Mesin pengupas kelapa muda merupakan alat yang digunakan untuk mengupas kulit kelapa muda agar lebih mudah untuk mengeluarkan isi dan airnya.

Alat ini sangat berguna bagi para pebisnis atau penjual kelapa muda yang setiap hari mengharuskannya mengupas banyak kelapa muda.

Spesifikasi Mesin Pengupas Kelapa Muda

mesin pengupas kelapa muda
Gambar Mesin Pengupas Kelapa Muda

 

Dimensi:600 mm x 600 mm x 1200 mm
Rangka:Besi Siku 50/50
Material Bahan:Kontak Produk Stainless Stell
Mata Pisau:Stainless Stell
Penggerak:Dinamo 1/2 hp 1 ph

Baca Juga : Mesin Santan Kelapa Terbaru 2021

Mengenal Kelapa

kelapa muda
Gambar Kelapa Muda

Indonesia terletak di garis katulistiwa, hal ini menjadikan negara tropis ini banyak ditumbuhi banyak tumbuhan hijau. Salah satu yang menjadi ciri khas dari negara tropis salah satunya yaitu banyak ditemukan pohon kelapa.

Kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera. Kelapa memiliki banyak manfaat, tak terkecuali buah kelapa yang masih muda. Saat ini, penjual kelapa muda sudah menjamur dan mudah ditemukan dimana saja.

Ketika Anda mengunjungi pantai, pasti banyak ditemukan penjual yang menjajakan minuman dari buah yang satu ini. Di dukung cuaca di Indonesia yang panas, terlebih di ruang terbuka seperti pantai.

Kelapa muda menjadi favorit karena memiliki rasa daging yang manis dan air kelapa yang segar.  Cocok untuk menghilangkan dahaga karena panasnya terik matahari.

Selain segar, kelapa muda juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi sebelum itu, mari kita simak dan kenali dulu apa saja kandungan nutrisi kelapa muda.

Kandungan Nutrisi Kelapa Muda | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Air kelapa muda diketahui mengandung elektrolit dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, buah yang satu ini sangat cocok untuk Anda.

Mineral lainnya yang terkandung di dalam air kelapa muda adalah magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan, dan selenium.

Air kelapa muda juga mengandung berbagai macam vitamin diantaranya  adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolin, dan betaine.

Sebanyak 240 gr air kelapa muda mengandung 46 kalori, 6 gr gula, 2 gr protein, 252 mg sodium, 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, dan 0 gr lemak. Sedangkan daging kelapa muda mengandung 77 kalori, 1,4 gr protein, 3,6 gr lemak, 10 gr gula, 257 gr kalium, dan 6 mg vitamin C.

Kelapa muda juga mengandung kalium lebih tinggi dibandingkan saat Anda mengkonsumsi embat buah pisang.

Segudang Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

| Mesin Pengupas Kelapa Muda

1. Memenuhi asupan cairan tubuh

Tak hanya enak untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas, air kelapa muda juga dapat dikonsumsi saat Anda sedang mengalami dehidrasi atau kehilangan banyak cairan akibat diare.

Air kelapa muda dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selain air putih.

Air kelapa muda bisa dijadikan sebagai minuman isotonik alami karena memberikan banyak manfaat tak jauh berbeda dengan minuman olahraga yang telah diformulasi. Kandungan elektrolit ini bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat Anda berolahraga.

2. Memperlambat penuaan | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Tak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, air kelapa muda juga bermanfaat bagi kecantikan. Air kelapa dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lebih muda.

Sitokinin yang terkandung di dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel. Hormon pertumbuhan ini memberikan efek anti penuaan, anti karsinogenik, dan anti pembekuan darah.

Sitokinin bisa menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidarasi jaringan ikat, dan mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Air kelapa muda sangat cocok bagi Anda yang mengalami tanda-tanda penuaan.

3. Meredakan Stres dan Otot Kaku / Tegang

Dengan mengkonsumsi air kelapa muda kita bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan pijat relaksasi. Hal ini berkat kandungan magnesium dan kalsium pada air kelapa muda yang berguna untuk meredakan stres dan otot kaku.

Kalsium selain dapat menguatkan tulang dan gigi juga bisa merilekskan otot dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Sementara itu, magnesium (mineral relaksasi) dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh.

Jadi, untuk kamu yang rutin berolahraga, jangan lupa untuk mengkonsumsi air kelapa muda, karena memiliki banyak manfaat di dalamnya.

4. Menurunkan Panas Demam

Air Kelapa muda biasanya digunakan sebagai obat alternatif alami yang bisa membantu menurunkan panas demam. Orang-orang memanfaatkan air kelapa muda sebagai obat pertolongan pertama untuk menurunkan panas demam, yaitu dengan cara mencampurkan segelas air kelapa muda dengan satu sendok makan madu.

