Halo semuanya apa kabar?Diartikel kali ini kami akan mengulas tentang resep kentang goreng mudah sehat dan layak dikonsumsi.

Siapa sih yang gak tahu tentang makanan kentang goreng. Yaps pasti semua tahu. Makanan khas dari luar neheri ini sangat populer di Indonesia. Karna bahan dan alat yang mudah ditemukan di Negara kita. Apalagi cara pembuatannya juga mudah dan simpel.

Kentang goreng dapat dimakan sebagai makanan ringan, dan juga dapat sebagai makanan pelengkap hidangan utama sepertik steak, hamburger, fried chickhen dsb.

Kudapan ini mudah kita temui dimana saja dari kafe, restoran, ataupun dipinggiran jalan. Kentang goreng banyak disukai semua kalangan, sebab rasanya mantap dan teksturnya renyah serta gurih untuk dinikmati.

Sajian kentang goreng sangat pas disajikan di kala senggang atau sedang menikmati film dan kegiatan lainnya, apalagi jika rasanya renyah.

Walaupun Kentang goreng mudah kita beli. Namun apa salahnya jika kita membuatnya sendiri. Langsung saja buat kamu yang enggak sabar membuat kentang goreng saya akan memberikannya resep kentang goreng dibawah ini.

A. Berbagai Macam Resep Kentang Goreng

1. Resep Kentang Goreng Crispy

Bahan :

  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1/2 Sendok teh kunyit bubuk
  • 1 Sendok makan tepung terigu yang sudah ditepung menggunakan mesin penepung
  • 2 Gelas air untuk merebus
  • air es ( 2 gelas)
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Didihkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
  3. Setelah ditiriskan masukkan kentang ke lemari es.
  4. Kemudian gulingkan kentang diatas terigu dan garam. Aduk sampai kentang tercampur rata dengan tepung dan garam.
  5. Panaskan minyak, Lalu goreng kentang sampai menguning. Angkat dan tiriskan kentang diatas kertas minyak atau tissue.

2. Resep Kentang Goreng Ala KFC

Bahan :

  • Lemak daging sapi beku 200 gr
  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1 1/2 gelas air
  •  cangkir gula yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air hangat 1/4 saja
  • 1/4 Sendok teh kaldu sapi blok (opsional)
  • 2 Sendok teh garam

Cara Membuat :

  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Campurkan sirup jagung dan air, kemudian masukkan kentang ke dalamnya. Dinginkan selama sekitar 30 menit.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tiriskan larutan gula yang ada didalam kentang. Setelah itu goreng kentang selama 1sampai 2 menitan.
  4. Tiriskan minyak dari kentang goreng, kemudian dinginkan kentang di dalam lemari es selama 15 menit.
  5. Minyak goreng dipanaskan kembali dan tambahkan lemak daging sapi. Lalu goreng kentang sampai kuning keemasan.
  6. Kentang goreng ditiriskan, kemudian taburi garam dan merica sesaat sebelum dihidangkan

3. Resep Kentang Goreng Beku

Bahan :

  • 4 Buah kentang ukuran sedang
  • 2 Liter air
  • air es (2 Lt)
  • 1 Sendok makan garam
  • minyak sayur (1 sendok mkn)

Cara Membuat :

  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Didihkan air dan garam, kemudian rebus kentang selama 2 menit. Kemudian kentang di tiriskan untuk dimasukkan ke dalam air es.
  3. Tiriskan air dari kentang, kemudian aduk kentang dengan minyak sayur. Tempatkan kentang di atas kertas roti. Jangan ditumpuk. Setelah itu dinginkan di lemari es selama 6 jam.
  4. Pindahkan kentang ke kantung ziplock, kemudian simpan di dalam freezer.

4. Resep Kentang Goreng Tanpa Tepung

Bahan :

  • beef tallow 100 gr
  • 4 Buah kentang ukuran sedang
  • 2 Liter air es
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air es setelah kentang diiris. Biarkan kentang terendam selama 1 jam.
  2. Lelehkan beef tallow di penggorengan, kemudian tambahkan minyak goreng.
  3. Tiriskan kentang dari air rendaman, kemudian goreng dalam campuran minyak dan beef tallow yang sudah panas. Apabila warna kentang sudah kuning keemasan diangkat untuk ditiriskan minyaknya
  4. Taburi kentang goreng dengan garam halus sesaat sebelum disajikan.

