Inovasi Terbaru Mesin Pembelah Pinang

mesin pembelah pinang

 

Mesin pembelah pinang merupakan alat yang dapat digunakan untuk mempercepat pekerjaan pemecahan buah pinang agar memudahkan pekerjaan petani & produsen, serta membantu mengurangi beban kerja dan memperoleh hasil yang baik.

Mesin ini diharapkan dapat digunakan untuk membelah buah pinang yang kecil dan keras, juga memiliki bilah yang tajam, sehingga buah pinang yang keras sekalipun dapat dengan mudah terbelah.

Spesifikasi Mesin Pembelah Pinang

Dimensi Mesin: 1200 mm x 800 mm × 1200 mm
Rangka: Besi Siku 50/50
Bahan Material: Plat Ester 2 mm dan 1 mm.
Kapasitas: 300 kg/jam.
Penggerak: Diesel Solar 8Pk China.
Harga: Call.

Kami menyediakan mesin pembelah pinang yang efektif dan efisien serta mudah dalam pengoperasiannya. Bagi anda yang kesulitan membelah pinang karena teksturnya yang keras anda bisa menghubungi nomor tersedia.

Pengelolaan Buah Pinang Dengan Mesin Pembelah Pinang

Ada dua periode panen yang bisa diselesaikan. Artinya, bila buah pinang sudah tua biasanya ditandai buah berwarna jingga kemerahan, atau bila dipanen saat masih muda masih berwarna hijau tua kurang lebih 7-8 bulan.

Namun pada proses pascapanen, buah tersebut mengeras dan tidak muda dengan cara direbus, sehingga akan terserang hama dan penyakit. Jika buah pinang sudah seperti ini, petani pinang bisa langsung menjemur buah pinang di bawah terik matahari hingga buahnya berubah warna menjadi coklat dan kulitnya mulai pecah-pecah seperti benang atau rambut.

Setelah buah benar-benar kering, dapat langsung dikupas atau dipotong menjadi dua dengan menggunakan mesin pembelah pinang. Setelah buah pinang dikupas, keringkan kembali langsung di bawah sinar matahari. Ini akan mengurangi jumlah air dalam buah yang menyebabkan tumbuhnya jamur.

Untuk waktu penjemuran benih pinang proses kedua dilakukan selama sekitar 50 jam atau 4 hari. Buah pinang yang masih mengandung banyak kelembapan dapat mempengaruhi harga jual. Setelah buah benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah proses pengemasan.

Untuk kemasannya bisa menggunakan kantong plastik / goni atau kantong batok kelapa. Jika sudah siap untuk didistribusikan, buah pinang dapat didistribusikan ke pedagang, pengepul atau agen, kemudian dikirim ke pabrik pengolahan buah pinang.

Sebelumnya mari kita kenalan dulu dengan Tanaman Pinang.

Tanaman Pinang

mesin pembelah pinang

Batang pinang yang lurus dan ramping memiliki banyak manfaat. Pohon pinang biasanya ditanam di sekitar pekarangan atau di taman. Tanaman ini juga bisa tumbuh di kedua tepian sungai, dengan tinggi 10 sampai 30 meter dan diameter sekitar 15 sampai 20 cm.

Buah pinang memiliki jenis buah yang disebut buah batu atau buah berbiji. Sering disebut buah batu karena lapisan dalam buah.

Atau kulit bagian dalam leci yang tebal dan keras seperti batu. Buah pinang berwarna kuning hingga jingga saat matang. Buahnya juga memiliki bagian biji yang lonjong.

Berbagai Jenis Tanaman Pinang yang Tersebar di Indonesia

1. Pinang Betara

Ada juga spesies pohon pinang yang ada di Indonesia yaitu pinang betara. Betara adalah buah pinang kualitas tinggi paling awal di Indonesia yang berasal dari Jambi. Kebetulan di wilayah desa Betara di Kecamatan Jabung Tanjung Barat di Jambi.

Buah Pinang Betara berukuran lebih besar dari buah pinang biasa dan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Pemilihan tanam pinang dapat meningkatkan pendapatan tahunan yang lebih besar dari pada buah pinang biasa.

