Ice Cube Crusher – Mesin Penghancur Es Balok Terbaru 2020

mesin penghancur es balok

Pada kesempatan ini artikel ini membahas mengenai mesin penghancur es balok, penasaran ? simak dibawah ini dengan teliti agar paham penggunaannya.

Mesin Penghancur Es Balok atau yang sering disebut dengan Ice Block Crusher Machine merupakan salah satu mesin pengolahan es yang difungsikan khusus untuk proses penghancuran es, mesin ini bekerja cepat dalam melakukan proses penghancuran es balok, mesin ini sangat cocok anda aplikasikan untuk proses penghancur es balok, dengan mesin ini akan sangat mudah untuk melakukan proses penghancuran es balok.

Cara Pengoperasian Mesin Penghancur Es Balok

Cara pengoperasian mesin penghancur es balok terbilang mudah, karena semua proses pembuatannya otomatis.

  1. Nyalakan mesin dengan cara putar poros engkol sambil melepas kopling (mesin diesel).
  2. Nyalakan mesin dengan cara sambungkan kabel aliran listrik mesin ke sumber listrik yang tersedia lalu tekan tombol ON (mesin motor listrik).
  3. Jika mesin sudah menyala anda dapat memasukkan es balok yang akan diproses.

Macam-Macam Mesin Penghancur Es Balok

1.   Spesifikasi Mesin Penghancur Es Balok Type: VIB-10

mesin penghancur es balok

Mesin Penghancur Es Balok Type: VIB-10

Bahan : Stainless Steel 304
Tegangan : 380V / 3P / 50Hz
Daya(W) : 2200
Berat(Kg) : 48
Penambahan : Dimensi Es Balok: 250×140
Penambahan : Es Batu yang Diproses: 5, 10Kg
Asli : China

Fitur Mesin Penghancur Es Balok Type: VIB-10

Panjang(mm) : 1200
Lebar(mm) : 800
Tinggi(mm) : 1100

2.   Spesifikasi Mesin Penghancur Es Balok Type: VIB-15

mesin penghancur es balok

 

Mesin Penghancur Es Balok Type: VIB-15

Bahan : Stainless Steel 304
Tegangan : 380V / 3P / 50Hz
Daya(W) : 5500
Berat(Kg) : 52
Penambahan : Dimensi Es Balok: 400×140
Penambahan : Kapasitas Produksi: 15 Ton/24 jam
Penambahan : Es Batu yang Diproses: 5, 10, 20, 25 Kg
Asli : China

Fitur Mesin Penghancur Es Balok Type: VIB-10

Panjang(mm) : 1200
Lebar(mm) : 1000
Tinggi(mm) : 1100

Perawatan Mesin Penghancur Es Balok

Untuk perawatan mesin penghancur es balok tidak terlalu rumit. Perawatan mesin sangatlah penting bagi usia atau ketahanan mesin, hasil produksi mesin. Inilah beberapa hal yang bisa kita lakukan:

  1. Setiap selesai mesin digunakan harus dibersihkan dengan air bersih.
  2. Rutin cek ketersediaan Solar.
  3. Kemudian Rutin cek ketersediaan Oli.
  4. Rutin cek Air Radiator.

Kegunaan Mesin Penghancur Es Balok

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mesin penghancur es balok ini. Berbagai manfaat seperti :

  1. Produktivitas dalam menghancurkan es balok semakin meningkat
  2. Tak butuh waktu lama untuk harus menghancurkan es balok dalam jumlah besar.
  3. Pemasangan atau instalasi mesin sangat mudah dan praktis sehingga tidak membuat Anda kesusahan
  4. Pengoperasian mesin penghancur es balok lebih mudah ketimbang menghancurkan es balok secara manual
  5. Tidak mengubah rasa, warna dan kejernihan es balok (Anda harus menggunakan air bersih). Bahkan menggunakan mesin penghancur es balok justru lebih higienis ketimbang manual
  6. Teknisi-teknisi lebih dari 100 orang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu Anda dalam menggunakan alat pembuat es balok dari Rumah Mesin. Anda tak perlu khawatir apabila kebingungan atau mengalami masalah karena kami pastikan aman
  7. Berbagai kapasitas dan ukuran es balok kami siapkan sesuai kebutuhan Anda

Manfaat Penghancur Es Balok :

Ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan penghancur es batu diantaranya

