Macam Macam Usaha Rumahan Bermodal Kecil dengan Prospek yang Baik

macam macam usaha rumahan

Membuka usaha rumahan memang tidak bisa asal-asalan dan cenderung mudah jadi. Dalam menjalankan usaha perlu pemahaman yang sesuai dan dapat dipertanggung jawabkan. Saat ini, anda dapat memperoleh penghasilan tambahan maupun menjadikan binsis utama secara langsung dirumah.

Dengan membuka usaha dari rumah maka akan sangat menghemat biaya termasuk untuk penyewaan tempat. Selain itu , anda juga dapat mengerjakan berbagai macam hal yang lebih dipentingkan. Jadi, apakah anda sedang mencari ide bisnis rumahan? Kami akan membahas lengkap macam macam usaha rumahan.

Usaha dirumah tidak harus dijalankan oleh satu orang saja, bisa jadi keluarga tersebut menjalankan secara bersama-sama. Dalam membuka usaha memang akan terdapat lika dan liku perjalan. Namun, tetaplah bersemangat untuk menjalani usaha ini dengan benar.

Selalu ada hasil yang baik jika dimulai dengan tujuan yang pasti. Untuk anda yang sudah tidak sabar memulai usaha rumahan maka jang risau lagi. Dibawah ini, kami akan memberikan informasi tentang referensi macam macam usaha rumahan.

Macam Macam Usaha Rumahan Dengan Prospek Terbaik

Usaha rumahan dibawah ini terbukti memiliki prospek yang cukup baik dengan nilai profit yang stabil. Jika hal ini dilakukan dengan benar tentu akan memberikan hasil yang sangat baik. Berikut lebih lengkapnya dibawah ini.

25 Usaha Rumahan Dengan Modal kecil

Jasa Pengetikan

Ulasan tentang 25 Macam Macam Usaha Rumahan dengan Modal Kecil ini akan membantu Anda yang ingin mendapat ide bisnis rumahan yang potensial. Seringkali usa ha gulung tikar sebelum berkembang dikarenakan pemilihan jenis usaha dan perencanaannya yang kurang matang.

Oleh karena itu kami ingin berbagi inspirasi 25 Macam Macam Usaha Rumahan dengan modal kecil. Cukup dengan modal ratusan ribu pun Anda sudah bisa memulai berbisnis dengan laba yang menggiurkan dan prospeknya yang cerah tentunya.

Ketika kita ingin mencoba untuk belajar berwirausaha, memang sebaiknya kia mulai dari usaha bermodal yang kecil. Dengan itu maka bisa jadi resiko yang ditanggung pun menjadi semakin kecil. Ini sangat penting dikarenakan banyak orang yang akhirnya terlilit hutang ketika memulai usaha dan bangkrut.

Dikarenakan orang tersebut belum bisa menguasai usaha yang digelutinya, sehingga kucuran modal besar tidak banyak membantu. Selain itu, kurangnya perencanaan bisnis juga menjadi faktor utama penyebab terjadinya kegagalan.

Untuk itu kami menyarankan untuk mencoba 25 Macam Macam Usaha Rumahan. Bahkan beberapa usaha bisa dikerjakan untuk usaha kecil-kecilan separuh waktu.

ini cocok bagi Anda yang masih berstatus karyawan swasta, pegawai kantoran, PNS, mahasiswa sehingga ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha tanpa meninggalkan pekerjaan dirumah.Meskipun bisnis sampingan , tetapi jika dikelola secara baik, usaha-usaha ini akan menjanjikan profit yang tinggi.

Jadi apa saja Macam Macam Usaha Rumahan dengan prospek menjanjikan tersebut ? simak di bawah ini.

1. Buka Cucian Motor

Coba lihatlah sekeliling Anda, hampir semua orang menggunakan sepeda motor sebagai transportasi kesehariannya. Sementara itu dikarenakan berbagai kesibukan sangat jarang orang yang memiliki banyak waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri.

Jika kita teliti, hal itu merupakan peluang usaha yang tidak pernah kehilangan konsumen. Ya benar, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan membuka cucian motor.

Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat strategis untuk menjadikan usaha tersebut.  Anda pun tak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulai usaha tersebut. Manfaatkan relasi Anda di kantor, atau teman-teman Anda untuk menjadi pelanggan sekalian juga  untuk membantu Anda  untuk memasarkan bisnis tersebut.

Sekali lagi, selagi masih ada orang yang menggunakan transaportasi sepeda motor untuk kendaraan kesehariannya, maka bisnis dengn modal kecil ini akan selalu memiliki pelanggan potensial.

2. Membuka Usaha Print Foto

Salah satu jenis usaha modal kecil yang bisa anda coba ialah dengan cara membuka jasa print foto dan stiker. Bahkan jika kalian telaten, kalian bisa juga memulai bisnis ini tanpa modal.

