Mesin Penyaring minyak goreng adalah alat yang berguna untuk memperbaiki kualitas akhir dari gorengan seperti keripik. Alat penyaring minyak ini mempunyai kinerja seperti mesin centrifuge, yaitu dengan memutarkan makanan yang berminyak dengan cepat dan efektif.

Minyak yang berada dalam gorengan makanan akan terdampar di dinding-dinding dalam saringan minyak, kemudian akan mengendap ke bawah menuju tempat pengeluaran minyak. Jadi mesin penyaring minyak goreng ini akan memudahkan dan  mempercepat penirisan minyak setelah makanan atau gorengan itu dangkat.

Belakangan ini semakin banyak bisnis baru bermunculan di Indonesia. Selain bidang fashion, kuliner dan masakan juga merupakan bidang lain yang disambut baik oleh banyak kalangan karena memiliki potensi yang cukup berkembang pesat. Hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia yang gemar makan jajanan.

Keunggulan dari penggunaan alat penyaring minyak ini yaitu dapat menghasilkan gorengan yang lebih kering, dan hanya sedikit minyak yang menempel. Manfaat lain dari mesin ini yaitu makanan atau keripik dapat tahan lebih lama terhadap bakteri yang berada dalam minyak.

Dan yang paling penting yaitu tampilan dalam kemasan atau packaging makanan akan menjadi lebih cantik dan menarik. Untuk pelaku usaha makanan wajib mempunyai alat penyaring minyak ini supaya dapat meningkatkan kualitas dalam makanan yang diproduksi dan menampilkan makanan yang cantik dan menarik.

Model Dan Spesifikasi Mesin Penyaring Minyak Goreng

 

mesin penyaring minyak goreng

 

Tipe:F-45
Fitur: 193 mm x 120 mm x 374mm.
Kapasitas:20 liter
Tegangan: 220V/1P
Daya watt: 300 Watt
Berat:8,4 Kg

Keunggulan :

  • Pegangan dilengkapi pelindung panas
  • Waktu penyaringan dapat disesuaikan
  • Pelindung atas suhu tinggi
  • Ukuran kompak, mudah untuk disimpan
  • Mudah dibuka untuk pembersihan
  • Kertas penyaring model lipat untuk area penyaringan yang lebih luas

Baca juga Mesin Peniris Minyak – Mesin Pengering Minyak Terbaru 2021

Kegunaan Mesin Penyaring Minyak Goreng

Mesin Penyarig minyak merupakan alat atau mesin yang banyak digunakan oleh para pengusaha kuliner. Yaitu termasuk irisan buah, irisan singkong, makanan ringan atau makanan ringan, irisan sayur dan produk lain yang dibuat melalui proses penggorengan. Bagi para pengusaha kuliner khususnya yang menggunakan minyak nabati sebagai medianya, Mesin penyaring  minyak sangat bermanfaat. Karena dengan menggunakan oil dryer maka produk hasil pemasakan tidak akan ada minyaknya, dan tentunya akan lebih getas. Tidak hanya itu, produk masakan mereka tentunya akan lebih enak, lebih segar, lebih aman, lebih sehat dan lebih awet.

Manfaat Dan Fungsi Mesin 

Mesin spinner merupakan alat penyaring minyak berperforma tinggi, alat tersebut dilengkapi dengan teknologi yang tepat, yang dapat dengan mudah, praktis dan cepat mengurangi kandungan minyak dalam makanan. Mesin tersebut dapat membuat minyak nabati dalam makanan menjadi lebih mudah, cepat dan praktis untuk dibuang, dan produk yang dihasilkan sangat memuaskan, bahan atau makanan yang dihasilkan lebih bersih dan lebih kering dari pada minyak atau air.

Selain digunakan untuk membuang minyak pada gorengan, penyaring ini juga digunakan sebagai alat drainase agar makanan lebih cepat kering. Tersedia berbagai macam model mesin, dan masing-masing model mempunyai spesifikasi dan harga yang berbeda, sehingga dapat di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tips Merawat Mesin 

Selain mudah dalam pengoperasiannya, cara perawatan mesin penyaring minyak goreng ini juga relatif mudah. Pastikan untuk menggunakan mesin sesuai dengan petunjuk yang disarankan, dan jangan lupa untuk membersihkan mesin setelah digunakan. Buang sisa minyak terutama bersihkan bagian mesin terutama bagian keranjang dan tabung penyaring sisa mminyak. Yang bertujuan untuk mencegah karat. Untuk menghindari terjadinya korsleting, pastikan motor genset selalu kering dan aman.