  1. Anda dapat memproduksi es batu serpih yang sudah hancur dengan menggunakan mesin ini. Hasil produksi pun melimpah secara otomatis. Sehingga dengan penghancur es batu ini, Anda dapat menggunakan es batu serpih untuk mengawetkan berbagai jenis seafood dan lain sebagainya dalam jumlah yang besar juga tentunya. Dengan jumlah seafood dan makanan olahan lainnya yang segar dan meningkat, konsumen Anda pun akan senang dan kembali lagi membeli beberapa seafood segar pilihan yang sudah Anda tawarkan. Dengan ini, omset Anda pun tentunya akan meningkat.
  2. Tak perlu khawatir dengan waktu yang Anda butuhkan dalam menghancurkan es batu. Mesin penghancur es batu akan membantu Anda meremukkan es batu hingga berkeping-keping dalam waktu yang lebih cepat ketimbang Anda menghancurkan-nya secara manual. Tentunya, waktu yang Anda gunakan lebih efisien bahkan untuk menghasilkan es batu serpih dalam jumlah yang besar.
  3. Es batu serpih yang dihancurkan lebih merata ketimbang es batu balok. Ini disebabkan ukurannya yang berkeping-keping sehingga lebih merata ke segala tempat dan mampu mendinginkan seafood dan makanan olahan lainnya. Anda pun tak perlu membawa es batu yang berat karena ukuran es batu serpih ini lebih kecil dan tentunya lebih ringan ketimbang es batu balok.
  4. Selain Anda dapat menghasilkan es batu serpih sendiri untuk usaha kuliner yang Anda miliki, Anda pun bisa menyimpan es batu serpih ini untuk Anda gunakan di hari berikutnya atau Anda tawarkan ke rekan bisnis Anda lainnya. Karena saat ini jarang sekali ada orang yang menjual es batu serpih untuk pengawetan seafood dan lain sebagainya. Pastinya akan menambah omset penghasilan Anda lebih besar lagi.

Harga Mesin Penghancur Es Balok

Informasi dan harga mesin penghancur es balok bisa Anda dapatkan melalui kontak kami dibawah ini. Mesin penghancur es balok kami berkualitas dan telah melewati uji coba.

 

Es Balok

Es balok merupakan es yang berbentuk balok dengan ukuran dan berat 12-60 kg/balok. Sebelum dipakai es balok harus dipecahkan terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran.

Es balok merupakan salah satu jenis es yang paling banyak atau umum untuk digunakan dalam pengawetan dengan cara pendinginan ikan karena harganya murah dan mudah dalam pengangkutannya.

Es balok lebih mudah dalam pengangkutannya karena lebih sedikit meleleh. Akan tetapi, memerlukan sarana penumbuk es atau penghancur secara mekanis (ice crusher) sehingga es yang keluar dari pabrik sudah siap pakai dengan ukuran 1 cm x 1 cm.

Keuntungan lain dari penggunaan es balok ialah es balok lebih lama mencair dan menghemat penggunaan tempat pada palka, es balok ditransportasikan dan disimpan dalam bentuk balok dan dihancurkan bila akan digunakan.

Es balok ini merupakan media pendingin yang banyak digunakan dalam penanganan ikan, baik di atas kapal maupun di darat selama distribusi dan pemasaran. Umumnya es dikatakan bagus jika padat, bening dan kering (tidak meleleh). Es dikatakan tidak baik apabila sangat cepat mencair.

Dibandingkan hancuran es balok, es salju tidak begitu merusak pada ikan, tetapi ia cenderung mengelompok yang meniadakan perpindahan panas dari ikan kepada es dan menyukarkan dalam penanganan dan transformasi.

Ciri-ciri Es Balok Mentah dan Es Balok Matang

Es Balok Mentah

Lebih waspada dalam membeli minuman di warung atau penjual pinggir jalan adalah hal yang penting. Salah satunya adalah dengan mengamati es batu yang digunakan, apakah menggunakan air matang atau mentah. Berikut ciri-ciri es batu air mentah yang wajib kamu tahu:

  1. Es batu yang terbuat dari air mentah memiliki banyak gumpalan putih pada bagian tengah es. Gumpalan ini disebabkan masih banyaknya gas yang terkandung dalam air mentah sehingga ikut membeku saat didinginkan.
  2. Biasanya, es batu yang terbuat dari air mentah memiliki bentuk awal balok-balok besar. Jika kalian menemui warung atau penjual minuman yang sering membawa balok es besar, waspadalah karena kemungkinan besar es batu yang digunakan terbuat dari air mentah.
  3. Memiliki aroma yang kuat dan terasa tidak segar. Berbeda dengan air matang yang terhirup seperti bau air biasa.
  4. Terdapat kotoran atau pasir-pasir di dalam balok-balok esnya.
  5. Bila dicicipi saat masih beku atau mencair, akan terasa pahit, berbeda dengan air matang.

