Cara Membuat Odading yang Manis dan Sederhana

Halo teman teman semua udah berapa lama nih dirumah? kita buat cemilan  aja yuk buat ngemil dirumah. nah pada kesempatan ini kita akan membahas Cara Membuat Odading. pasti sudah gak asing dong kalian dengan yang namanya Odading? Ya, Odading Mang Oleh yang viral karena video promosinya yang kocak dan menghibur di media sosial membuat Odading ini sangat dicari banyak orang.

Dengan kata-kata kasar ditambah nada yang ngegas, pedagang roti goreng khas Bandung yang bernama Ade londok sebagai Odading Mang Oleh ini pun semakin ramai diperbincangkan di seluruh platform media sosial. Odading Mang Oleh sendiri berjualan di Jalan Kosambi, Bandung. Melalui video yang viral tersebut, Ade londok mengatakan, jika kalian memakan Odading Mang Oleh, maka kalian bisa menjadi seperti Iron Man.

Odading merupakan kuliner khas Jawa Barat, dikenal juga oleh orang betawi dengan sebutan kue bantal di Jakarta. Sementara Odading di daerah Malang disebut dengan Roti Goreng dan di Semarang disebut Bolang-Baling atau Yogyakarta sebutannya adalah Galundeng.

Sebenarnya dari manakah Odading berasal?

Odading sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Pada zaman dahulu ada kue goreng tak bernama yang terbuat dari adonan terigu campur gula. pada Saat itu seorang anak kecil asal Belanda merengek kepada ibunya ingin dibelikan kue tak bernama itu. Rengekan sang anak belanda itu membuat ibunya penasaran dengan yang ditutup daun pisang itu itu.

Kemudian ia panggil seorang ujang penjual kue. Orang Belanda itu meminta tolong si penjual kue keliling untuk membuka daun pisang penutup kue di dalam nyiru tersebut. saat melihat roti goreng itu, sang ibu berkata dengan terheran-heran, “O, dat ding?” yang berarti “O, benda itu?”

menurut bahasa Belanda. terdengar unik dan mudah untuk dikatakan, kemudian si penjual roti goreng itu akhirnya menceritakan kepada keluarganya beserta orang-orang di sekitar kampungnya. Ia berkata bahwa kue tak bernama ini disebut odading.

Kata yang secara tiba-tiba disebutkan dari orang Belanda itu akhirnya membuat roti goreng ini disebut odading sampai sekarang. Oleh masyarakat Sunda, sebutan odading dianggap enak untuk didengar dan mudah diucapkan. Sehingga, nama odading terus dipakai oleh para pedagang roti goreng jenis tersebut.

Macam-Macam Sebutan Odading dan cara membuatnya diberbagai Kota di Indonesia

1. Cara Membuat Odading dari Yogyakarta Yaitu Galundeng

Cara Membuat Odading

Adalah sebutan Odading di Yogyakarta yang terbuat dari tepung terigu dengan rasa enak, biasanya dijual di pinggir jalan. Galundeng ini memiliki kulit luar yang agak renyah dan berwarna cokelat muda. Bagian luar dari Galundeng ini lebih manis daripada bagian dalamnya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat Galundeng

  • Terigu Protein Tinggi – 250 gram
  • Gula Pasir – 4 sdm
  • Baking Powder – 1 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Air Es – 15 sdm
  • Minyak untuk menggoreng – 300 ml

Bahan untuk Toping

  • Gula Pasir – 2 sdm
  • Wijen  – 2 sdm

Cara Membuat Galundeng :

