Mesin Pembuat abon adalah alat yang berfungsi untuk memproduksi abon dari proses awal hinggai proses akhir.

Anda pasti sudah tidak asing dengan abon. Ya abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Abon ini biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap.

Bentuk abon ini tampak seperti serat-serat kapas, karena abon didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Abon ini adalah makanan kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air. Nah karena itulah abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Selain berbahan dasar daging (sapi, kambing, kuda, babi, dan domba) abon juga bisa dibuat dari bahan lain. Nah abon juga bisa dibuat dengan bahan dasar seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, kepiting rajungan dan udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (camilan).

Di  negara Indonesia, bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat abon biasanya adalah daging sapi. Nah karena itulah orang mengenal ‘abon sapi’.

Selain  menggunakan daging sapi abon juga bisa dibuat dari daging ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing.Di  negara China, abon yang paling lazim adalah abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong.

Nah di indonesia  ada beberapa daerah yang menjadi sentra pembuatan abon sapi. Daerah daerah itu antara lain adalah daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, dan Magelang. Ada juga beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Anda juga bisa melihat produksi abon sapi ini di kota Palembang dan Pontianak. Nah sedangkan sentra pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di daerah Bali, Sulawesi Utara, dan Sumatra Utara.

Nah jika anda ingin mencoba bisnis abon, saya merekomendasikan anda untuk membeli mesin pembuat abon. Dibawah ini beberapa mesin pembuat abon.

Model Dan Spesifikasi Mesin Pembuat Abon

1. Mesin Suwir Daging Abon

Mesin Pembuat Abon

Mesin Suwir Abon Daging adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mencabik daging sapi, kambing, ayam, ikan, ataupun jenis daging lainnya.

Dalam pembuatan abon biasanya proses pensuwiran daging, kualitas abon sangat ditentukan mesin ini. Kualitas dari suwiran daging abon ini adalah tersuwir sempurna, rata ukurannya, dan aman dari kotoran.

Spesifikasi Mesin Pencabik Daging Ikan :

Fungsi:Untuk Mencabik Daging Sapi/Aneka Tuna Untuk Menjadi Abon Ikan Dan Abon Daging.
Dimensi Mesin:500 mm x 300 mm x 800 mm.
Penggerak:Elektro Motor ( Motor Listrik ).
Energi Yang Digunakan:Listrik.
Daya ( Power ):1 HP 1 Phase.
Tegangan Listrik:220 Volt.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Kapasitas Proses:25 Kg / Jam.
Bahan Material Rangka:Stainlees Steel Anti Karat Berstandar Food Grade.
Bahan Material Kontak Produk:Stainlees Steel Anti Karat Berstandar Food Grade.

Berikut video tentang cara kerja mesin pencabik ikan dan daging :

2. Mesin Pemasak Abon

Mesin Pembuat Abon

Spesifikasi Mesin Pemasak Abon K 5 Kg – 10 / Proses:

Fungsi:Untuk Memasak Abon Yang Telah Dicabik Dan Dibumbui.
Dimensi Mesin:500 mm x 450 mm x 700 mm.
Penggerak:Elektro Motor ( Motor Listrik ).
Daya ( Power ):1/4 HP 1 PH.
Tegangan Listrik:220 Volt.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Energi Yang Digunakan:Listrik.
Bahan Material Rangka:Besi Siku / Stainless Steel Anti Karat.
Dilengkapi Dengan:Tempat Adonan Dan Pengaduk Stainless Steel Anti Karat.
Daya Listrik:200 Watt.
Kapasitas Proses:5 Kg – 10 Kg / Proses.

 3. Mesin Spinner Minyak

Mesin Pembuat Abon

Spesifikasi Mesin Spinner Minyak Dan Air Kapasitas 3 Kg – 5 Kg / Proses :

Tipe:SPRM5K.
Dimensi Mesin:550 mm x 400 mm x 600 mm.
Energi Yang Digunkan:Listrik.
Penggerak:Elektro Motor.
Tegangan Listrik:220 V ( 1 Phase ).
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ):1/4 HP.
Kapasitas:3 Kg – 5 Kg / Proses.
Rangka Mesin:Besi Siku / Stainless Steel Anti Karat.
Bahan Material Kontak Produk:Stainless Steel Anti Karat.
Sistem:Centrifuge.
  • Aplikasi / Kegunaan : Untuk meniriskan bawang goreng, abon, kripik, jamur, ceriping agar cepat garing dan kering.

Nah jika anda membeli beberapa mesin pembuat abon diatas anda dapat menghemat waktu dan uang anda. Dengan adanya mesin pembuat abon ini anda dapat membuat abon dengan cepat.

Info Seputar Produksi Abon

Nah kami akan memberikan beberapa informasi seputar produksi abon. Pertama yaitu cara pembuatan abon dengan atau tanpa menggunakan Mesin Pembuat Abon. Dengan bahan dasar daging sapi, ayam dan salah satu jenis ikan untuk membuat abon.

Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu anda, dan bisa juga dijadikan sebagai referensi.