Secara umum, permintaan buah ini semakin tinggi karena merupakan komoditas ekspor dan prospeknya diperkirakan akan terus berkembang. Dengan keunggulan Pulau Pinang tentunya dapat meningkatkan pendapatan para pengusaha perkebunan pinang.

Buah muda pohon Betara berwarna hijau tua dan jingga saat dewasa. Bentuk buahnya lonjong, seperti telur dan tempurung kelapa berwarna coklat muda. Pinang Betara berwarna agak coklat. Tanaman ini bisa tumbuh di lahan gambut atau tempat basah.

Keunggulan Pinang Betara

  • Memiliki periode produktif yang lebih cepat, pada usia 4 – 5 tahun jenis pohon ini sudah mulai berbuah dan memasuki masa produktif pada usia 6 – 7 tahun.
  • Produksi buah mencapai 131 butir/tandan
  • Buah ini memiliki berat 47 gram utuh, dengan berat biji kering 8,68 gram
  • Memiliki kandungan tanin 9,79%
  • Produksi kernel/kering/pohon/tahun sebesar 5,70 kg
  • Memiliki potensi hasil kernel/ha sebesar 7,81 ton
  • Tinggi batang 10,28 m
  • Usia tanaman hingga 25 tahun

2. Pinang Bulawan

Pohon pinang juga telah ditetapkan sebagai varietas unggul yang berasal dari Kotamobagu di Provinsi Sulawesi Utara oleh Balai Pertanian Tanaman Kelapa Sawit (Balit Palma) Badan Litbang Pertanian.

Penentuan tersebut berdasarkan hasil studi yang dilakukan dengan peneliti pinang di Mapanget Balim Palma Minahasa Utara. Keunggulan pohon pinang bulawan adalah buahnya yang besar, kandungan tanin yang tinggi dan potensi produksi yang besar.

Distribusi pohon pinang ini meliputi desa Molinow, Mongkonai, Pobundayan dan Bilalang. Pencatatan pohon Belawan Pinang berlangsung pada bulan Oktober 2017 dan telah masuk dalam agenda nasional. Bahkan, pohon pinang Bulawan dikabarkan telah dibidik oleh Jepang.

3. Pinang Merah / Pinang Raja

Pohon pinang dipercaya berasal dari Semenanjung Malaka, Sumatera dan Kalimantan. Batang buah pinang ini ramping, dengan daun majemuk tetap hijau dan daun kemerahan. Buah pinang ini berukuran kecil, lonjong, ukuran 1 cm dan diameter 6 mm. Batang pohon pinang merah tua digunakan untuk santan.

4. Pinang Hutan

Buah pinang ini tumbuh subur di pulau Jawa dan Sumatera. Buah pinang ini tumbuh berkelompok, dengan batang dan buku yang ramping. Pinang hutan dapat tumbuh hingga 2-6 m dengan diameter 2-5 cm. Tanaman yang terletak di darat pada ketinggian 10-1.600 meter diatas permukaan laut dapat tumbuh dengan baik.

5. Pinang Kelapa

Nama ilmiah pohon sirih ini adalah (Actinorhytis Calapparia BI Wendi). Pohon pinang kelapa tumbuh di tanah Sulawesi dan telah menyebar ke seluruh Indonesia. Banyak orang memanfaatkannya sebagai tanaman hias.

Di Pulau Jawa, khususnya Pulau Jawa Tengah, orang disebut Jawar. Namun berbeda dengan bahasa Sunda yang biasa disebut jambe sinagar. Teknik budidaya jenis pinang dapat dilakukan dengan menggunakan biji dan getah.

Alasan penggunaan kata “kelapa” pada pohon pinang bukan karena mirip dengan kelapa, tetapi karena dapat mengalami pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih tinggi dari jenis dan varietas pohon pinang lainnya.

Pohon ini bisa tumbuh di daerah diatas 500 mdpl. Tinggi pohon pinang ini bisa mencapai 20 m atau lebih. Keunggulan lain dari varietas pinang ini adalah bentuk gelarnya yang indah, sehingga dapat menjadi tanaman hias. Selain itu, ekstrak buah pinang juga dapat digunakan sebagai pengganti bedak bayi.