5. Menghalau radikal bebas

Tubuh mengasilkan sel-sel berbahaya seperti radikal bebas selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas dapat meningkat saat tubuh sedang sakit atau stress.

Saat terlalu banyak sel-sel radikal bebas, tubuh bisa mengalami stres oksidatif yang dapat menyebabkan pada sel-sel yang sehat.

Antioksidan yang terkandung di dalam air kelapa muda dipercaya dapat meredakan efek oksidatif ini sehingga dapat menangkal zat radikal yang berbahaya dalam tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Kelapa muda mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Natrium dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita hipertensi.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa air kelapa muda dapat melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Air kelapa muda juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan penyerapan gula di dalam tubuh.

7. Baik untuk pencernaan

Kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak pada air kelapa muda diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Baik untuk mengobati diare, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa terbukti memiliki osmolaritas lebih besar dibandigkan dengan Oral Rehydration Therapy (ORT) yang direkomendasikan WHO untuk mengobati gangguan pencernaan.

8. Mencegah batu ginjal

Langkah pencegahan batu ginjal salah satunya dilakukan dengan memastikan bahwa tubuh mendapatkan cairan yang cukup setiap harinya.

Batu ginjal terbentuk saat kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan menempel pada ginjal dan bagian lain disaluran kemih.

Sebuah penelitian dilakukan pada seekor tikus yang mengidap batu ginjal dan bisa menunjukkan bahwa air kelapa muda bisa menjadi alternatif untuk pengobatan batu ginjal. Air kelapa terbukti dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih.

Selain itu, air kelapa juga mencegah terbentuknya kristal pada ginjal. Air kelapa muda diketahui membantu meminimalisir produksi radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh, sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi di dalam urine.

9. Mendukung fungsi organ tubuh

Kandungan gizi di dalam air kelapa juga memberikan manfaat pada kinerja organ-organ di dalam tubuh. Air kelapa sebagai sumber utama zat arginin, yaitu asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat Anda berolahraga.

Asam amino juga membantu proses pembentukan protein, sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada organ-organ tubuh.

Di dalamnya, air kelapa memiliki kandungan enzim yang dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Enzim-enzim yang bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, dehidrogenase,peroksidase, katalase, diastase, RNA-polimerase, dan lain sebagainya.

10. Mencegah Penyakit pada Ibu Hamil dan Janinnya | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat yang berguna untuk melawan berbagai penyakit di tubuh kita.

Kandungan senyawa ini juga ditemukan di dalam cairan Air Susu Ibu (ASI). Asam Laurat memiliki karakteristik yang mirip dengan anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur.

Oleh karenanya, air kelapa muda terbukti sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

11. Menghilangkan Jerawat

Masalah kulit yang sering diadapi para remaja saat ini tentu adalah jerawat. Bagi para remaja yang sedang mengalami pubertas, jerawat muncul akibat dari perubahan hormon maupun karena kebiasaan yang buruk untuk menjaga kebersihan wajah.

Ditambah saat ini dengan penggunaan masker dalam waktu yang lama, juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di area wajah yang tertutup masker.

Jerawat disebabkan oleh kontaminasi debu dan produksi kelenjar minyak yang berlebih di wajah. Hal ini yang menyebabkan bakteri berkembang dan menginfeksi jerawat hingga terjadi infeksi atau peradangan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda dapat membantu menghilangkan jerawat dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat secara alami.

12. Menurunkan Berat Badan | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Air buah ini memiliki kandungan gula dan kalori, dan kandungan lemak yang rendah, sehingga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Jadi, air kelapa sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu bisa juga menggantikan minuman manis yang mengandung banyak kalori dan gula.

13. Detoksifikasi Tubuh

Tubuh kita sebenarnya telah dikengkapi dengan kemampuan untuk melakukan detoksifikasi atau penetralisir rsendiri asalkan jumlah nutrisi dan cairan yang dibutuhkan mencukupi.

Bila cairan di dalam tubuh tidak terpenuhi, maka toksin (racun) akan menumpuk karena ginjal dan hati selaku organ yang berperan untuk menyaring racun dalam tubuh tidak berfungsi secara optimal.

Meski jumlah ideal cairan yang diperlukan tubuh adalah 8 sampai 10 gelas air setiap harinya, akan tetapi di cuaca yang panas atau setelah berolahraga, tubuh kita membutuhkan lebih dari sekedar air putih biasa. Disaat itulah, Anda bisa mengandalkan air kelapa muda sebagai minuman pendamping air putih.

Apa Efek Samping dari Mengkonsumsi Air Kelapa Muda?

efek samping konsumsi kelapa muda berlebih

Hindari mengkonsumsi air kelapa muda kemasan. Lebih dianjurkan untuk mengkkonsumsi air kelapa muda alami karena tidak mengandung zat gula buatan, zat pengawet dan zat kimia lainnya.