  • Langkah pertama, campurkan tepung terigu, serta gula pasir, backing powder serta garam, aduk menjadi satu hingga semua bahan tercampur hingga rata.
  • Langkah selanjutnya, tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga menjadi kalis salama sekitar 10 menit.
  • Setelah itu, diamkan adonan kue galundeng yang sudah di uleni tadi sekitar 30 menit, lalu ditutup menggunakan kain yang bersih.
  • Setelah itu, uleni kembali adonan tadi selama 5 menit. kemudian ditutup kembali dan diamkan semalam.
  • Ambil sedikit adonan kemudian dibentuk menjadi bentuk kotak atau bulat (sesuai selera), kemudian diolesi dengan menggunakan air dan gulingkan diatas campuran wijen dan gula. Ulangi terus hingga adonan habis.
  • Panaskan minyak, kemudian goreng semua galundeng yang sudah di bentuk tadi hingga matang berwarna cokelat muda.
  • Angkat lalu tiriskan. dan kue galundengpun siap untuk disajikan.

2. Cara membuat Odading dari Semarang yaitu Bolang-Baling

Cara Membuat Odading

Bolang baling adalah kue yang mirip dengan donat. Di Semarang roti goreng ini disebut dengan nama bolang baling. bolang baling adalah roti goreng yang terbuat dari tepung terigu dengan rasa enak, umumnya dijual di pinggir jalan. bolang baling ini memiliki kulit luar yang sangat renyah dan berwarna kecokelatan. pada bagian luar dari roti bolang baling ini lebih manis daripada bagian dalamnya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat bolang baling

  • Tepung terigu cakra kembar – 10 sdm .
  • Telur ayam – 1 butir .
  • Susu bubuk – 1 sdm .
  • Gula pasir – 1 sdm .
  • Fermipan/ragi instan – 1/2 sdt .
  • Margarin – 1 sdm .
  • Air hangat – 50 ml

Cara Membuat Bolang-baling :

  • Campurkan tepung terigu cakra, tepung terigu segitiga biru premium, gula, ragi dan soda kue hingga merata.
  • Tuangi air secara perlahan sambil uleni. taburkan garam dan campur hingga rata, uleni sampai kalis.
  • Tutup dengan plastic wrap atau lap lembab sampai mengembang 2 kali lipat kurang lebih 1 jam.
  • Kempiskan adonan dengan cara dipukul lalu uleni kembali, diamkan kembali sampai mengembang.
  • Bagilah menjadi 2 adonan. kemudian taburi permukaan untuk menggilas dengan wijen. ambil 1 bagian, gilas adonan di atas wijen sampai setebal ½ cm dan berbentuk persegi.
  • potong-potong kira-kira ukuran 4×5 cm. Ulangi untuk 1 bagian adonan yang lain.
  • Diamkan sampai mengembang.
  • Goreng dalam Minyak panas  sampai matang  berwarna kecokelatan.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan

3. Cara Membuat Odading dari Jakarta Yaitu Kue Bantal

Cara Membuat Odading

Di Jakarta, Kue Bantal ini berbentuk segi empat dan diolah dengan cara digoreng maupun dioven. Selain itu, Kue yang identik dengan disobek menjadi dua bagian ini biasanya dijual bersamaan dengan cakwe. Kedua jajanan ini sama-sama enak. Hanya saja, cakwe cenderung gurih asin sedangkan Kue Bantal lebih manis.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat kue bantal

  • Tepung terigu segala jenis bisa – 500 gram
  • Gula pasir – 13 sdm
  • Ragi instan – 1 sdm
  • Garam – 1/2 sdt
  • Baking powder – 1/2 sdt
  • Air – secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng – 1/2 Liter

Bahan untuk isian kue bantal

  • Biji wijen – secukupnya
  • Coklat – secukupnya
  • Keju – secukupnya

Cara Membuat Kue Bantal :

  • Siapkan baskom berukuran sedang setelah itu masukan bahan,  lalu aduk telur, gula pasir, ragi dan vanili. setelah semua bahan teraduk rata dan gula larut.
  • tambahkan juga tepung terigu dan susu bubuk.
  • Selanjutnya tuang sedikit-sedikit air sambil diuleni. lalu masukan margarin dan uleni hingga benar-benar kalis. tutup adonan dengan kain, diamkan kurang lebih 1 jam.
  • Kempiskan adonan, lalu bagi dan cetak sesuai selera. Bisa bentuk kotak, bulat beserta bentuk lainnya.
  • Jangan lupa tambahkan juga Isian dan topping jika ingin memakainya.
  • Diamkan kembali adonan selama 15 menit, selanjutnya goreng 2 ~ 3 menit hingga kecoklatan.
  • Selesai, kue bantal bisa langsung disajikan selagi hangat.