6. Pinang Irian

Pohon Pinang Irian atau nama latinnya (\Prychosperma macarthurii Nicholson adalah tanaman asli Pulau Irian Jaya. Kini Pinang Irian sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, bahkan dijual sebagai tanaman hias di benua Eropa. Buah pinang tumbuh berkelompok, dan tinggi batangnya bisa mencapai 4–5 m.

Biasanya petani menggunakan biji atau tunas anakan untuk membudidayakan tanaman ini. Pinang Irian juga mengandung banyak tanin beracun.

Wajib Tahu, Manfaat Buah Pinang Bagi Kita

Meski pahit, buah pinang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Mencegah gigi berlubang
Pada zaman dahulu banyak orang yang mengunyah buah pinang karena dipercaya dapat menguatkan gigi dengan baik. Buah pinang memang bisa digunakan untuk mengurangi bakteri penyebab kerusakan gigi.

Oleh karena itu buah ini dapat digunakan sebagai obat untuk membuat kesehatan mulut lebih terjaga, terutama untuk menghindari kerusakan gigi.

Mengatasi mulut kering
Mengunyah buah pinang juga bisa menyebabkan keluarnya air liur. Oleh karena itu kebiasaan masyarakat mengunyah buah pinang sangat bermanfaat untuk mengatasi mulut kering.

Perlu diperhatikan disini bahwa mengunyah buah pinang secara langsung pasti akan menimbulkan efek samping. Efek samping tersebut antara lain perubahan warna gigi, sehingga pinang tidak disarankan dikunyah terus menerus.

Membantu menyembuhkan penyakit stroke

Buah pinang dipercaya dapat membantu meningkatkan kemampuan bicara, meningkatkan kekuatan fisik, dan mengaktifkan fungsi kandung kemih. Oleh karena itu, tanaman pinang ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit stroke.

Meningkatkan energi di tubuh
Pinang dapat mengisi kembali energi bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, buah ini sering digunakan sebagai stimulan untuk meningkatkan libido dalam tubuh.

Meredakan gangguan kecemasan
Terakhir, manfaat buah pinang adalah dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental disini mengacu pada gejala depresi yang dialami seseorang. Artinya, buah pinang dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kolesterol yang dapat menyebabkan stres. Oleh karena itu, buah pinang dipercaya dapat membantu meredakan kecemasan seseorang

Dan masih banyak lagi manfaat dari buah pinang disini.

Ternyata Pinang Juga Bisa Dibudidayakan lho…

Berikut ini adalah langkah-langkah menanam buah pinang, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Sebelum menanam pinang, yang harus dilakukan adalah menentukan lahan yang akan digunakan untuk penanaman. Lahan yang akan digunakan harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  1. Lahan berada di ketinggian sekitar 0,1 hingga 1000 mdpl, namun pinang akan lebih cepat berbuah apabila berada di ketinggian dibawah 600 mdpl.
  2. Tingkat keasaman tanah yang baik untuk tanaman pinang yaitu dari ph 4 hingga ph 8.
  3. Kelembapan udara sekitar 50 sampai 90% dan memiliki suhu yang sekitar 20° C sampai 32° C.

Proses Selanjutnya Adalah Pembibitan

Proses penanaman pinang yang kedua adalah membuat bibit pinang. Kamar pembibitan buah pinang terlebih dahulu menyiapkan kantong plastik dan membuat lubang di bagian bawahnya.

Setelah itu, campurkan tanah dan kompos / pupuk dan masukkan ke dalam kantong plastik. Kantong plastik dapat diisi dengan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2/3.

Anda bisa menanam benih di dalam kantong plastik dan menunggu sampai benih tumbuh besar dan berumur 5 bulan.

Setelah Ditanam adalah Pemeliharaan Tanaman Pinang

Perawatan tanaman pinang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan buah pinang yaitu pemupukan, penyiangan dan penyulaman.

Pemupukan dilakukan setahun dua kali, biasanya tahap pertama di awal musim hujan dan tahap kedua di akhir musim hujan. Proses penyiangan dilakukan sebulan dua kali untuk melindungi tanaman dari gulma / rumput yang mengganggu pohon pinang.

Perawatan ketiga adalah penyulaman, yang dapat menghilangkan buah pinang yang tidak sehat atau mati.

