Tentang Mesin Pengering Makanan

Mesin pengering makanan merupakan mesin yang berguna untuk mengeringkan atau mengurangi kandungan air atau kandungan lain yang berada di dalam makanan seperti buah, sayur, dan sebagainya. Jadi mesin ini juga sangat membantu makanan lebih awet disimpan. Manfaat lain dari mesin ini yaitu saat proses pengeringan alat ini tidak akan mengurangi atau mengubah cita rasa asli dari makanan itu sendiri.

Sebenarnya mesin pengering makanan ini umumnya ditujukan untuk para petani yang mempunyai ladang pertanian untuk mengamankan produktifitas panen buah atau sayur mereka yang banuak agar hasil panen mereka tidak gagal karena pembusukan, jadi alat ini penting agar makanan hasil panen yang melimpah itu tidak mubazir.

Dengan melakukan dehydrated menggunakan mesin pengering makanan ini, makanan tidak gampang expired/kadaluwarsa dan memiliki ketahanan makanan yang cukup lama. Namun mesin pengering makanan ini tidak sama dengan vacum frying, karena kalau facum frying itu alat yang menjadikan buah atau sayur menjadi kripik atau camilan ringan, dan dipastikan nutrisi pada makanan menggunakan alat ini akan berkurang.

Miliki alat mesin pengering makanan ini untuk anda yang akan memproduksi buah dan sayur untuk menjaga kualitas hasil panen anda agar tetap terjaga. Grosir mesin menawarkan mesin pengering makanan dengan harga yang ekonomis dan kami akan memberikan penawaran yang menarik untuk anda dengan dukungan perawatan, perbaikan dan pengiriman mesin aman sampai tujuan, sehingga anda dapat langsung memakainya.

Baca Juga Harga Mesin Oven Pengering Kerupuk – Mesin Pembuat Kerupuk Terbaru 2021

Model dan Spesifikasi Mesin Pengering Makanan

Type ST-01

 

mesin pengering makanan

Gambar Mesin Pengering Makanan

 

Spesifikasi Mesin Pengering Makanan

Suhu (°C)

:

40 ~ 90

Kapasitas (Liter)

:60
Tegangan:220V / 1P
Daya Watt (W):1000 Watt.
Berat (Kg):15,5 Kg
Bahan:Stainless steel anti karat
Kelebihan Mesin:

– Kipas internal agar suhu panas merata

– Pengatur suhu

– Pengatur waktu

– Tidak bising

– Kapasitas 10 rak

 

Baca juga Harga Mesin Pengering Makanan disini

 

Keunggulan Mesin Pengering Makanan

Menggunakan mesin pengering makanan harus tepat karena akan mempengaruhi kualitas dan hasil yang menguntungkan bagi usaha anda. Dalam pengembangan dan perencanaan untuk usaha anda, anda harus memasukkan alat mesin pengering makanan ini dalam daftar yang harus anda miliki.  Selain itu, anda harus memastikan mesin yang anda beli adalah mesin dengan kualitas terbaik dan nantinya hasilnya akan maksimal.

Dibawah ini merupakan beberapa keunggulan mesin pengering makanan:

  • Mengurangi kadar minyak atau bahan lain yang terkandung pada makanan, sehingga bisa tahan lama tanpa mengurangi kualitas makanan
  • Tidak usah khawatir mengenai rasa dalam makanan yang anda keringkan tidak akan hilang
  • Produksi menjadi lebih cepat dan tidak membuang waktu yang lama untuk proses pengeringan, karena mesin bekerja dengan maksimal
  • Mesin ini sangat multifungsi untuk mengurangi kadar air pada sayur atau buah hasil panen anda, sehingga lebih ekonomis
  • Ukuran mesin tidak terlalu besar jadi tidak akan memakan tempat di lokasi produksi anda, maka sangat praktis digunakan.
  • Anda dapt menyesuaikan saringan yang digunakan dengan makanan yang akan diproses pengeringan. Jadi memudahkan satu mesin bisa digunakan untuk macam-macam kebutuhan pengeringan makanan
  • Proses penggunaan dan pengoprasian yang mudah dengan menyesuaikan suhunya dengan kebutuhan makanan yang dikeringkan

Apa Itu Sayur dan Buah?