4. Cara Membuat Odading dari Banyumas yaitu Golang-Galing

Cara Membuat Odading

Golang galing adalah makanan khas Banyumas berbahan dasar tepung terigu yang ditaburi wijen. ada juga orang yang menyebut golang galing adalah roti goreng khas Banyumas.memasuki  kecamatan banyumas, khususnya di dekat jembatan serayu, deretan penjual golang-galing terlihat berbaris dengan tampilan dagangan yang menggoda. aroma harum golang-galing membuat para pengendara harus menghentikan perjalanan sejenak, dan membelinya meski hanya sebungkus.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat golang-galing

  • Tepung protein – 250 gr.
  • Blue band  – 2 sdm.
  • Gula pasir – 2 sdm.
  • Susu bubuk putih  – 2 sdm.
  • Telur – 1 butir.
  • Vanili bubuk – 1 sdt.
  • Air hangat – 100 ml.
  • Fermipan – 1 sdt.
  • Baking powder – 1/2 sdt.
  • Wijen dan gula pasir untuk topping – secukupnya.

Cara Membuat Golang-Galing :

  • Campurkan air hangat, susu bubuk, gula dan fermipan. lalu Aduk rata diamkan selama 15 menit atau hingga berbusa.
  • Dalam terpisah terpisah, campurkan juga terigu, telur, blue band dan vanili bubuk. kemudian Aduk rata..
  • Tuang bahan biang ke dalam tempat berisi terigu aduk sampai kalis dan tidak lengket di tangan.
  • Lalu diamkan dan tutup dengan kain bersih selama kurang lebih 30-45 menit dan adonan akan mengembang 2x lipat.
  • Kempeskan adonan kemudian pipihkan setebal kurang lebih 3cm.
  • Potong-potong adonan menjadi beberapa bagian.
  • Ambil satu bagian serta olesi air dengan kuas..
  • Selanjutnya atasnya taburkan dengan gula pasir dan wijen..
  • Setelah itu adonan ditumpuk bersama adonan lainnya.
  • Tutup adonan lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Potong-potong adonan sesuai selera kita.
  • Goreng menggunakan api kecil.
  • Setelah kedua sisi berwarna cokelat keemasan angkat dan sajikan hangat.

5. Cara Membuat Odading dari Medan yaitu Kue Bohong

Cara Membuat Odading

Kue bohong, Nama kue ini terkesan sangat unik ya. Jangan salah loh kue ini bukan bohongan tapi beneran ada. kue khas kota Medan ini memang memiliki nama yang unik dan rasanya sangat nikmat. Kue ini memiliki nama bohong yang kerap dinamakan pula kue kosong atau juga roti goreng.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat Kue Bohong

  • Garam dapur – 1 sdm
  • Air mineral – 300 ml
  • Ragi bubuk instan – 1 sdm
  • Air soda – 1 sdm
  • Mentega – 1 sdm
  • Telur ayam – 1 butir
  • Gula halus – 500 gram
  • Tepung terigu – 1 kilogram

Cara Membuat Kue Bohong :