Yaitu dengan cara membuat komputer dan printer di rumah menjadi lebih produktif. Pilih tempat yang dekat dengan kantor layanan pemerintah ataupun lembaga pendidikan. Kalau Anda punya kamera akan lebih baik.

3. Usaha Jasa Pengetikan

Anda bisa bergabung dengan berbagai platform yang sudah menyiapkan proyek pengetikan yang akan membantu memasarkan jasa Anda secara online. Dengan bisnis usaha ini, Anda akan mendapat atau memperoleh uang tambahan tanpa harus mengeluarkan banyak keringat.

Jika Anda merasa kurang dengan bisnis ini, bukalah bisnis semacam ini di area kampus akan lebih menjanjikan lagi. Mahasiswa yang dikejar dedline tugas makalah atau skripsi ialah target yang pas untuk Anda

seandainya ada 10 mahasiswa saja, dengan tarif pengetikan 1500 per lembar dikali rata-rata 10 lembar, maka dalam sehari sudah bisa memperoleh Rp. 150.000,-

4. Menjadi Jasa Penerjemah

Anda mempunyai kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lainya ? Membuka jasa terjemah bisa menjadi pilihan bisnis usaha rumah . Bahkan bisa juga diawali tanpa modal.

Bisa juga tawarkan jasa penerjemah untuk membuat summary pada skripsi, thesis atau disertasi. Lain dari itu, untuk menambah jejaring Anda juga bisa bergabung dengan platform penerjemah berbasis online seperti projects.co.id dsb.

5. Usaha Rumahan Membuka Laundry

Bisnis yang bermodal kecil ini sangat cocok untuk Anda yang bertempat tinggal di daerah perumahan, atau setidaknya perkotaan, di mana orang-orangnya mempunyai mobilitas tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaiannya.

Anda pun juga bisa memanfaatkan mesin cuci yang ada di rumah Anda sebagai aset pertama untuk memulai usaha

hanya buat papan nama dan pamflet promosi untuk disebarkan ke pelanggan pelanggan usaha laundry Anda. Memanfaatkan broadcast di whatshapp , facebook , ataupun media sosial lain juga bisa.

Intinya, dengan mesin cuci rumah kalian, sekarang kalian sudah bisa memiliki usaha laundry dan langkah selanjutnya adalah bagaimana agar semua orang tahu dengan bisnis usaha kalian. Semakin banyak  orang yang tau dengan bisnis kalian, tentu makin besar keuntungan pendapatan Anda.

6. Membuka Jasa Menjahit

Anda memiliki ketrampilan menjahit? Jika mempunyai  Anda tak perlu ragu untuk membuka usaha jasa jahit pakaian. Ini juga salah satu usaha yang banyak di lakukan, maksudnya bisnis usaha yang tidak akan pernah kehilangan pelangganya.

Bagaimana tidak, mode pakaian yang terus berganti, pakian kesayangan yang rusak, serta mengubah ukuran hingga bentuk pakian yang baru saja dibeli adalah kegiatan yang sering dilakukan banyak orang.

Untuk meningkatkan omset, Anda bisa menjajakan jasa ini secara keliling dari komplek ke komplek. Anda juga bisa meminta bantuan agar beberapa tenaga terampil untuk membantu memperluas jejaring pelayanan.

7. Usaha Pangkas Rambut

Membuka bisnis usaha pangkas rambut bisa menjadi topik yang menarik untuk Anda yang punya ketrampilan tersebut dan ingin membuka usaha. Jika tidak, Anda bisa merekrut satu karyawan terampil untuk mengelola bisnis usaha Anda ini.

Pangkas rambut bisa menjadi usaha rumahan yang mendatangkan penghasilan yang lumayan jika dikelola secara serius. Apalagi jika Anda mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan yang setiap bulannya akan menyetorkan pundi-pundi rupiah ke dompet Anda.

Anda pun tak perlu modal yang wah untuk memulainya, cukup dengan menyulap ruangan rumah atau dengan membuatnya di halaman rumah Anda sudah bisa memiliki tempat pangkas rambut yang siap beroprasi.

8. Usaha Angkringan

Angkringan iaalah tempat makan kesenangan bagi sebagian anak muda yang sering begadang. Rasanya yang enak dan harganya yang tentunya murah membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Anda bisa membuka usaha Angkringan ini malam hari selepas pulang kerja, terutama bagi Anda yang rutinitas bekerjanya di pagi hingga sore hari.

