Hidup ditengah pandemi membuat orang-orang harus memutar otak untuk bisa bertahan hidup. Mereka memilih untuk memulai bisnis sendiri dibandingkan melamar pekerjaan ke perusahaan lain. Usaha dibidang kuliner merupakan peluang usaha yang paling banyak dilakukan. Peluang usaha keripik singkong adalah salah satunya. Mengapa harus keripik singkong? Apa yang dijanjikan dari usaha keripik singkong? Yuk simak penjelasannya

Mengenal Peluang Usaha Keripik Singkong

peluang usaha keripik singkong

Singkong merupakan salah satu dari banyak jenis umbi-umbian yang ada di Indonesia. Olahan dari bahan baku singkong sangat banyak. Terdapat getuk singkong, cenil, singkong keju, keripik singkong dan banyak lainnya.

Rasa dari olahan yang berbahan dasar singkong memiliki rasa yang bervariasi. Olahan dari bahan singkong yang paling diminati adalah keripik singkong. Olahan keripik memang enak.

Tekstur keripik yang renyah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat keripik olahan. Hal ini membuat cukup peluang usaha keripik singkong di Indonesia menguntungkan mengingat rasa singkong yang cocok untuk berbagai kalangan.

Bahkan seiring berkembangnya, dari banyak masyarakat yang menjalankan usaha keripik singkong, semakin banyak varian rasa yang bermunculan. Banyaknya varian rasa yang ditawarkan membuat konsumen yang menyukai keripik bisa memilih varian rasa yang paling disukai.

Beberapa varian rasa dari camilan keripik diantaranya rasa manis, rasa pedas, rasa gurih dan masih banyak lagi varian rasa lainnya dari olahan keripik.

Beberapa Informasi Peluang Usaha Keripik Singkong

Saat ini keripik singkong dibuat dengan berbagai pilihan rasa sehingga masyarakat bisa dengan mudah memilih keripik singkong yang disukai. Dari sekian banyak varian rasa, sampai sekarang keripik singkong bumbu pedas adalah yang paling banyak dicari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Rasa pedas yang ditawarkan juga bermacam-macam. Biasanya para pemilik usaha memberikan tingkat tingkatan. Level pedasnya biasa dimulai dengan level satu sampai yang paling ekstrim, tergantung target pasar.

Panambahan bumbu pedas dalam olahan keripik singkong menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak masyarakat yang penasaran dan membeli keripik singkong bumbu pedas.

Keripik singkong bumbu pedas adalah olahan singkong yang dijual dengan harga terjangkau dan memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dengan camilan yang harganya mahal. Sekarang, semakin banyak kalangan yang menyukai keripik singkong pedas ini.

Saat ini keripik singkong pedas sudah sangat populer, dengan kepopulerannya ini membuat peluang usaha keripik singkong patut dicoba. Garis bisnis keripik singkong pedas sangat mudah dan sederhana.

Peluang Usaha Keripik Singkong Pedas

Saat ini keripik singkong pedas sudah sangat populer, membuat peluang keripik singkong pedas patut dicoba. Garis bisnis keripik singkong pedas sangat mudah dan sederhana. Berikut ini peluang usaha keripik singkong pedas, antara lain:

1. Informasi Usaha Keripik Singkong Pedas

Keripik singkong pedas merupakan kudapan dengan rasa pedas dan gurih paling banyak disukai. Hal tersebut menjadi peluang bagi para calon pelaku usaha untuk mencoba memenuhi permintaan pembeli akan keripik singkong pedas. Usaha keripik singkong sama halnya dengan pengolahan keripik singkong lainnya. 

Keripik singkong membutuhkan bahan dan cara pembuatan yang mudah sehingga memudahkan untuk belajar mengolah singkong menjadi produk keripik berkualitas. Untuk usaha keripik singkong pedas tidak memerlukan biaya besar, lakukan dengan modal dan tekad yang kuat pasti usaha keripik singkong pedas bisa berjalan.

2. Menargetkan Pasar

Bisnis keripik singkong pedas mudah dijalankan karena target pasar yang luas. Dengan menargetkan pasar pada usaha keripik singkong bisa menjadi salah satu dari banyaknya cara untuk memulai usaha tanpa hambatan.

