Melonjaknya harga minyak sawit membuat pasar pasar tradisionnal menaikan harga. Keterbatasan pasokan sawit mengakibatkan membengkaknya harga minyak, Di samping itu usaha agen minyak goreng bisa menjadi ide bisnis yang tepat.

kenaikan harga minyak goreng dikarenakan harga internasional yang naik cukup tajam.

Selain itu, hal yang menyebabkan harga minyak di Indonesia mahal adalah turunnya panen sawit pada semester kedua.

minyak goreng merupakan barang pokok utama yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Di tengah membengkaknya harga minyak goreng usaha minyak goreng bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Manfaat minyak goreng untuk kesehatan

peluang usaha agen minyak goreng

Minyak goreng banyak dikaitkan dengan penyebab meningkatnya risiko kesehatan. Padahal, minyak goreng juga punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Wallau makanan yang digoreng memang dikatakan bisa meningkatkan kadar kolesterol tinggi, dampak buruk ini sebenarnya baru akan terjadi bila Anda menggunakan minyak goreng yang salah atau makan makanan dalam porsi besar dan terlalu sering.

Apabila anda mengonsumsi sajian gorengan yang diolah dengan minyak yang tepat, risiko tersebut bisa anda minimalkan. Walaupun ada juga minyak goreng yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari minyak goreng bagi kesehatan :

1. Menunjang Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Bila Anda ingin jantung dan pembuluh darah sehat, minyak zaitun bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa.

Walau harganya lebih lebih mahal, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tidak jenuh dan antioksidan.

Tetapi, minyak zaitun tidak cocok untuk digunakan untuk menggoreng makanan dengan metode deep fry (direndam minyak).

Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki titik didih yang rendah, sehingga alangkah lebih baik dipakai untuk memanggang, membuat tumisan dengan sedikit minyak, atau menjadi campuran salad.

2. Baik untuk Kesehatan Kulit

Menggunakan minyak goreng dengan tepat juga dapat menunjang kesehatan kulit. minyak jagung yang kaya vitamin E mampu mendukung kesehatan kulit anda.

Mengonsumsi minyak jagung sebanyak 1 sdm per hari  mampu memenuhi kebutuhan 15 persen kebutuhan vitamin E harian.

Minyak ini memiliki titik didih lebih tinggi, sehingga cocok juga untuk menggoreng makanan bahkan dengan metode deep fry.

Satu sendok makan minyak jagung mengandung lemak total sebanyak 14 gram. Perbandingannya yaitu lemak jenuh 1,8 gram, lemak tak jenuh rantai tunggal 3,8 gram, dan lemak tak jenuh rantai ganda 7 gram.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Beberapa minyak dianggap memiliki lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit lemak jenuh sehingga dapat menunjang diet anda.

Minyak kanola dapat menjadi pilihan karena tinggi akan asam omega-3 dan omega-6.

Kandungan lemak jenuh yang terkandung lebih rendah ketimbang minyak zaitun dan minyak jagung.

Satu sendok makan minyak kanola mengandung setidaknya 14 gram total lemak (lemak jenuh 1 gram, lemak tak jenuh rantai tunggal 9 gram, dan lemak tak jenuh rantai ganda 3,9 gram).

Minyak kanola memiliki rasa yang cenderung netral dan cocok untuk beragam hidangan.

Walau begitu, minyak ini tidak disarankan untuk dimasak di suhu tinggi, sehingga tidak cocok untuk menggoreng atau membakar.

Sebab, saat dipanaskan, minyak kanola bisa mengalami oksidasi yang bereaksi dengan oksigen untuk membentuk radikal bebas dan memicu peradangan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk dapat meningkatkan pilihlah minyak bunga matahari. Sunflower oil tinggi vitamin E yang merupakan antioksidan yang kuat sehingga mampu melindungi sel dan organ kita dari radikal bebas, serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Minyak bunga matahari merupakan minyak goreng yang serbaguna karena dapat menahan suhu tinggi (memiliki titik asap 230 derajat Celsius). Minyak ini cocok untuk beragam campuran sayuran, steak, dan ikan.