9. Konter Pulsa dan Paket Internet

Seiring tingginya kebutuhan akan akses informasi, saat ini hampir semua orang memiliki gedget. Bahkan itu berarti mereka semua membutuhkan pulsa atau paket internet untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi mereka , hingga keputusan Anda untuk menjatuhkan pilihan pada bisnis ini tidaklah salah.

Mulailah dengan menjadi downline pulsa, sambil mencoba menawarkan paket perdana internet pada orang-orang di sekitar Anda. Jika bisnis usaha ini berjalan lancar, Anda bisa segera membuka toko pulsa dan paket internet ini atau nisa disebut konter.

10. Pembayaran Online

Salah satu bisnis rumahan yang berkembang dengan cepat  seiring dengan tumbuhnya teknologi digital ialah sistem pembayaran online. Anda bahkan bisa memanfaatkan hp pintar yang sehari-hari menemani aktivitas Anda untuk melakukan bisnis dengan modal yang kecil ini.

11. Toko kelontong

Jangan memandang sebelah mata bisnis usaha yang satu ini. Meskipun sekilas memberikan margin pendepatan untung yang kecil, tetapi ini adalah usaha rumahan yang tidak akan pernah sepi pembeli.

Setiap hari semua orang mengalokasikan sejumlah uangnya untuk berbelanja membeli di warung kelontong semacam ini.

Jadi ini ialah bisnis usaha rumahan dengan prospek yang baik.

12. Membuka Warung Nasi Uduk Dirumah

Bagi semua orang, mungkin memasak makanan di pagi hari adalah hal yang tidak praktis, apalagi untuk orang-orang yang tinggalnya di kos. Oleh sebab itu, Anda juga bisa membuka bisnis usaha ini di waktu pagi hari sebelum berangkat kerja seperti biasanya.

Anda juga bisa membungkusnya lalu membawanya ke kantor untuk dijual kepada teman-teman sekantor yang belum sempat sarapan dirumah. Tentu ini membutuhkan tenaga ekstra, tapi bukankah orang yang bekerja lebih giat yang paling banyak dapat hasilnya?

13. Jualan Bubur Ayam

Konsepnya sama seperti membuka usaha warung nasi uduk . Hanya saja varian menunya yang diubah. Ini karena pangsa pasarnya lain, kerapkali anak-anak lebih memilih bubur sebagai sarapan di pagi hari.

14. Jualan Bakso

Bakso merupakan makanan favorit bagi banyak orang. Rasanya yang gurih dan enak serta harganya yang murah membuat bakso disukai banyak orang, dari yang muda hingga tua. sebab itu memilih bakso sebagai bisnis usaha rumahan bermodal tidak terlalu beasr adalah langkah awal yang bagus.

Anda bisa mengubah berbagai bentuk dan rasa untuk menambah daya tarik konsumen membeli bakso Anda. Memulainya dengan menjajak dagangan ini secara keliling juga hal yang bisa dicoba.

Jika anda ingin membuat atau mengolah bakso sendiri , kebetulan kami juga ingin memaparkan mesin pembuat bakso. Mari kita lihat mesin pengolah bakso bernama showcase.

15. Membuka Usaha Warung Nasi

Selain menjual minuman, bisnis usaha yang tidak akan pernah sepi peminatnya ialah membuka warung nasi. Dengan ketrampilan memasak dan tata ruang yang nyaman, usaha warung nasi Anda pasti akan selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Meskipun bisnis usaha ini banyak saingannya, tetapi tetap saja Anda tidak akan kehilangan pelanggan karena segmentasinya yang menyasar semua orang.

Anda cukup mencari segmen pasar mana yang akan Anda ambil, mereka yang kelas menengah ke atas, atau yang menengah ke bawah.

Usahakan segmentasi pasar yang Anda ambil tidak sama dengan pesaing terdekat Anda. Tentu saja agar anda dapat meminimalisir kerasnya persaingan di perawalan memulai usaha.

16. Jualan Sayur-sayuran Segar

Sayuran adalah barang wajib yang dicari ibu-ibu di saat pagi hari , selebihnya di perkotaan yang kita tahu tidak ada lahan untuk menanam sayur. Sehingga menjual sayuran, mau berkeliling maupun dengan cara membuka lapak, ialah usaha yang prospeknya tinggi.

Untuk bisa berjualan sayur, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Cukup dengan membelanjakan ratusan ribu di pasar sayur yang biasanya sudah beroprasi saat tengah malam, Anda sudah bisa memulai berbisnis sayur ini.

17. Membuka Mie Ayam Kaki Lima yang Berbeda dan Inovatif

Mie ayam terkenal sebagai makanan pengganti nasi yang rasanya enak, apalagi dimakan saat cuaca sedikit dingin. Berjualan mie ayam juga harus mempunyai segmen pasar yang luas dikarenakan disukai oleh semua orang.