Pengertian Sayur

Definisi dari sayur atau sering disebut dengan sayuran atau sayur mayur merupakan makanan yang penting untuk tubuh manusia selain buah-buahan, karbohidrat, maupun protein. Sayur mempunyai kadar air yang tinggi dan sering dikonsusi manusia dalam keadaan segar maupun sudah dimasak. Bagian dari sayur-sayuran dari tanaman yaitu daun, tangkai daun, kuncup, bunga, batang, akar, buah, dan ubi.

Pengertian Buah

Setiap hari kita memakan buah untuk menutrisi tubuh kita jadi buah merupakan hasil reproduksi antara putik dan serbuk sari dari tumbuhan. Buah termasuk bagian dari tumbuhan berbunga yang perkembangannya lanjutan yaitu dari bakal buah. Dalam kehidupan sehari hari buah diartikan sebagai daging dari tumbuhan yang dapat dimakan makhluk hidup. Rasa dari macam-macam buah-buahan ada yang memiliki rasa manis maupun rasa masam

Sedangkan kandungan dari buah-buahan sangat banyak karena mengandung banyak sekali vitamin (Vit A, B, B1, B6, C), mineral, dan serat pangan. Contoh jenis buah antara lain, jeruk, apel, mangga, pisang, jambu, lemon, stroberi, dan lain sebagainya.

 

Mengungkap Kandungan Nutrisi Buah dan Sayur

1. Vitamin C

Pada buah ataupun sayur merupakan sumber vitamin C yang sangat banyak. Sumber makanan lain yang memberikan nutrisi vitamin esensial adalah ASI, atau contoh lainnya daging jeroan. Vitamin C sangat membantu mempertahankan tubuh agar terhindar dari infeksi dan berperan penting dalam pertumbuhan tulang, gigi, gusi tulang rawan, dan pembuluh darah.

Manfaat Vitamin C yang lain yaitu sebagai antioksidan, dan kuantitas vitamin C yang terdapat dalam buah dan sayur sangat aman dikonsumsi manusia. Namun vitamin C ada juga yang berbentuk suplemen, dalam hal ini sangatlah tidak mempunyai sifat yang sama dalam kandungan vitamin C yang secara alami. Dalam penyerapan zat besi dan sumber tanaman akan dibantu vitamin C juga.

Banyak ditemukan di lingkungan kita sayur-sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C contohnya yaitu pada sayur lombok,brokoli, bayam sawi, buah jambu, mangga muda, belimbing, jeruk.

2. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksudan vitamin yang berguna melindungi banyak sel di seluruh tubuh, khususnya dalam membran sel. Biasanya dapat kita temukan dalam sayuran dan ubi, tomat, labu, bayam, jagung manis, brokoli, dan lain sebagainya.

Manfaat lain dari vitamin E ini dapat berfungsi sebagai pemeliharaan kesehatan kulit, mata, otak, sel darah, dan kesuburan organ reproduksi. Disini yang mengandung vitamin E adalah alpukat, kiwi, mangga, peach, dan lain sebagainya.

3. Vitamin B

Vitamin B berfungsi sebagai pemecah nutrisi yang penting untuk tubuh yang nantinya akan diubah menjadi energi. Pada vitamin B7 atau biotin, berfungsi untuk memecahkan lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan gula. Sumber dari vitamin B7 adalah wortel,hati,sereal,salmon, dan pisang.

Peran lain Vitamin B senditi adalah dapat membenahi jaringa, darah yang sehat, dan sebagai kekuatan tubuh untuk memproduksi energi dari karbohidrat, lemak dan protein. Macam macam vitamin B yaitu ,Kandungan riboflavin (B2), Thiamin (B1), niacin (B3), pyridoxine (B6) ,asam pantotenat (B5), dan Vitamin (B7)

4. Serat makanan

Dalam sayur dan buah memiliki kolaborasi dari serat larut dan serat tidak larut. Serat laut merupakan serat yang mampu larut dalam air. Dalam serat ini merupakan mayoritas dapat kita temukan dalam serelia seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur. Sedangkan serat tidak larut merupakan serat yang membersihkan saluran cerna dan membuat massa di fesses sehingga dapat melancarkan buang air besar.

