Resep Keripik Daun Bayam Renyah dan Tahan Lama

Disini saya akan, mamaparkan tentang resep keripik Daun bayam renyah dan tahan lama. Selain daun bayam bisa diolah menjadi sayur, ternyata kamu juga bisa nih, mengelola daun bayam menjadi keripik yang renyah. Keripik ini sangat coco untuk menjadi cemilan ketika ersantai.

Resep Keripik Daun Bayam Renyah dan Tahan Lama

Resep Keripik Daun Bayam

Daun bayam yang kaya akan kandungan nutrisi seperti beta karoten, vitamin C, vitamin A, kalsium, karbohidrat dan zat besi. Kandungan yang terdapat pada daun bayam ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Resep Keripik Daun Bayam

bahan bahan

  • 40-50 Lembar daun bayam
  • 400 Gram Tepung beras
  • 80 Gram tepung kanji
  • Air matang secukupnya
  • 4 Butir kemiri
  • garam secukupnya
  • 6 Siung bawang merah
  • 5 Siung bawang putih

Resep Keripik Daun Bayam

  1. Cuci terlebih dahulu daun bayam mengunakan air bersih, kemudian tiriskan daun bayam sampai air yang lengket benar-benar kering
  2. Campur semua bahan adonan, selanjutnya kamu membuat adonan tepung yang melapisi dan mengoreng daun bayam. Caranya campur semua bahan yang telah kamu persiapkan diatas sebuah cobek, kecuali tepung kanji dan tepug beras
  3. Haluskan semua bahan adonan dengan menumbuknya sampai halus, lalu masukkan tepung kanji dan tepung beras bersamaan dengan air sampai membentuk adonan. Pastikan ketika kamu membuat adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair.
  4. Persiapkan alat pengorengan lalu panaskan minyak goreng secukupnya diatas wajan dengan mengunakan api yang sedang. Sambil menungu minyak memanas, ambil daun bayam dan olesi dangan adona tepung. Cukup mudah dengan membolak-balik sampai rata
  5. Jika semua daun bayam sudah terumuri dangan adonan tepung, masukkan daun bayam yang sudah dilumuri adonan kedalam wajan. Gorenglah dengan mengunakan api yang sedang, sampai daun bayam terlihat kuning kecoklatan dan matang
  6. Setelah matang angkat dan tirisakan. Sajikan keripik daun bayam sebagai cemilan keluarga

Keripik Daum Bayam Pedas

Bahan bahan

  • 500 Gram tepung beras
  • 100 Ml santan kental
  • 40-50 Daun bayam
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 6 Siung bawang putih
  • 5 Buah cabai rawit
  • 3 Buah kemiri
  • 3 Cm kencur
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 Sendok teh ketumbar
  • 1 Siung bawang merah
  • 1 Cm kunyit

Resep Keripik daun Bayam Pedas

  1. Campur tepung beras dengan santan kental. Kemudian masukkan bumbu halusnya dan aduk rata, tuang air sedikit demi sedikit hinga mencapai kekentalan yang diinginkan dan tidak ada lagi yang mengumpal. Idealnya adonan cukup encer agar tidak mambentuk lapisan tebal diwajan
  2. Panaskan minyak goreng dengan jumlah yang banyak. Celupakan bayam kedalam adonan tepung, kemudian goreng hinga renyah.
  3. Angkat keripik bayam yang sudah matang dari pengorengan, kemudian letakan diatas kertas utuk meniriskan minyaknya
  4. sajikan sebagai cemilan

Resep Keripik Daun Bayam Oven

  • 1 Ikat daun bayam
  • 100 Gram Tepung beras
  • 2 Sendok makan bubuk cabe
  • 100 Gram tepung mandona
  • 150 Ml air
  • Bubuk bawang putih secukupnya
  • 1 Sendok makan olive oil

