Cara Membuat Onigiri Yang Sangat Enak Dan Lezat

Cara Membuat Onogiri

Pada kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Onigiri. Makan Yang sering di makan oleh orang jepang adalah onogiri yang berupa nasi dipadatkan sewaktu masih Hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras.

Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya tau digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan Dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Sejarahnya onigiri pertama kali dibuat pada tahun 1987 tepatnya pada jaman Yayoi zaman dalam pembagian periode sejarah Jepang pada abad ke-8 Sebelum Masehi sampai abad ke-3 Masehi.
di kalangan wanita kaisar  menyebut nasi yang di padatkan atau Onigiri dengan nama lain Omusubi.
Onigiri biasanya dibuat untuk bekal makan siang dan juga untuk bekal untuk piknik, biasanya juga onigiri dibuat untuk dimasukan kedalam bento atau nasi kotak.

Cara Membuat Onogiri

Cara Membuat Onogiri

Jenis-Jenis olahan dari nasi yang akan dapat anda buat dirumah dengan mudah. Selain cara membuat onogiri, resep ini pun dilengkapi dengan berbagai aneka resep lainnya seperti onogiri ayam,onogiri tuna dan masih banyak lagi. Dengan menyimak Cara Membaut Onogiri ini diharapkan anda bisa membuatnya dirumah.

1. Cara Membuat Onigiri Ayam

Bahan-Bahan Onigiri Ayam :

  • 1 liter nasi
  • 1 kg ayam dadanya difilet
  • bawang bombay 1
  • 5 siung bawang putih
  • 2 bks mayumi uk.100g
  • merica bubuk 1sdt
  • 1 sdm kaldu jamur totole
  • Minyak,garam,gula,rumput laut/seaweed & minyak wijen

Cara Membuat Onigiri  Ayam :

  1. Rebus dada ayam yg sudah dibersihkan sampai empuk,selanjutnya cincang halus sisihkan
  2. Cincang halus bawang bombay & bawang putih,siapkan wajan tumis dua bawang sampai harum,masukkan ayam cincang,garam,gula,kaldu jamur dan sedikit air kaldu rebusan ayam..koreksi rasa sy cenderung manis, setelah air menyusut masukkan mayumi saus mayonya aduk rata,selesai.
  3. Siapkan cetakan onigiri,aduk nasi dg minyak wijen sampai rata sy timbang kurang lebih 80-90g lalu pipihkan isi dg ayam kepal2 lalu cetak utk pegangan tempelkan rumput laut/seaweed.

 

2. Cara Membuat Onigiri Tuna

Bahan-Bahan Onigiri Tuna :

  •  tuna 2 potong
  • 1 siung bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm saos teriyaki
  • air seperlunya
  • 1 cup beras jepang
  • 2 sdm wasabi
  • 2 sdm soy sauce

Cara Membuat Onigiri  Tuna :

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih, masukkan tuna, air secukupnya, saos teriyaki
  2. Masak beras jepang dengan magic jar sampai matang
  3. Masukkan nasi dalam cetakan onigiri hingga setengahnya, masukkan isian tuna kemudian tambahkan nasi sampe cetakan penuh, tekan tekan merata, kemudian keluarkanndari cetakan
    Bungkus dengan nori dan siap dinikmati. sajikan dengan wasabi dan soy sauce

 

3. Cara Membuat Onigiri Isi Ayam Dan Tongkol Suwir

Bahan-Bahan Onigiri Isi Ayam Dan Tongkol Suwir :

  • nasi putih
  • toples Tupperware
  • ayam tongkol suwir
  • daun adas untuk garnish

Cara Membuat Onigiri Isi Ayam Dan Tongkol Suwir :

  1. Cetak nasi pada tepian Tupperware sehingga membentuk segitiga
  2. Isi dengan suwiran ayam tongkol
  3. tinggal beri garnish daun adas,cocok buat bekal sekolah

 

4. Cara Membuat Onigiri Tuna Mayo

Bahan-Bahan Onigiri Tuna Mayo :

  • 2 piring nasi hangat
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt garam

Isi Onigiri Tuna Mayo :

  • 1 kaleng kecil tuna
  • 2 sdm mayonese
  • 1/4 bawang bombay (cincang halus)
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt lada bubuk
Pembungkus Onigiri Tuna Mayo :
  • nori seperlunya

Cara Membuat Onigiri Tuna Mayo  :