Tips & Cara Membuat Abon Daging Sapi Renyah

  1. Daging sapi dipotong menjadi tetelan daging. Buang lemak dan jaringan ikat dari seluruh permukaannya. Setelah itu potong potong daging dengan ukuran 4 x 4 x 4 cm. Selanjutnya dicuci dengan air bersih, sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.
  2. Daging yang telah dipotong tadi kemudian ditimbang seberat 5kg, atau berapapun sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian rebus potongan potongan daging tersebut dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  3. Setelah didinginkan, tumbuk daging yang telah direbus dengan cobek dan alu, lalu pisahkan serat-seratnya dengan menggunakan garpu. Nah agar hasilnya lebih optimal anda bisa menggunakan mesin pembuat abon.
  4. Timbang bumbu-bumbu yang diperlukan sebagai berikut: 25g ketumbar, 125g kemiri, 350g gula merah, 150g bawang merah, 50g bawang putih, dan 200g garam dapur.
  5. Tumbuk bumbu-bumbu yang telah ditimbang tersebut satu per satu sampai halus, campur dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  6. Timbang daging kelapa seberat 3kg, lalu parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
    Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  7. Kemudian panaskan minyak goreng sebanyak 0.5kg dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang. Masukkan daging yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit kedalam wajan. Goreng sampai kering dan berwarna cokelat muda, lalu tiriskan dan dinginkan di atas.
    Kemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau kemasan lainnya.

Tips & Cara Membuat Abon Daging Ayam Renyah

Bahan – Bahan :

  • Daging ayam 5-10 kg
  • Bawang merah 1 kg, 750 gram dari bawang ini dijadikan bawang goreng
  • Bubuk ketumbar 50 gram
  • Bawang putih 400 gram
  • Lengkuas 50 gram
  • Daun salam 15 lembar
  • Serai 7 potong
  • Gula pasir 750 gram
  • Asam jawa 50 gram
  • Santan kental 2000 ml

Cara Membuat Abon Ayam Yang Gurih Dan Renyah :

1.Penyiapan siuran daging

Daging ayam dipotong-potong kemudian direbus selama 1 jam. Rebus setiap 1 kg daging ayam dengan ½ liter air. Setelah itu, daging ayam disiur-siur dan ditumbuk dengan pelan-pelan sehingga berupa serat-serat halus, agar prosesnya lebih mudah dan efisien bisa dengan menggunakan mesin pembuat abon.

2. Penyimpanan Bumbu Dan Santan

Lengkuas dan serai dipukul-pukul sampai memar. Giling hingga halus bawang merah (350 gram), bawang putih dan ketumbar, kemudian ditumis. Setelah agak harum, ditambahkan santan kental, lengkuas, asam jawa, gula, daun salam dan serai. Masak hingga volume santan tinggal setengahnya.

3. Pemasakan Abon

  1. Siuran daging ayam dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam santan mendidih. Api dikecilkan sekedar menjaga santan tetap mendidih. Pemanasan yang disertai pengadakan dilakukan sampai bahan setengah kering. Hasil yang diperoleh disebut dengan abon lembab.
  2. Kemudian goreng abon lembab di dalam minyak panas (suhu 170°C) sampai garing (bila diremas berkemerisik).
  3. Ambil abon kemudian tiriskan. Penirisan dianjurkan dengan menggunakan Mesin Pembuat Abon – alat peniris sentrifugal, alat pres ulir, atau alat pres hidrolik. Setelah ditiriskan dengan alat peniris sentrifugal, atau alat pres, abon dipisah-pisah.
  4. Abon yang telah ditiriskan dicampur dengan bawang goreng. Hasil yang diperoleh disebut abon ayam.

4. Pengemasan

Kemas abon ayam di dalam kemasan yang tertutup rapat. Kantong plastik merupakan salah satu kemasan yang cukup baik digunakan untuk mengemas abon, atau Anda juga bisa mencicipinya langsung, bisa disantap dengan makanan yang lain atau bisa juga dijadikan sebagai cemilan.

Tips & Cara Membuat Abon Daging Ikan Renyah

1. Ikan Tuna

Bahan Bahan Untuk Membuatan Abon Ikan Tuna :

  • Ikan tuna 10 kg.
  • Jintan 200 gram.
  • Bawang merah 2 kg.
  • Cuka ½ gelas.
  • Bawang putih 1 kg.
  • Garam 250 gram.
  • Irisan lengkuas 500 gram.
  • Kayu manis 4 sendok.
  • Gula pasir 3 kg.
  • Buah pala 3 sendok.

Alat – Alat Yang Dibutuhkan Pembuatan Abon Ikan Tuna :

  • Pisau – Blender.
  • Talenan – Parutan.
  • Wajan – Sendok.
  • Baskom/wadah – Kompor.
  • Sude – Spinner.
  • Panci.

Cara Membuat Abon Ikan Tuna :

1. Penyiangan

Yang pertama adalah proses penyiangan, ikan tuna yang disiangi dipotong potong, lalu dicuci sampai bersih. Ikan disiangi dengan cara dibuang isi perut dan dipotong – potong melintang untuk memudahkan pengukusan, kemudian dicuci sampai bersih.