5. Resep Kentang Goreng Legit

Bahan :

  • 200 gram kentang
  • 1/4 sdt garam
  • minyak untuk menggoreng
  • air dingin dan es batu secukupnya

Cara Membuat :

  1. Kupas kentang, cuci bersih, dan potong bentuk stik.
  2. Siapkan baskom, rendam kentang dengan air dingin dan es batu. Tambahkan garam. Diamkan selama 15 menit.
  3. Tiriskan dan keringkan kentang sampai kentang benar-benar kesat.
  4. Panaskan minyak lalu goreng kentang setengah matang saja setelah itu ditiriskan
  5. Dengan api yang lebih besar, goreng kembali kentang yang tadi sudah digoreng setengah matang.
  6. Angkat dan tiriskan, lalu nikmati dengan saus kesukaanmu.

B. Cara Memilih Kentang Yang Sehat

Nah, sebelum kamu memasak kentang goreng, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa membantu dalam memilih kentang berkualitas.

1. Waspadai Kentang yang Berwarna Hijau

Terkadang kita temui banyak sekali kentang yang berwarna hijau ayang dijajakan di pasaran.  Waspadai kentang yang berwarna hijau ini ya, sebaiknya kamu tidak memilihnya atau membelinya karena kentang berwarna hijau ini menunjukan kualitas ketang yang kurang baik.

Kentang hijau juga memiliki racun karena mengandung senyawa bernama solanina yang bisa menyebabkan gatal-gatal, mual, diare serta sait kepala atau pusing.

2. Perhatikan Ciri Fisik Kentang

Kentang yang baik dan layak untuk dikonsumsi dapat kita lihat dari fisiknya. Kualitas kentang yang baik ditandai dengan permukaan kulit kentang yang halus mulus dan tidak terdapat cekungan.

Kulit kentang yang mulus memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan kentang yang memiliki kulit kasar. Cocok sekali jika ingin membuat makanan seperti kentang kering atau kentang goreng.

3. Memiliki Bobot yang Pas dan Keras

Berat kentang juga menjadi penanda kentang berkualitas, kentang berkualitas cukup berat karena daging umbinya tebal dan padat.

Kentang yang keras juga menandakan bahwa daging umbi kentang masih utuh dan tidak terdapat kerusakan atau kebusukan di dalamnya. Berbeda dengan kentang yang berbobot ringan menunjukan bahwa bagian dalam umbi kentang sudah rusak.

4. Pilih Kentang yang Kering

Jangan sekali-kali kamu memilih kentang dalam keadaan basah, karena kandungan air yang terdapat pada bagian luar kulit kentang bisa menyebabkan lembab.

Kelembapan yang berlebih inilah yang bisa membuat kentang menjadi cepat busuk dan lembek. Namun jika sudah terlanjur membeli kentang dan basah, keringkan kentang dengan menggunakan kertas tisue sampai kering kemudian angin-anginkan hingga permukaan kentang tidak basah lagi.

5. Tidak Memiliki Tunas

Sebaiknya kamu tidak membeli atau memilih kentang yang cekungannya terdapat tunas.  Tunas tersebut berukuran kecil dan bergerombol seperti daun.

Hal tersebut bukan berarti kentang tidak layak konsumsi, hanya saja hal ini menandakan bahwa kentang sudah lama untuk disimpan atau dipanen.  Sebaiknya tidak memilih kentang yang sudah bertunas untuk dikonsumsi, dari pada dibuang tanam saja kentang tersebut sebagai tanaman dalam pot anda.

6. Segera Olah Kentang

Hal yang terpenting jika kamu mendapatkan kentang dengan ciri-ciri di atas adalah harus mengolahnya.  Dan tidak dianjurkan menyimpan kentang terlalu lama. Agar kamu mendapatkan kesegaran dan banyal manfaat dari kentang.

C. Manfaat Kentang 

resep kentang goreng

1. Melancarkan Buang Air Besar

Khasiat pertama kentang goreng dapat membantu buang air besar lancar. Kandungan serat pada kentang memiliki manfaat untuk pelancaran pencernaan sehingga buang air besar menjadi lancar.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi kentang goreng dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Kandungan vitamin C yang ada di dalam kentang membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

3. Mencegah Rasa Nyeri Pada Tubuh

Rasa nyeri bisanya di sebabkan karena faktor tubuh yang terlalu lelah. Jika ingin mencegah rasa nyeri ditubuh dapat dengan memakan kentang. Kandungan bioflavonoid membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih baik.

4. Mengontrol Nafsu Makan

Jika sering merasa nafsu makan yang tidak terkontrol maka kentang goreng dapat sebagai pengganti untuk sarapan pagi. Kandungan karbohidrat pada kentang akan membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat mencegah untuk makan berlebihan.

