Cara Membuat Bakwan Jagung, Camilan Gurih Banyak Manfaat

Sebelum mengetahui cara bikin bakwan jagung yang enak dirumah, ketahui dulu sejarah bakwan jagung yang sebenarnya. Bakwan jagung adalah camilan sekaligus bisa menjadi lauk makanan. Gorengan yang digemari banyak orang ini bukan hanya mudah dibuat namun juga murah meriah.

Pengaruh Kuliner dari Spanyol dan Portugis, Bakwan Jagung Menjadi Camilan Gurih Khas Indonesia

Awalnya bakwan jagung merupakan warisan kuliner yang dipengaruhi kuliner Spanyol dan Portugis. Portugis pernah berlayar dan berdagang di Indonesia hingga ingin menguasai beberapa area Indonesia. Karena seringnya orang Portugis melakukan aktivitas di Indonesia, ada banyak budaya dan pengaruh yang mereka bawa. Biji jagung yang merupakan tanaman asli Amerika dibawa dan diperkenalkan ke Indonesia oleh Portugis, dan karena tanah di Indonesia sangat cocok untuk menanam jagung, semakin banyak hasil panen jagung. Salah satu olahan jagung yang mudah dibuat adalah bakwan jagung. Dalam perkembangannya, karena gula sangat mahal dan menjadi komoditas penting pada saat itu, bakwan jagung yang diolah bukan menghasilkan bakwan jagung yang manis melainkan asin dan gurih karena menyesuaikan kemampuan masyarakat dan dipertahankan hingga menjadi bakwan jagung seperti yang kita kenal saat ini.

 

Selain nikmat untuk camilan, ternyata jagung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah kita dapatkan dengan harga relatif murah. Bisa diolah secara sederhana seperti di rebus maupun diolah menjadi berbagai makanan lezat lain. Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan :

1. Baik untuk pencernaan

Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Mencegah Anemia

Didalam jagung banyak mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang dapat menghindari kita dari anemia atau kekurangan darah. Olahan jagung menjadi keripik jagung juga salah satu variasi olahan agar tidak bosan saat mengkonsumsi jagung

3. Sumber Energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

4. Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung juga kaya akan Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang berfungsi untuk menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

5. Cegah Diabetes dan Hipertensi

Konsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals. Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

6. Tulang Menjadi Kuat

Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua. Memiliki banyak manfaat, jagung sering dijadikan alternatif makanan.

7. Baik untuk Mata

Dalam jagung terkandung Zat karotenoid yang bisa mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata. Selain jagung yang baik untuk mata, jus wortel juga mengandung vitamin dan zat yang bagus untuk mengurangi resiko gangguan penglihatan pada mata

8. Bersifat Antikanker

Penelitian telah membuktikan antioksidan dalam jagung bisa melawan kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.

9. Bermanfaat untuk Jantung

Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular.

10. Mencegah Alzheimer

Jagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.

Selain camilan bakwan jagung yang populer, resep perkedel jagung dan camilan emping jagung yang dibuat dengan mesin pemipih emping jagung juga nikmat dan lezat untuk dicoba!

11. Mencegah Peradangan

Kandungan Protein dan fitokimia yang ada di berbagai bagian jagung menawarkan perlindungan bagi tubuh dari agen proinflamasi tersebut. Rutin mengonsumsi jagung menambah manfaat mengurangi sembelit, asma, radang sendi, penyakit usus, GERD, dan dermatitis.

12. Menangkal Pengaruh Radikal Bebas

Makanan ini didapat dari kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Vitamin C inilah yang akan menurunkan risiko Anda terkena kanker dan penyakit jantung.

Pada jagung berwarna kuning yang sering diolah menjadi nasi jagung, ia juga mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin. Zat-zat ini terbukti memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang memengaruhi kesehatan mata, termasuk mengurangi risiko Anda terkena katarak.

Meskipun demikian, manfaat nasi jagung di atas belum pernah teruji secara medis sehingga konsumsi nasi jagung sebaiknya dilakukan untuk menunjang hidup sehat semata. Bila Anda memiliki masalah kesehatan di atas, sebaiknya utamakan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang kompeten.

13. Melengkapi Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Banyaknya pemikiran dan tanggapan bahwa jagung bukanlah asupan yang kaya gizi. Diketahui banyaknya nutrisi yang terkandung pada jagung, seperti vitamin B6 yang sangat baik untuk metabolisme pada tubuh, kandungan vitamin C untuk kekebalan tubuh, serta fosfor dan magnesium untuk kesehatan tulang, antioksidan bernama zeaxanthin dan lutein yang baik untuk kesehatan mata, juga berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tips Membuat Bakwan Jagung Agar Tidak Cepat Benyek

Resep Bakwan Jagung Crispy Yummy

Bakwan jagung merupakan salah satu camilan yang begitu digemari. Rasanya yang gurih, apalagi disantap ketika lagi hangat-hangat, bakwan jagung memang terasa sangat nikmat dan bikin ketagihan. Selain karena rasanya, bakwan jagung sangat disukai juga karena cara membuatnya yang sangat mudah. Namun, meski cara membuatnya terkesan sangat sederhana, jika salah dalam mengolahnya, maka bakwan yang dihasilkan malah akan menjadi cepat benyek, bantet, atau bahkan terlalu berminyak.