Proses Terakhir Yang Paling Ditunggu-Tunggu

Cara panen buah pinang ada dua yaitu memanen buah yang sudah matang dan memanen buah yang masih muda. Panen buah yang masak terlihat dari warna buah yang sudah merah-kuning.

Sedangkan buah pinang muda terdapat dua jenis yaitu buah pinang muda yang bijinya tidak keras dan buah pinang muda yang bijinya terbentuk baik. Demikian yang dapat kami uraikan kepada pembaca sekalian tentang tanaman pinang, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan uraian teknik budidaya yang bisa lengkap.

Peluang Bisnis Dari Budidaya Pinang dan Buahnya

Bisnis perkebunan kelapa sawit (pinang) memang merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Demikian pula usaha tanam pinang juga merupakan salah satu usaha yang paling menguntungkan.

Tidak sulit mengembangkan usaha tanam pinang. Ini dapat dimulai dengan mudah dengan sejumlah kecil dana. Anda bisa memulai usaha tanam pinang di lahan atau pekarangan kecil. Usaha tanam pinang bisa dan cocok untuk semua orang.

Sekarang apabila anda bingung mencari opsi bisnis yang tepat. Dengan tingkat kemauan dan minat yang tinggi, Anda dapat dengan mudah menjalankan usaha tanam pinang ini.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Pinang dan Buahnya

Tanaman pinang sangat baik ditanam di daerah yang beriklim tropis dan subtropis, daerah ini agak basah, bulan basah sekitar tiga sampai empat bulan setiap tahun, dan bulan kering sekitar empat sampai delapan bulan setiap tahun.

Jika anda memilih untuk mengikuti peluang usaha tanam pinang ini, perlu anda pertimbangkan adalah usaha menanam tanaman pinang yang paling menguntungkan. Karena pinang merupakan bahan penting yang paling dicari.

Beberapa Risiko Efek Samping Buah Pinang

Selain berbagai manfaat yang diberikan, banyak penelitian juga yang menunjukkan bahwa buah pinang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Jika buah pinang dikonsumsi dengan cara tertentu (misalnya dengan tembakau.

Maka risiko timbulnya efek samping tersebut lebih besar. Berikut ini adalah beberapa risiko dan efek samping buah pinang yang mungkin terjadi:

1. Menyebabkan Peradangan Pada Mulut

Kebiasaan mengunyah buah pinang dapat menyebabkan radang mulut. Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah pada rongga mulut, seperti pembentukan jaringan parut pada rongga mulut, dan meningkatkan risiko terjadinya kanker rongga mulut.

2. Mengganggu Kesehatan Saraf dan Otak

Kacang sirih mengandung stimulan alami. Zat ini dapat merangsang fungsi otak dan aktivitas saraf. Namun jika dikonsumsi dalam waktu lama, buah pinang akan mengganggu aktivitas saraf dan otak.

Bahkan konsumsi buah pinang yang berlebihan dapat menyebabkan halusinasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah pinang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko gangguan jiwa.

3. Meningkatkan Resiko Kanker

Seperti yang kita ketahui bersama, buah pinang mengandung karsinogen yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan buah pinang dalam jangka panjang dengan cara mengunyah (nyirih) meningkatkan risiko kanker mulut, kanker esofagus, dan kanker tenggorokan.

4. Membahayakan Kehamilan dan Janin

Sejauh ini belum terbukti bahwa pinang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Faktanya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah pinang dapat menyebabkan masalah kehamilan, seperti berat badan janin yang rendah.

Umumnya buah pinang masih dianggap sebagai suplemen herbal atau makanan kesehatan. Namun, tidak disarankan Anda mengkonsumsinya terlalu banyak atau dalam waktu lama, karena belum terbukti buah ini benar-benar aman untuk kesehatan.

Meski jarang terjadi, buah pinang juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi tersebut bisa menimbulkan gejala gatal, mual, diare, dan sesak napas.

Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah makan buah pinang, segera dapatkan pertolongan medis.

 

Tag

Mesin Pembelah Pinang, Produksi Mesin Pembelah Pinang, Inovasi Terbaru Mesin Pembelah Pinang,

× Whatsapp Kami!