Langkah Menggunakan Mesin Penyaring Minyak  Grosir Mesin

  1. Masukkanlah camilan goreng atau kripik goreng ke dalam saringan di penyaring minyak
  2. Nyalakan sakelar mesin
  3. Mesin akan memutar saluran penyaring dan mengalirkan minyak melalui penyaring
  4. Lakukan proses drainase selama kurang lebih 1-2 menit
  5. Matikan sakelar daya listrik untuk menghentikan proses pengurasan
  6. Segera keluarkan produk yang sudah dikuras dan letakkan di tempat penyimpanan, dan segera kemas agar keripik tetap higienis

Kuntungan Membeli Mesin Penyaring Minyak Grosir Mesin

  • Peralatan yang sangat dibutuhkan untuk pelaku usaha gorengan, keripik, abon, dan segala jenis usaha lainnya
  • Menjadikan produk olahan anda menjadi krispi, enak, higienis, tahan lama, sehat, dan berkualitas
  • Mesin diciptakan dari bahan material dengan berstandan SNI dan berkualitas terbaik
  • Terdapat pelayanan konsultasi mengenai usaha dan kebutuhan usaha (modal/budget)
  • Tersedia dukungan dari teknis handal dan profesional kami
  • Mesin mudah dioperasikan dan dibersihkan
  • Menghemat pengeluaran tenaga, waktu, energi, dan biaya
  • Menyediakan pelayanan suku cadang atau spare part terbaik
  • Mesin yang dibuat sangat handal dan tahan lama
  • Mendapat pelayanan pelatihan atau training gratis
  • Sangat efektif dan efisien
  • Tentunya mendapat Garansi mesin

Jenis Minyak Masakan

jenis-minyak

1. Minyak Zaitun

Salah satu jenis minyak nabati yang sangat dianjurkan untuk kesehatan adalah minyak zaitun. Kandungan dalam minyak zaitun adalah 78% lemak tak jenuh tunggal, 8% lemak tak jenuh ganda, dan 14% lemak jenuh. Ternyata minyak zaitun tidak hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal, tetapi minyak zaitun juga kaya akan Antioksidan yang disebut polifenol, manfaatnya polifenol adalah bahwa mereka dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya bisa dipijat, namun ditemukan juga minyak zaitun yang bisa digunakan untuk menggoreng sayuran, dan juga bisa diolah menjadi saus salad yang enak.

Namun, banyak orang yang percaya bahwa minyak zaitun tidak cocok untuk menggoreng (memasak makanan dengan minyak dalam jumlah banyak) karena titik didihnya yang rendah. Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menggoreng. Untuk mengeringkan minyak zaitun dengan benar, sangat disarankan untuk menggunakan peniris minyak atau pengiris minyak untuk mengurangi kandungan minyak di dalam goreng.

2. Minyak Kedelai

Jika Anda belum pernah menggunakan minyak kedelai atau minyak kedelai sebelumnya, maka Anda benar-benar harus mempertimbangkannya kembali. Pasalnya, minyak kedelai ini sering dicap sebagai “minyak nabati” di pasaran. Fakta membuktikan bahwa minyak kedelai mengandung lebih sedikit MUFA dibandingkan minyak zaitun, tetapi minyak kedelai mengandung lebih banyak PUFA dan ALA omega-3. Namun, ternyata minyak kanola saja memiliki lebih banyak ALA. Minyak kedelai ditandai dengan titik asapnya yang tinggi yaitu 232 derajat Celcius. Oleh karena itu, inilah yang membuatnya menjadi pilihan ideal untuk gorengan.