Nah, untuk menghindari kesalahan dalam membuat bakwan jagung, berikut ada tips bagaimana cara membuat bakwan jagung agar tak mudah benyek, bantet, ataupun terlalu berminyak.

1. Gunakan terigu dalam membuat bakwan

Terigu sangat berperan penting dalam menciptakan tekstur bakwan. Jadi takaran perbandingannya seperti ini, jika tepung terigu yang digunakan sebanyak 200 gram, maka campurkan dengan tepung beras sebanyak 50 gram. Cara ini digunakan agar bakwan jagung tidak bantet.

2. Pakai putih telur saja

Telur akan membuat bakwan menjadi lebih gurih. Namun, menambahkan seluruh bagian telur ke dalam adonan bakwan akan menghasilkan bakwan yang cepat benyek. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai putih telurnya saja.

3. Tidak perlu menambahkan air

Sebenarnya kamu tidak perlu menambahkan air ke dalam adonan bakwan jagung, sebab jagungnya sendiri akan mengeluarkan air secara alami. Namun jika tetap ingin menambahkan air, maka gunakanlah air es.

4. Masak bakwan dengan teknik Deep Frying

Jadi teknik yang dimaksud di sini adalah gunakanlah wajan yang bagian tengahnya cekung sehingga dapat menampung minyak lebih banyak. Selain itu, pastikan api kompor berukuran sedang dan adonan bakwan terendam oleh seluruh minyak pada wajan.

5. Masukkan sayuran secara perlahan

Dalam membuat adonan bakwan jagung, maka dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan. Pertama, siapkan adonan tepung dengan mencampurkan tepung, air es, dan putih telur. Aduk hingga rata. Baru setelah itu, masukkan jagung dan sayuran lainnya sedikit demi sedikit. Cara ini dilakukan agar bakwan terasa lebih renyah.

Tips Memipil Jagung Sebelum Diolah

1. Kupas jagung dan bersihkan rambutnya

Terdapat dua jenis jagung yang biasa dijual di pasaran, yakni jagung utuh dan jagung kupas. Jika biasanya yang dibeli adalah jagung utuh, kupas kulit dan bersihkan rambut jagungnya. Potong bagian bonggol (bagian yang tak berbiji) di bagian bawah jagung. Setelah bersih dari rambut, cuci jagung di bawah air mengalir dan tiriskan.

2. Pastikan pisau yang dipakai tajam

Menyisir atau memipil jagung itu perlu pisau tajam. Pisau yang kurang tajam tidak dapat memipil jagung dengan baik hingga tuntas dan hasil pipilan tidak akan rapi. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum digunakan asah pisau terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memipil. Oh ya, sebaiknya menggunakan pisau dapur berukuran sedang daripada pisau kecil.

3. Gunakan loyang tulban untuk meletakkan jagung

Memipil jagung biasa dilakukan secara vertikal di atas alas datar, misalnya talenan. Namun agar prosesnya bisa terlihat rapi dan bijinya tidak berhamburan, memipil jagung menggunakan loyang akan lebih baik. Caranya, posisikan jagung di bagian tengah loyang yang menonjol dan punya lubang kecil. Ingat, posisi loyang tulban harus tepat seperti akan dituang adonan, bukan dibalik. Pastikan jagung sudah berdiri dengan stabil, lalu mulailah memipil dengan pisau secara vertikal. Secara otomatis, biji jagung akan langsung terwadahi dalam loyang.

4. Potong jagung jadi dua

Potong jagung menjadi dua bagian, lalu mulailah memipil jagung. Hasil pipilan jagung biasanya memang akan berserakan di atas talenan, tapi jumlah pipilan tak akan terlalu menyebar seperti saat memipil jagung utuh.

Pipilan jagung ini siap diolah jadi berbagai masakan! Kalau tak segera dipakai, simpan biji jagung dalam wadah kering dan kedap udara. Letakkan dalam kulkas dan gunakan sebelum baunya benar-benar berubah asam.

