Keripik tempe balado adalah camilan yang cocok untuk menemani waktu santai Kamu. Keripik tempe balado memiliki tekstur renyah dan rasa pedas yang menggugah selera. Namun, tidak semua keripik tempe balado yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang baik.

Terdapat beberapa hal yang harus Kamu perhatikan dalam memilih, membuat, dan menyimpan keripik tempe balado agar tetap enak dan tahan lama. Nah, artikel ini akan memberikan tips dan trik tentang cara membuat keripik tempe balado yang enak dan renyah dengan menggunakan mesin perajang keripik tempe.

Memilih Keripik Tempe Balado yang Berkualitas

Salah satu hal yang harus Kamu perhatikan dalam memilih keripik tempe balado adalah kualitasnya. Keripik tempe balado yang berkualitas memiliki ciri – ciri sebagai berikut.

1. Bahan baku

Keripik tempe balado yang berkualitas menggunakan bahan baku yang berkualitas juga, yaitu tempe yang segar, padat, tidak berbau asam atau busuk, dan tidak berjamur. Tempe yang baik memiliki warna putih bersih atau kekuningan, tekstur padat dan elastis, aroma khas tempe yang harum, dan rasa gurih dan sedikit manis. Selain itu, keripik tempe balado yang berkualitas juga menggunakan tepung yang cocok untuk melapis irisan tempe, seperti tepung beras, tepung sagu, atau tepung tapioka.

2. Bumbu

Keripik tempe balado yang berkualitas menggunakan bumbu yang sesuai dengan selera dan kesehatan Kamu. Bumbu keripik tempe balado terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula pasir, dan cuka. Bumbu ini dihaluskan dan ditumis hingga harum dan matang. Bumbu keripik tempe balado memberikan rasa pedas dan asam yang nikmat pada keripik tempe.

3. Cara pengolahan

Keripik tempe balado yang berkualitas menggunakan cara pengolahan yang baik dan benar. Cara pengolahan keripik tempe balado meliputi perajangan tempe dengan mesin perajang keripik tempe, pencelupan adonan tepung dan bumbu, penggorengan keripik tempe dengan minyak panas hingga kering dan keemasan, dan penaburan bumbu balado di atas keripik tempe. Cara pengolahan ini bertujuan untuk mendapatkan keripik tempe balado yang renyah, gurih, pedas, dan enak.

4. Kemasan

Keripik tempe balado yang berkualitas menggunakan kemasan yang baik dan benar. Kemasan keripik tempe balado harus tertutup rapat, bersih, kering, dan tidak mudah robek. Kemasan keripik tempe balado juga harus memiliki label yang jelas dan lengkap, seperti nama produk, merek, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, komposisi bahan baku, nilai gizi, nomor izin edar, dan kontak produsen.

Untuk membedakan keripik tempe balado yang baik dan buruk, Kamu dapat melihat warna, tekstur, aroma, dan rasa. Keripik tempe balado yang baik memiliki warna keemasan atau merah terang, tekstur renyah dan tidak lembek atau keras, aroma pedas dan harum, dan rasa pedas dan asam. Keripik tempe balado yang buruk memiliki warna pucat atau gelap, tekstur lembek atau keras, aroma asam atau tengik, dan rasa pahit atau hambar.

Membuat Keripik Tempe Balado Sendiri di Rumah

Jika Kamu ingin membuat keripik tempe balado sendiri di rumah, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan – Bahan:

  • 500 gram tempe
  • 50 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 100 ml air
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 100 gram cabe merah
  • 50 gram bawang merah
  • 25 gram bawang putih
  • 2 buah tomat
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan cuka

Cara Membuat:

  1. Potong tempe menjadi irisan tipis dengan menggunakan mesin perajang keripik tempe. Atur ketebalan irisan pada mesin perajang keripik tempe sesuai dengan selera Kamu, misalnya 0,5 mm hingga 2 mm.
  2. Campurkan tepung beras, tepung sagu, tepung tapioka, telur, air, dan garam dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga semua campuran membentuk adonan yang kental serta licin.
  3. Celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung hingga terlapisi secara merata. Angkat dan tiriskan kelebihan adonannya.
  4. Goreng irisan tempe dalam minyak panas hingga kering dan keemasan. Angkat dan tiriskan minyak berlebihnya.
  5. Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula pasir dengan blender atau cobek.
  6. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum dan matang.
  7. Tambahkan tomat yang telah dipotong-potong kecil. Aduk rata dan masak hingga tomat lunak dan meleleh.
  8. Tambahkan cuka sesuai selera. Aduk rata dan angkat bumbu balado.
  9. Taburkan bumbu balado di atas keripik tempe secara merata.
  10. Keripik tempe balado siap disajikan atau disimpan untuk camilan nanti.

Menyimpan Keripik Tempe Balado

Agar keripik tempe balado tetap enak dan tahan lama, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Berikut adalah tips untuk menyimpan keripik tempe balado agar tetap enak dan tahan lama.

1. Simpan dalam Wadah yang Rapat

Setelah kamu membuat atau membeli keripik tempe balado, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang rapat dan kedap udara. Gunakan wadah plastik atau toples dengan penutup yang rapat untuk mencegah udara masuk dan menjaga keripik tetap renyah.

2. Perhatikan Kemasan

Jika kamu membeli keripik tempe balado dalam kemasan yang sudah ada, pastikan untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan. Ikuti petunjuk tersebut untuk menjaga kualitas keripik tempe balado dan memperpanjang umur simpannya.

3. Jangan Menyimpan Terlalu Lama

Keripik tempe balado terbaik dikonsumsi dalam waktu yang relatif singkat setelah pembuatan atau pembelian. Meskipun kamu bisa menyimpannya dalam wadah yang rapat, tetapi sebaiknya konsumsi dalam waktu beberapa minggu agar tetap mendapatkan rasa dan tekstur yang optimal.

Demikianlah informasi lengkap tentang cara membuat keripik tempe balado yang enak dan renyah untuk camilan dengan menggunakan mesin perajang keripik tempe. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin membuat keripik tempe balado yang berkualitas.

Terima kasih sudah membaca artikel yang dapat kami tulis pada kesempatan kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya