah penghasil kopi terbaik di Nusantara,salah satunya adalah Kopi Sidikalang. Jenis biji kopi ini tumbuh di daerah Sidikalang,Kabupaten Dairi,Sumatera utara. Daerah ini(Sidikalang) terkelal sebagai penghasil biji Kopi Robusta terbaik,karena memiliki kadar kafein yang sangat tinggi yaitu 70 sampai 80 persen. Biji kopi ini tumbuh di Kawasan bukit barisan,dikombinasikan dengan Kawasan sejuk dan dingin,diikuti dengan tanah yang subur. Itu membuat daerah Sidikalang menghasilkan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Kopi ini cocok dikonsumsi untuk kalian yang mempunyai penyakit lambung, itu dikarenakan tingkat keasaman yang dihasilkan kopi Sidikalang ini bisa tergolong rendah bila dibandingkan dengan kopi lain.

 

Biji Kopi Lampung

Kopi Lammpung ini Sebagian besar termasuk golongan kopi Robusta. Kopi ini dibudidayakan  di dataran tinggi yang bisa kita temukan di lampung barat,daerah Tanggamu,dan Lampung Barat. Robusta Lampung termasuk unggulan Nusantara untuk diekspor ke luar negri. Kopi Lampung ini pembudidayaan-nya sudah ada sejak tahun 1841. Menurut pecinta kopi sendiri rasa dari kopi Lampung lebih cenderung beraroma coklat.

Kami juga memberikan informasi tentang biji kopi yang unik. Tapi kali ini kopi yang unik dan khas tidak hanya berasal dari Indonesia namun dari berbagai negara. berikutd biji kopi nya

 

Biji Kopi Liberika

Yang pertama ada kopi Liberika,tanaman kopi ini berasal dari Liberia,Afrika barat. Kopi ini awalnya termasuk golongan kopi Robusta,akan tetapi para ahli kopi dan ilmuwan menyatakan bahwa kopi liberika ini termasuk golongan spesies sendiri yang diberi nama “Coffe Liberica” . Itu dibedakan sendiri bukan tanpa sebab,karena sifat-sifat kopi ini tidak sama dengan kopi robusta.

Kopi liberika mempunya karakteristik yang sangat khas yaitu ukuranya yang lebih besar dari kopi Robusta dan Arabika,tumbuhan kopi ini juga bisa tumbuh 9 meter dari tanah dan itu mirip seperti buah Nangka,aroma nya juga sangat menyengat.

 

Biji Kopi Excelsa

Kopi Excelsa yang satu ini berasal dari Afrika Barat. Tanaman kopi ini bisa tumbuh sampai 8 meter,mempunyai cabang primer 3-12 cabang dan tanaman ini berbunga dua kali dalam setahun. Kulit dari buah kopi Excelsa sangat lembut sehingga pengupasan dapat dilakukan dengan tangan saja. Untuk karakter dari kopi Excelsa ini aromnya kuat,tajam,dan kental.  Mempunyai perpaduan rasa manis,asam,asin,diikuti juga dengan rasa gurih dan sepet. kadar kafein yang dihasilkan tidak terlalu tinggi,masih dibawah robusta. Aromanyapun juga unik ada yang bilang aroma manga,pisang rebus,dan ada juga yang bilang seprti buah Nangka. Biasanya orang-orang menyampur dengan biji kopi lain agar rasanya lebih keluar atau enak.

 

Biji Kopi Java Mocha

Kopi Java Mocha ini tidak 100% dari jawa saja,namun kopi ini campuran antara kopi Arabika Jawa dan Kopi Arab yang berasal dari Yaman. Campuran kopi ini bisa dikatakan campuran yang sangat klasik. Karakteristik dua biji kopi ini saling melengkapi. Ketika dua kopi ini digabung membuat rasa menjadi kompleks tapi tetap seimbang.