Cara Membuat Bakwan Jagung yang Bisa Dicoba Di Rumah

1. Bakwan Jagung Renyah

Bahan – Bahan

  • 3 bonggol jagung manis
  • 2 btg daun bawang, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt baking powder
  • 4 bh bawang merah, dihaluskan
  • 2 sdm tepung beras
  • Secukupnya lada
  • 100 ml air / secukupnya
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Bakwan Jagung Renyah

  1. Rontokkan/pipil jagung manis dari bonggolnya.
  2. Campur semua bahan, kemudian tuang air sedikit demi sedikit, jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu kental.
  3. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  4. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak, lalu ambil satu sendok makan adonan, dan tuang kedalam minyak, ulangi sampai beberapa adonan. Goreng hingga matang.
  5. Bakwan jagung renyah siap disajikan sebagai pedamping menu utama.
  6. Selamat mencoba.

2. Bakwan Jagung Manado

Bahan – Bahan

  • 350 gr Jagung Pipil
  • 2 Telur Ayam
  • Tepung Terigu
  • 50 gr Daun Bawang
  • Minyak goreng

Cara membuat bakwan jagung manado

  1. Siapkan wadah untuk adonan. Masukkan telur dan kocok.
  2. Masukkan tepung secukupnya. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan jagung, daun bawang dan 1 sendok minyak goreng. Aduk rata.
  4. Ambil 1 sendok makan adonan, tuang ke dalam minyak panas. Goreng hingga warna kuning keemasan.

3. Bakwan Jagung Ebi Kering

Bahan – Bahan

  • 250 gram jagung manis pipil
  • 1 butir telur
  • 100 gram jagung manis serut
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • 75 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 2 buah cabai rawit hijau iris
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu yang Dihaluskan

  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 sendok teh ebi sangrai

Cara Membuat Bakwan Jagung Ebi Kering

  1. Siapkan wadah seperti baskom dengan ukuran yang cukup lebar agar lebih mudah membuat adonan.
  2. Lalu masukkan kedalamnya, jagung manis pipil bersama dengan jagung manis serut dan juga telur, ebi, tepung tergu, tepung sagu, merica bubuk, cabai rawit hijau, daun bawang, dan bumbu halus juga telur. Aduk-aduk bahan ini secara merata.
  3. Siapkan wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas.
  4. Setelah panas, ambil satu sendok adonan bakwan jagung dan masukkan dalam minyak goreng yang telah panas secara merata.
  5. Pipihkan adonan dalam wajan dan masak hingga adonan berwarna keemasan juga kering. Setelah itu, balikkan dan angkat jika sudah matang.
  6. Jika bakwan sudah matang, angkat bakwan tiriskan minyaknya terlebih dahulu dan kini sajian bakwan jagung ebi telah siap dinikmati saat masih hangat.

4. Bakwan Jagung Udang

Bahan – Bahan 

  • 2 buah jagung, sisir/pipil ( 1 buah biarkan utuh, 1 nya lagi blender kasar )
  • 50 gr udang kupas
  • 100 gr tepung beras
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 bh telur, kocok lepas
  • Secukupnya air
  • 1 btg daun bawang, iris

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Bakwan Jagung Udang

  1. Sisihkan 10 buah udang utk topping, sisanya cincang kasar , sisihkan.
  2. Campur jagung bersama dengan bumbu halus, lalu masukkan tepung beras, tepung terigu, telur, udang yg dicincang, daun bawang dan air sedikit demi sedikit (jangan terlalu encer). Aduk rata.
  3. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak. Goreng bakwan sebanyak 1 sdm dan taruh udang utuh diatasnya.
  4. Masak sampai kuning kecoklatan, kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan cabe rawit atau saos sambal.

dirumah

Bahan – Bahan

  • 2 bonggol jagung manis.
  • 75 gr tepung beras.
  • 30 gr tepung terigu.
  • 20 gr maizena.
  • 4 siung bawang putih.
  • 6 lbr daun jeruk.
  • 3 buah cabai merah keriting.
  • Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk & lada.
  • Secukupnya air.

Cara Membuat Bakwan Jagung Tanpa Telur

  1. Bersihkan jagung manis, lalu pipil dari bonggolnya, sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, lalu iris tipis daun jeruk dan cabai merah, sisihkan.
  3. Siapkan wadah yang cukup besar, lalu campurkan bahan tepung beras, tepung terigu, maizena, gula, garam, kaldu bubuk dan lada, aduk hingga merata.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan, jangan terlalu encer ataupun kental, lalu masukkan jagung manis, bawang putih yang telah dihaluskan, irisan daun jeruk dan cabai merah, aduk lagi hingga merata.
  5. Panaskan wajan dengan minyak goreng yang cukup banyak (pastikan sudah benar-benar panas), lalu masukkan adonan satu per satu dengan sendok makan, atau sendok takar lainnya, goreng hingga warna bakwan jagungnya terlihat cokelat keemasan.
  6. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat agar lebih nikmat.

Nah, itu tadi tips, trik, serta resep yang bisa dicoba di rumah. Selamat Mencoba!

× Whatsapp Kami!