Resep Keripik Dan Bayam Oven

  1. Cuci daun bayam lalu keringkan dengan tisu sampai benar-benar kering
  2. Campur olive oil, dan bubuk bawang putih lalu campur
  3. Campur tepung mendoan dengan air aduk hinga rata mengunakan spedy chef, celupkan daun bayam kedalam adonan tepung
  4. Letakakan diatas loyang, masukkan dedlam oven kurnag lebih 40 menit dengan suhu rendah 140 cc panganng hinga renyah
  5. Beri taburan bubuk cabe, ajikan

Tips Agar Mengoreng Keripik Daun Bayam Tidak Berminyak

Hal utama yang perlu kita perhatikan dalam mengoreng adalah bahan gorenganya. Kita juga perlu memperhatikan kualitas minyak gorengya. Agar hasinya maksimal, pakailah munyak yang baru untuk mengoreng.

Karena minyak yang sudah digunakan yang berwarna gelap dan ada bintik hitam tentunya bisa menurunkan kualitas keripik daun bayam dan tidak mampu mematangkan dengan sempurna.

Tips Mencuci dan Mengolah Daun Bayam

Agar mendapat manfaat yang maksimal dari daun bayam, pastiakn anda memroses sayuran ini dengan benar.

  • Belilah bayam yang segar untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang optimal
  • Sebelum memasak cucilah bayam dengan benar pencucian ini bisa menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel pada dan dan batang bayam. Cara mencuci bayang yang benar adalah dengan direndam diwadah air, lalu usap permukaanya. Setelah itu keringkan mengunakan tisu.
  • Jika anda tidak langsung memprosesnya, anda bisa menyiman bayam diwadah yang bersih dan kedap udara, lalu dinginkan didalm kulkas agar kesegarnya terjaga
  • Bayam yang belum sempat dicuci bisa bertahan hingga 4 hari, jika dimasukan kedam pelastik dan disimpan pada kulkas

Peluang Bisnis Keripik Daun Bayam

Keripik daun bayam merupakan cemilan yang tergolong baku jika dibandingkan dengan keripik pisang atau keripik singkong. Keripik bayam ini terbuat dari bahan baku bayam yang cara pembuatanya lebih mudah dan simpel jika dibandingkan dengan cara pembuatan keripik singkong atau pisang yang terlabih dahulu dikupas dan diiris-iris.

Cara membuat keripik ini hanya dengan mencelupkan daun bayam kedlam adonan tepung kemudian digoreng, jadi lebih praktis. Rasanya dari keripik daun bayam ini juga tak kalah gurih dan enak. Keripik bayam ini pun sangat sehat bisa dijadikan salah satu cara efektif makan sayuran dengan sensasi yang beda.

Sayur bayam ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. bayam dikenal sebagai sayuran yang memiliki zat besi yang sangat penting bagi tubuh kita, kandunagn besi yang ada pada bayam ini cukup tinggi dari jenis sayuran lainya sehinga bayam sangat berguna untuk para penderita anemia.

Selain itu, fakta lainya adalah bayam memiliki berbagai fitamin dan nutrisi yang terkandung seperti sumber vitamin A, K, volat, mangan, serat, magnesium, protein, kalsium dan rendah kalori. Dengan berbagai nutrisi yang terkandung tersebut maka bayam menjadi slaah satu makanan yang mempunyai nutrisi yang paling lengkap.

Jadi, mengonsumsi bayam sangat baik untuk tubuh, agar tidak bosan dalam memakan jenis masakan dari bayam maka tidak ada salahnya jika membuat cemilan dari bayam seperti keripik daun bayam.

Promosi Bisnis Keripik Bayam

Cara menjual keripik ini cukup mudah, bisa dengan cara menjualnya kebeberapa toko disekitar rumah atau menjajankan secara keliling. Anda bisa membuat label pada produk keripik ini secara unik dan sesuai dengan kreasi anda agar para konsumen tertarik dengan keripik daun bayam anda.

Harga Keripik Daun Bayam

Harga keripik bayam yang dapat ditawarkan, dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 5.000 untuk satu bungkusnya. Harga dari keripik bayam ini tergolong terjangkau tergantung cara anda mengemas dan mengelola bayam.