Berbagai kalangan masyarakat bisa dijadikan target pasar usaha ini. Apalagi bagi para penyuka makanan pedas, pasti tidak akan mau ketinggalan keripik singkong pedas.

3. Bahan Baku Usaha

Saat membuka usaha keripik singkong pedas mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, misalnya minyak goreng, singkong, bumbu pedas dan bumbu lainnya. Agar produk disukai konsumen maka sebaiknya disediakan bahan yang layak dikonsumsi dan segar. Untuk bubuk keripik singkong pedas sesuaikan takarannya dengan resep yang telah dibuat agar rasanya enak.

4. Peralatan Usaha

Terdapat banyak alat yang digunakan untuk menjalankan usaha keripik singkong pedas, diantaranya adalah mesin pemotong singkong, wajan, gas, dan kompor, mesin pengemas, spatula, mesin penghalus bumbu, dan mesin/peralatan pendukung yang lain. Semua peralatan tersebut harus disiapkan secara lengkap agar proses produksi berjalan dengan mudah.

5. Pengemasan Produk

Untuk kemasan produk gunakan plastik yang tebal dan tambahkan juga label pada kemasan. Desain label semenarik dan seunik mungkin, agar konsumen mudah mengingatnya. Muatkan nomor bpom dalam kemasan agar produk menjadi lebih terpercaya, dan jangan lupa tanggal kadaluwarsa agar memudahkan pembeli.

6. Promosi Produk

Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mempromosikan produk, cara yang paling mudah dengan menawarkan pada tetangga, sanak saudara, teman dan sebagainya. Selanjutnya promosikan produk melalui media sosial. Hal itu bertujuan agar produk bisa dikenal banyak masyarakat dari berbagai golongan dan kalangan.

7. Strategi Usaha yang Harus Dijalankan

Untuk menarik pembeli buatlah keripik singkong dengan banyak level yang disesuaikan dengan tingkat kepedasannya. Hal itu untuk memudahkan penyesuaian dalam menyesuaikan tingkat kepedasan yang sesuai selera setiap individu. Buat produk secara menarik dan unik. Selalu perhatikan kemasan produk dan kualitas rasa, sehingga para konsumen dapat mengetahui jenis keripik singkong pedas yang berkualitas.

Tips Usaha Keripik Singkong, Mudah dan Hasil Maksimal

peluang usaha keripik singkong

Ayo simak beberapa hal penting dalam menjalankan peluang usaha keripik singkong pedas sebagai berikut :

1. Tentukan Konsep Bisnis

Menentukan konsep dalam memulai usaha keripik singkong adalah tips pertama yang bisa kamu gunakan. Apakah kamu ingin membuat keripik singkong dengan berbagai macam aneka rasa atau hanya satu rasa original saja? Sebelumnya pelaku usaha wajib melakukan tes pasar untuk menyurvai apa yang disukai masyarakat.

Akan tetapi, usaha keripik singkong termasuk bisnis yang memiliki banyak pesaing. Oleh sebab itu, para pelaku usaha wajib mempersiapkan bisnis dengan matang, termasuk dari segi rasa atau variasi yang berbeda dengan yang lain.

2. Memperkaya Informasi Tentang Jenis Singkong

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah perkaya informasi tentang singkong. Karena terdapat berbagai macam jenis singkong, maka kamu sebaiknya mempelajari jenis yang cocok untuk keripik olahan.

Terdapat beberapa singkong yang memiliki tekstur kurang cocok untuk olahan keripik. Selain itu, calon pelaku usaha juga harus mengetahui pemasok yang bisa melakukan pengiriman dengan kualitas yang baik.

3. Kemasan Produk

Tips selanjutnya mempersiapkan kemasan. Sama halnya dengan manusia, begitu pula dengan makanan. Makanan akan mendapat nilai lebih jika kemasannya menarik. Sebelum konsumen merasakan terlebih dahulu mereka akan melihat kemasan produk terlebih dahulu.

Jika kamu mengemas keripik singkong, kemungkinan besar konsumen tidak akan melirik produk. Apalagi jika kamu tidak memperhatikan ketahanan keripik di dalam kemasan. Mungkin orang hanya akan membeli sekali dan tidak berulang lagi.

Jadi kemasan dari produk tidak hanya menarik, tetapi juga harus membuat keripik tetap tahan lama dan renyah.