3. Minyak Kelapa

Saat ini minyak kelapa sudah banyak dipromosikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti perawatan kulit, memasak, dll, namun para ahli gizi telah mengklarifikasi pentingnya minyak kelapa, menurutnya minyak kelapa tidak semuanya baik. Saat ini sangat disarankan untuk menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan jantung, minyak kelapa lebih baik dari mentega dan lemak hewani lainnya, namun beberapa minyak zaitun memiliki pengaruh yang kecil terhadap kesehatan jantung, seperti minyak zaitun, minyak canola atau minyak kedelai. Bahan utama minyak kelapa atau yang biasa dikenal dengan minyak kelapa adalah lemak jenuhnya yang mengandung lebih banyak lemak jenuhnya dibandingkan minyak nabati yang diturunkan dari nabati lainnya. Oleh karena itu, sebagian orang beranggapan bahwa tidak semua jenis lemak jenuh memengaruhi kesehatan dengan cara yang sama.

Minyak kelapa telah terbukti dapat meningkatkan kolesterol LDL (kolesterol jenis jahat), namun disisi lain jika dibandingkan dengan jenis lemak jenuh lainnya, minyak kelapa dapat meningkatkan HDL (jenis kolesterol baik), terutama dapat menggantikan karbohidrat. Tapi ingat, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti mentega, atau dalam kombinasi dengan minyak goreng lainnya, dan ingatlah untuk menggunakannya dengan hemat. Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menggoreng. Untuk mengeringkan minyak kelapa dengan benar, sangat disarankan untuk menggunakan peniris minyak atau pengiris minyak untuk mengurangi kandungan minyak pada makanan yang digoreng.

Peluang Usaha dengan Mesin Penyaring Minyak

Pangan merupakan kebutuhan utama masyarakat. Inilah mengapa bisnis makanan menjadi bisnis yang sangat menarik. Banyak pengusaha yang fokus pada industri makanan. Saat ini, jajanan juga menempati posisi khusus di masyarakat. Kita bisa melihat banyak jenis jajanan yang beredar di masyarakat. Bukan hanya produsen besar yang menumbuhkan peluang untuk bisnis makanan ringan. Industri kecil dan rumah tangga juga sudah mulai berbisnis di bidang makanan ringan.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, pemasaran berbagai komoditas menjadi sangat luas. Itu dapat disebarkan tidak hanya di luar kota, tetapi juga di luar negeri. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak orang yang mencoba memulai bisnis di industri makanan ringan. Camilan tentunya harus segar dan renyah. Orang Indonesia sangat suka jajanan, cenderung renyah. Tentunya untuk mendapatkan jajanan yang renyah, kandungan minyak dan kadar air pada makanan harus dikurangi. kalian juga dapat menggunakan Mesin Peniris Minyak berikut.

Salah satu cara untuk mengurangi kandungan air dan minyak pada makanan adalah dengan menggunakan mesin berputar. Mesin penyaring minyak goreng akan mengurangi air dan minyak dalam makanan yang Anda produksi dengan cepat. Harga penyaring minyak dari grosir mesin cukup murah. Anda tidak perlu lagi memikirkan untuk memiliki alat ini.

1. Keripik Talas

keripik talas

 

Dari kalangan bawah hingga elit, ini adalah makanan yang sangat digemari banyak orang, dan mereka juga menyukai jajanan ini. Jenis makanan yang satu ini memang menjadi camilan yang sangat menarik untuk lidah kita. Bahan bakunya yang sangat melimpah dan mudah untuk ditanam membuat keripik talas memiliki prospek komersial yang luas.

Talas sendiri merupakan salah satu jenis umbi yang sangat melimpah di Indonesia. Kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat talas sering dijadikan makanan berat. Saat ini sudah banyak pengusaha yang memanfaatkan talas untuk mengolah menjadi makanan baru, dan mereka berinovasi untuk menemukan rasa dan ide yang pas.

Resep Dan Cara Membuat Keripik Talas

Bahan Untuk Membuat Keripik Talas :

1. Talas:3 Buah ( Kupas Lalu Iris Tipis-Tipis ).
2. Bawang Putih:5 Siung .
3. Kunyit Bubuk:1/4 Sendok The.
4. Garam:Secukupnya.
5. Kapur Sirih:1/2 Sendok The.
6. Air:500 cc.
7. Minyak Goreng:Secukupnya.
8. Bawang Putih Bubuk:1 Sendok MakAn.