Resiko Bisnis Keripik Daun Bayam

Produk baru seperti keripik daun bayam ini sangat mudah mendapatkan saingan uang serupa, karena proses pengolahan keripik bayam ini tergolong cukup mudah dan bahan bakunya mudah didapat dan terjangkau.

Sehinga bisa saja keripik daun bayam ini yang dijual tidak laku, maka agar keripik daun bayam ini terus laku dipasaran maka perlu melakukan inovasi secara terus-menerus agar para konsumen tidak menjadi bosan membeli produk keripik daun bayam ini.

Tips Bisnis Keripik Daun Bayam

  1. Pilihlah daun bayam yang erkualitas baik dan memiliki daun yang lebar
  2. Saat proses produksi pastikan kebersihan selalu terjaga agar bisa memperoleh produk yang higens dan sehat
  3. Buat keripik daun bayan dengan berbagai kreasi
  4. Batlah keripik daun bayam dengan aneka jenis pilihan rasa untuk menarik para pembeli
  5. Promosikan produk keripik daun bayam ini dengan berbagai media yang mampu menangkau banyak orang sehinga produk anda lebih dikenal banyak orang
  6. Lakukan kerja sama dengan pihak lainya, seperti supermarkar, toko,dan warung
  7. Tetapkan harga yang terjangkau, supaya banyak pelangan namun tetap mendapatkan keuntungan

Khasiat Bayam 

Bayam atau sayur bayam atau daun bayam adlah tanaman berbunga, sayuran berdaun hijau gelap dari asia tengah dan barat daya asia. Bayam merupaka tanaman tahunan, yang tumbuh hingga 30 cm, dapat bertahan hidup dimusim dingin didaerah berliklim, daun bayam alternatif, sederhana sangat bervariasi.

Bayam merupakan salah satu sayuran bermanfaat, berdaun hijau terbaik karena dikemas dengan banyak manfaat untuk kesehatan dan nilai gizi. Bayam dapat dimasak dan dimakan mentah-mentah, tapi dianjurkan untuk dikukus atau memakanya mentah. MIsalnya, sebagai salad karena mempertahankan nutrisi didlamnya.

Satu porsi bayam ( 100g ) mengandung nutrisi 2,3 gram, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram zat besi, 80 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin C, niacin, thiamin, phosphorus, riboflavin, sodium,kaliu, dan kalsium.

Sayur bayam juga banyak mengandung anti oksida penting yang enting melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat Bayam Pada Kesehatan

Sayurann yang berasal dari asia ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E.

Sedangkan mineral-mineral yang dimiliki bayam magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium,dan sodium. bayam juga banyak mengandung serat dan antioksida. Selain itu sayur hijau satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak.

1. Mengurangi Radang

Kandungan antioksida yang tinggi pada bayam membantu melawan radikal bebas yang bisa memnyebabkan peradangan. Penyakit ini seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradarang munculnya nyeri pada sendi

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bayam tinggi akan kandungan vitamin A, c, dan folat, serta magnesium. yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

3. Mencegah Anemia

Bayam merupaka salah satu sumber asuoan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oklasat yang dapat menghambat menyerap zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

4. Menjaga Kesehatan mata Tetap Sehat

Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi anda terhadap penyakit penglihatan terkain usia. misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiofaskur

Salah satu manfaat bayam adalah menurunkan resiko penyakit kardofaskur. Hal ini karna bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekakan darah dan mencegah pembentukan plank pada pembuluh darah.

6. Mengurangi Resiko Terkane Kanker

Kandunan lutein, karotenoid, zeaxanthin yang tinggi pada bayam, menghilangkan radial bebas dari tubuh anda. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan resiko munculnya berbagai jenis kanaker.