Selain itu, minyak dari bunga matahari dapat juga digunakan sebagai pengganti mentega saat memanggang kue.

5. Mengurangi Gejala Arthritis

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa ekstrak alpukat dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang berkaitan dengan penderita arthritis.

Karena hal itu, minyak alpukat dapat menjadi obat pilihan untuk memberikan dampak kesehatan terutama bagi mereka yang memiliki masalah persendian.

Minyak alpukat juga bisa anda gunakan langsung ataupun sebagai minyak goreng.

6. Mencegah Osteoporosis

Untuk mencegah osteoporosis, dibutuhkan asupan tinggi akan kalsium. Minyak kelapa diketahui membantu tubuh agar lebih efektif dalam menyerap zat-zat penting, salah satunya kalsium.

Apakah kalian sudah percaya  kalau tidak semua minyak goreng itu jahat? Berdasarkan jenisnya minyak goreng diketahui membawa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Walau begitu, Anda tetap disarankan untuk tidak menggunakan minyak goreng secara berlebihan. Batasi porsi dan atur frekuensi konsumsi makanan yang digoreng.

Jangan banyak mengonsumsi makanan yang digoreng atau terlalu sering agar tidak mendatangkan gangguan kesehatan.

Membangun usaha agen minyak goreng

1.Bangun badan usaha dan ajukan izin

membangun usaha agen minyak goreng juga memerlukan perizinan usaha dan izin dagang terlebih dahulu. Izin tersebut sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan izin yang diberikan usaha yang  ingin dibangun akan lebih mudah mencari supplier atau mitra kerja ketika kamu sudah memiliki izin usaha.

2.Pilih lokasi yang tepat

Lokasi menjadi faktor penting dalam menentukan usaha minyak goreng anda. Untuk memulai usaha agen miyak goreng anda perlu menentukan lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha anda.Cari dan pilihlah lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan barang pokok, seperti dekat pasar rakyat.

3.Bekerja sama dengan produsen terpercaya

Indonesia merupakan salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar . Berdasarkan data dari Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), ada sedikitnya 38 produsen minyak nabati di Indonesia.

GIMNI mencantumkan kontak dari masing-masing perusahaan tersebut di situs resminya. Pilihlah produsen  minyak goreng yang sudah resmi tercatat di situs GIMNI. Bandingkan harga minyak goreng untuk distributor atau agen dari masing-masing produsen yang ada. Pilihlah harga dan produsen yang sesuai untuk menjadi mitra bisnismu.

4.Cari reseller dan mitra kerja

Reseller adalah konsumen utama dari bisnis agen minyak goreng. Dengan adanya reseller yang kamu miliki , kamu berarti memiliki konsumen tetap. Untuk mendapatkannya, promosikanlah usahamu melalui media sosial, dengan promosi fisik seperti poster, leaflet, flyer, dan lain-lain.

Tetapkan harga yang bersaing supaya banyak orang yang berminat menjadi reseller bisnis minyak gorengmu. Kamu juga bisa memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar sebagai promosi tambahan.

Selain reseller, kamu juga perlu mencari mitra kecil seperti warung-warung, restoran, kedai, dan sebagainya. Dengan begitu kamu bisa mendapatkannya, mereka akan menjadi pelanggan tetapmu.

5.Mencatat seluruh transaksi usaha

Mencatat seluruh transaksi atau sangatlah penting demi keberlangsungan bisnis sebagai agen minyak goreng.

Selain itu, kamu juga harus memastikan stok minyak goreng dari supplier tetap aman. Pengecekan  harus dilakukan secara rutin.

Proses pembuatan minyak goreng

Minyak goreng nabati merupakan minyak yang paling umum digunakan untuk memasak oleh masyarakat Indonesia. Terdapat banyak jenis minyak goreng,  minyak jagung,seperti minyak zaitun,  dan minyak kelapa sawit, namun, minyak kelapa sawit adalah minyak yang paling umum digunakan sehari-harinya. Ini dikarenakan Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia dengan jumlah yang dihasilkan mencapai lebih dari 40 juta ton per tahunnya.