Es Balok Matang

Berbeda dengan es batu air mentah, berikut adalah ciri-ciri es batu yang terbuat dari air matang :

  1. Es batu air matang akan terlihat bening tanpa ada gumpalan putih pada bagian tengah es. Hal ini disebabkan proses perebusan air yang dilakukan membuat gas-gas dalam air menguap sehingga sedikit atau bahkan tidak ada gas yang tersisa.
  2. Biasanya disiapkan dalam plastik atau kotak-kotak kecil.
  3. Aroma yang tercium adalah aroma segar air.
  4. Bening dan tidak ada kotoran ataupun debu dalam es.
  5. Bila dimakan atau dicairkan, terasa seperti air minum biasa.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Ada beberapa manfaat es balok untuk wajah, simak berikut ini :

1. Menjadikan Kulit Lebih Halus

Setiap malam atau sebelum tidur, cobalah untuk mencuci muka lalu mengisi kantong plastik dengan es, pijat lembut pada wajah dan leher sekitar 3 menit. Lakukan setiap hari dan dalam beberapa hari saja, Anda akan mendapatkan hasil yang nyata. Kulit Anda akan menjadi segar dan halus. Terapi es ini juga dapat mencegah keriput dan membantu anda tidur lebih nyenyak.

2. Singkirkan Jerawat

Terapi es adalah salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan masalah jerawat. Cuci wajah lalu bungkus es batu dalam kain lembut yang bersih atau plastik kemudian oleskan dan tekan lembut pada area wajah yang berjerawat sekitar 3 sampai 5 menit.

3. Mengurangi Keriput

Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penuaan dini serta keriput. Pijat wajah dengan batu es selama sekitar satu menit setiap hari sebelum menggunakan makeup.

4. Melawan pori-pori Terbuka

Oleskan dan pijatkan batu es langsung di atas wajah Anda selamaa 2 atau 3 menit. Jika konsisten melakukannya setiap hari, pori-pori akan mengecil dalam beberapa hari.

5. Mengatasi Mata Bengkak

Bungkus 2 es batu dengan kain, kompres mata yang bengkak sekitar 2 sampai 3 menit. Lakukan gerakan melingkar, Anda akan lihat mata yang bengkak mulai menyusut.

Fungsi Es Balok

Ikanmerupakan bahan makanan yang sangat mudah rusak dan cepat membusuk, sehingga sangat  memerlukan penanganan yang tepat, cepat dan cermat dalam upaya mempertahankan mutunya setelah ikan diangkat dari air. Pendinginan merupakan perlakuan yang paling umum banyak  dalam mempertahankan mutu hasil perikanan

Dalam penanganan ikan segar diusahakan mengunakan suhu selalu rendah mendekati 0 oC salah satu usaha untuk mesiasatinya yaitu pendinginan dengan mengunakan es batu atau es balok yang telah dihancurkan.

Tips Pengawetan Ikan dengan Es Batu / Es Balok

  1. Ikan segar diusahakan dibersihkan dengan air bersih sebelum di dinginkan dikarenakan jika langsung didinginkan ada beberapa bakteri yang masih tertempel ditubuh ikan ada beberapa bakteri  patogen yang bisa aktif kembali jika proses pendinginan selesai dilakukan
  2. Pecahkan atau hancurkan es batu / es balok menjadi partikel kecil namun tidak lembut atau kasar anatara 5-12 mm jika terlalu lembut es batu / es balok akan lebih cepat mencair dikarenakan ikan segar masih memiliki panas tubuh sehingga mempercepat proses pencairan es
  3. Gunakan wadah yang bisa menahan dingin es lebih lama misalkan kotak gabus, plastik yang terlapis gabus atau glaswooll, logam stainless atau alumunium  terlapis gabus atau glaswooll
  4. simpan di tempat teduh terhindar dari sinar matahari

Proses Pembuatan Es Balok

Bahan Baku dan Peralatan

1.    Bahan Baku

  • Air sumur, merupakan bahan baku pembuatan es.
  • Dan juga Air PDAM, juga merupakan salah satu bahan baku cadangan dari pembuatan es. Air PDAM digunakan apabila air sumur berkurang atau airnya tidak memenuhi persyaratan.