Dalam serat tidak larut dapat kita temukan dalam padi-padian seperti tepung, gandum, dan beberapa sayuran seperti kembang kol, kentang dan kacang hijau. Serat ini sangat efektif menangani gangguan pencernaan seperti sembelit, kontipasi, maupun wasir

5. Antioksidan

Pada buah dan sayur antioksidan dapat membantu menaikkan suplai dalam tubuh kita dan merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam sayur dan buah memiliki kandungan antioksidan ini. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak buah dan sayur akan memiliki risiko kecil terserang penyakit yang serius.

Antioksidan adalah molekul yang mampu menghambat dan mencegah proses oksidasi molekul lain. Maksud dari oksidasi ini adalah reaksi kimia yang menghasilkan radikal bebas yang dapat memicu reaksi berantai yang merusal sel-sel dalam tubuh. Tiol atau askorbat (vitamin C) dapat mengakhiri reaksi berantai ini.

Didalam buah dan sayur kita dapat menemukan antioksidan ini contohnya seperti wortel, ubi, labu, tomat, buah bit, buah kawista, semangka, paprika, cabai, ayam, brokoli, dan kacang polong.

Fungsi lain dari antioksidan juga dapat mencegah penyakit kesehatan mata dan aktivital sel sel kanker. Namun, saat antioksidan terisolasi dari sayur atau buah buahan sebagai suplemen makanan, mereka akan mempunyai efek protektif yang tidak sama. Bahkan ada yang dapat membahayakan bagi tubuh manusia. Maka dari itu buah dan sayur sangat baik untuk tubuh manusia.

Tips Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama

 

1. Menjaga Tingkat Kelembapan

Menjaga kelembapan sayur dan buah sangat penting karena banyak mengandung air. Hal tersebut harus dijaga agar sayur dan buah dapat tahan lebih lama dan tidak cepat membusuk. Cara mengatasinya anda bisa memasukkan dalam plastik yang sebelumnya sudah anda lubangi terlebih dahulu, kemudian baru anda masukan dalam kulkas. Fungsinya supaya sayur dan buah dapat bernapas.

Anda dapat memotong bagian batang dari herba yang lembut seperti parsley, basil, dan ketumbar. Saat memasukkan rempah-rempah dalam gelas kecil yang berisi air pastikan bagian daunnya itu kering. Selanjutnya pasang plastik kecil dengan longgar pada bagian atas herba yang berguna untuk menjaga kesegaran dengan optimal. Rempah-rempah akan segar dalam waktu maksimal 2 minggu.

Namun, untuk jenis herba yang bertekstur keras seperti roesmary,timi, dan sage, lebih baik menggulingkan rempah-rempah itu dalam handuk kertas yang lembab. Dan masukkan rempah-rempah itu dimasukkan kedala kantung plastik dengan penutup.

2. Menghindari Penyimpanan di Suhu Ektstrem

Anda pastikan suhu dalam kulkas tidak terlalu tinggi atau rendah.  Karena perubahan suhu dalam kulkas dapat mempengaruhi kesegaran buah dan sayur. Jika terlalu dingi dapat membuat buah dan sayur menjadi beku, sehingga tekstur sayur dan buah menjadi rusak. Sebelum itu anda juga perlu memastikan sayur dan buah segar tidak tercampur dengan sayur dan buah yang mulai membusuk.

3. Simpanlah Dalam Keadaan Kering

Untuk menjaga kesegaran buah dan sayur, sebisa mungkin menghindari mencucinya sebelum dimasukkan dalam kulkas. Karena sayur dan buah yang masih basah jika langsung dimasukkan ke dalam kulkas akan cepat rusak. Jadi alangkah lebih baiknya jika mengeringkan terlebih dahulu buah dan sayur jika anda ingin menyimpannya dalam kulkas.

4. Simpanlah Menggunakan Kertas

Dalam penyimpanan menggunakan kertas anda bisa membungkusnya karena kertas akan membantu untuk menyerap kelembapan yang berlebihan. Jika anda menginginkan lebih kering lagi, lapisilah dengan tisu dan selanjutnya anda bungkus menggunakan kertas.