7. Bayam Dapat Melawan Sel Kanker

nutrisi dari vitamin A dan C ditambah sera, folid acid, dan 13 jenis folanoid yang berbeda ditemukan dalam bayam saat bermanfaat dalam melwan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan tersebut dapat menurunkan kanker sebesar 35 % terutama pada kanker payudara, kanker leher rahim,kanker protan kak=nker kulit dan kanker perut.

8. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. tingkat seimbang mineral ini sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darh tinggi, dimana kalium menurunkan dan kadar sodium meningkatkan.

Folate ditemukan dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan pembluh darah , dengan demikian mempertahankan aliran darah yang tepat.

9. Bayam Dapat Mencegah Osteoporosis

Secangkir daun bayam segar manyediakan nutrisi hampir 200 % dari nilai harian untuk vitamin K dalam bayam sangat penting untuk memberikan asuoan kalsium dalam tulang, sehingga penting untuk mencegah osteoporosis.

Selai itu, mineral lainya seperti magnesium yang hadir, zink, copper dan pos phorus dalam bayam juga membantu dalam pembentukan tulang yang kuat.

10. Bayam Dapat Mencegah Diabetes, Menstabilkan Gula darah

Bayam juga sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfultukuasi terlalu banyak

11. Bayam Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Byam Mengandung sejumblah zat besi yang meningkatkan metabolisme serta jumlah oksigen yang mengalir melalui tubuh anda. Hasilnya, tubuh membakar lebih banyak lemak sehinga menurunkan berat badan

12. Bayam Dapat Meningkatkan Penglihatan

Bayam merupakan sumber nutrisi kaya akan lutein, carotenoid yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap katarak dan lainya yang berkaitan dengan degenerasi macular. Bayam juga kaya vitamin A yang membantu sangat bermanfaat untuk penglihatan

13. Bayam Dapat Mempertahankan gastrointestinal ( usus ) yang Sehat

beta-caroten dan vitamin C yang terkandung pada bayam bekerja untuk melindungi sel-sel usus besar dari evek bahaya terhadap radikal bebas. Folate ditemukan dalam bayam juag membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam usus

14. Bayam Dapat Melidungi Kulit Terhadap Sinar Ultravioled

Vitamin B dalam bayam membantu dalam melindungi kulid dari sinar matahari terutama UV. Ini memastikan memiliki kulit yang bersinar dan sehat.

15. Bayam Dapat Mempromosikan Kehamilan Sehat

Tumbuhnya janin memerlukan folate untuk mengembangkan yang tepat dari sistem saraf baru. Vitamin A ditemukan didalam bayam juga dibutuhkan dalam pengembangan paru-paru janin dan selama menyusui.

16. Bayam Dapat mencegah Penyakit Alzheimer

Rendahnya tingkat vitamin B12 atau flate mungkin memiliki resiko lebih tinggi karena penyakit alzheimer dan bayam kaya akan kedua nutrisi ini, sehinga mencegah resiko penyakit alzheimer

17. Bayam Dapat Membantu Memperlambat Proses Panuan

Bayam juga dikenal sebagai sayuran anti-panuan yang memperlambat degenerasi terkait usia dan mencegah panuaan diusia dini

18. Bayam Dapat Mengobati Pendarahan Gusi

Sebuah campuran bayam dan wortel jus sangat membantu dlam mengobati gusi yang berdarah disebabkan olah kekurangan vitamin C dan asupan gula terlalu bayak

Bayam termasuk sayuran yang mengandung kalsium dan zat besi yang cukup banyak. Kandungan tersebut cukup baik untuk memacu pertumbuhan tulang pada anak, mengcegah osteoorosis pada lansia, dan melumasi pada bagian persendia, maka dari itu, jika anda ingim tulang yang kuat mengonsumsilah sayuran bayam ini.

Nah seperti itulah artikel  resep keripik daun bayam renyah dan tahan lama yang dapat kami sajikan untuk anda. Bila ada kesalahan dan keliruan dalam pembuatan artikel ini kami minta maaf karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman, bila berkenan anda juga bisa membaca artikel tentang resep kue serabi solo. Sekian dan terima kasih

WhatsApp chat