Manfaat Santan untuk Rambut agar tetap Merona

manfaat santan untuk rambut

Kali ini saya akan membahas tentang manfaat santan untuk merawat rambut agar merona. Di sini kita masih membahas manfaat santan. Artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang cara membuat bubur kacang hijau ketan hitam. Selain menggunakan santan ada juga bahan alami untuk merawat rambut yaitu minyak zaitun.

Rambut tipis memang seringkali jadi masalah bagi banyak orang karena mengganggu penampilan. Banyak orang mencari cara untuk bisa membuat rambut tebal dan tumbuh sehat lebat.

Jika berbagai produk sampo tidak banyak membantu, maka bahan alami berikut ini dijamin bisa membantu, yaitu santan kelapa.Santan merupakan salah satu bahan alami yang kaya nutrisi yang bukan hanya enak diolah jadi masakan, tapi juga untuk kesehatan rambut.

Santan  sudah menjadi bahan alami paling efektif  untuk menumbuhkan rambut karena kaya vitamin E, zat besi, potassium/kalium, dan berbagai lemak esensial yang baik untuk rambut.

Rambut bukan hanya bisa lebih tebal dan lebat tapi juga hitam dan bersinar sehat. Baik kamu punya rambut tipis sejak lahir atau karena mengalami masalah rambut rontok, cara alami dengan santan ini bisa kamu coba di rumah.

Manfaat Santan untuk Rambut agar Merona Sepanjang Hari

manfaat santan untuk rambut

Manfaat buah kelapa bagi kesehatan dan kecantikan rambut ternyata bisa didapat dari berbagai olahannya. Minyak ini mempunyai berbagai khasiat pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, dan menyembunyikan uban. Sementara, manfaat santan kelapa adalah untuk menumbuhan dan meluruskan sambut.

Membuat santan kelapa cenderung lebih mudah dibanding membuat minyak kelapa. Caranya, parut kelapa dan rendam dalam sedikit air jika ingin menghasilkan santan yang kental. Kemudian, peras parutan kelapa di atas saringan agar tak ada parutan yang menggenang di air santan.

1.Protein

Apakah rambut Anda kekurangan protein? Jika iya, masker telut tidak akan memberikan nutrisi protein yang cukup untuk rambut Anda. Cobalah santan kelapa.

2.Rambut Kusut

Jika rambut Anda sering kusut atau sulit diatur, coba gunakan santan untuk mengatasinya. Dengan cara yang ini, Kita tidak perlu khawatir akan kehilangan rambut saat menyisir.

3.Rambut Kasar

Santan yang sangat berkhasiat untuk melembutkan rambut dalam waktu satu minggu. Dengan menggunakan santan, Anda pun dapat memanjakan rambut dengan minyak yang terkandung di dalamnya.

4.Pertumbuhan

Ingin mempercepat pertumbuhan rambut? Gunakan santan. Santan juga bisa membantu mengatasi rambut rontok dan merupakan pertolongan pertama untuk mengatasi kebotakan.

5.Gatal dan Ketombe

Rambut yang gatal dan ketombe dapat dihilangkan dengan menggunakan santan. Caranya, cukup pijat lembut santan ke kulit kepala

Rambut agar Merona yang Wajib Diketahui

Santan kelapa sendiri merupakan bahan alami yang mengandung beragam nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga dan merawat kesehatan dan kecantikan tubuh, tidak terkecuali dengan bagian rambut. Tidak heran lagi jika sampai detik ini santan kelapa masih bisa digunakan untuk menjaga rambut tetap sehat.

1.Mengatasi Rambut Kering

Rambut yang kering biasanya menjadi pemicu dari sejumlah masalah. Mulai dari rambut rontok, rambut patah hingga bercabang. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, santan kelapa memiliki beragam bahan aktif yang mampu menutrisi dan mengembalikan kelembapan rambut dalam waktu singkat.

2.Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Dilansir dari laman NDTV, santan kelapa  ini juga dapat membantu kalian untuk melebatkan rambut. Hal ini lantaran kandungan nutrisi pada santan kelapa yang ampuh menutrisi kulit kepala dan akar rambut dengan optimal. Apalagi, kulit kepala yang ternutrisi akan mempercepat proses regenerasi sel rambut baru.

3.Menjadikan Rambut Bebas Lepek

Kalian yang sering bermasalah dengan rambut lepek rupanya dapat menggunakan pilihan pada santan kelapa. Apalagi kalau santan kelapa dapat dimanfaatkan sebagai salah satu kondisioner alami yang ampuh untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala.