5. Sumber Energi

Karbohidrat pada kentang goreng memiliki jumlah tertinggi yaitu 35%. Karbohidrat yang ada dalam kentang goreng bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh. Selain itu kentang juga kaya akan kalium.

6. Sebagai Sumber Energi yang Baik

Kandungan karbohidrat pada kentang goreng memiliki berbaga manfaat sebagai sumber energi untuk tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini akan membantu menambah energi dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan energi.

7. Menghaluskan Kulit Wajah

Kulit wajah kita dapat halus dengan cara yang mudah dan alami yaitu banyak mengkonsumsi kentang goreng. Kandungan vitamin C dikentang dapat menghasilkan kulit yang halus dan lembab.

8. Meredakan Stres

Kentang goreng juga dapat meredakan stres. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalamnya yang mampu merilekskan pikiran. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini untuk menghindari resiko stres.

9. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini akan terjadi pada semua orang ketika usia semakin bertambah. Untuk mencegahnya dapat dengan mengkonsumsi kentang goreng. Kandungan vitamin C pada kentang dapat dengan efektif mencegah timbulnya penuaan dini.

10. Mengatasi Kerontokan Rambut

Rambut rontok memang terbilang normal, namun jika kerontokan nya secara berlebihan itu dapat mengakibatkan kebotakan. Untuk mengatasinya kamu bisa rutin mengkonsumsi kentang goreng.

Kandungan vitamin A, B6 dan C serta potassium yang terdapat pada kentang terbukti mampu mengatasi kerontokan pada rambut sehingga rambut tetap sehat.

11. Menurunkan Berat Badan

Berat badan dapat diturunkan dengan cara mengkonsumsi kentang goreng. Kandungan karbohidrat yang membuat perut kenyang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

D.  Bahaya Dari Kentang

1. Memicu Meningkatnya Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Perlu di ketahui bahwa penggunaan minyak goreng yang berkali-kali terutama proses pemanasan yang berlebih pada minyak goreng dapat memecah senyawa asam lemak tidak jenuh menjadi jenuh.

Asam lemak jenuh tersebut dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh yang berakibat pada menurunnya kolesterol baik dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol dan menurunnya kadar HDL dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner.

2. Berpotensi Menyebabkan Kanker

Minyak goreng yang digunakan berkali-kali serta pemanasannya yang tinggi membuat senyawa minyak goreng terpecah membentuk ekrolein, yaitu senyawa yang memiliki sifat beracun.

Pemanasan minyak goreng yang berulang-ulang berpotensi membentuk radikal bebas, yaitu salah satu penyebab berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

3. Konsumsi Berlebih dapat Mengganggu Keseimbangan Tubuh

Kentang goreng terkadang disajikan dengan bumbu tambahan seperti MSG (monosodium glutamat). Pengonsumsian MSG secara terus-menerus serta dalam jumlah yang banyak dapat mengganggu keseimbangan tubuh kamu.

Dalam jangka pendek, dampak yang diakibatkan oleh MSG memang belum terlihat. Namun, dalam jangka panjang dampaknya akan sangat buruknya untuk kesehatan..

4. Menurunnya Jumlah Nutrisi dalam Kentang

Perlu di ketahui bahwa mengolah berbagai jenis makanan dengan cara yang tidak benar dapat berakibat pada nutrisi yaitu menurunkan nutrisinya.

Pengolahan kentang dengan cara di goreng dapat berpotensi menurunkan kandungan nutrisi yang ada didalam kentang. Minyak yang titik didihnya tinggi akan membuat sebagian nutrisi kentang hilang.

Titik didih pada air tidak sepanas dengan titik didih pada minyak, sehingga meskipun direbus nutrisi di kentang tetap akan berkurang namun hilangnya nutrisi kentang saat di rebus tidak akan sebanyak hilangnya nutrisi kentang saat di goreng.

5. Diabetes

Bahaya kentang goreng selanjutnya adalah dapat menyebabkan diabetes meiletus, hal ini di karenakan kandungan minyak goreng dapat berubah jadi lemak jenuh. Lemak jenuh sendiri memiiki bahaya yaitu seperti yang diketahui banyak orang dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

6. Penyakit Jantung

Masih terkait dengan lemak jenuh, yang ditimbulkan karena dari proses penggorengan kentang, hal ini dapat menjadi penyebab penyakit jantung yang menyumbat arteri.

7. Stroke

Penyakit stroke  dapat di sebabkan oleh bahaya kentang goreng jika di konsumsi secara rutin. Itu dikarenakan kandungan lemak jenuh yang wajib diwaspadai.