 

Biji Kopi Kona

Kopi Kona adalah tipe kopi yang tumbuh besar di lokasi Kona, Big Island, Hawaii.  Jenis biji kopi ini dilindungi secara hukum menegaskan bahwa cuma kopi yang ditanam di daerah khusus bisa di menjual sebagai Kopi Kona. Serta kopi ini tipe kopi gourmet yang sangat mahal serta harga jual yang tinggi di pasaran.  Kopi ini terkenal karena membawa kualitas yang tinggi berkelanjutan.  Kualitas yang ketat yang diberlakukan di Hawaii menegaskan bahwa cuma kopi paling baik yang di menjual di bawah label Kona.

Kopi ini tumbuh di bagian lereng Mauna Loa danj juga tumbuh di Mount Hualali, Big Island.  Tanaman ini dikelola secara Intens,.  Petani biasanya menentukan mengolah sendiri buah kopi mereka, atau mereka bisa bekerja bersama dengan bersama dengan petani lain di layanan pemrosesan yang makin lama besar yang akan menanggulangi sistem pengeringan serta penyangraian biji.

Kopi Kona tipe 1 adalah buah bersama dua biji, dan juga dibagi menjadi lebih dari satu kelas.  Kopi Kona Tipe 2 yakni buah bersama dengan satu biji, di kenal sebagai peaberry.  Produk ini dibagi menjadi lebih dari satu kelas, berdasarkan kualitasnya.  Kelas yang lebih rendah,yaitu Tipe 3, tidak bisa di jual di bawah label Kona.  Penyebab kopi Kona bisa mahal,karena sering terdapat banyak perusahaan yang menjual campuran Kona.  Kombinasi ini membuat  persentase kopi Kona yang kecil, serta biji kopi lebih tidak mahal tersedia didalam persentase yang makin lama besar.  Bahkan terhitung tersedia kombinasi yang cuma 10%-nya adalah kopi Kona.  Kualitas kopi kombinasi atau campuran itu bisa bervariasi tergantung pada kuantitas biji Kona yang serta biji yang lebih tidak mahal yang dipakai untuk mengisi kombinasi.

 

Kopi Nicaraguan

Nikaragua terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di Amerika Tengah.  Kualitasnya digadang-gadang sebagai jenis kopi terbaik yang ada di dunia karena tanah vulkanik nya yang subur dan iklim daerah pegunungan yang cocok untuk perkebunan kopi jenis arabika.

Umumnya, Kopi Nicaraguan mempunyai tingkat keasaman yang sedang dengan aroma mirip seperti jeruk dan karamel. Rasanya sendiri terasa sedikit pahit tapi masih ada aftertaste yang seimbang.

Kopi Jamaika

Di seluruh dunia, jenis biji kopi ini termasuk jenis kopi terbaik yang pernah ditanam. Di negara Jamaika, kopi ini biasa dikenal dengan Jamaica’s Blue Mountains. Karena ditanam di pegunungan yang Blue Mountains. Jika kalian berkunjung ke Blue Mountains bisa mendapati berbagai macam kafe.

Disana ada beberapa restoran kecil hingga kedai kopi di sepanjang jalan.  Cita rasa dari Kopi Jamaika sangat unik karena tidak pahit ,mempunyai cita rasa ringan,dan hampir menyerupai krim.

 

Manfaat kopi

1.Meningkatkan energi

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningktkatkan energi dan melawan rasa ngantuk. Para peneliti menyimpulkan bahwa kafein bisa melindungi sel otak manusia,dan itu bisa menurunkan resiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

 

2.Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Kandungan Alkaoid  Trigonelin dan Klorogenik dapat mengurangi kadar Insulin dan Glukosa

Menurut penelitian di Australia.

 

3.Mencegah Depresi

Menurut para peneliti di Harvard School Of Public Health jika kalian meminum 3 cangkir kopi dalam sehari maka resiko untuk depresi menurun 15%.

 

4.Mempertahankan Berat Badan

Kafein yang ada di kopi hitam dapat mempercepat proses metabolisme dan pembakaran lemak tubuh.

 

× Whatsapp Kami!