  1. Campur nasi hangat bersama minyak wijen an garam hingga tercampur rata dan sisihkan
  2. Isi Onogiri Tuna Mayo,Campur ikan tuna kalengan bersama mayonese lalu bubui dengan menabahkan bawang bombay cincang, garam, dan lada.
  3. Penyelesaian,ambil sekepal nasi, lalu beri isi sesuai selera. Kepal-kepal hingga membentuk segitiga lalu beri nori dan sajikan

5. Cara Membuat Onigiri Nasi Kepal Isi Abon

Bahan-Bahan Onigiri Nasi Kepal Isi Abon :

  • 6 centong nasi pulen
  • 3 sdm Abon sapi/ayam/ikan
  • 2 lembar nori

Cara Membuat Onigiri Nasi Kepal Isi Abon  :

  1. Ambil 1 centong nasi, tekan2 dan padatkan. Buat cekungan dibagian tengahnya.
  2. Isi dengan 1 sdm abon.
  3. Tutup kembali dengan 1 centong nasi. Padatkan dan bentuk menjadi segitiga sambil ditekan2.
  4. Potong nori berbentuk persegi panjang. Balutkan nori dibagian bawah nasi yg telah dikepal nembentuk segitiga.
  5. Onigiri simpel siap disantap

Kandungan Pada Makanan Onigiri

1. Mengandung Protein

Tuna memiliki semua jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Ikan tuna memiliki jenis jenis yang bisa dikonsumsi, dapat memberikan protein dalam jumlah besar yakni sekitar 24-30 gram protein per 85 gram.

Protein yang lengkap dari ikan ini ini akan menjaga jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Mulai dari pembentukan hormon, enzim, kolagen, antibodi, hingga menjaga jaringan otot di dalam tubuh bisa didapatkan dari konsumsi protein dalam ikan tuna.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Inge Permadhi mengatakan jika satu kepal onigiri sama dengan 6 sendok makan, maka kandungan kalorinya hanya sekitar 100-175 gram.

2. Daging Ikan Tuna Memiliki Kolestrol

Terdapat 55 miligram kolesterol yang terkandung dalam 100 gram ikan salmon.memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada kolesterol yang terkandung dalam ikan tuna. Dalam 100 gram tuna, terkandung 44 miligram kolesterol.

3. Memiliki Vitamin Pada Daging Ikan

Ikan salmon maupun tuna memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, terutama kandungan vitamin B-12. Vitamin ini penting untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, kulit dan mata, serta membantu menghasilkan energi.

4. Mempunyai Banyak Vitamin B6

Vitamin B6 yang didapatkan dari ikan berdaging merah ini menyumbang berbagai fungsi penting untuk tubuh.Dari salah satunya seperti membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang berfungsi menangkap dan membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. tidak memiliki atau tanpa adanya oksigen yang cukup di setiap jaringan, maka fungsi jaringan tersebut akan terus menurun dan membuat tubuh terasa lemas atau mudah lelah.

5. Mempunyai Kalori Pada Daging Ikan

Kalori dari salmon ini baik sebagai sumber energi tubuh. Jumlahnya pun sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tiga ons daging ikan tuna mengandung 110 kalori, 24 gram protein, dan 278 miligram lemak omega-3.

Mamfaat Memakan Onigiri Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Menyehatkan Jantung Manusia

Manfaat ikan tuna lainnya adalah mengandung lemak yang sehat. kandungan ini karena lemak lebih jenuh yang ada di dalam ikan ini terbilang rendah, sehingga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sebaliknya, lemak jenuh dalam kadar yang tinggi justru dapat berdampak buruk karena akan menyumbat pembuluh darah dan membuat Anda berisiko terserang penyakit kardiovaskular.

2. Mempunyai Banyak Vitamin B6

Vitamin B6 yang didapatkan dari ikan berdaging merah ini menyumbang berbagai fungsi penting untuk tubuh. satu satunya adalah memiliki seperti membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang berfungsi menangkap dan membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. tidak memiliki atau tidak adanya oksigen yang cukup di setiap jaringan, maka fungsi jaringan tersebut akan terus menurun dan membuat tubuh terasa lemas atau mudah lelah.

3. Memiliki Sumber Mineral Yang Baik

Mineral magnesium yang terkandung dalam ikan juga dibutuhkan oleh lebih dari 300 reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Pasalnya, mineral tersebut bertugas untuk membantu menjaga saraf-saraf kita menjadi sehat, menjaga detak jantung tetap stabil, membantu menguatkan jaringan tulang, dan juga membantu mengatur pelepasan gula darah.Di sisi lain,selenium yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit juga memiliki fungsi yang sangat besar.