2. Pengukusan

Yang ke dua adalah proses pengukusan, ikan dikukus sampai matang (untuk memudahkan pengambilan daging dan memisahkan dari tulang dan duri). Sambil menunggu pengukusan, semua bumbu disiapkan ditimbang sesuai dengan kebutuhan. Ikan yang telah dikukus ditiriskan atau didinginkan.

Setelah dingin ikan dicabik – cabik dan memisahkan dengan daging hitamnya, lalu diperas hingga kering kemudian ditumbuk atau diurai hingga menjadi serpihan – serpihan yang halus dengan menggunakan mesin pembuat abon.

3. Pemberian Bumbu

Yang ke tiga adalah proses pemberian bumbu, bumbu – bumbu yang telah dihaluskan lebih dahulu, tumis bumbu sampai mengeluarkan bau yang harum dan setelah mendidihkan, masukkan ikan yang telah dicabik – cabik campurkan semua bumbu dan aduk hingga kering.

4. Penggorengan

 Yang ke empat adalah proeses penggorengan, Daging ikan yang telah dicampur dengan bumbu kemudian digoreng dengan minyak atau tanpa minyak, sambil selalu diaduk – aduk supaya tidak hangus.

Apabila  anda menggoreng ikan menggunakan minyak, daging ikan harus seluruhnya terendam agar diperoleh abon yang kering dan renyah. Penggorengan dihentikan ketika abon berwarna kuning kecoklatan. Setelah kering angkat dan tiriskan/dinginkan.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan yang banyak disukai karena tekstur dagingnya yang enak dan juga bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, kandungan gizinya yang tinggi ini membuat ikan salmon banyak diminati oleh masyarakat. Rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan ikan ini memiliki harga yang mahal.

Bahan – Bahan :
  • 1 kg ikan salmon
  • 300 ml santan kelapa
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam
  • Mentega secukupnya
Bumbu Yang Dihaluskan :
  • 6 siung bawang putih.
  • 10 siung bawang merah.
  • 1/2 sdm ketumbar.
  • 4 butir kemiri, disangrai terlebih dulu.
Bumbu Pelengkap :
  • Garam, gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya.
  • 2 lembar daun salam.
  • Lengkuas seukuran 2 ruas ibu jari, dimemarkan.
  • 2 batang serai (gunakan bagian putihnya saja). Kemudian dimemarkan.
  • 5 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
  • 5 sdm bawang merah goreng.
Cara Membuat Abon Ikan Salmon :
  1. Pertama kita cuci daging ikan salmon sampai bersih. Kemudian balur daging ikan salmon dengJika daging sudah matang, daging salmon bisa segera diangkat dan dan perasan lemon atau jeruk nipis dan juga garam, tujuannya itu untuk menghilangkan bau amis dan juga bisa membuat daging ikan salmonnya menjadi lebih segar.
  2. Setelah itu panaskan air sampai mendidih dan kukus daging ikan salmon tadi supaya bisa mendapatkan daging salmon dengan tekstur yang lembut. Kukus sampai matang, kurang lebih selama 25 menit.
  3. Jika daging sudah matang, daging salmon bisa segera diangkat dan disuwir-suwir dengan menggunakan mesin penggiling sampai mendapatkan serat-serat dagingnya.
  4. Haluskan bumbu-bumbu yang sudah Anda siapkan. Panaskan minyak goreng diatas wajan secukupnya dengan api  yang sedang. Kemudian tumis bumbu yang tadi sudah dihaluskan sampai harum dan matang.
  5. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai. Lalu tumis semuanya sampai aromanya harum. Tuangkan santan, masak sambil terus diaduk sampai mendidih.
  6. Tambahkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan gula merah.
  7. Masukkan suwiran daging ikan salmon dan aduk sampai semuanya tercampur rata.
  8. Tuangkan air asam, masak sambil terus diaduk sampai mengering dan teksturnya sudah sama seperti abon, kalau sudah Anda bisa mematikan kompornya.

Nah itulah beberapa tips & cara agar membuat abon yang renyah.

Dibawah ini beberapa alasan mengapa anda harus membeli mesin dari grosir mesin untuk usaha anda.

Alasan Memilih Mesin Pembuat Abon Dari Grosir Mesin :

  1. Pengalaman kami bertahun-tahun mewujudkan keberhasilan pengusaha abon.
  2. Kualitas dari Mesin yang kami produksi pasti terjamin.
  3. Hasil suwiran dagingnya rata dan lembut.
  4. Mesin Pembuat Abon – Mesin Pemasak Abonnya berkualitas.
  5. Bahan baku contak produk semuanya stainless.
  6. Kualitas dari mesin penggerak pada Mesin Pembuat Abon kami sudah teruji.
  7. Dukungan teknisi dan spare part yag memuaskan.

Informasi Pemesanan Mesin Suwir Abon Daging Grosir Mesin

CS 1:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
CS 2:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.

Grosir Mesin menyediakan Mesin Suwir Daging yang dapat membantu Anda dalam proses pencabikan bahan abon yang berupa daging sapi ataupun ikan.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Suwir Daging.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Grosir Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

× Whatsapp Kami!