Sebelum membangun usaha agen minyak goreng anda, Terlebih dahulu anda mengetahui proses pembuatanya. Berikut adalah proses pembuatan minyak goreng.

1. Pengumpulan Buah Kelapa Sawit

Tandan buah segar  yang sudah matang dan memiliki mutu baik untuk  dipanen. Setelah itu, TBS tersebut dibawa ke pabrik untuk diolah lebih lebih lanjut.

2.Perebusan Buah Kelapa Sawit

Tandan lalu diolah dengan uap air panas bertekanan 2,2 hingga 3 kilogram per centimeter untuk sekitar 90 menit. Proses ini dilakukan bertujuan untuk membunuh enzim yang bisa merusak hasil dari minyak tersebut dan juga untuk memudahkan proses perontokan inti buah dari cangkangnya.

3. Perontokan Buah

TBS yang telah berada di pabrik, pada umumnya masih tertancap pada tangkainya, hingga buah perlu dilepaskan dari tangkainya. Setelah melalui proses sebelumya yang mempermudah perontokan, buah dilepaskan dengan metode bantingan yang dilanjutkan dengan penggunaan mesin therser untuk memisahkan buah dari brondongnya.

4. Pemerasan Daging Buah

Sebelum buah diperas, Buah terlebih dulu akan diberikan tekanan uap bersuhu 80 sampai 90 derajat agar buah mudah melepaskan biji dari daging buahnya. Kemudian daging buah akan dimasukan ke dalam mesin pengompres yang akan memeras buah tersebut guna menghasilkan minyak kasar yang masih bercampur dengan daging buah atau ampas buah.

5. Penyaringan Minyak Kasar

Minyak kasar yang dihasilkan oleh mesin pengompres akan disaring dengan memasukkannya ke dalam crude oil tank yang bertugas memisahkan ampas dan minyak. Ampas yang sudah terkumpul pada saringan akan diolah lebih lanjt lagi menggunakan mesin Depericarper untuk mendapatkan kandungan minyak yang masih terdapat didalamnya.

6. Pemisahan Minyak Dengan Air

Pada proses ini, minyak yang  bercampur dengan air dari uap akan dipisahkan. Proses pemisahan ini mengikuti fase minyak dan sesuai dengan kadar minyak yang ada. Pada fase ringan, air, minyak, dan massa jenis minyak ditampung pada continuous setting tank yang akan di bawa ke oil tank. Sedangkan fase berat berisi minyak, air, dan massa berat ditampung dengan sludge tank dan kemudian dibawa ke sludge separator untuk dipisahkan minyak dari airnya.

7. Pemurnian Minyak

Minyak yang sudah terpisah dari air belum 100 persen bebas air, sehingga masih membutuhkan proses pemurnian lagi. kemudian dimasukkan ke dalam vacuum dryer  untuk membuang kandungan air yang ada sampai hingga sampai volume minyak minimal atau di bawah ambang batas. Minyak yang sudah melewati vacuum dryer, sudah layak dianggap sebagai minyak murni, dan ditampung ke dalam oil storage tank untuk kemudian dibawa ke bagian pengemasan. Pemurnian minyak juga biasanya dilakukan sebanyak dua kali proses penyulingan sehingga mampu menghasilkan minyak goreng yang lebih murni dan jernih.

Peluang usaha agen minyak goreng

Harga minyak goreng sedang melonjak, Selain harga minyak kelapa sawit yang masih tinggi. Terbatasnya pasokan menyebabkan kenaikan harga tersebut, terutama di pasar-pasar tradisional.

Dalam hal lain, minyak goreng adalah salah satu barang pokok yang pasti dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, minyak goreng juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di tengah melonjaknya harga minyak.

 

Fakta menarik mengenai minyak kelapa sawit

1. Minyak goreng sawit dihasilkan dengan pemurnian Minyak Kelapa Sawit(CPO) dan minyak goreng sawit yang dihasilkanhanya 68.28% dari volume CPOnya.

2. 77.5% rumah tangga di indonesia masih menggunakan minyak goreng sawit curah yang hanya melalui satu kali penyulingan dan tidak difortifikasi dengan vitamin (Kemendag 2017).