4. Mempunyai Vitamin B3 Dan Vitamin B12

Salah satu kandungan yang ada pada ikan tuna adalah vitamin B3 yang dapat menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Selain itu, kulit si kecil juga terlihat segar dan sehat jika mengonsumsi vitamin B3. Menyantap tuna juga dapat meningkatkan fungsi kerja otak sehingga ia tumbuh menjadi cerdas.

kandungan pada ikan tuna memiliki vitamin B12,Bahan satu ini dapat memperlancar pembentukan sel darah merah dalam tubuh dan menjaga sistem saraf tetap sehat. Mengonsumsi banyak ikan tuna juga dapat mengumpulkan energi sehingga si kecil tetap aktif dalam beraktivitas.

5. Mengandung Protein Dan Kalori Pada Nasi

mengandung protein sekitar 2 gram per 100 gram nasi putih. Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel2 yg rusak.
Tetapi karena jumlah proteinnya yg kecil, maka nasi putih lebih baik digunakan sebagai sumber energi utama daripada sumber protein.

Keunggulan nasi putih adalah kecilnya lemak jenuh dalam kandungannya, kolesterol dan sodium, bahkan tidak ada sama sekali. Nasi putih juga merupakan sumber yang baik untuk zat Mangan.

memiliki dan mengandung 100 gram beras putih mentah terkandung sekitar 80 gram karbohidrat, namun dalam 100 gram nasi putih hanya terkandung karbohidrat yang memiliki sekitar 28 gram karena beratnya bertambah besar dengan air sewaktu proses memasak.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan energi, fungsi dan pemeliharaan organ tubuh, dianjurkan mengkonsumsi 2 gram karbohidrat per kg berat pada badan kita, namun kalau anda mempunyai aktivitas sehat dan menyehatkan tubuh seperti olahraga yang baik atau sering dalam seminggu dan ingin menambah berat badan atau berat tubuh kita.

Maka kebutuhan karbohidrat bisa meningkat menjadi 3-4 gram per kg berat badan tergantung dari berapa ribu kkal anda berdiet dalam sehari. Jika anda memiliki Berat badan anda 65 Kg, anda bekerja sebagai administrasi di kantor maka idealnya anda mengkonsumsi 130 gram karbohidrat per hari.

Dampak Negatif Memakan Onigiri Yang Berlebihan

1. Menimbulkan Kanker

Makanan khas Jepang yang disebut sushi biasanya dibungkus dengan nori atau rumput laut. memiliki warna yang hijau dengan aroma laut yang wangi dan rasanya gurih renyah. Ternyata, jika dikonsumsi terlalu sering bisa memicu kanker.

2. Memakai Arak Untuk Mengilangkan Bau Amis Nori

Arak sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada nori. Hal ini sangat lumrah dilakukan di Jepang. Bahkan bukan tak mungkin metode yang sama juga dilakukan di berbagai negara lain dalam mengolah nori.

Tips Cara Membuat Onigiri Bagi Pemula.

Cara membuat Onigiri itu tidak sulit. Kalau kamu belum pernah melakukannya, bukan berarti pasti gagal saat mencoba. Proses Cara membuat Onigiri harus dilakukan secara teliti.

Selain itu, mulai sekarang juga patut mencermati tips belajar membuat Onigiri agar wawasan semakin bertambah. Jadi, jangan ragu memulai pengalaman membuat onigiri kamu untuk pertama kalinya.

1. Kita Harus Cermat Dalam Membaca Petunjuk Pembuatan Onigiri

Seorang pemula biasanya yang pertama kali dilakukan adalah membaca resep dengan cermat. Kamu harus memahami istilah-istilah takaran dan teknik membuat onigiri yang dijabarkan dalam artikel ini.

Sehingga tidak kesulitan untuk segera mencobanya saat melakukan percobaan membuat onigiri. Jangan segan segan untuk bertanya kepada orang yang lebih mahar atau lebih paham tentang membuat onigiri.

2. Jangan Malas Untuk Menyiapkan Alat Untuk Mentakar Bahan Onigri.

Menggunakan alat ukur adalah cara terbaik untuk menentukan takaran bahan. Kamu harus menyiapkan alat ukur berupa timbangan, cangkir, atau gelas ukur yang kapasitasnya memadai. Dengan demikian, tidak akan kesulitan saat harus menentukan takaran bahan yang akan digunakan saat membuat atau mentakar bahan onigiri.