 

Langkah-Langkah Membuat Keripik Talas :

  • Rendam talas yang sudah dikupas dan diiris tipis dalam air kapur sirih selama 30 menit agar lendirnya hilang.
  • Selanjutnya haluskan bawang putih untuk membuat bumbu, lalu campurkan dengan bubuk kunyit dan garam, jangan lupa tambahkan sedikit air.
  • Tiriskan irisan talas yang sudah direndam air matang, lalu bilas dan bumbui dengan air.
  • Nyalakan kompor dan panaskan minyak.Setelah minyak dipanaskan, potong talas yang sudah dibumbui menjadi irisan tipis hingga matang.
  • Setelah talas matang, tidak ada gejala pilek. Kemudian ambil talas gorengnya dan tiriskan, jadi saya sarankan menggunakan mesin penyaring minyak agar lebih cepat. Setelah talas dikeringkan, hindari minyak goreng.
  • Langkah selanjutnya adalah mencampurkan bubuk bawang goreng dengan garam secukupnya.
  • Kentang goreng talas bisa dinikmati atau dijual kapan saja.
Keripik sale pisang merupakan sajian yang enak, menggunakan bahan utama pembuatannya yaitu pisang, keripik sale pisang ini dapat dimakan dalam waktu yang cukup lama. Pisang yang dijual bisa diolah dengan mengurangi kadar airnya. Anda bisa memakan pisang secara langsung atau menggoreng pisang terlebih dahulu. Bagi yang suka jualan pisang dan ingin menimbun serta menjual pisang di rumah, bisa mencoba membuatnya sendiri. Proses berjualan pisang sebenarnya tidak terlalu rumit walaupun dibutuhkan kesabaran, karena anda harus mengeringkan pisang beberapa saat sebelumnya. Inilah rahasia sederhana penjualan keripik pisang sale paling enak dan stabil, Anda bisa mencoba menjual pisang dengan cara Anda sendiri.
Tingkat kesulitan: sedang
Waktu memasak: 60 menit + waktu menjemur
Untuk: ± 700 g

Bahan
1.500 g pisang uli/tanduk matang
100 g tepung beras
75 – 100 g tepung terigu
25 g tepung kanji
1½ sdt air kapur sirih
275 ml air
1 sdm gula pasir
½ sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :

  • Pertama siapkan pisang yang matang, lalu kupas dan iris memanjang.
  • Setelah mengupas dan mengiris pisang, letakkan di wadah datar dan jemur sampai pisang kering.
  • Setelah kering, Anda bisa menggorengnya sampai pisang berubah warna menjadi cokelat.
  • Jika tampak kecokelatan, sisihkan terlebih dahulu, lalu tiriskan minyaknya.
  • Sambil menunggu tiriskan, Anda bisa mencampurkan bahan lain seperti tepung sagu, tepung beras, gula pasir dan vanili.
  • Tambahkan juga air dan air untuk diaduk ke dalam campuran
  • Aduk adonan hingga benar-benar seragam, tidak terlalu lengket atau terlalu lengket.
  • Jika sudah selesai membuat adonan, Anda bisa melanjutkan mengolah pisang dengan cara memasukkan pisang yang sudah dibuat ke dalam adonan yang sudah dibuat.
  • Panaskan kembali minyak di wajan, dan setelah dipanaskan, Anda bisa kembali ke pisang yang sudah diolesi adonan.
  • Goreng kembali pisang yang Anda miliki untuk dijual sampai berwarna cokelat.
  • Angkat dan tiriskan minyaknya sebentar, lalu gunakan saat minyak masih hangat.

Tips:

  • Pilih pohon yang masih segar / masak (bukan hasil pemasakan) dan pisang tidak terlalu lembek, karena pisang sulit diiris.
  • Aduk adonan setiap kali Anda mencelupkan pisang agar tepung tidak tenggelam ke dasar mangkuk

Demikian informasi dari mesin penyaring minyak goreng, semoga dapat bermanfaat untuk membantu kalian para pengusaha di bidang kuliner..

× Whatsapp Kami!