Anda juga bisa menambahkan sedikit kreatifitas agar mie ayam Anda berbeda dengan produk pesaing.

Mengubahnya menjadi mie ayam kriyik dengan menambahkan usus dan kulit ayam goreng pada mie yang siap saji atau memposisikan mie hingga membentuk gambar love untuk kemudian dinamakan mie ayam cinta bisa dicoba.

18. Jus Buah

Ini menjadi minuman yang banyak dinikmati oleh mereka yang melek kesehatan, karena sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Maka dari itu rasanya yang segar juga membuatnya banyak disukai pelanggan.

Membuka bisnis usaha jus buah ini juga tak memerlukan modal yang banyak. Praktis Anda hanya perlu membeli alat berupa cup sealler dan blender untuk memulai bisnis ini.

19. Air Isi Ulang

Membuka usaha air isi ulang adalah usaha dengan peluang bagus, hal ini karena kebutuhan akan minum menjadi kebutuhan wajib setiap orang.

Umumnya masyarakat sekarang memakai galon untuk keperluan minum sehari-hari, sehingga membuka usaha air isi ulang ialah pilihan yang bagus untuk dilakukan.

20. Membuka Usaha Katering Rumahan

Seringkali tentu kita mendapati orang-orang di sekitar kita memesan katering untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sebuah acara yang mereka selenggarakan. Bisnis usaha katering memanglah menguntungkan sebab jumlah dalam sekali pesanan bisa langsung banyak.

Anda perlu pintar untuk mempromosikan usaha katering Anda agar semakin banyak orang yang mempercayakan pembeli pada usaha katering Anda. Sekedar informasi, buat usaha makanan, margin keuntungan bisa sampai 20-40% loh.

21. Membuka Usaha Jualan Nasi Goreng Rumahan

Menjual nasi goreng di di waktu malam hari merupakan salah satu pilihan bisnis usaha modal tidek terlalu besar yang layak untuk dicoba.

Perhatikan jika Anda jalan-jalan keluar pada malam hari, tenda-tenda yang menjual nasi goreng hampir tak pernah sepi pembeli. Sebab itu nasi goreng memang telah mendapat tempat tersendiri di lidah penduduk di Indonesia.

22. Roti Bakar

Ketika kita lapar di malam hari sehingga males untuk makan nasi, roti bakar biasanya menjadi pilihan penggantinya.

Rasanya yang manis legit ditambahnya teksturnya yang krenyes-krenyes membuat roti bakar banyak digilai orang. Anda jangan berpuas diri dengan menu yang itu-itu saja yang selama ini disediakan penjual roti bakar.

Berkreatiflah dengan varian rasa baru atau bentuk yang lucu agar roti bakar Anda memiliki kesan tersendiri di para pembeli.

23. Buka Usaha Warung Soto Khas Daerah

Soto adalah salah satu makanan tradisional yang eksis dan masih disukai banyak orang hingga sekarang.Terkadang kita menjumpai penjual soto ialah bukti bahwa makanan ini tak sepi peminat.

Anda juga bisa memilih usaha membuka warung soto untuk usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

24. Jualan Aksesoris Perempuan

Perempuan memanglah suka berdandan, jadi sudah pasti jika mereka banyak membutuhkan aksesoris dan pernak-pernik lainnya untuk menambah penampilan agar semakin cantik.

Ini adalah peluang usaha yang baik bagi Anda. Anda juga bisa memanfaatkan akun media sosial yang banyak digandrungi wanita seperti instagram facebook dan media sosial lainya untuk memasarkan usaha Anda ini.

25. Membuka Usaha Jasa Sewa Kamar

Anda memilki kamar kosong yang jarang atau malah tidak pernah dipakai di rumah Anda?

Jika iya tentu tak ada salahnya untuk mendaftarkan kamar Anda pada paltform sewa kamar seperti airBnB. Dengan sebab itu, kamar yang tak terawat bisa menghasilkan pendapatan keuntungan.

Apalagi untuk Anda yang memiliki villa ataupun rumah yang tidak ditempati. Skema bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan. Sekedar informasi, harga sewa kamar di airBnB ini cukup bermacam macam, mulai dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah. Sudah terbayang kan pendapatan yang akan masuk dari kamar-kamar Anda?

Itulah Macam Macam Usaha Rumahan yang bermodal kecil dengan prospek yang tinggi.

Jika anda ingin berbisnis makanan , kami juga akan memaparkan Resep Masakan Rumahan. Mari kita lihat Resep Masakan Rumahan.

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini tentang Macam Macam Usaha Rumahan, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau pengalaman yang ada di hubungannya dengan Macam Macam Usaha Rumahan. Ini lah artikel dari kami tentang Macam Macam Usaha Rumahan, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

WhatsApp chat