4. Terima Modal

Hal yang perlu dicatat selanjutnya adalah mempersiapkan modal usaha. Memang benar harga singkong relatif murah. Sebaliknya calon pelaku usaha tetap wajib mempertimbangkan biaya operasional, dsb.

Siapkan dengan matang modal usaha sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan. Kemudian bagilah dana tersebut menjadi 2 bagian, yaitu sebagai produksi dan investasi.

Gunakan dana investasi untuk membeli peralatan produksi, mesin pengemasan, mesin pemotong singkong , dan perlengkapan lainnya. Sedangkan dana produksi digunakan untuk membeli bahan baku habis pakai, seperti singkong, gas elpiji, bumbu dan lain sebagainya.

5. Mengutamakan Rasa

Selanjutnya adalah selalu utamakan rasa. Merintis usaha di bidang kuliner memang harus mengutamakan rasa agar bisa bertahan lama di tengah persaingan pasar. Sama halnya dengan usaha keripik singkong. Di mana rasa menjadi syarat utama.

Setiap kali kemasan bagus, harga produk murah tetapi rasanya tidak enak akan membuat konsumen kecewa. Oleh karena itu, lakukan riset dengan matang sebelum memasarkan produk.

6. Membuat Rencana Pemasaran

Tips yang bisa kamu perhatikan adalah membuat rencana pemasaran sebelum mulai memperjual belikan produk. Dibaawah ini beberapa metode pemasaran yang bisa kamu lakukan, antara lain :

  • Dengan Metode konsinyasi

Metode Konsinyasi merupakan salah satu cara yang cukup familiar untuk memasarkan camilan. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan menitipkan produk di toko atau warung.

Berilah toko/warung dengan upah yang besar, hal itu dilakukan agar mereka meningkatkan semangat dalam memasarkan produk kamu.

  • Memasarkan Melalui Sosial Media

Memasarkan produk melalui media sosial adalah cara pemasaran yang efisien dan murah. Kamu bisa memajang foto produk dan menguploadnya di status WA, atau story IG.

Jangan lupa deskripsikan produk, termasuk cara mengordernya. Hal itu membuat pembeli lebih mudah menghubungi kamu.

  • Menggunakan Pengesahan

Belakangan ini meminta seseorang untuk memasarkan suatu produk sudah tidak asing lagi. Kamu bisa menilai produk keripik singkong dengan membayar public figure/selebgram dengan follower yang banyak.

Pertimbangan hal tersebut tentu saja agar produk keripik singkong lebih mudah terkenal dan menarik minat pembeli.

7. Gigih melakukan Promo

Setelah membuat berbagai macam rencana pemasaran, Anda juga perlu menjual keripik secara langsung ke masyarakat. Gunakan reseller atau agen.

lakukan pemasaran secara aktif dan kuat.

8. Mencari Mitra Usaha

Tips kedelapan adalah cari partner usaha yang tepat. Kamu bisa mengajak teman, keluarga, atau pasangan untuk memulai usaha keripik singkong.

Have partner usaha dapat membuat pembagian peran dan tugas menjadi mudah. Meskipun demikian jika kamu memiliki partner usaha akan sering terjadi terjadi. Namun, partner untuk mempermudah pekerjaan, terutama jika terjadi gangguan di tengah jalan.

9. Membuat Varian Singkong

Tips yang terakhir adalah membuat keripik singkong beraneka rasa. Buatlah varian rasa yang berbeda dari lainnya.

Jika pada umumnya keripik singkong memiliki varian rasa balado, original, dan manis, maka kamu bisa menambahkan pilihan rasa seperti rasa ayam panggang, keju, BBQ atau lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Keripik Singkong

  • Kelebihan

Usaha keripik singkong sangat mudah dilakukan. Peluang usaha keripik singkong ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, pelajar, pekerja kantoran, dll. Proses dalam pembuatan dan pengemasan menjadi hal yang penting dalam bisnis ini.

Keripik singkong bisa bertahan beberapa hari. Bahkan bila dikemas dalam keadaan baik dan rapat, maka makanan ini dapat bertahan berbulan-bulan. Tidak heran jika keripik singkong sangat cocok untuk dijual menggunakan kemasan.

Tidak seperti usaha mie ayam, roti, atau usaha makanan lain, keripik singkong cenderung dilakukan dengan modal yang sedikit, dimana kamu bisa menjualnya tanpa harus membuat atau berdiri terlebih dahulu.