E. Usaha Kentang Goreng

Usaha kentang goreng memang bisnis yang menjanjikan dan mendukung karena sesuai dengan kebutuhannya masyarakat sekarang yang serba modern dan menginginkan yang serba instan, enggak pakai ribet, dan pastinya enak.

Buat kamu yang pengen memulai bisnis kentang goreng, ada baiknya menyimak analisa usaha kentang goreng berikut ini.

1. Bahan Baku

Usaha pada kentang goreng bahan bakunya sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan kamu dapat mendapatkannya di pasar tradisional atau supermarket.

Bahan baku utama usaha ini tentu saja kentang. Ketika hendak membeli kentang untuk dijadikan kentang goreng, sebaiknya memilih kentang yang berukuran besar karena hal ini akan memudahkan dalam proses pengupasan dan pemotongan.

Untuk rasa kentang goreng yang lezat, sebaiknya menggunakan kentang dengan kualitas yang baik. Dikarenakan, kentang yang berkualitas dapat menghasilkan dengan cita rasa yang lezat, gurih, dan sedikit manis.

Selain kentang, bahan baku lain yang diperlukan adalah garam, penyedap rasa, minyak goreng, saus tomat, dsb. Kamu juga dapat menambahkan bumbu aneka rasa yang dapat dijumpai dengan mudah di supermarket atau toko bahan kue. Bumbu praktis yang digunakan dalam sekejam akan memberikan rasa yang berbeda.

2. Target Market

Target market dari usaha ini adalah segala usia. Tetapi, konsumen yang gemar memakan kentang goreng adalah anak-anak dan remaja karena jajanan ini selain ramah di kantong juga memiliki cita rasa yang gurih, sangat sesuai dengan selera anak muda.

3. Tempat Usaha Kentang Goreng

Agar usaha kentang goreng kamu berjalan dengan lancar, yang kamu perlukan memilih lokasi yang strategis. Salah satu lokasi yang sangat bagus untuk dijadikan tempat menjajakan kentang goreng adalah pusat perbelanjaan karena masyarakat modern gemar menghabiskan waktu senggangnya untuk berjalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Ketika berjalan-jalan, orang-orang pasti akan merasa haus dan lapar sehingga mereka membutuhkan waktu untuk beristirahat sejenak sambil menyeruput minuman segar dan menyantap makanan ringan yang tidak lain adalah kentang goreng.

Selain di pusat perbelanjaan, juga dapat membuka stan usaha kentang goreng di dalam kantin sekolah atau di area dekat sekolah karena ketika jam istirahat datang, para siswa pasti merasa lapar dan ingin menikmati kentang goreng.

4. Promosi Usaha Kentang Goreng

Mempromosikan usaha kentang goreng memiliki peran yang sangat penting karena dengan ini, masyarakat akan mengetahui produk kentang goreng tersebut.

Menggunakan spanduk atau stiker besar yang ditempelkan di stan kamu. Spanduk atau stiker ini selain sebagai media promosi, juga dapat jadikan buku menu berisi kentang goreng dengan berbagai rasa serta harga dari kentang goreng.

Kamu juga dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kentang goreng. Cara ini sudah terbukti ampuh karena sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan sosial media.

5. Risiko Usaha Kentang Goreng

Setiap usaha pasti ada resikonya. Begitu pula dengan usaha kentang goreng.  Mungkin yang akan dihadapi oleh pengusaha kentang goreng adalah harga kentang yang dapat sewaktu-waktu naik. Hal ini tentu akan mempengaruhi pendapatan.

Risiko yang lainnya adalah persaingan pasar. Semakin hari akan semakin banyak orang yang ikut membuka usaha menjual kentang goreng. Jika tidak berinovasi, kamu akan tersingkir.

6. Analisa Usaha Kentang Goreng

Sebelum memutuskan untuk berbisnis kentang goreng, ada baiknya  memperhitungkan untung ruginya dari usaha ini.

Itulah tadi ulasan kami tentang resep kentang goreng, cara memilih kentang, manfaat bahayanya, dan juga peluang usahanya.

Oh ya selain artikel ini. Baca juga artikel lain kami tentang Resep Sambal Goreng Kentang.

Demikianlah artikel tentang Resep Kentang Goreng. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih karena kesediaannya untuk membaca artikel yang kami ini.

Tentu masih banyak kekurangan karena keterbatasan kami baik itu berupa pengetahuan maupun yang lainnya. Sekian dari kami dan Terimakasih.

× Whatsapp Kami!