  • Siapkan satu wadah kemudian masukan air mineral dan ragi bubuk instan lalu aduk hingga ragi larut.
  • Tambahkan secara perlahan-lahan tepung terigu 50 gram saja sambil diaduk sampai rata.
  • Kemudian diamkan terlebih dahulu selama  5 menit atau sampai mengembang lalu sisihkan terlebih dahulu.
  • Siapkan satu wadah lagi kemudian masukan garam dapur, gula halus dan air secukupnya aduk sampai semuanya larut.
  • Tambahkan sisa tepung terigu sambil diaduk sampai rata.
  • Selanjutnya satukan adonan yang tadi dalam satu wadah kemudian tambahkan air soda dan mentega aduk kembali sampai benar-benar rata.
  • Uleni adonan tadi dengan menggunakan tangan agar benar-benar terlihat tercampur rata.
  • Tunggu selama kurang lebih 25 menit atau sampai mengembang.
  • Ambil adonan secukupnya kemudian bentuk sesuai dengan selera yang anda inginkan.
  • Panaskan minyak goreng diatas wajan lalu masukan adonan yang telah dibentuk lalu goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan, biarkan dingin dalam suhu ruangan.
  • Selesai kue bohong siap untuk disajikan dan dinikmati.

6.Cara Membuat Odading dari Manado yaitu Brot Goreng

Cara Membuat Odading

Di Manado ada Ibadah Kolom (semacam ibadah lingkungan yang dibentuk berdasarkan pembagian wilayah pelayanan masing-masing gereja di Sinode Medan) karena itu Brot Goreng pernah menduduki peringkat atas pilihan menu yang disajikan.kenapa disebut brot goreng? Tidak tahu juga kenapa lebih familiar disebut brot goreng daripada Roti Goreng. mungkin karena merupakan bagian dari peninggalan istilah pada zaman Belanda, jadilah lebih terkenal disebut brot goreng daripada roti goreng.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

Bahan Utama untuk membuat Brot Goreng

  • Tepung cakra – 150 gram
  • Tepung segitiga biru – 100 gram
  • Gula pasir – 5 sdm
  • Vanili ekstrak – 1 bungkus
  • Telur – 1 butir
  • Ragi instan – 1 sdt
  • Margarin – 1 sdm
  • Air hangat – 100 ml

Cara Membuat Brot Goreng :

  • Campurkan semua bahan yaitu tepung,gula pasir,ragi,vanili kemudian aduk secara merata lalu masukkan telur lanjut aduk lagi.
  • Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan pas dan tidak lengket.
  • Masukkan margarin dan garam lalu uleni lagi sampai kalis kemudian bentuk bulat taruh dalam wadah lalu tutup dengan serbet.
  • Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 30-45 menit sampai mengembang.
  • Setelah mengembang kempeskan adonan lalu bagi sesuai selera yang diinginkan  20gr – 30gr.
  • Kemudian Bentuk bulat2 dan pipihkan jangan lupa isi dengan coklat lalu rekatkan dan bulatkan lagi.
  • Terakhir diamkan adonan sampai mengembang selama kurang lebih 20 menit.
  • Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai cokelat keemasan lalu angkat dan tiriskan.

Beberapa Kandungan Nutrisi di Dalam Odading

kandungan dalam roti goreng yang mungkin juga terdapat pada odading, seperti berikut ini :

  • Lemak jenuh 1,003 gram.
  • Lalu ada lemak tak jenuh ganda 2,035 gram.
  • Kemudian ada juga lemak tak jenuh tunggal 0,687 gram.
  • Serat 1,2 gram.
  • Gula 0,007 gram.
  • Sodium 189 miligam.

Manfaat Odading untuk Kesehatan Manusia

mengonsumsi satu sampai dua odading dapat membantu meningkatkan :

  • Energi pada tubuh manusia karena mengandung karbohidrat yang  cukup tinggi.
  • Mengonsumsi odading dengan porsi yang cukup dapat membantu seseorang manusia menjadi lebih kenyang, sehingga dapat mengurangi porsi untuk makan selanjutnya.