  • kekurangan

Dalam praktiknya, selain memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan, usaha keripik singkong ini memiliki kelemahan. Salah satunya adalah risiko apabila keripik tidak terjual habis. Disisi ini kerugian akan menjadi rintangan paling berat dalam memulai usaha.

Apa lagi jika usaha keripik singkong baru saja kamu dirikan, belum banyak orang yang mengetahui produk yang kamu buat. Usahakan saat membuat keripik singkong buatlah sesuai dengan kapasitas, hindari membuat terlalu banyak sebelum pemasaran kamu sangat luas.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kerugian yang bisa kamu alami. bila kamu menerima pesanan memproduksi banyak produk. Jangan sampai keripik yang kamu buat, terlalu banyak yang tidak laku. Hal ini bisa membuat kamu rugi cukup besar.

Melakukan usaha di bidang keripik singkong memang sangat menjanjikan. Namun kamu perlu cermat dalam melihat kondisi pasar di sekitar. Dengan begitu nantinya usaha yang kamu jalani bisa berkembang lebih baik lagi.

Jangan memulai usaha keripik singkong dengan tergesa-gesa. Sebisa mungkin lakukan dengan tenang dan jalani dengan teratur. Sehingga dengan sendirinya usaha keripik singkong kamu akan berkembang. Kamu tidak perlu lagi mendapatkan ide atau risiko yang akan dialami.

Aneka Resep Keripik Singkong

Dari waktu ke waktu permintaan keripik singkong di pasaran menunjukkan peningkatan. Hal ini memberikan kesempatan bisnis yang sangat dijanjikan untuk dilakukan. Peluang bisnis keripik singkong masih terbuka lebar. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai kegiatan usahamu.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menjalankan kegiatan usaha keripik singkong sebagai kegiatan usahamu? Mari kita simak terlebih dahulu bagaimana cara mengolah singkong menjadi keripik. Berikut ini resep untuk membuat keripik singkong yang bisa kamu coba di rumah. Selamat Mencoba!

1. Keripik Singkong Gurih Original Renyah

peluang usaha keripik singkong

Bahan-bahan :

  • 1 sendok teh soda kue
  • 2 kg singkong (bersihkan kulitnya terlebih dahulu, kupas kemudian iris tipis)
  • 1 liter air panas (air yang digunakan bukan yang baru mendidih)
  • minyak goreng
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Pertama-tama, cuci bersih singkong yang telah diiris tipis.
  2. Setelah itu, siapkan bahan rendaman. Siapkan air panas yang bukan baru mendidih. Tambahkan baking soda dan garam lalu aduk rata.
  3. Masukkan singkong yang sudah dipotong ke bahan rendaman. Rendam selama 45 menit-1 jam.
  4. Lalu tiriskan singkong kemudian bilas lagi dengan air bersih, tiriskan kembali.
  5. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya, singkong harus terendam ya! Goreng singkong sampai kecoklatan, agar matang merata. Setelah matang langsung taburi bumbu sesuai selera dan campur hingga merata.
  6. Terakhir, sajikan jika sudah dingin.

2. Keripik Singkong Balado

peluang usaha keripik singkong

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg singkong, diris tipis-tipis (gunakan mesin pemotong singkong agar lebih mudah)
  • 1 sendok teh kapur sirih, (larutkan dalam 100 ml air)

Bahan Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar
  • 8 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh asam jawa, (larutkan asam jawa dengan 2 sendok makan air)
  • minyak goreng
  • Wijen (sesuai selera)

Cara Membuat :

  1. Pertama, rendam singkong dalam larutan air kapur sirih,air, dan garam. Lalu selama 15 menit diamkan singkong, kemudian cuci bersih.
  2. Kedua, tiriskan singkong. Gorenglah dengan minyak panas sedang sampai kering dan matang.
  3. Ketiga, tumis bawang putih, garam (sedikit dahulu), dan cabai merah sampai wangi.
  4. Keempat, masukkan garam agar tidak keasinan, gula pasir, dan air asam jawa. Aduklah sampai kental.
  5. Kelima, tambahkan singkong goreng. Campur sampai terbalut rata.
  6. Keenam, taburi dengan wijen (opsional). Keripik singkong bisa disajikan.
× Whatsapp Kami!