3. Ada enam industri minyak goreng yang tersebar di sumatera dan empat industri di Pulau Jawa. Sisanya masing-masing satu industri di Kalimantan dan Sulawesi (kemendag 2017).

4.Pulau jawa mengkonsumsi minyak goreng terbanyak pula sedangkan yang terendah di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

5.Luas Areal yang ditanami sawit di indonesia menurut Kementrian Pertanian 16,381 juta hektar.Tahun 2018 luasnya menurut Kementrian Pertanian 14,3 juta hektar.

6.Produksi minak kelapa sawit di tahun 2019 mencapai 47.18 juta ton atau meningkat 9.413:34 22/03/2022% dari tahun sebelumnya dan ekspornya 37.39 juta ton atau naik 7,73% dari 2018.

7.Tujuan ekspor minyak sawit indonesia tiga terbesar adalah Cina dengan 8.136,70 juta ton atau naik 35% dari tahun sebelumnya, Uni Eropa dengan 5.743,60 juta ton atau naik 1.8% dan india dengan 5.164,08 juta ton, atau turun 26,7% dari tahun sebelumnya.

8.Ekspor minyak kelapa sawit menghasilkan $19 milyar di tahun 2019 atau turun 17,39% dari tahun sebelumnya dengan penurunan terutama disebabkan harga yang rendah.

Minyak kelapa sebagai pengganti minyak sawit

Minyak Kelapa

Ditengah melonjaknya harga minyak goreng sawit. Sebagai gantinya anda dapat menggunakan kelapa sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng, selain karena bahan baku yang mudah ditemui, minyak kelapa juga memiliki harga jual yang tinggi jika dibandingkan dengan minyak goreng sawit biasa, minyak goreng kelapa bisa menjadi ide usaha yang lebih menguntungkan dibanding minyak goreng biasa.

 

Usaha agen minyak goreng kelapa

Pada dasarnya minyak kelapa salah satu bisnis yang sudah banyak dijalani beberapa kalangan masyarakat hingga saat ini. Bagi orang awam, menjalankan usaha minyak goreng kelapa memiliki keuntungan kecil. Namun sebanarnya bisnis minyak goreng kelapa juga memiliki peluang untuk  mendapatkan keuntungan besar jika dijalankan dengan maksimal.

Bila anda menjalankan bisnis minyak goreng kelapa dengan maksimal, tentu peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan jumlah besar semakin terbuka lebar. Karena minyak goreng kelapa merupakan salah satu bahan pengolah makanan yang diperlukan setiap hari.

Lebih lagi minyak goreng kelapa ini merupakan salah satu bahan pengolah makanan yang sudah terpercaya, dan sudah teruji. J Dengan demikian banyak kalangan yang akan membeli minyak goreng tersebut. Anda sebagai penjual juga harus menjual bahan pengolah makanan yang halal dan memiliki label BPOM.

Peluang usaha agen minyak goreng kelapa

Usaha bisnis minyak goreng kelapa dapat menjadi peluang sukses yang cukup besar.  Minyak goreng kelapa merupakan produk yang sudah teruji dan sudah melalui penyaring lebih dari sekali. Dengan begini produk ini cukup baik untuk dijual dan dipasarkan di semua tempat yang ada saat ini.

Minyak goreng merupakan bahan pengolah makanan yang sangat diperlukan setiap hari. Dengan demikian minyak goreng kelapa bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Sudah bisa dipastikan keuntungan bisa anda raih setiap hari juga.  Peluang usaha minyak goreng kelapa ini bisa dijalankan dimana pun. Alasannya minyak goreng kelapa selalu dibutuhkan masyarakat, jadi cukup mudah menentukan tempat untuk menjual minyak goreng kelapa.

Bisnis minyak goreng kelapa ini juga bisa anda jalankan dengan jumlah kecil maupun besar. Intinya sangat memungkinkan untuk anda yang ingin membuka bisnis ini kecil-kecilan terlebih dahulu.

 

× Whatsapp Kami!