Dampak Buruk Odading untuk Kesehatan Manusia

mengonsumsi odading terlalu banyak juga tidak baik karena dapat menyebabkan masalah kesehatan diantaranya :

  • Dampak berdampak pada penimbunan lemak dalam tubuh kita, dikarenakan kandungan karbohidrat dan gula di dalam odading sangat tinggi
  • Mengonsumsi lebih dari dua buah odading setiap hari berisiko akan meningkatkan kadar kolesterol, Dampaknya, akan ada pembentukan plak di pembuluh darah tubuh dan nantinya dapat meningkatkan masalah pada jantung.

“Jika kedua kondisi diatas ini sampai terjadi, maka orang tersebut berisiko mengalami masalah jantung dan stroke akan bisa terjadi. mengingat makanan ini digoreng menggunakan minyak yang sama dan secara berulang-ulang, kemungkinan terkena radang tenggorokan dan adanya penaikan berat badan bisa muncul. rasanya yang sangat manis juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes melitus stadium 2.”

Peluang Usaha Odading

  • Cara memulai usaha kue odading

Usaha kue odading bisa dijalankan dengan langkah termudah. Untuk modal usaha yang harus dipersiapkan untuk membeli bahan baku maupun perlengkapan yang lain ini juga bisa disesuaikan. Usaha kue odading ini bisa dijalankan dalam skala rumahan sehingga tidak memerlukan modal yang besar.

  • Bahan baku kue odading

Untuk memproduksi kue odading harus menyiapkan bahan baku. Bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat kue odading diantaranya tepung terigu, telur ayam, gula pasir, ragi instan, minyak goreng dan berbagai bahan yang lain. Untuk mendapatkan bahan baku pembuatan kue odading memang sangat mudah, Anda bisa langsung mendapatkan di toko-toko yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

  • Peralatan usaha kue odading

Dalam membuat kue odading juga membutuhkan peralatan yang memadai agar prosesnya bisa berjalan dengan maksimal. Beberapa peralatnnya yang diperlukan diantaranya wadah, panci, wajan, spatula, loyang, kompor dan tabung gas, serbet, piring, sendok dan berbagai peralatan pendukung yang lain.

  • Lokasi usaha kue odading

Lokasi yang sesuai untuk menjalankan usaha kue odading memang perlu diperhatikan. Penentuan lokasi ini bisa berpengaruh pada kelancaran pada usaha yang dijalankan. Usahakan untuk memilih lokasi yang mudah dijangkau masyarakat. Beberapa contoh lokasi yang sesuai untuk memasarkan kue odading yakni di dekat sekolah, dekat tempat rekreasi, di dekat pasar tradisional, dll.

  • Resiko usaha kue odading

Kue odading termasuk golongan makanan yang tidak bisa lama sehingga makanan ini hanya mampu bertahan beberapa hari saja. Oleh karena itu, jika produk kue odading ini tak laku terjual semua tentu akan menjadi resiko Anda. Agar bisa meningkatkan penjualan dalam usaha kue odading maka perhatikan dengan baik mengenai kualitas dari hasil kue odading yang Anda jual. Usahakan untuk selalu mengolah kue odading dengan hasil yang enak dengan tesktur yang pas.

  • Pemasaran usaha kue odading

Untuk memasarkan olahan kue odading bisa dilakukan di berbagai tempat. Anda bisa membuka kios gerobakan yang berada di pinggir jalan atau menjualnya secara berkeliling kampung. Agar makanan yang dijual bisa  lebih luas dikenal masyarakat, promosikan melalui dengan memanfaatkan smarphone. Melalui line, facebook, instagram, bbm dan berbagai sosial media lainnya.

Gimana teman-teman menarik kan membahas odading yang sedang viral? dari sejarah sampai macam-macam sebutan odading di indonesia ternyata banyak banget ya, apalagi ada penjelasan untuk kesehatan juga jadi kita bpleh saja mengkonsumsi odading namun jangan berlebihan ya semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua.

× Whatsapp Kami!