2.    Bahan Pembantu

  • Garam, sangat berfungsi untuk mencapai proses pendinginan dengan kata lain, garam dibutuhkan sebagai mediator. Karena air garam dengan kadar  kurang lebih  19 % terlarut paling sempurna dan tidak terjadi endapan pada bak pendingin yang memiliki titik beku lebih rendah dibandingkan dengan air murni yang ada dalam ice scan.
  • NH3atau amoniak, berfungsi sebagai pendingin karena amoniak memiliki titik didih -280
  • Oli dan solar, juga berfungsi sebagai pelumas dan bahan bakar untuk mesin-mesin produksi.

Proses Pembuatan Es Balok

1.    Tahap I (Proses Pengisian)

Ice can atau cetakan es diisi dengan air murni dengan menggunakan Filling Tank (Tangki Pengisian Air) sebagai bahan baku utama dalam pembuatan es. Ice can  yang digunakan terbuat dari plat 1.8 mm dengan lapisan anti karat galvanis, dan dilengkapi dengan frame isi 10 unit cetakan dengan  masing-masing cetakan mempunyai berat 50 kg.

Filling Tank (Tangki pengisisan air) dilengkapi dengan katup dan level control sehingga pengisian air dapat dikontrol sesuai dengan kapasitas tangki.

2.    Tahap II (Proses Pengangkatan)

Setelah proses pengisian selesai, ice can kemudian diangkat oleh pengangkat dan diletakkan kedalam Brine Tank (bak pendingin) yaitu dengan memasang ice can pada rei (alat Bantu untuk mempermudah proses penempatan) yang terdapat pada bagian atas Brine Tank.

3.    Tahap III  (Proses Pendinginan)

Ice can tersebut kemudian dicelupkan ke dalam Brine Tank dan terendam sampai level air di dalam ice can sejajar dengan level brine tank (tangki proses)Brine berfungsi sebagai refrigerant untuk mengambil kalor dari air sehingga air menjadi dingin dan lama-kelamaan akan membeku (menjadi es).

Proses pendinginan memakan waktu kurang lebih 24 jam agar es balok yang dihasilkan nantinya benar-benar matang. Pada Brine Tank juga dilengkapi dengan brine agitator (pengaduk air garam) agar larutan garam yang dihasilkan lebih merata dan brine tidak menjadi gel/bubur yang disebabkan karena temperatur terlalu dingin.

4.    Tahap IV (Proses Perendaman)

Apabila es balok sudah terbentuk (membeku) proses selanjutnya adalah pengangkatan ice can dari Brine Tank untuk direndam di air normal pada Dip Tank (Tangki pelepas es). Hal ini bertujuan agar sisi es balok terluar mencair, agar es balok tersebut mudah terlepas dari ice can.

5.    Tahap VI (Proses Pelepasan)

Setelah sisi terluar dari es balok telah cair, kemudian angkatlah ice can dengan menggunakan rei lalu keluarkan es balok dari cetakannya. Setelah es balok keluar,  kemudian angkutlah ke tempat penyortiran dengan diluncurkan menggunakan can dumper atau peluncur es.

6.    Tahap VI (Proses Penyortiran)

Es balok yang sudah terlepas dari ice scan tadi disortir untuk memperoleh es balok yang layak untuk dijual ke konsumen..

Hasil Produksi

Es balok yang dihasilkan memiliki masing-masing berat 50 kg. Dalam seharinya mampu memproduksi es balok sebanyak 100.000 kg atau 2000 balok setiap hari. Angka ini berdasarkan kapasitas mesin dalam berproduksi. Es balok yang dihasilkan berwarna putih bening bukan putih susu sehingga pencairan es akan lebih lama.

Keunggulan Mesin Penghancur Es Balok Kami

  • Terbuat Dari Bahan Material Stainless Steel 304
  • Mudah Dalam Penggunaan
  • Mudah Dalam Pembersihan
  • Aman
  • Nyaman
  • Higienis
  • Efektif
  • Efisien

Informasi dan Pemesanan Mesin Penghancur Es Balok

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta
Call Center : 0274 287 1809
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313
MENTARI : 081 666 9383

Grosir  Mesin menyediakan Mesin Penghancur Es Balok untuk membantu anda dalam menghancurkan es balok untuk kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan usaha anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan mesin penghancur es balok yang dapat menunjang kegiatan usaha Anda.

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya. Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda, karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control, serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Demikian artikel ini saya buat jika banyak kesalahan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat bagi semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

× Whatsapp Kami!