Tidak hanya ini saja, santan kelapa juga bisa di gunakan untuk menyerap minyak berlebih yang menjadikan rambut lepek.Nah, untuk santan kelapa yang dilengkapi dengan kandungan vitamin dan mineral ini ternyata memberikan berbagai manfaat baik untuk rambut kalian.

Tidak hanya ini saja, keuntungan lain menggunakan santan kelapa yaitu aman digunakan untuk berbagai jenis kulit karena tidak menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, santan kelapa juga mudah untuk didapat.

Menakjubkan Manfaat Santan untuk Rambut agar Merona Kulit Kepala

1.Rambut yang Rusak

Air perasan kelapa yang telah di parut ini terkenal ampuh untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Santan yang kandungan minyak dan nutrisinya sangat tinggi dapat memberikan kelembapan alami dari akar hingga ke ujung rambut.

Kalian bisa menggunakan santan untuk cream bath. Teteskan pada bagian kulit kepala dan pijat selama kurang lebih tiga sampai lima menit. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu keramas rambut kalian seperti biasa. Ini akan memulihkan rambut yang kering, rusak, rapuh, dan bercabang serta meningkatkan kesehatan folikel rambut.

2.Kondisioner Alami

Benar sekali, santan dapat difungsikan sebagai kondisioner alami. Kandungan minyak alami yang ada dalam santan menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Taruhkan santan di rambut setelah keramas untuk mendapatkan rambut lebih lembut dan bagus. Jika rambut Anda kusut, Anda juga bisa meneteskan sedikit santan di rambut dan menyisirnya hingga tak kusut lagi. Rambut akan terurai tanpa menjadi patah.

3.Rambut Berketombe

Ketombe bisa disebabkan karena adanya pengelupasan kulit kepala yang dikarena oleh bakteri atau ketidakseimbangan pH. Santan dapat memberikan sensasi dingin pada kulit kepala.

Untuk mengatasi ketombe, kita bisa campurkan setengah gelas santan, satu gelas jus nanas dan setengah gelas air kelapa. Pakai dengan campuran ini untuk mencuci rambut dalam lima hari sekali. Jangan lupa membilas dengan shampo setelah perawatan.

4.Rambut Subur

Santan  ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Sebab santan kaya akan protein dan minyak esensial.

Kedua bahan ini dapat menjadikan kulit kepala sehat. Seperti yang kita ketahui kulit kepala yang sehat sangat diperlukan untuk menahan akar rambut agar tidak cepat rontok. Selain itu protein dalam santan akan melapisi batang rambut sehingga bisa tumbuh kuat.

Untuk menyuburkan rambut, rajin-rajinlah creambath dengan santan. Gunakan santan kental, berikan pada kulit kepala dan rambut dengan teratur.

Kemudian kita lakukan pijatan pada kulit kepala untuk memperlancar peredaran darah sekaligus membantu agar nutrisi santan terserap sempurna pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas rambut hingga bersih.

1. Manfaat Santan untuk Rambut Lurus

Bahan:

  • 1 gelas santan
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat dengan Jeruk Nipis

  1. Campurkan satu gelas santan dngan dua sendok makan air jeruk nipis.
  2. Dinginkan dalam lemari es hingga menjadi beku dan kental.
  3. Setelah dingin dan mengental, oleskan ke seluruh rambut dan pijat secara perlahan untuk relaksasi.
  4. Diamkan rambut dan tutup dengan shower cap.
  5. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo dan kondisioner.

2.Rambut Panjang

Bahan:

Cara Membuat dengan Santan dan Madu

  1. Siapkan santan dengan takaran 10ml dan 2sdm madu.
  2. Taruh pada santan dan madu kedalam wadah kecil, aduk hingga tercampur merata.
  3. Balurkan pada bagian rambut dengan menggunakan tangan disertai pijatan lembut selama kurang lebih 5-10 menitan.
  4. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 20-30 menit supaya ramuan tersebut meresap dengan sempurna.
  5. Baru deh, bilas sampai bersih menggunakan shampo.

3. Rambut Berketombe dan Berkutu

Bahan:

  • santan
  • shampo

Cara Mengatasi Ketombe dengan Santan

  1. Pilih santan yang bagus
  2. Balur dan pijat santan
  3. Kemudian diamkan selama 30 menit
  4. Tutup rambut selama 30 menit
  5. Bilas santan sampai bersih
  6. Pilih sampo sesuai rambut
  7. Sisir rambut agar lurus
  8. Ulangi dua hari sekali
  9. Berkhasiat untuk segala jenis rambut
  10. Santan kayak akan vitamin

Inilah manfaat santan kelapa untuk rambut, untuk kalian yang bermasalah dengan rambut silahkan kalian gunakan santan kelapa untuk membantu agar lebih baik. Semoga berhasil.

× Whatsapp Kami!