Air kelapa muda aman bagi kebanyakan orang karena memiliki banyak manfaat bagi kesehtan tubuh. Namun tak disangka-sangka, ternyata air kelapa muda juga dapat menimbulkan efek samping.

Bagi mereka yang memilki masalah dengan kesehatan ginjalnya, sebaiknya jangan terlalu banyak / sering mengkonsumsi air kelapa muda. Hal ini disebabkan karena air kelapa muda mengandung zat potasium yang tinggi yang bisa mengganggu kinerja ginjal.

Demikian informasi mengenai mesin pengupas kelapa muda serta informasi tentang kandungan dan manfaat kelapa muda bagi kesehatan. Selanjutnya akan ada informasi mengenai produk-produk olahan dengan bahan utama air kelapa muda.

Bahan Utama Nata De Coco | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Air kelapa muda tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk minuman dingin, ternyata air buah kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membuat nata de coco.

Nata de coco adalah makanan berbentuk seperti jelly dan berwarna putih ini biasa disajikan sebagai hidangan penutup maupun campuran dalam minuman dingin.

Kata “nata” memiliki arti krim yang berasal dari kata “natare” yang berarti terapung. Sedangkan “coco” berarti buah kelapa.

Saat ini, Nata de coco sudah bayak dikenal. Namun masih belum banyak yang tahu asal-usul makanan yang satu ini.

Nata de coco ini dihasilkan dari proses fermentasi air kelapa dan dengan bantuan bakteri Acetobacter xylinum. Bakteri itulah yang membuat nata de coco tidak lagi cair, namun padat dan kenyal.

Nata de coco memiliki rasa khas air kelapa, namun lebih manis karena dalam proses pembuatannya diberikan penambahan gula.

Air kelapa dikenal sebagai cairan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, mengonsumsi nata de coco pun juga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Inovasi Makanan Olahan dari Kelapa Muda | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Berikut ini inovasi makanan dengan menggunakan bahan utama kelapa muda yang bisa langsung Anda praktikkan di rumah.

Pudding Kelapa

Bahan:

  • 1 bungkus nutrijel tanpa rasa
  • 1/2 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 1000 ml air kelapa muda
  • daging kelapa muda
  • 3 sdm selasih

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan di atas pada panci
  2. Masak sampai mendidih, sambil diaduk-aduk.
  3. Matikan api, lalu tuang ke dalam loyang.
  4. Terakhir biarkan pudding mengeras.
  5. Lalu simpan di kulkas, nikmat disajikan saat dingin.

Pancake kelapa muda

Bahan:

  • 200 ml santan
  • 2 sdm gula pasir
  • 100 gr tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm mentega, cairkan
  • 100 gr daging kelapa muda, yang sudah dikeruk
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdt baking powder
  • 1 gr garam

Bahan saus manis:

  • 75 ml santan kental
  • 100 ml air gula aren
  • 2 sdm tepung maizena + 50 ml air
  • selai strawberry
  • chocochip

Cara membuat:

  1. Kocok telur hingga mengembang.
  2. Kemudian tambahkan gula pasir dan mentega yang sudah dicairkan, kocok hingga gula larut dan tercampur rata.
  3. Blender kelapa muda, kemudian masukan ke adonan telur, aduk rata.
  4. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk hingga rata. Masukkan santan, aduk lagi hingga rata.
  5. Panaskan teflon dengan api kecil, lalu tuang per 1 sendok sayur adonan, tutup.
  6. Setelah matang sisi bawahnya, balik, masak sebentar. Angkat, lakukan hingga selesai.
  7. Buat toping saus dengan cara mendidihkan santan dan air gula aren, kemudian aduk rata.
  8. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga mendidih dan mengental.
  9. Dinginkan. Lalu masukan ke dalam piping bag untuk menghias atas pancake.

 

Bingka bakar kelapa muda | Mesin Pengupas Kelapa Muda

Bahan:

  • 3 biji telur bebek
  • 1 buah kelapa muda, kerok tipis
  • 180 cc santan kental
  • 15 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm peres tepung terigu

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur, gula dan garam. Kocok hanya sampai gula larut saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan santan. lalu aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Lalu masukkan kelapa muda yang sudah di kerok, dan tuang ke loyang.
  4. Bakar menggunakan oven dengan api atas bawah dengan suhu 180° selama 40 menit
  5. Setelah matang, kemudian dinginkan. Bingka bakar kelapa muda siap untuk dihidangkan.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk memulai usaha dengan bahan utama kelapa muda? Grosir Mesin siap memberikan penawaran terbaik dengan mesin pengupas kelapa muda kami.

Kenapa harus Grosir Mesin? karena mesin pengupas kelapa muda produksi Grosir Mesin dikerjakan oleh profesional dan ahli, dan pengoperasian mesin yang mudah. Selain itu, penggunaan mesin pengupas kelapa muda ini juga sangat efisien bagi tempat, waktu dan tenaga kerja.

× Whatsapp Kami!