5. Memastikan Kulkas Selalu Bersih

Menjaga kebersihan kulkas sangat penting untuk membantu kualitas bahan makanan agar selalu terjaga. Pada umumnya, suhu dalam kulkas hanya berkisar 1-4 derajat celcius. Dan jangan lupa untuk memastikan membuang makanan yang sudah tidak layak atau yang sudah kadaliwarsa supaya tidak ada bakteri yang tertinggan dan kesegaran dalam kulkas tetap terjaga.

6. Menyimpan di Tempat Khusus

Karena saat ini kulkas sudah banyak yang mempunyai tempat penyimpanan kedap udara khusus untuk buah dan sayuran. Merk kulkas yang memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan buan dan sayur contohya adalah kulkas beleza 3 dari polytron.

7. Memakai Lemon Untuk Menjaga Kesegaran

Manfaat dari air lemon ternyata dapat menjaga irisan buah alpukat tetap segar. Caranya, anda dapat menambahkan air lemon pada alpukat yang sebelumnya anda iris untuk mencegah daging alpukat berubah kecoklatan secara cepat.

Namun, jika anda hanya akan mengkonsumsi buah alpukat setengah bagian, alangkah baiknya biji alpukat biarkan saja menempel. Karena biji alpukat tersebut dapat menjaga bagian lubang tengah buah alpukat tetap segar.

8. Jangan Menyimpan Alpukat Belum Matang Dikulkas

Alpukat yang sudah matang memang sebaiknya disimpan di kulkas. Namun alpukat yang belum matang tidak disarankan untuk disimpan dikulkas. Jika anda memasukkan alpukat yang belum cukup matang maka letakkanlah pada suhu ruangan sampai alpukat itu benar-benar matang, karena ini merupakan cara yang baik untuk menjaga alpukat agar dan tahan lama.

9. Menyimpan Tomat Sesuai Dengan Tingkat Kesegarannya

Di dalam tips menyimpan tomat ini, yang dapat anda lakukan adalah menyimpanya dengan menyesuaikan tingkat kesegaran tomat tersebut. Tomat yang belum cukup matang ataupun yang masih berwarna hijau alangkah baiknya anda meyimpannya dalam kantung kertas, dan jangan lupa pada bagian batang anda arahkan menghadap ke bawah. Sementara itu untuk bua tomat yang sudah matang sebaiknya anda simpan dalam suhu ruang, dan anda pisahkan satu sama lain antar tomat dan jangan sampai terpapar sinar matahari langsung.

Anda dapat menyimpan tomat yang sudah terlalu matang di dalam kulkas untuk mengindari tomat menjadi busuk. Sebelum anda gunakan sebagai bahan memasak, tomat alangkah baiknya dibiarkan di dalam suhu ruang selama beberapa menit dengan tujuan untuk mengembalikan rasa dari tomat tersebut. Namun ada penelitian juga yang menyebutkan bahwa menyimpan tomat di kulkas dapat menyebabkan rasa dan nutrisinya menjadi berkurang bahkan menghilang.

10. Menjaga Kelembapan Rumpun Beri

Kelembapan keluarga buah beri sangatlah rentan. Untuk itu jangan mencuci buah dengan rumpun keluarga beri sampai anda siap untuk memakannya. Hal itu termasuk penting karena buah beri bertekstur lembut. Tips yang lain mengenai rumpun buah beri ini yaitu jangan menambahkan air karena dapat menjadikan buah beri lebih mudah terserang jamur.

Menurut beberapa pendapat menyatakan cara paling pas untuk menjaga rumpun buah beri ini adalah dengan merendamnya di dalam air, Kemudian dibiarkan saja di dalam tempat wadah atau saringan yang ada lubang ventilasi, lalu masukkan dalam kulkas.
Menarik bukan informasi mengenai Spesifikasi dan Model dari Mesin Pengering Makanan,  Tetapi karena mengingat manfaat dan fungsi dari mesin ini sangat lah banyak, salah satunya dan yang paling pokok adalalah sangat membantu kamu untuk meyimpan makanan kamu agar tidak cepat ,dan jangan lupa untuk praktekkan dirumah masing-masing ya untuk tips menyimpan makanan buah dan sayur anda. Selamat mencoba teman-teman semoha berhasil.
× Whatsapp Kami!