3. Pastikan Kalau Semua Alat Sudah Bersih.

Bagi pemula harus cermat dalam menyiapkan,dan kebersihan alat untuk membuat onigiri.Kebersihan juga penting karena dapat mencegah bakteri bagi para pembeli onigiri dan mempengaruhi Kualitas onigiri yang Anda jual.

4. Pastikan Semua Bahan Yang Disiapkan Tidak Kedaluwarsa.

Pemula harus cermat dalam menyiapkan,dan kebersihan bahan bahan untuk membuat onigiri.Kebersihan juga penting karena dapat mencegah sakitnya perut bagi para pembeli onigiri dan Kualitas onigiri yang Anda jual.Dan Penjual harus memilih atau memiliki bahan-bahan yang berkualitas baik.

Point Yang Harus Kamu Ketahui Dalam Usaha Onigiri

1. Carilah Lokasi yang Banyak Dilalui Orang

Ini faktor utama yang harus diperhatikan dalam membangun usaha onigiri, karena jika ada kesalahan dalam memilih tempat, bisnis Anda pun tak akan berjalan lancar.

2. Onigiri Harus Memiliki Rasa Yang Enak

Onigiri tentu harus menyuguhkan rasa yang enak. Agar onigiri mempunyai perbedaan dengan bisnis orang lain, ramen disarankan memiliki ciri khas yang berbeda.

3. Desain Kedai Yang Menarik

Kedai harus memiliki tampilan unik untuk menarik perhatian, dan mudah dilihat orang yang lewat.Karena hal ini bisa membuat orang yang lewat kedai menjadi minat dengan onigiri ini.

4. Lakukanlah Promosi Diskon Onigiri

Lakukanlah promosi Diskon secara rutin saat awal usaha Onigiri, bisa dengan menyebarkan brosur atau memberikan potongan harga di hari tertentu, hal ini berguna untuk menarik pembeli baru.

Peluang Usaha Onigiri Di Indonesia

Cara Membuat Onigiri

1. Onigiri Mempunyai Harga Jual  Yang Murah

Patokan harga untuk onigiri ini dapat Anda buat yakni menggunakan hitungan per buah dimana harga mulai Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000.

2. Strategi Pemasaran Onigiri

Pemasaran usaha onigiri bisa dilakukan dengan membuat onigiri yang enak dan nikmat serta berkualitas.Selain itu juga dapat pula menjalankan strategi kedai pemasaran onigiri lewat menyebarkan berbagai brosur dan menjual di kedai makanan lainnya.

3. Prospek

Dalam usaha onigiri dapat dikatakan memiliki propek yang sangat cemerlang. Dimana melalui usaha onigiri dapat mendatangkan keuntungan besar. Usaha yang bergelut dengan onigiri ini memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depannya.karena onigiri ini banyak disukai orang indonesia dan ini termasuk makanan jepang.

4. Memulai Usaha Onigiri

Apabila menjalankan usaha onigiri memang dapat dimulai dengan langkah mudah karena makanan dari luar negri. Dalam menjalankan usaha onigiri bisa dijalankan dalam modal agak lumayan dari pada modal besar.Yang mana usahaonigiri ini bisa dilakukan dengan skala rumahan yang tidak mengularkan modal besar. Bisa dimulai dengan menjalankan usaha onigiri berskala rumah tangga,pasar,toko,dll.

5. Tampilan Menarik Onigiri

Onigiri ini identik dengan tampilannya yang menarik. Makanan yang simpel dan memiliki rasa yang bermacam-macam,dan warna yang menarik konsumen untuk menikmatinya.

Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha onigiri dapat diperhatikan di atas. Dengan mengetahui Cara membuat Onigiri di atas semoga anda bisa menjalankan usaha onigiri menjadi semakin sukses.

Bagi yang ingin menjalankan usaha onigiri sebenarnya tidak hanya hal penting di atas saja yang perlu diketahui namun juga perlu melihat analisa usaha dalam menjalankan usaha onigiri.

Itulah tadi ulasan kami tentang Cara Membuat Onigiri, mulai dari cara membuat,peluang usahanya,Nutrisi serta kandungan pada onigiri dan Point Pentingnya.

Oh ya selain artikel ini.Baca juga ya,artikel lain kami tentang Resep Ayam Goreng

Demikianlah artikel tentang cara membuat onigiri.Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih karena kesediaannya untuk membaca artikel yang kami buat ini.

Tentu masih banyak kekurangan karena keterbatasan kami baik itu berupa pengetahuan maupun yang lainnya mohon dimaafkan.Sekian dari kami dan Terimakasih.

WhatsApp chat